Tujuan Artikel

Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, saat ini informasi bisa diakses dengan begitu mudahnya. Hanya mengandalkan ponsel pintar saja, maka siapapun bisa mencari apa saja melalui mesin pencarian. Salah satu hal yang banyak dicari di dalam mesin pencarian adalah artikel. Namun tahukah untuk apa sebenarnya tujuan artikel itu ditulis? Untuk mengetahui jawabannya, yuk langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.

1. Menyampaikan Ide atau Gagasan

Artikel yang ditulis mustahil tidak memiliki ide atau gagasan yang ingin disampaikan. Apapun jenis artikelnya pasti ada saja satu atau dua gagasan yang hendak disampaikan oleh penulisnya. Dan memang inilah tujuan artikel kenapa harus ditulis, yaitu untuk menyampaikan ide.

Artikel itu merupakan sebuah saran untuk mengekspresikan ide atau gagasan dari penulisnya. Tentu saja dengan disertai dan didukung beberapa hal yang relevan dengan apa yang ingin disampaikan. Intinya semua orang bisa menulis artikel selama mempunyai ide yang bisa dituangkan dalam tulisan.

2. Menginformasikan Sesuatu

Tujuan lainnya kenapa sebuah artikel itu ditulis yaitu untuk menginformasikan sesuatu. Artikel-artikel yang biasanya banyak ditemukan di internet tidak lain bertujuan untuk menginformasikan kepada para pembaca tentang sesuatu hal.

Banyak sekali informasi yang bisa disajikan dalam sebuah artikel. Misalnya saja adalah informasi tempat wisata yang instagramable, café yang wajib dikunjungi pada suatu wilayah, rekomendasi makanan paling enak, dan masih banyak lagi yang lainnya. Intinya banyak sekali artikel di internet yang fungsinya untuk menginformasikan sesuatu kepada pembaca nya.

3. Untuk Tujuan Promosi atau Marketing

Nah selain kedua hal diatas, artikel juga bisa digunakan sebagai media promosi atau marketing. Ada dua jenis artikel yang biasanya digunakan untuk mempromosikan sesuatu, yaitu artikel hard selling dan juga artikel soft selling. Tahu tidak apa perbedaan dari keduanya?

Artikel hardselling sendiri merupakan sebuah artikel yang memang dibuat secara khusus untuk mempromosikan sebuah produk. Salah satu ciri khas dari artikel yang satu ini yaitu menggunakan kata sapaan kamu, Anda, ataupun yang lainnya. Sementara untuk artikel soft selling biasanya tidak ditulis secara langsung ke penjualan. Melainkan ada edukasi dulu yang disampaikan kepada masyarakat.

4. Memberitahukan Step Atau Prosedur Sesuatu

Tujuan artikel lainnya kenapa ditulis yaitu untuk memberitahukan langkah-langkah atau prosedur sesuatu. Jika seseorang bingung terhadap sesuatu hal, biasanya akan langsung menuju mesin pencarian untuk mencari tahu jawabannya.

Nah bisanya setelah di ketikan keyword atau kata kunci akan muncul artikel yang berisi prosedur terhadap sesuatu. Misalnya saja artikel tentang bagaimana cara mengganti password wifi, bagaimana cara memperbaiki hape secara otodidak, dan lain sebagainya.

5. Mempengaruhi Orang Lain

Nah tujuan terakhir yang perlu diketahui kenapa sebuah artikel itu ditulis yaitu untuk mempengaruhi orang lain. Banyak sekali artikel yang ditulis dan secara tidak langsung bisa mempengaruhi pemikiran pembaca nya. Jika hal tersebut mempengaruhi seseorang terhadap kebaikan maka hal itu bagus. Namun bagaimana jika sebaliknya?

Oleh karena itu sebagai pembaca hendaknya bijak dalam memilih artikel yang akan dibaca. Bagaimanapun juga artikel yang di baca akan berpengaruh terhadap perbuatan dan perilaku seseorang. Jadi pastikan hanya membaca artikel yang bermanfaat supaya tidak terpengaruh pada perbuatan yang tidak-tidak.

Nah itulah beberapa alasan kenapa sebuah artikel itu ditulis. Masih banyak sebenarnya motif lain atau tujuan artikel itu dibuat oleh si penulisnya. Hanya saja beberapa hal yang sudah dijelaskan di atas semoga saja bisa menjawab pertanyaan yang mungkin selama ini membuat begitu penasaran.