Tool SEO

Proses SEO atau Search Engine Optimization dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah pengunjung melalui mesin pencari seperti Google. Jika sebuah website berhasil ada di halaman 1 Google, maka kemungkinan besar akan lebih banyak pengunjung yang berdatangan. Untuk itu, diperlukan konten atau artikel ramah SEO dengan menyematkan keyword yang tepat dan melakukan pengaturan SEO lainnya. 

Membuat konten artikel yang SEO friendly biasanya dilakukan oleh profesional yang dibayar khusus untuk menaikkan rating sebuah website. Namun, tak semua website memiliki modal untuk membayar mereka dalam mengerjakan SEO. Sedangkan membuat konten SEO friendly itu sendiri memang tidak mudah dan perlu belajar serta banyak latihan.

Tak perlu khawatir, saat ini sudah banyak tools SEO yang tersedia secara gratis. Jika ingin mencoba, pahami dulu bahwa artikel tersebut bukan hanya dibuat untuk pembaca, tetapi harus disukai mesin pencari. Jika mesin pencari mendeteksi dan menyukai konten tersebut, maka peringkat website pun akan meningkat. Dengan begitu, akan lebih mudah masuk ke halaman 1 Google dan akan lebih banyak di klik pengunjung. 

Tools untuk Riset Keyword yang Tepat

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat membuat konten yang ramah SEO adalah menentukan keyword atau kata kunci yang tepat. Keyword adalah kunci utama dari sebuah konten, karena dari keyword inilah sebuah konten dapat ditemukan dan muncul di halaman pencarian. Setiap orang yang mencari informasi melalui mesin pencari Google pasti mengetikkan kata kunci terlebih dahulu.

Oleh sebab itu, banyak yang meletakkan keyword di berbagai tempat untuk mengoptimalkan fungsinya. Biasanya, keyword ini disebut sebanyak mungkin di dalam artikel, diletakkan pada judul, URL, nama file gambar/video dan lain sebagainya. Begitu pentingnya sebuah keyword hingga banyak tools khusus untuk mencari keyword.

Sebelum menggunakan tools keyword, ada dua hal utama yang perlu diperhatikan dalam pemilihan keyword, antara lain:

  • Relevansi

Membuat konten seharusnya disesuaikan dengan relevansi antara keyword dengan website bisnis yang Anda jalankan. Konten dan artikel yang akan dipakai pun juga harus sesuai agar lebih mudah ditemukan Google. Jika website Anda bergerak dalam bisnis penjualan baju dan target keyword nya ‘kemeja’, maka bisa mencari long tail keyword. Misalnya diganti menjadi ‘jual kemeja polos wanita’.

  • Lokasi

Poin kedua adalah lokasi, yang juga cukup berpengaruh dalam penggunaan long tal keyword agar lebih mudah ditemukan. Penggunaan long tail keyword dengan penambahan keterangan lokasi dapat mempersempit cakupan pengunjung dan membuat pengunjung lebih mudah menemukan toko terdekat. Misalnya long tail keyword menjadi ‘jual kemeja polos wanita di jabodetabek’.

Setelah mempertimbangkan kedua poin di atas, Anda bisa lebih mudah menentukan kata kunci yang pas. Dalam memilih dan menentukan kata kunci, Anda bisa memanfaatkan banyak sekali tools SEO yang tersedia secara gratis maupun berbayar. Nah, di bawah ini ada beberapa tools gratis untuk membantu Anda dalam meriset keyword, antara lain:  

  1. Google Keyword Planner

Tools yang satu ini adalah bagian dari Google AdWords yang sangat membantu dalam menentukan pilihan long tail keyword. Apa itu long tail keyword? Itu adalah salah satu strategi dalam mengoptimalkan penggunaan keyword agar lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari. Jadi, penggunaan keyword tidak hanya sebatas satu jenis kata kunci yang diulang-ulang. Tetapi, bisa juga ditambah keyword turunan yang lebih beragam.

Dengan menggunakan Google Keyword Planner, Anda akan mendapatkan lebih banyak informasi tentang keyword yang paling banyak dicari oleh pengguna internet. Hal utama yang akan Anda dapatkan dari tools ini adalah kata kunci yang tepat dan signifikan serta memperoleh traffic forecast.

  • Google Trends

Jika Anda ingin mencari keyword yang baru dan segar atau sedang tren, Google Trends bisa jadi pilihan yang tepat. Hal ini bisa Anda lakukan dengan cara memasukkan salah satu keyword dan menggunakan beragam filter berdasarkan lokasi, history dan kategori. Uniknya, tools ini bisa menunjukkan jumlah/volume static keyword, grafik, perbandingan keyword hingga dapat meneliti keyword yang Anda gunakan.

  • Keyword Everywhere

Untuk menunjang pemilihan keyword yang tepat guna, memasang ekstensi atau plugin Keyword Everywhere akan sangat bermanfaat untuk proses SEO Anda. Setelah dipasang, browser secara otomatis akan menampilkan snippet volume pencarian, persaingan keyword, perkiraan CPC dan bisa mendapatkan saran keyword. Tampilan data secara otomatis langsung di browser membuat aktivitas SEO jadi lebih mudah.

  • Ubersuggest

Nah, tools keyword yang satu ini bisa di klaim sebagai tools terbaik dalam menampilkan keyword. Tools ini akan menampilkan rekomendasi keyword populer yang banyak dicari, keyword turunan serta berbagai ide menarik lainnya untuk meningkatkan kunjungan. Tampilan dari tools ini juga sangat mudah digunakan dan dimengerti atau memiliki user interface yang user friendly.

Selain membantu Anda menentukan keyword yang tepat, tools ini juga menawarkan fitur-fitur seperti berikut ini, antara lain:

  • Menampilkan laporan atau informasi tentang efektivitas SEO per halaman website
  • Memberikan gambaran dari performa website Anda, dan lain sebagainya
  • Moz

Selanjutnya, untuk membantu Anda menemukan keyword yang tepat bisa menggunakan tools Moz yang tersedia secara gratis. Moz juga sangat user friendly, sehingga banyak disukai dan cukup populer atau banyak digunakan oleh pengguna website. Beberapa fitur gratis yang dapat dimanfaatkan antara lain Open Site Explorer, Moz Local, Mozbar, Followerwonk dan The SERP Overlay.

  • Word Stream

Tools keyword yang satu ini lebih dikhususkan kepada para marketer yang bekerja untuk menjalankan online marketing. Dengan kata lain, seleksi keyword yang dilakukan oleh tools ini akan sangat berguna agar online marketing bisa lebih optimal dan efektif. Salah satu keunggulan Word Stream adalah dapat menyeleksi keyword berdasarkan kategori sehingga mempermudah pemilihan keyword yang tepat.

  • KW Finder

Hampir sama dengan tools keyword lainnya, KW finder juga akan memberikan hasil pencarian keyword yang sedang populer di peringkat Google. Selain itu, hasil keyword yang ditampilkan juga bisa dilihat berdasarkan kategori periode tertentu hingga data-data terbaru. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mendapatkan keyword turunan dan membuat konten atau artikel yang SEO friendly.

  • Keywordtool.io

Untuk tools keyword kali ini cukup mudah digunakan dan juga bisa memberikan hasil dengan cepat dan tepat. Hasil pencarian keyword tersebut juga bisa dari berbagai platform seperti YouTube, Blog, Instagram, Twitter, Play store, Amazon, eBay dan lainnya. Tak hanya itu, tools yang satu ini juga menyediakan pilihan atau opsi lokasi dan bahasa.

Selain beberapa tools untuk keyword di atas, masih banyak pilihan keyword lainnya baik yang berbayar maupun gratis. Secara umum, fungsi utamanya adalah untuk menampilkan hasil pencarian keyword berdasarkan berbagai macam kategori agar lebih mudah menyusun keyword. Keberadaan keyword dalam sebuah konten memang sangat penting dan besar pengaruhnya terhadap peringkat/ranking halaman Google.

Tools untuk Pengaturan Umum SEO

Proses membangun website yang SEO friendly memang tidak semudah membalikkan telapak tangan dan harus dilakukan secara bertahap alias tidak instan. Namun, SEO akan sangat berpengaruh pada perkembangan bisnis Anda, bahkan kaitannya dengan peningkatan penjualan produk/jasa yang ditawarkan. Meski akan menyita waktu dan butuh proses yang panjang, hasilnya akan sangat bermanfaat untuk bisnis Anda.

Untuk membantu aktivitas pengaturan umum SEO menjadi lebih mudah, cobalah dua tools utama berikut ini, antara lain:

  1. Google Analytics

Nah, untuk mengoptimalkan fungsi SEO juga bisa mengatur dan mengontrol hingga mengevaluasi kinerja SEO itu sendiri pada website. Tools yang bisa digunakan adalah Google Analytics yang tersedia secara gratis dan mampu menampilkan data secara lengkap. Berdasarkan data tersebut, Anda bisa menganalisa dan mengetahui bagaimana minat pengunjung website dan interaksi-interaksi yang optimal.

Tools super lengkap yang satu ini bisa Anda dapatkan secara gratis, jadi jangan sampai tidak digunakan karena akan sangat bermanfaat. Berikut ini beberapa hal yang dapat di analisa, antara lain:

  • Dapat melihat informasi jumlah page view serta data visitor mulai dari new visitor hingga returning visitor
  • Menampilkan informasi jenis browser yang digunakan audience untuk mengunjungi website Anda
  • Memberikan data lokasi dari mana asal pengunjung atau audience 
  • Mengetahui halaman populer yang paling banyak dikunjungi oleh audience dan keyword mana yang paling mendatangkan traffic
  • Menampilkan berbagai macam demografi, behavior flow, traffic, rating, performa website dan lain sebagainya
  • Google Search Console (GSC)

Untuk tools yang satu ini juga sangat disarankan setelah pemasangan Google Analytics. Fungsi utamanya adalah mengecek seberapa besar proses SEO yang Anda lakukan selama ini dan apakah sudah sesuai dengan saran Google. Dengan kata lain, tools ini berfungsi sebagai media konsultasi untuk menemukan kesalahan yang terjadi dan bagaimana harus mengelola sebuah website.

Tools ini membantu melakukan berbagai macam pengecekan, pemantauan dan memperlihatkan performa website itu sendiri sehingga memudahkan pekerjaan Anda. Berikut ini hal-hal yang akan Anda dapatkan dari Google Search Console, antara lain:

  • Melihat hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan meta tag
  • Mendeteksi pemasangan sitemap sudah benar atau masih error
  • Membantu mencari keyword yang populer
  • Mendapatkan informasi atau data website mana saja yang melakukan backlink kepada website Anda
  • Mendeteksi malware, kendala dalam crawling atau index website, pelanggaran atau penalty dari aturan Google dan lainnya

Tools Gratis untuk Pemantauan Backlink Website

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat meningkatkan jumlah pengunjung atau audience di website Anda. Namun, cara yang paling ampuh hingga kini adalah penggunaan backlink yang berkualitas. Dulu, SEO model lama lebih menekankan pada kuantitas atau jumlah backlink, namun saat ini SEO lebih mengutamakan kualitasnya. Memantau backlink adalah salah satu strategi ampuh untuk keberhasilan website Anda.

Nah, berikut ini beberapa tools gratis yang bisa digunakan untuk menunjang aktivitas pemantauan backlink, antara lain:

  1. SEO Spyglass

Tools pemantau backlink yang satu ini tergolong masih baru, namun dapat memberikan hasil yang luas biasa meski hanya tools gratis-an. Jumlah database backlink yang dimiliki oleh SEO Spyglass yaitu hingga 15 triliun. Sedangkan versi gratis dari tools ini bisa digunakan untuk memeriksa sekitar 1.100 backlink. Selain itu, mode gratis juga tidak bisa digunakan untuk mengekspor hasilnya, kecuali menggunakan versi berbayar.

  • Backlink Watch

Tools Backlink Watch merupakan salah satu tools yang paling sederhana di antara tools backlink lainnya. Tools sederhana ini bisa Anda gunakan secara gratis dan memiliki fungsi untuk menampilkan kualitas portfolio backlink yang digunakan. Setidaknya ada sekitar seribu tautan backlink yang ada dalam database Backlink Watch. Tampilan dan fungsi tools backlink yang sederhana ini cocok untuk pemula.

  • RankSignals

Dalam proses SEO, backlink juga sangat berpengaruh dan menunjang peningkatan peringkat di mesin pencari Google. Jika sebuah website mendapatkan banyak backlink berkualitas dengan konten yang relevan, maka akan lebih mudah masuk ke halaman 1 Google. Oleh karena itu, banyak yang menawarkan jasa backlink untuk membantu SEO website Anda menjadi lebih optimal.

Backlink itu sendiri merupakan sebuah link atau tautan yang mengarah ke sebuah website. Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana bisa website kompetitor bertengger di halaman 1 Google dan backlink apa saja yang menunjang mereka? Informasi backlink sebuah website itu sendiri bisa Anda dapatkan dari tools backlink checker gratis, yaitu RankSignals.

Nah, berikut ini beberapa fitur yang tersedia untuk melakukan pengecekan backlink, antara lain:

  • Mengetahui data jumlah backlink kompetitor Anda dan dari mana saja sumber backlink nya
  • Mendapatkan informasi Page Authority (PA), Domain Authority (DA) dan PageRank (PR) dari backlink tersebut
  • Mengetahui data backlink tersebut termasuk do-follow atau no-follow
  • Mengetahui anchor text dari backlink tersebut
  • Open Link Profiler

Dibandingkan dengan beberapa tools backlink lainnya, versi gratis dari tools ini hanya bisa menampilkan sekitar 100 backlink, namun bisa diekspor. Sedangkan database secara keseluruhan mampu menghasilkan hingga 200 ribu backlink untuk setiap report. Selain itu, tools Open Link Profiler mampu menunjukkan backlink yang aktif dalam 90 hari terakhir.

Itulah beberapa tools gratis yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas backlink yang Anda gunakan. Dengan menggunakan tools ini, setidaknya Anda dapat mengoptimalkan penggunaan backlink karena dapat memilih backlink yang tepat.

Tools untuk Pengecekan Duplikasi Konten/Artikel

Selain mengoptimalkan berbagai macam tools untuk menaikkan rating SEO, Anda juga perlu tahu bahwa bobot konten juga sangat penting. Konten yang baik adalah yang menjawab pertanyaan audience, sesuai dengan judul, serta dibahas secara detail, panjang dan mendalam. Namun, ada banyak sekali konten sejenis yang bertebaran di dunia maya dan sayang sekali jika terdeteksi sebagai duplikasi.

Oleh karena itu, tools untuk mengecek duplikasi konten atau artikel Anda dengan website lain juga sangat dibutuhkan. Hal ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan tools gratis seperti di bawah ini, antara lain:

  1. Small SEO Tools

Tools yang satu ini memiliki fungsi utama untuk mengecek duplikasi konten atau artikel yang sudah Anda buat. Hal yang perlu dilakukan hanyalah mengunjungi situs, meletakkan konten pada kolom yang tersedia dan menunggu hingga hasil pengecekan selesai. Hasil yang diharapkan adalah hingga mencapai nilai 100 persen, artinya konten Anda unik dan tidak terdeteksi duplikasi.

Selain untuk pengecekan duplikasi konten, ada banyak tools yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang proses SEO website Anda. Hal itu meliputi keyword tracking, manajemen website, analisa konten, backlink checker dan lain-lain. Tools yang tersedia lengkap bisa dimanfaatkan secara gratis, namun mereka juga menyediakan versi berbayar yang menyajikan data lebih akurat.

  • CopyScape

Tak hanya Small SEO Tools, Anda juga bisa melakukan pengecekan duplikasi konten melalui CopyScape. Hal ini karena konten yang terdeteksi duplikat/jiplakan tidak disukai oleh mesin pencari Google, hasilnya tentu tidak akan masuk halaman 1.

Nah, algoritme Google ini bisa dengan mudah Anda atasi dengan CopyScape, sebagai salah satu tools pengecekan duplikasi konten. Caranya berbeda dengan Small SEO Tools, menggunakan CopyScape lebih sederhana karena hanya perlu copy-paste URL konten.

Kedua tools inilah yang paling banyak digunakan untuk melakukan pengecekan duplikasi konten. Tools untuk mengecek duplikasi ini sangat berguna untuk membuat konten yang unik dan lebih disukai oleh mesin pencari Google. Selain itu, masih ada tools populer lainnya yang juga bisa digunakan untuk mengecek duplikasi konten/artikel, yaitu SEO Site Checkup.

Tools Gratis Lainnya untuk Mengoptimalkan SEO

Selain tools khusus di atas, masih banyak tools SEO gratis lainnya yang akan sangat berguna dalam membantu Anda mengelola website. Beberapa di antaranya Screaming Frog, Majestic SEO, Yext, HTTP Response Checker, BROSEO, Search Latte, Buzz Stream, SEO Browser dan lainnya. Berikut ini beberapa tools yang patut digunakan dan bisa didapatkan secara gratis, antara lain:

  1. Google Developers – Page Speed Insights

Hal lain yang juga dapat mempengaruhi kepuasan pengunjung atau audience website Anda adalah kecepatan loading data saat menampilkan konten website. Sebagai pengguna internet, Anda tentu tidak suka jika proses loading konten lama atau lelet, bahkan biasanya langsung pindah website lain. Bagaimana jika Anda adalah pemilik atau pengelola website itu sendiri?

Hal-hal yang berkaitan dengan kecepatan loading ini pasti menjadi masalah penting yang harus segera diselesaikan. Nah, untuk mengetahui seberapa cepat proses loading pada sebuah website, Anda bisa menggunakan salah satu tools dari Google Developers. Tools yang dimaksud adalah Page Speed Insights, yang akan menampilkan informasi score kecepatan loading pada website Anda.

Bukan hanya menampilkan score kecepatan website, dengan tools ini pun Anda akan mendapatkan banyak saran dari Google. Caranya mudah dan tidak perlu mendaftar/membuat akun, masukkan saja URL website Anda, selanjutnya akan muncul data score dan lain sebagainya. Saran-saran yang muncul bisa Anda gunakan untuk memperbaiki proses SEO untuk menaikkan ranking.

  • Spotibo

Selanjutnya, yang perlu diperhatikan dalam proses SEO yang lebih optimal adalah judul artikel atau konten yang akan dibuat. Judul harus dibuat menarik dan unik agar pengunjung penasaran ingin membaca konten. Namun penting juga mengandung benih SEO yang tepat.

Tools Spotibo dapat membantu Anda dalam mengecek judul serta melihat bagaimana tampilannya pada mesin pencari. Spotibo akan melakukan analisa dan memberitahukan apabila judul yang Anda buat terdeteksi duplikasi, terlalu panjang/pendek dan lain sebagainya. Selain mendeteksi judul, tools yang satu ini juga bermanfaat untuk pengecekan meta deskripsi, URL dan lainnya.

Keberadaan tools memang sangat berpengaruh untuk membantu distribusi konten agar lebih dikenal luas oleh audience. Selain itu, konten yang berbobot dan bermanfaat juga sangat membantu membuat audience merasa puas dan ingin kembali mengunjungi website Anda. Berbagai macam tools yang telah disebutkan di atas tersedia secara gratis dan bisa Anda gunakan secara cuma-cuma.

Bahkan tanpa mengeluarkan uang sepeser pun, Anda masih bisa mengoptimalkan proses SEO untuk meningkatkan ranking menuju halaman 1 Google. Jadi, teruslah berkarya dan jangan menyerah karena proses SEO perlu dibangun pelan-pelan hingga membuahkan hasil yang memuaskan. Semoga informasinya bermanfaat.

Leave a Comment

Share via