Tujuan SEO, Pengertian, Cara Kerja SEO 2019

tujuan seo

Kali ini kita akan membahas Tujuan SEO. Saat ini SEO bagaikan hal wajib bagi setiap pebisnis online. Ini adalah sebuah teknik yang mesti dipelajari untuk mampu bersaing di era digital ini. Oklah langsung saja kita bahas. Pertama-tama mari kita lihat manfaat SEO untuk bisnis Anda.

Tujuan SEO

Karena pengaruhnya sangat besar pada bisnis, SEO kadang-kadang dianggap bisa meningkatkan omzet, tapi benarkah seperti itu? Memang SEO dapat berdampak pada omset, tapi itu bukanlah dampak langsung. Jadi jika anda mampu menempati halaman pertama, bukan berarti omzet anda akan langsung melesat. Karena tujuan SEO bukan untuk meningkatkan omset.

Tujuan SEO adalah untuk meningkat traffic atau kunjungan.

tujuan seo adalah meningkatkan traffic
tujuan seo adalah meningkatkan traffic

Nah, dengan meningkatnya kunjungan itu diharapkan omset anda ikut meningkat. Simak juga artikel ini 8 Cara Meningkatkan Omset.

Panduan Dasar SEO

Mengenai topik SEO, ada cukup banyak yang perlu dibahas. Untuk mempermudah anda mempelajarinya, saya sudah menyiapkan rangkaian artikel tentang panduan SEO. Berikut ini daftarnya :

BAB 1 : Belajar SEO
BAB 2 : Apa Itu SEO
BAB 3 : Riset Kata Kunci
BAB 4 : SEO On Page
BAB 5 : SEO Off Page
BAB 6 : Content Marketing
BAB 7 : Link Building

Jika anda tertarik mempelajari SEO lebih dalam, silakan menuju link berikut Bab 1 : Belajar SEO.

Apa Itu SEO

Saya yakin jika anda sudah tau apa itu SEO, namun agar lebih jelas, saya coba bahas lagi pada bagian ini. Kita coba ambil pengertian SEO dari wikipedia :

Optimisasi mesin pencari atau Search Engine Optimization, biasa disingkat “SEO” adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritme mesin pencari tersebut

Cara Kerja SEO

Pertama, anda harus mengetahui kata kunci yang menjadi target anda. Misalnya anda ingin berada pada peringkat pertama untuk kata kunci “beli gamis murah”. Proses penentuan ini harus dilakukan dengan benar, karena gagal pada proses ini dapat mengacaukan seluruh proses optimasi SEO. Untuk lebih detil mengenai pencarian kata kunci, silakan baca Cara Riset Keyword.

Selanjutnya setelah memiliki kata kunci atau keyword, anda memerlukan web atau blog. Untuk dapat muncul pada halaman pertama Google atau mesin pencari yang lain, tentu anda harus memiliki website atau blog terlebih dahulu.

Setelah itu barulah anda melakukan berbagai teknik SEO. Proses ini bisa berlangsung dalam hitungan bulan, karena memang bukan proses yang cepat.

Jika anda menerapkannya dengan baik maka, website atau blog anda akan muncul pada peringkat pertama mesin pencari.

Manfaat SEO yang Perlu Diketahui

Adapun manfaat SEO yang utama akan diuraikan berikut ini:

Meningkatkan Pengunjung Website

Perlu diketahui, pengunjung website bisa berasal dari banyak hal. Bisa dari link eksternal, mesin pencarian dan sosial media. Dari 3 hal tersebut, mayoritas pengunjung datang dari mesin pencari.

Hal ini yang membuat banyak orang berlomba meningkatkan SEO. Website yang sudah dioptimasi dengan baik, besar kemungkinan berada di halaman pertama sehingga kemungkinan diklik oleh pengunjung lebih besar.

Menurut SEOTribunal, 93% dari semua lalu lintas situs web berasal dari mesin pencari. Ini membuat SEO menjadi sangat penting bagi bisnis anda.

Menigkatkan Awareness Bisnis Anda

Dengan menerapkan SEO, diharapkan bisnis anda lebih mudah ditemukan melalui mesin pencari.

Dengan begitu, awareness masyarakat terhadap bisnis anda akan meningkat. Dan seiring dengan meningkatnya awareness maka bisnis anda pun akan semakin dikenal.

Ini akan menjadi jalan bagi anda untuk membangun brand yang kuat. Dan tentu saja brand yang kuat akan mempermudah bisnis anda untuk sukses.

Simak lebih lanjut mengenai hal ini dalam artikel Cara Membangun Brand Bisnis Anda.

Membuat Website Dapat Bekerja Selama 24 Jam Penuh

Dengan SEO bisa membuat website nangkring di halaman utama situs pencarian.

Menguntungkan sekali bagi Anda yang memiliki bisnis online, karena dapat memanfaatkan SEO untuk memasarkan websitenya selama 24 jam non stop.

Jadi meski jam operasional dari kantor Anda sudah tutup, namun selama waktu tersebut pemasaran tetap akan berjalan.

Dengan menggunakan teknik SEO pada website, dapat meningkatkan traffic pengunjung dan dapatkan beragam macam keuntungan seperti meningkatnya omzet bulanan Anda.

Memang mempelajari SEO bukanlah hal yang mudah, namun jika ini diterapkan hasil positif sudah pasti didapatkan.

Mengingat betapa pentingnya tujuan SEO di atas, pastinya membuat para pebisnis internet marketing tertarik menggunakannya.

 

 

GRATIS Join ProjasawebBelajar bersama ribuan marketer lainnya

Dapatkan info dan strategi marketing terbaru, untuk melejitkan bisnis anda

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GRATIS Join ProjasawebBelajar bersama ribuan marketer lainnya

Dapatkan info dan strategi marketing terbaru, untuk melejitkan bisnis anda