Tips SEO

Seiring dengan semakin majunya teknologi digital Anda pasti juga sering mendengar istilah SEO atau Search Engine Optimization. Secara mudahnya SEO bisa diartikan sebagai sebuah teknik untuk mengoptimalkan konten agar bisa menempati halaman pertama pencarian. Saat ini hampir semua orang mencari segala hal melalui internet dengan dan SEO akan membantu sebuah situs lebih mudah ditemukan.

Banyaknya konten yang bisa berjumlah ribuaan bahkan jutaan akan berlomba-lomba untuk bisa menempati halaman pertama dari mesin pencarian seperti Google. Konten artikel, video ataupun lainnya yang ada di website yang bisa tampil di halaman pertama akan lebih berpeluang dikunjungi orang. Keuntungan yang akan didapatkan adalah meningkatnya trafik dan sangat bagus untuk bisnis Anda.

Agar lebih jelas tentang apa itu SEO silahkan Anda ikuti penjabaran di bawah ini.

Mengenal Apa Itu SEO

Pengertian SEO

SEO merupakan sebuah teknik optimasi tertentu yang digunakan agar sebuah konten mampu berada di halaman pertama pencarian. Dengan tampil di halaman pertama dari hasil pencarian di internet maka website akan mendapatkan lebih banyak pengunjung.  Hasil maksimal penggunaan SEO akan bisa Anda dapatkan jika mengetahui aturan yang ditetapkan oleh Google sebagai mesin pencari.

Cara Kerja SEO

Sebagai sistem yang akan mengoptimalisasi sebuah konten maka SEO memiliki cara kerja tertentu agar bisa berfungsi secara maksimal. Cara kerja SEO tersebut pada dasarnya sama pada setiap jenis mesin pencarian baik itu Google, Bing, Yahoo! ataupun Duckduckgo. Hanya saja karena Google adalah yang paling sering digunakan orang yaitu sekitar 90% maka kita akan bahas mesin pencari tersebut.

Google memiliki algoritma tertentu untuk mengidentifikasi konten yang akan ditampilkannya di halaman pertama. Google selalu memberikan pembaharuan pada algoritma mereka yang terdiri dari 8 jenis, yaitu :

  • Struktur URL yang sederhana, mengandung nama domain serta judul dari artikel atau konten.
  • Menggunakan SSL/ TLS
  • Topik konten dalam website saling berhubungan dan relevan satu sama lain
  • Search intent atau maksud dari pencarian
  • Struktur konten mudah dipahami, jelas dan juga rapi
  • Menggunakan meta tags agar Google memahami isi konten Anda
  • Gunakan backlink
  • Tingkatkan kecepatan website

Jenis SEO       

SEO memiliki 2 jenis yaitu :

  • SEO on page meliputi judul dan struktur konten, permalink, heading, tema dan internal linking.
  • SEO off page meliputi backlink dan inbound link

Pentingnya SEO Bagi Website

Mengapa sebuah website sangat membutuhkan SEO yang tinggi? Inilah beberapa alasannya.

  • Mesin pencarian seperti Google merupakan sumber informasi utama saat ini.
  • Trafik hanya didominasi oleh konten yang tampil di halaman pertama.
  • Konten dan website ditemukan dengan berbagai jenis keyword atau kata kunci.
  • Meningkatkan brand awarness pengguna internet pada konten dan website Anda.
  • Meningkatkan kredibilitas website
  • Akan lebih mudah mengkonversi trafik organik.

Nah, SEO tersebut dibutuhkan dan sebaiknya diterapkan untuk mengoptimasi konten maupun postingan dalam berbagai platform dan aplikasi. Anda membutuhkan SEO bukan hanya untuk menaikkan peringkat website saja tetapi juga bisa untuk blog, YouTube dan juga media sosial.

Penggunaan SEO tersebut semaki dirasa penting bagi mereka yang memang sangat membutuhkan konten ataupun postingannya dijangkau banyak orang. Contoh yang paling mudah adalah mereka yang menggunakan website, blog ataupun platform lainnya sebagai media promosi. Terlebih saat ini memang bisnis online sedang menjadi tren di kalangan masyarakat.

SEO secara tidak langsung akan membantu bisnis Anda bisa dijangkau dan dikenal lebih banyak orang dimanapun. Keuntungannya adalah potensi dan target pasar Anda semakin luas dan kemungkinan jumlah produk yang terjual lebih banyak. Siapapun pelaku bisnis baik skala kecil, menengah ataupun besar tentu ingin dagangannya laku lebih banyak.

Agar lebih mudah untuk dipahami dan bisa diterapkan, berikut ini beberapa tips SEO terbaik yang bisa Anda lakukan.

Tips SEO untuk YouTube

Lakukan Riset Keyword atau Kata Kunci

Menjadi Youtuber menjadi impian banyak orang terutama anak muda milenial saat ini. Tapi hal pertama yang harus dilakukan adalah bagaimana agar konten dan akun YouTube Anda bisa dikenal, diikuti dan dilihat banyak orang. Jika konten Anda tersebut bisa mendapatkan jumlah pemirsa hingga ratusan bahkan ribuan maka impian akan semakin dekat dengan kenyataan.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan melakukan riset pada keyword atau kata kunci tertentu. Tidak jauh berbeda dari konten lainya, video pada YouTube membutukan optimasi agar bisa ditemukan orang. Semakin banyak jumlah viewer atau penonton video Anda maka bisa memperoleh penghasilan dari sana.

Cara untuk meningkatkan optimasi pada video YouTube antara lain yaitu :

  • Cari dan gunakan kata kunci sesuai dengan niche, misalnya jika isi video tentang traveling pakai keyword berupa destinasinya.
  • Lakukan analisis pada tren terbaru pada YouTube dengan melihat pada tab “trends” atau menggunakan “autocomplete” pada pencarian.
  • Koleksi kata kunci atau keyword dari Google, sesuaikan dengan niche yang digunakan.

Buatlah Video Terbaik

YouTube adalah sebuah platform yang khusus digunakan untuk memposting konten berupa video jadi buatlah sebagus mungkin. Sebagaimana aturan yang diberlakukan Google, video pada YouTube akan diindentifikasi sesuai algoritma tertentu. Sedangkan algoritma pada platform itu sendiri seringkali juga mengalami perubahan.

Video yang memiliki tema atau niche paling relevan dengan keyword akan lebih dioptimasi. Inilah pentingnya mengapa Anda harus melakukan riset pada kata kunci agar bisa menemukan yang paling relevan.

Agar video dalam akun YouTube Anda tidak kalah dan tertindih oleh video lainnya, lakukan beberapa tips di bawah ini.

  • Perbaiki kualitas editing pada video agar lebih banyak pengunjung yang datang untuk melihatnya.
  • Buat video yang orisinal, jika ketahuan Anda plagiat maka akun Anda bisa langsung diturunkan.
  • Perhatikan durasi video, yang ideal agar bisa diindeks maka durasi minimal adalah 5 menit.
  • Buatlah thumbnail yang bagus dan menarik, tujuannya agar orang penasaran dan membukanya.
  • Pertimbangkan apa selera dari viewer atau penonton.

Lakukan Optimasi Pada Meta Data

Tips selanjutnya untuk bisa mengoptimasi konten YouTube adalah dengan melakukan optimasi terhadap meta data. Pengertiannya secara mudah adalah bagaimana Anda menempatkan kata kunci atau keyword secara tepat pada konten video. Apakah Anda harus meletakkan kata kunci atau keyword tersebut pada video, deskripsi, pada caption ataukah pada tag dan lainnya.

Trik yang bisa Anda lakukan untuk menempatkan kata kunci secara tepat yaitu dengan :

  • Menyelipkan kata kunci pada judul video

Sebaiknya judul tidak lebih dari 60 karakter dan relevan dengan isi video.

  • Lakukan optimasi pada deskripsi video

Usahakan agar kata kunci juga muncul pada deskripsi dan letakkan pada 100 karakter pertama atau 2 hingga 3 baris pertama.

  • Berikan tag yang tepat pada video

Tag yang Anda buat akan membantu Google dan YouTube untuk memahami apa isi dan konteks dari video Anda.

  • Berikan tagar atau hastag yang tepat

Hastag berupa tanda pagar (#) yang akan keluar di bagian atas dari judul. Ketika ada yang klik pada tagar maka akan keluar video-video yang serupa.

  • Buatlah thumbnail yang tepat dan sesuai dengan isi video

Teknologi yang dimiliki oleh YouTube sangat canggih sehingga akan mampu mengenali berbagai obyek seperti tulisan yang ada di dalam gambar. Letakkan kata kunci yang berhubungan dengan thumbnail secara proporsional.

Promosikan Video Anda

Jangan lupa untuk melakukan promosi atas video Anda agar lebih banyak orang yang mengetahui dan melihatnya. Promosi yang Anda lakukan atas video tersebut akan membantu kerja SEO pada konten. Cara yang cukup efektif untuk melakukan promosi atas video Anda antara lain adalah :

  • Pergunakan media sosial dengan tepat

Anda bisa membagikan video di media sosial seperti Instagram atau Twitter serta berikan link dan sedikit ringkasan isi video agar orang penasaran.

  • Buatlah komunitas

Jika akun atau channel YouTube Anda sudah cukup besar dan memiliki banyak pengikut sebaiknya mulailah membuat komunitas. Rajin balas komen dari viewer sebagai tanda adanya interaksi.

  • Iklankan video yang Anda buat

Jika Anda membuat video dengan tujuan komersial maka posting saja tidak cukup. Iklankan video Anda lewat Google AdSens jangkauannya lebih luas.

Lakukan Evaluasi Pada Video Anda

Hal yang tidak kalah penting untuk Anda lakukan adalah melakukan evaluasi pada konten video Anda tersebut. Cara untuk melakukan evaluasi terhadap semua video yang telah Anda posting dan rilis juga cukup mudah. Anda cukup mempergunakan sebuah tool yang disebut dengan Analytics.

Dengan tool tersebut Anda akan bisa melihat beberapa hal yaitu :

  • Berapa jumlah orang yang telah melihat video Anda.
  • Berapa total waktu pengunjung untuk menonton video Anda.
  • Berapa jumlah subcriber channel Anda.
  • Bagaimana jangkauan dari setiap video.
  • Bagaimana engagement setiap video.

Data yang Anda dapatkan tersebut akan membantu Anda untuk membuat video yang bagus selanjutnya.

Tips SEO untuk Instagram (IG)

Buat Profil Instagram Secara Tepat

Ingin sukses menjadi selegram dan bisa mendapatkan uang dari sana? Tenang, karena Anda juga bisa melakukannya dengan cara mempergunakan tips SEO untuk IG. Langkah tersebut harus Anda mulai dari pembuatan profil yang tepat agar IG Anda bisa dikenal lebih banyak orang dan meningkatkan jumlah followernya. IG juga merupakan sarana jual beli online yang cukup menjanjikan saat ini.

Tips yang bisa Anda lakukan dalam membuat profil di Instagram antara lain :

  • Atur profil dalam mode publik
  • Pilihlah gambar yang kaya akan warna dan sesuai dengan brand atau karakter Anda.
  • Buat dan gunakan nama bisnis atau merk yang mudah dicari dan ditemukan orang.
  • Daftar dan buatlah akun IG untuk bisnis (IG bisnis).
  • Sertakan tautan dalam link biodata Anda.

Hal tersebut di atas baru merupakan tips SEO paling dasar yang bisa Anda gunakan untuk memulai membangun IG bisnis Anda.

Masukkan Keyword atau Kata Kunci Utama Dalam User Name

Tahukah Anda bahwa IG merupakan mesin pencari mandiri sehingga Anda harus benar-benar jeli saat membuat akun. Pastikan nama akun atau user name Anda mengandung kata kunci utama agar mudah dikenali oleh Instagram. Sebagai contoh misalnya @rumahhijab maka ketika orang mengetik hijab, akun Anda akan ditampilkan.

Masukkan Keyword atau Kata Kunci Turunan Pada Bio

Selain menyertakan kata kunci utama dalam nama akun atau user name, sangat disarankan Anda juga memasukkan kata kunci turunan pada bio. Sisipkan atau letakkan 3 hingga 4 kata kunci turunan ke dalam bio Anda di IG. Sertakan diksi dan kalimat yang bagus agar lebih enak dan menarik untuk dibaca.

Buat Hastag yang Mengandung Kata Kunci

Hal yang cukup penting dalam IG adalah hastag atau tagar yang ditulis dengan tanda pagar (#). Nah, agar SEO bekerja secara maksimal dalam konten IG Anda jangan lupa untuk membuat tagar yang mengandung kata kunci. Kebanyakan pengguna IG menemukan sebuah akun karena mengetikan hastag atau tagar tertentu. Tagar yang mengandung keyword akan membantu IG mudah ditemukan.

Berikan Caption Pada Gambar Memakai Keyword Turunan

Setelah membuat hastag dengan kata kunci bukan berarti tugas Anda mengoptimasi akun IG sudah selesai. Selanjutnya Anda harus membuat caption pada gambar sesuai aturan SEO yang tepat. Buatlah caption gambar yang mengandung kata kunci turunan. Jangan lupa buat caption menggunakan kalimat yang unik, bahasa yang ringan dan menarik agar banyak follower terus mengikuti update konten Anda.

Gunakan Alt Teks Pada Instagram

Alt Teks adalah sebuah fitur baru yang disematkan pada Instagram dan Anda bisa menggunakannya untuk melakukan optimasi pada konten. Tujuan dari dibuatnya fitur tersebut yaitu agar mereka yang tuna netra juga bisa menggunakan IG. Di samping itu fungsi dari Alt Teks memang untuk melakukan SEO pada konten.

Fitur Alt Teks akan terisi secara otomatis jika Anda tidak mengisinya jadi sebaiknya memang Anda perhatikan. Isilah Alt Teks sesuai keterangan yang tepat dan pas dengan gambar.

Jika Anda sudah selesai mengisi Alt Teks secara manual jangan lupa untuk membagikan gambar dan foto tersebut seperti biasanya. Disini Alt Teks bisa sekaligus berfungsi sebagai deskripsi bagi gambar dan foto Anda. Deskripsi tersebut secara tidak langsung akan membantu meningkatkan trafik pengunjung IG Anda. Selain itu dengan Alt Teks gambar dan foto bisa tampil pada pencarian suara.

Lakukan Analisis Konten

Penting bagi Anda untuk melakukan analisis tentang apa saja yang telah Anda lakukan dengan akun IG selama ini. Segera lakukan analisis setelah Anda melakukan langkah optimasi sesuai poin-poin sebelumnya di atas. Anda bisa menggunakan tool analisis yang sudah disediakan oleh pihak IG ataupun memakai tools yang lainnya.

Jika Anda ingin melakukannya dengan tool bawaan dari IG silahkan gunakan “Analisis”. Hanya saja perlu Anda ketahui bahwa tool tersebut hanya akan menampilkan data dalam kurun waktu tertentu dan sangat terbatas.

Untuk mendapatkan data yang lebih lengkap Anda bisa gunakan tools lainya misalnya Hootsuite, Sprout Social atau Sprinklr. Dengan mempergunakan tools dari pihak ketiga tersebut maka data analisis yang akan Anda dapatkan lebih lengkap dan spesifik.

Main Dengan Aman

Agar konten dan akun IG Anda bisa lebih optimal dalam mendapatkan follower yang lebih banyak mainlah dengan aman. Apakah yang dimaksud dengan main aman tersebut? Mudahnya adalah jangan pernah bermain curang di IG.

Apakah Anda pernah mendengar istilah Black Hat SEO? Yaitu cara optimalisasi untuk meningkatkan ranking dan trafik dengan cara curang. Biasanya cara tersebut digunakan untuk meningkatkan trafik pada website. Hanya saja jika sampai diketahui oleh pihak Google maka akan dikenakan sangsi yang tegas pada pelakunya.

Pelanggaran berupa penggunaan cara-cara curang untuk meningkatkan ranking di IG akan dikenakan sangsi yang disebut dengan Shadowban. Sangsi tersebut akan diberikan pada mereka para pengguna IG yang sudah melakukan pelanggaran beberapa kali.

Untuk menghindari akun Anda terkena Shadowban, hindari hal-hal di bawah ini.

  • Mencuri konten atau gambar
  • Mempergunakan akun bot
  • Mengikuti atau follow banyak akun dalam waktu yang bersamaan
  • Membeli follower.

Hal yang perlu Anda ketahui dan Anda ingat yaitu optimalisasi dengan SEO pada IG merupakan investasi jangka panjang. Mungkin Anda tidak akan melihat hasilnya dalam waktu singkat tetapi jika Anda konsisten melakukannya kesuksesan akan semakin dekat.

Tips SEO On Page untuk Blog

Pakai Permalink yang Sederhana

Anda memiliki blog dan ingin mendapatkan penghasilan sebagai blogger lakukan optimalisasi agar pengunjung atau viewer bisa berjumlah ribuan. Bagaimana caranya? Langkah pertama bisa Anda awali dengan mempergunakan permalink yang sederhana untuk konten pada blog Anda tersebut.

Salah satu indikator utama dalam SEO tahun 2019 adalah permalink sederhana sehingga Anda wajib menggunakannya kalau ingin trafik meningkat. Pemakaian permalink yang sederhana tersebut akan memudahkan Google untuk mengenali tema pada konten. Permalink yang ideal adalah yang mengandung keyword utama dari konten dalam blog Anda tersebut.

Sebagai contoh bagaimana permalink yang sederhana adalah sebagai berikut :

  • Jika konten Anda membahas tentang sepatu wanita maka sebaiknya permalink yang digunakan adalah www.namawebsite.com/sepatu-wanita.
  • Jika mempergunakan WordPress , Anda bisa mengubah permalink default dengan cara klik Settingà Permalinkà Post Nameà Save.

Buat Konten dengan Judul yang Menarik

Jangan lupa bahwa judul adalah hal yang sangat penting bagi sebuah konten jadi buatlah semenarik mungkin agar orang penasaran membuka dan membacanya. Tips yang bisa Anda lakukan dalam membuat judul adalah dengan menambahkan angka atau kata sifat tertentu.

Menurut sebuah penelitian dari Content Marketing Institute, dikatakan bahwa judul yang mempergunakan angka bisa 45% lebih efektif performanya pada mesin pencarian. Hanya saja jangan memaksakan judul yang memang tidak pas menggunakan angka. Sesuaikan dengan tema dan isi dari konten Anda tersebut.

Anda bisa membuat judul artikel blog yang menarik dengan mengikuti tips dan trik sebagai berikut :

  • Buatlah draft judul terlebih dahulu yang sesuai dengan topik agar Anda bisa lebih fokus pada tema tersebut.
  • Berikan informasi sesuai dengan judul artikel dan akurat.
  • Buat artikel yang bermanfaat bagi pembaca.
  • Sisipi dengan kata sifat ataupun angka.
  • Jangan buat judul yang terlalu panjang, idealnya adalah sekitar 70 karakter.
  • Buatlah judul yang ditujukan untuk pembaca bukan untuk mesin pencari.
  • Minta pendapat pada orang lain seperti teman atau kolega.
  • Buat judul artikel yang bisa menggugah perasaan pembaca.
  • Buatlah judul yang akan membuat pembaca merasa terlibat di dalamnya yaitu berupa pertanyaan.
  • Letakkan topik dengan posisi strategis pada judul.
  • Pilih judul yang bisa menjadi jawaban dari apa yang dicari oleh pembaca.

Menambahkan Video atau Gambar Pada Artikel

Konten pada blog memang biasanya berupa teks atau artikel namun bukan berarti Anda tidak bisa menggunakan video ataupun gambar. Justru disarankan untuk menambahkan video atau gambar ke dalam artikel tersebut untuk meningkatkan trafik blog. Konten yang hanya berisi tulisan atau teks saja cenderung akan membosankan pembacanya dan membuat mereka meninggalkannya.

Untuk menghindari kebosanan tersebut Anda bisa menyiasatinya dengan menambahkan video ataupun gambar ke dalam artikel. Tentu saja yang relevan dan sesuai dengan tema serta isi dari artikel tersebut. Anda bisa memberikan 1 atau 2 gambar ke dalam artikel yang Anda posting di blog.

Selain gambar, Anda juga bisa menambahkan video ke dalam artikel. Menurut survei, artikel yang di dalamnya terdapat video memiliki kesempatan 53x lebih besar tampil di halaman pertama Google.

Lakukan Optimasi Pada Gambar

Tips SEO untuk blog masih berhubungan dengan poin yang sebelumnya yaitu tentang penambahan gambar. Anda perlu melakukan optimasi pada gambar yang disertakan ke dalam artikel kalau ingin trafik bisa meningkat signifikan. Hal yang harus Anda lakukan adalah :

  • Jangan gunakan gambar dengan ukuran yang terlalu besar karena hanya akan memperlambat loading. Sebaiknya ukuran gambar tidak lebih dari 100KB.
  • Berikan nama file pad gambar sesuai dengan kata kunci yang ditargetkan agar bisa muncul di Google Image.
  • Ubah Alt Teks dan sesuaikan dengan kata kunci.

Gunakan Heading dan Sub Heading

Gunakan heading dan sub heading agar struktur pada artikel bisa lebih jelas dan mudah dipahami oleh pembaca. Pengertian sederhana dari heading dan sub heading adalah seperti bab dan sub bab yang ada di dalam buku.

Leave a Comment