5 Tugas Reseller Yang Wajib Anda Ketahui

Tahukah anda apa saja tugas reseller? Anda mungkin sudah sering mendengar istilah reseller sejak menjamurnya toko online di dalam kehidupan masyarakat. Mungkin malah Anda termasuk salah satu orang yang menjalani pekerjaan sambilan sebagai reseller. Bisa juga saat ini Anda sedang memikirkan untuk mengambil pekerjaan sebagai reseller agar bisa menambah pendapatan. Reseller memang termasuk pekerjaan yang banyak diminati.

Menjadi seorang reseller memang banyak dijalani oleh mereka yang ingin mencari tambahan penghasilan dengan cara yang cukup mudah. Maraknya jual beli online membuat kesempatan menjadi reseller semakin terbuka. Nah, kalau Anda juga ingin mencoba peruntungan dengan menjadi reseller sebaiknya cari informasi sebanyak mungkin terlebih dahulu.

Setidaknya Anda memiliki pengetahuan dan informasi tentang apa saja tugas reseller seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Tugas Reseller

Mencari Jenis Produk yang Bagus dan Potensial

Seorang reseller memiliki tugas untuk mencari jenis produk apa saja yang memiliki potensi besar laku di pasaran. Agar bisa mengetahui apa saja produk yang potensi pasarnya bagus dan kemungkinan lakunya cukup banyak Anda bisa melakukan survei. Riset dan survei pasar akan membantu Anda mengetahui apa saja produk yang sedang banyak dicari dan digemari konsumen.

Anda juga bisa melakukannya dengan cara melihat produk dan barang apa saja  yang penjualannya sangat laku saat itu. Jika ada lebih dari satu produk, Anda bisa menjualnya secara bersamaan selama Anda yakin berkualitas dan akan laku. Setelah itu tentu saja Anda harus membeli produk atau barang tersebut untuk dijual kembali pada konsumen.

Cari Suplier yang Bagus dan Terpercaya

Tugas selanjutnya dari reseller yaitu mencari suplier atau pemasok produk yang bagus dan terpercaya baik dari segi kualitas maupun harganya. Keberadaan suplier menjadi hal yang penting dari reseller karena dari merekalah nantinya barang akan didapatkan. Jangan lupa juga untuk mencari suplier yang bisa menjadi tim yang baik dalam kerjasama dengan Anda.

Pertimbangkan juga apakah Anda lebih mudah menggunakan suplier dalam satu kota ataukah yang dari luar kota. Nantinya hal tersebut bisa saja mempengaruhi bagaimana kualitas dan cara Anda berkomunikasi dengan suplier tersebut. Namun yang paling penting adalah carilah suplier yang memiliki produk berkualitas tinggi kalau perlu bisa juga dari luar negeri.

Memasarkan dan Menjual Produk

Namanya saja sudah reseller tentu saja tugasnya adalah untuk menjual suatu produk atau barang kepada konsumen. Jangan terpaku dengan satu cara penjualan saja agar bisa mendapatkan lebih banyak pembeli dan pelanggan. Anda bisa mempergunakan media online untuk menjual barang dan bisa juga dengan cara offline. Sesuaikan saja mana yang paling tepat dengan kondisi saat itu.

Jika Anda ingin bisa menjangkau pembeli atau konsumen dari luar daerah bisa mempergunakan cara online yang tersedia. Gunakan saja media sosial dan marketplace yang ada secara optimal. Kalau modal Anda terbatas pakai saja yang gratis tetapi jika ada uang lebih sangat bagus jika memasang iklan di media sosial dan marketplace. Hasilnya juga bisa lebih besar karena pelanggan lebih banyak.

Melayani Konsumen Sebaik Mungkin

Meskipun mayoritas reseller menjual produk secara online dan tidak bertatapmuka langsung dengan pembeli bukan berarti tidak bersikap baik. Bagaimanapun penjual harus bersikap baik pada pembeli begitu juga jika Anda menjadi seorang reseller. Buatlah calon konsumen merasa senang dan nyaman lalu bersedia membeli dagangan Anda.

Bagaimana cara melayani konsumen dengan baik tersebut? Cepat dan sopan menjawab pertanyaan lewat chat,  pengemasan produk yang bagus serta kecepatan pengiriman produk adalah contoh pelayanan yang baik. Begitu juga jika ada pembeli yang komplain atas produk yang Anda jual layani dengan baik dan tanggapi dengan baik. Perlakuan seperti itu akan membuat pelanggan puas dan senang.

Bina Hubungan yang Baik dengan Konsumen

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah reseller sebaiknya selalu menjaga hubungan yang baik dengan konsumen dan pelanggan. Seperti yang dijelaskan pada poin sebelumnya bahwa membuat konsumen senang merupakan hal yang penting. Mengapa demikian? Pembeli atau konsumen yang merasa senang dan puas dengan pelayanan Anda cenderung akan melakukan pembelian ulang (repurchase).

Jika pelanggan melakukan repurchase dan pemesanan ulang repeat order secara otomatis keuntungan yang Anda bukukan akan semakin besar. Selain itu pembeli akan masuk ke hot traffic yang akan membantu pemasaran produk Anda.

Demikianlah tugas reseller yang wajib anda ketahui, jika ada pertanyaan silakan langsung cantumkan ke kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Share via