projasaweb logo

Tugas Manager Pemasaran

Estimasi Waktu Baca 4 Menit

Dalam sebuah perusahaan, peranan seorang marketing sangatlah penting agar perusahaan tersebut bisa terus berkembang. Kinerja marketing akan diatur langsung oleh seorang manajer. Dengan demikian tugas manager pemasaran cukup krusial. Manajer harus mempelopori dan marketing yang berada di bawah naungannya agar dapat meningkatkan penjualan.

Penjualan sangatlah penting untuk dilakukan dalam sebuah perusahaan agar perusahaan tersebut bisa mendapatkan keuntungan dan juga menjalankan aktivitas bisnisnya dengan normal. Maka dari itu, seorang manajer marketing memiliki peranan yang cukup besar dalam pengembangan perusahaan tersebut. Untuk lebih jelasnya, pahami dengan seksama tugas, wewenang dan tanggung jawabnya.

Tugas Manager Pemasaran

Sebagai seseorang yang memiliki peranan yang cukup krusial, seorang manajer marketing diharuskan mengemban tugas untuk membuat produk yang dihasilkannya diterima oleh calon konsumen. Dengan demikian, seorang manajer marketing harus mempelajari banyak strategi pemasaran agar produk tersebut mudah untuk diterima. Berikut ini tugas manager pemasaran:

1. Mampu Melihat Peluang yang Akan Terjadi di Masa Depan

Tugas seorang manajer marketing harus pandai melihat beberapa kemungkinan peluang yang dapat dijadikan strategi pemasaran. Sebagai contoh, ketika meluncurkan sebuah produk, seorang manajer marketing harus mengetahui ketahanan waktu produk tersebut berada di pasaran. Apakah bisa bertahan lama? Mengingat di masa depan akan lahir beberapa teknologi canggih dan terbaru.

2. Bertanggung Jawab Terhadap Hasil Penjualan

Tugas erat kaitannya dengan tanggung jawab. Demikian juga dengan tugas seorang manajer marketing yang bertanggung jawab sepenuhnya atas penjualan yang telah dilakukan. Seorang manajer harus dapat mengevaluasi berdasarkan laporan penjualan yang telah dilakukan dan bertanggung jawab sepenuhnya.

3. Bertindak Sebagai Koordinator atas Manajer Produk dan Manajer Penjualan

Walaupun bertindak sebagai koordinator, bukan berarti posisi manajer marketing berada di atas manajer penjualan dan manajer produk. Koordinator dalam hal ini memiliki peranan untuk bekerja sama dan membentuk tim yang solid agar dapat menjadi tim yang tangguh untuk menghadapi persaingan dalam dunia bisnis. Tim yang solid mampu untuk menjadi seorang pemenang.

4. Bertugas Sebagai Promotor atas Tim Marketing

Promotor tim marketing harus dilakukan agar divisi marketing bisa melaksanakan tugas sebaik-baiknya sesuai dengan job description yang telah ditetapkan perusahaan. Dengan adanya promotor tersebut, tim marketing bisa bekerja lebih maksimal guna mencapai penjualan yang telah ditargetkan, serta dapat melakukan kinerja yang lebih optimal.

5. Membuat Laporan Pemasaran Secara Berkala

Tugas selanjutnya dari seorang manajer marketing adalah membuat laporan secara berkala atas penjualan yang telah dilakukannya. Selanjutnya laporan tersebut akan diserahkan pada direksi untuk dievaluasi atas produk yang diluncurkannya. Termasuk melakukan evaluasi kinerja tim marketing. Pasalnya dua hal tersebut sangat berkaitan erat.

Wewenang Tugas Manager Pemasaran

Berdasarkan tugas manager pemasaran yang diembannya, sangat relevan untuk melakukan kewenangan untuk menetapkan beberapa kebijakan terkait pemasaran. Kebijakan tersebut menjadi dasar aturan perusahaan yang harus dijalankan oleh tim marketing. Termasuk diantaranya memiliki kewenangan untuk mengeluarkan solusi atas permasalahan yang terjadi pada pemasaran.

Perusahaan akan menyerahkan pengelolaan perusahaannya pada manajemen. Begitu pula dalam menentukan harga jual suatu produk yang dihasilkan, maka seorang manajer marketing memiliki kewenangan untuk menentukan harga jual atas produk tersebut. Tentunya dalam penentuan harga jual tersebut tidak boleh sembarangan karena harus berdasarkan pada laporan biaya produksi yang telah dikeluarkan.

Walaupun memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan perusahaan, terkait dengan tugas manager pemasaran memiliki kewenangan untuk menolak pesanan dari konsumen. Penolakan tersebut harus berdasarkan dengan alasan yang jelas.  Misalnya, manajer marketing berhak menolak pesanan yang tidak dapat dipenuhi dalam waktu dekat.

Dengan berdasarkan tugas manager pemasaran yang harus dievaluasi setiap saat, seorang manajer marketing pun memiliki kewenangan untuk menyempurnakan pola kerja di divisi marketing. Terlebih jika ditemukan kinerja tim marketing yang tidak sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan perusahaan atau apabila tim marketing mengalami kemunduran dalam pencapaian target penjualan.

Kewenangan lainnya dari seorang manajer marketing adalah berhak untuk melakukan koreksi atas CN kontrak yang dilakukan oleh perusahaan tersebut apabila terjadi kesalahan. Melakukan koreksi tersebut tentunya harus didasarkan pada laporan kesalahan atas CN Kontrak yang dilakukannya. Dalam melakukan koreksi tersebut harus dianalisa kasus terlebih dahulu sehingga dapat menghasilkan keputusan yang tepat.

Tanggung Jawab Tugas Manager Pemasaran

Berdasarkan tugasnya yang menaungi bagian pemasaran, maka seorang manajer marketing bertanggung jawab penuh atas kinerja divisi yang berada di bawah naungannya. Termasuk dalam hal ini bertanggung jawab apabila terjadi penjualan yang menurun agar dapat segera dilakukan evaluasi atas kinerja yang dilakukan divisi yang berada di bawah naungannya.

Tanggung jawab manajer marketing tentunya terkait dengan penjualan sebagai bagian dari pemasaran yang dilakukannya. Termasuk bertanggung jawab atas setiap promosi yang dilakukannya beserta dengan biayanya. Maka dari itu, pentingnya untuk melakukan setiap perencanaan oleh manajer marketing sebelum melakukan tugas-tugasnya.

Relevan dengan tugas yang diembannya sebagai koordinator manajer produk dan manajer penjualan,  sehingga diharuskan untuk bertanggung jawab dan bekerjasama untuk menjadi tim yang solid agar dapat menghasilkan penjualan yang telah ditargetkan. Seorang manajer marketing akan menampung keluhan setiap konsumen untuk selanjutnya akan dilaporkan kepada manajer produk.

Tanggung jawab manajer marketing yaitu terkait dengan divisi yang berada di bawah naungannya. Dalam hal ini, divisi pemasaran. Manajer harus bertanggung jawab untuk membentuk tim yang solid. Pasalnya dalam sebuah tim marketing, kekompakan sangatlah penting untuk dilakukan agar dapat memperoleh penjualan yang mencapai dengan target.

Tanggung jawab yang menjadi tugasnya tersebut membuat laporan penjualan secara berkala. Laporan tersebut akan dipertanggungjawabkan di depan direksi. Ketika penjualan telah dilakukan secara harian, mingguan, dan bulanan maka harus dibuat laporan tahunan yang dapat dipertanggung jawabkan di depan direksi. Laporan tersebut bisa dijadikan tolak ukur kinerja seorang manajer marketing.

Dengan memahami tugas manager pemasaran dalam sebuah perusahaan, diharapkan dapat membuat perusahaan semakin berkembang karena tugasnya tersebut sebagai ujung tombak sebuah perusahaan. Perusahaan bisa berkembang atau tidak, dengan adanya penjualan yang bagus. Dengan demikian, seorang manajer marketing bersama dengan timnya harus senantiasa untuk meningkatkan penjualan.

Support Kami Dengan Berbagi

Berbagi itu mudah dan dapat menebar manfaat untuk lebih banyak orang
SAYA TIDAK TERTARIK
This window will automatically close in 20 seconds