Tips Menulis Artikel

Menulis artikel memang menjadi hobi yang menyenangkan dan sekaligus bisa menghasilkan uang. Hal ini dikarenakan sudah banyak lowongan pekerjaan berupa copywriter, content writer hingga editor yang mengharuskan untuk mendalami dunia kepenulisan ini. Dengan begitu, ada baiknya untuk memiliki ilmu dan mengetahui tips menulis artikel yang baik agar tulisan bisa mudah dipahami oleh pembaca.

Salah satu hal yang wajib dilakukan adalah dengan banyak membaca dan mencari referensi sebanyak-banyaknya. Dengan begitu, kemampuan berimajinasi dan menulis pun akan meningkat jauh lebih baik dari sebelumnya. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pengertian artikel dan juga tips menulis yang mudah bagi pemula, simak ulasan berikut ini.

Mengenal Apa Pengertian Artikel

Sebelum mengetahui tips menulis artikel yang mudah untuk para pemula, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu apa itu artikel. Bisa dibilang, artikel merupakan sebuah karya tulis yang berisikan gagasan maupun fakta untuk membujuk maupun menghibur para pembacanya. Dengan panjang tertentu, sebuah artikel di publikasikan ke suatu media, mulai dari koran, majalah, website, dan lain sebagainya.

Dalam sebuah artikel, terdapat banyak sekali informasi yang dimuat. Hal tersebut bisa didapatkan dari berbagai sumber yang ada. Apalagi dengan melihat perkembangan zaman yang semakin maju, maka sumber atau referensi penulisan artikel sangatlah beragam. Penulis hanya perlu memanfaatkan sumber informasi yang ada dan menulis sesuai ketentuan. Sudut pandang juga diperlukan dan bisa dimanfaatkan untuk menulis artikel berbeda dari lainnya.

Tips Menulis Artikel Bagi Pemula

Dalam menulis artikel, terdapat beberapa tips yang perlu diketahui. Hal tersebut berguna untuk memudahkan dalam menulis dan meningkatkan kemampuan seorang penulis pemula. Berikut inilah tips yang bisa disimak, antara lain:

1. Menentukan Tema Tulisan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tema tulisan yang akan dibuat. Pastikan untuk memilih tema yang telah dikuasai. Hindarilah tema yang aneh atau tidak familiar. Sehingga tidak akan menghambat proses menulis artikel. Dengan menulis apa yang dikuasai dan disenangi, maka penulisan artikel jadi lebih menyenangkan bukan?

2. Membuat Judul Menarik

Selanjutnya, tips menulis artikel yang mudah bagi pemula adalah dengan membuat judul yang menarik. Pastikan bahwa judul yang dibuat cukup menarik dan membuat pembaca jadi penasaran. Namun hindarilah judul clickbait yang berlebihan dan tidak sesuai dengan isi artikel. Dengan begitu, artikel bisa memikat banyak pembacanya.

3. Menyusun Kerangka Artikel

Jangan lupa pula untuk menyusun kerangka penulisan atau artikel yang akan dibuat. Caranya sangat mudah, cukup tuliskan poin-poin penting yang akan ditulis dalam sebuah artikel. Dari beberapa poin tersebut, barulah bisa dijadikan tulisan yang menarik dan berdasarkan sudut pandang yang dimiliki.

4. Menggali Referensi

Penulis artikel tidak akan bisa menyusun kerangka artikel dengan baik tanpa adanya referensi yang jelas. Maka dari itu perbanyaklah membaca buku, jurnal atau web yang menjadi sumber tulisan. Pastikan mencari sumber yang kredibel atau bisa dipertanggungjawabkan. Sehingga artikel yang ditulis pun berkualitas tinggi.

5. Amati, Tiru dan Modifikasi

Setelah menggali banyak referensi, tips menulis artikel selanjutnya adalah dengan menerapkan sistem amati, tiru dan modifikasi. Lakukan riset terlebih dahulu, temukan artikel yang bagus, temukan polanya dan modifikasi menjadi artikel yang sesuai keinginan. Pilihlah sumber yang paling relevan dengan artikel yang akan ditulis. Pastikan pula bahwa artikel yang dibuat sudah sesuai dengan EYD.

6. Buat Paragraf Simpel

Dalam satu paragraf, buatlah kalimat yang simpel dan maksimal 4 kalimat saja. Hal ini berfungsi untuk membedakan mana tulisan yang penting dan tidak. Hindari terpaku pada jumlah kata tiap artikel yang ditulis. Bagian paling penting adalah artikel bisa mudah dipahami dan dimengerti oleh pembaca.

7. Beri Foto Penunjang

Tambahkan pula foto penunjang untuk artikel yang telah dibuat. Dengan tambahan foto, maka isi dari artikel bisa tersampaikan dengan baik. Gambar juga akan menjadi ilustrasi visual dari deskripsi teks yang akan memudahkan pembaca dalam memahami isi artikel tersebut. Namun pastikan bahwa foto yang digunakan sesuai dengan ketentuan dan tidak melanggar hak cipta.

8. Baca Ulang Artikel

Langkah menulis artikel tidak berhenti saat itu saja, karena hal penting lainnya dalam tips menulis artikel yang baik adalah dengan membacanya ulang. Hal ini dilakukan untuk menemukan celah dari isi artikel, entah ada tulisan yang typo atau perlu penambahan kalimat dan lain sebagainya. Jika dirasa masih kurang, bisa pula dengan melakukan revisi. Sehingga artikel yang dihasilkan tidak membingungkan dan juga berkualitas.

Demikian informasi mengenai apa itu artikel dan juga tips menulis artikel bagi pemula yang sangat mudah. Dengan rasa ingin tahu yang tinggi dan rajin berlatih untuk menulis, tentunya menghasilkan artikel yang berkualitas bukan sekadar mimpi lagi. Bisa pula dengan mendatangi seminar kepenulisan untuk menambah wawasan. Dijamin kemampuan menulis menjadi lebih baik dan tidak akan mengalami hambatan dalam menulis.

Leave a Comment