Trik SEO

Perkembangan penggunaan internet yang semakin tinggi membuat banyak pebisnis merambahkan usahanya di dunia maya. Oleh karena itu, mereka berkompetisi untuk membuat website yang menarik sehingga mampu meningkatkan pengunjung dan konsumen. Sayangnya, tidak semua website mampu merajai dunia maya karena strategi yang mereka lakukan salah dan tidak tepat sasaran.

Untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas traffic dari sebuah website perlu dilakukan optimasi search engine optimization (SEO). Hal ini agar website Anda selalu menjadi trending pada halaman pertama mesin pencarian seperti Google. Jika selalu berada pada halaman pertama ini kemungkinan jumlah pengunjung juga semakin meningkat. Berikut trik SEO yang dapat Anda coba untuk meningkatkan traffic website.

Trik SEO untuk Website Trending

  1. Long tail keyword

Kata kunci merupakan salah satu hal yang menjadi hal terpenting sebuah website keluar pada halaman pertama Google. Berkembangnya pengetahuan, maka dibutuhkan suatu keyword unik dan panjang sehingga membuat sebuah website unik. Berbalik zaman dahulu, keyword pendek adalah kunci. Saat ini, keyword yang panjang dan persuasif akan lebih mudah menjanjikan untuk menaikkan traffic.

Penggunaan kata-kata persuasif juga akan membuat sebuah website mampu menjadi trending, misalnya dengan menggunakan kata “mudah”, “ampuh”, “murah”, “jual” dan yang lainnya. Oleh karena itu, agar website Anda mampu nangkring di halaman pertama Google, pilihlah kata kunci yang panjang dan mengandung kata-kata persuasif sehingga mampu menarik pengunjung.

  • Backlink berkualitas

Kepadatan backlink pada sebuah website juga akan menjadi sisi analisis Google untuk melihat pengaruh otoritas. Oleh karena itu, memakai backlink pun harus memilihnya dengan sebaik mungkin. Gunakan yang relevan dan sekiranya memberi manfaat terhadap traffic situs Anda. Beberapa backlink ada yang menjadi boomerang yang membuat website semakin tenggelam dan tidak berkualitas.

Jangan lupa untuk mengenalkan website Anda kepada orang lain untuk meningkatkan jumlah kliknya. Jika perlu pasarkan pada media sosial yang Anda miliki. Semakin banyak tempat pemasarannya, kemungkinan peningkatan traffic pun akan semakin tinggi. Oleh karena itu, manfaatkan seoptimal mungkin media sosial dan pertemanan Anda.

  • Menyebar Keyword

Keyword yang sudah ditentukan jangan lupa untuk disebar pada semua bagian isi halaman website Anda. Hal ini untuk memudahkan Google mengenali spesialisasi dari sebuah website. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengulang keyword pada beberapa bagain ini yaitu judul tulisan, deskripsi produk, meta deskripsi, alt text, nama dokumen, dan alamat website dari konten Anda.

Banyaknya kata kunci yang tersebar pada setiap halaman website ini akan memberikan kemungkinan bahwa situs Anda akan tampil pada halaman pertama Google. Oleh karena itu kemungkinan untuk dikunjungipun akan semakin besar pula.

  • Responsif dan Mobile-friendly

Kemudahan dalam mencari informasi saat ini karena didukung oleh peningkatan perkembangan smartphone sehingga orang tidak lagi mengakses melalui komputer atau laptop. Mereka lebih memilih memanfaatkan hp karena mudah dibawa ke mana saja dan lebih mudah untuk dioperasikan. Oleh karena itu, segala informasi sudah tentu akan mereka dapatkan dengan sekali klik pada hp.

Melihat kenyataan ini, sudah seharusnya Anda mengoptimalkan website agar mudah diakses melalui smartphone dan memiliki tampilan yang menarik. Selain itu, kemudahan dan kecepatan respon juga menjadi pilihan pengunjung untuk berlama-lama pada suatu website. Untuk menjadikan website Anda menjadi mobile-friendly dan respon, simak ulasan berikut ini.

Cara Agar Website Responsif dan Mobile-friendly

  1. Pilih tema yang responsif

Loading yang cepat saat mengunjungi halaman website Anda akan membuat pengunjung betah dan mampu meningkatkan jumlahnya. Oleh karena itu, memilih tema yang responsif tentu amat penting. Hal ini karena akan mempermudah kerja Google dalam melakukan redirecting pada website Anda sehingga ada kemungkinan akan menjadi rekomendasi pada halaman pertama.

Tidak hanya dari sisi pengunjung saja yang mengalami kemudahan, user juga mendapat kemudahan dalam mengelola website mereka. Tema yang responsif akan memberikan URL yang konsisten. Pada saat URL dibagikan dan pengunjung mengeklik tautan tersebut maka baik pada smartphone maupun komputer akan menunjukkan halaman muka yang menarik dan responsif.

  • Tampilan menu sederhana dan jelas

Tampilan menu yang sederhana dan terlihat jelas akan memudahkan pengunjung mencari apa yang mereka inginkan pada website Anda. Oleh karena itu, buatlah nama-nama menu dengan kata yang sederhana dan ditampilkan dalam ukuran besar agar jelas terlihat. Jika memiliki menu-menu yang banyak, sebaiknya kelompokkan menu tersebut kemudian sembunyikan sebagai sub menu.

Tampilan menu pada smartphone dan komputer tentu saja berbeda. Pada komputer, Anda dapat merincikan menu yang ingin ditampilkan. Namun, pada tampilan hp sebaiknya hindari hal tersebut agar pengunjung tidak mengalami kebingungan dan bosan pada website Anda.

  • Pilih jenis huruf yang tepat

Huruf-huruf yang sederhana dan mudah dibaca akan sangat membantu pada tampilan pada smartphone. Jika Anda menyukai seni typografi ataupun kaligrafi sebaiknya hindari memilih huruf-huruf klasik dan artistik. Hal ini karena akan terlihat besar pada tampilan hp sehingga justru malah mengganggu yang akan membuat pengunjung Anda pergi dan mencari situs yang lebih mudah dibaca.

Pemilihan jenis huruf yang tepat ini juga akan membuat pengunjung betah berlama-lama membaca informasi yang ada pada website Anda. Selain itu, mereka juga akan kembali lagi di situs tersebut sehingga secara otomatis akan mampu menaikkan traffic website.

  • Lengkapi dengan kotak pencarian

Adanya kotak pencarian pada suatu website akan memudahkan pengunjung mencari informasi yang mereka inginkan tanpa harus menscroll satu per satu konten. Tentu saja hal ini akan menjadi nilai tambah pada website Anda. Selain itu, kemudahan pencarian ini akan mempersingkat waktu mereka mencari sehingga waktu baca dapat lebih lama. Oleh karena itu, menyertakan kotak pencarian pada website adalah sesuatu yang penting.

Banyaknya klik yang dilakukan oleh pengunjung, tentu saja akan memberikan kemungkinan website Anda akan ditayangkan pada halaman pertama Google. Selain itu, ditambah dengan kemudahan pencarian informasi akan membuat mereka nyaman menggunakannya dan akan kembali lagi pada situs Anda. Oleh karena itu, sebaiknya berikan tempat untuk menyertakan kotak pencarian agar mudah diakses pengunjung.

  • Optimasi gambar

Adanya gambar pada suatu konten tentu saja akan menjadi lebih menarik dibandingkan hanya tulisan saja. Namun, untuk menyertakan gambar pada suatu konten ini amat perlu Anda perhatikan. Pilihlah format yang tepat untuk gambar yang akan diunggah. Selain itu, ukuran gambar juga perlu dipertimbangkan. Hal ini karena akan mempengaruhi tingkat loading dari situs Anda.

Gambar yang besar akan membuat situs yang dibuka semakin berat, akibatnya waktu loading pun akan semakin lama. Hal ini akan mempengaruhi jumlah kunjungan dan dapat menenggelamkan website Anda karena jarang yang membutuhkannya. Oleh karena itu, jika perlu lakukan kompresi untuk mengecilkan ukuran dan mengurangi bagian-bagian gambar yang tidak diperlukan agar saat situs dikunjungi mudah terbuka.

Leave a Comment

Share via