projasaweb logo

Tugas Manajer Pemasaran

Estimasi Waktu Baca 2 Menit

Manajemen pemasaran adalah perencanaan, pengaturan, dan pengelolaan agar dapat meningkatkan penjualan yang lebih banyak dalam perusahaan. Tugas manajer pemasaran merupakan tugas yang krusial dalam suatu perusahaan, karena maju mundurnya perusahaan tergantung pada penjualan.

Penjualan merupakan ujung tombak sebuah perusahaan. Perusahaan dapat terus menjalankan kegiatan operasional perusahaannya dengan adanya penjualan. Hal tersebut karena keuntungan yang didapat dari penjualan yang dapat mengembangkan bisnisnya. 

Mempelajari Tingkah Laku Kompetitor

Tugas manajer pemasaran untuk meningkatkan penjualan pada perusahaan, yang senantiasa akan memberikan keuntungan kepada perusahaan, yaitu dengan melakukan sinergi kepada timnya pada divisi penjualan agar dapat meningkatkan penjualan. 

Mempelajari tingkah laku kompetitor dalam mengembangkan bisnisnya, merupakan salah satu hal yang terpenting dan harus dipelajari agar dapat menciptakan strategi baru dalam penjualan. Mempelajari tingkah laku kompetitor, termasuk mempelajari kelebihan dan kekurangan produk kompetitor agar dapat mengevaluasi kinerja divisi pemasaran. 

Untuk itulah, seorang manajer pemasaran harus senantiasa bersinergi dengan timnya agar dapat menciptakan tim yang terkoordinasi dengan baik dalam mewujudkan target penjualan yang yang telah ditentukan dalam perencanaan usaha. Dengan demikian, produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut, dapat bersaing di pasaran. 

Kendala yang Dihadapi 

Melakukan pemasaran produk, tentunya tidak selamanya mendapatkan jalan yang mulus, berbagai kendala akan dihadapi terkait hal tersebut. Kendala bisa terjadi dari faktor internal maupun faktor eksternal, tugas manajer pemasaran harus mengevaluasi kinerja timnya dalam menghadapi kendala tersebut. 

Kendala dari faktor internal bisa berupa sumber daya manusia yang tidak mendukung, harga dan kualitas produk yang tidak dapat bersaing dengan produk kompetitor di pasaran. Oleh sebab itu, seorang manajer pemasaran harus bisa mengevaluasi segala kekurangan tersebut menjadi kelebihan. 

Kendala lain dari faktor eksternal yaitu produk kompetitor yang lebih unggul dan memiliki merek yang lebih dikenal oleh masyarakat. Dengan demikian, manajer pemasaran harus dapat melakukan riset atau terobosan baru dalam strategi pemasaran, agar dapat bersaing di pasaran. 

Membuat Strategi Marketing Baru 

Setelah meneliti tingkah laku konsumen di pasaran, maka selanjutnya adalah menciptakan strategi marketing baru jika dirasa strategi marketing yang sebelumnya kurang bisa optimal di pasaran. Hal tersebut merupakan salah satu tugas divisi pemasaran, yang dapat mencetuskan ide terbaru agar dapat memenangkan persaingan di pasaran. 

Manajer pemasaran bersama dengan timnya harus dapat merumuskan strategi marketing terbaru agar dapat memenangkan produk di dalam persaingan. Dengan demikian, langkah-langkah yang telah dijelaskan sebelumnya harus dapat dilakukan oleh timnya. 

Jika selama ini melakukan promosi yang biasa, cara yang biasa, namun ternyata hasilnya kurang maksimal, maka sudah menjadi tugas seorang manajer pemasaran untuk membuat kebijakan baru yang ditentukan dari berbagai faktor. 

Mengemban tugas manajer pemasaran tentunya tidak mudah, karena berhubungan langsung dengan penjualan, dimana ujung tombak perusahaan ditentukan dari penjualan. Penjualan yang mencapai target ditentukan oleh kualitas pemasaran. Keduanya saling berkaitan hingga dapat memberikan keuntungan kepada perusahaan. 

Support Kami Dengan Berbagi

Berbagi itu mudah dan dapat menebar manfaat untuk lebih banyak orang
SAYA TIDAK TERTARIK
This window will automatically close in 20 seconds