15 Teknik SEO Paling Efektif 2020

Banyak orang yang mencari teknik SEO yang efektif untuk meningkatkan rangking pada halaman hasil pencarian Google. Karena saat ini, SEO merupakan teknik yang sudah lumrah bagi para pebisnis online.

Di era digital ini SEO atau Search Engine Optimization seperti menjadi senjata andalan bagi sebuah bisnis untuk bisa tampil di halaman pertama pencarian Google. Situs website ataupun blog yang bisa masuk ke halaman pertama akan lebih besar potensinya untuk dikunjungi oleh calon pelanggan.

Namun meskipun begitu Anda tidak bisa mempergunakan teknik SEO secara sembarangan tanpa pengetahuan sama sekali. Kesalahan dalam memakai teknik SEO pada konten justru bisa merugikan website itu sendiri. Jika terjebak dengan teknik terlarang atau biasa disebut Black Hat SEO, bisa jadi bisnis anda malah tidak muncul sama sekali pada hasil pencarian Google atau terkenal pinalti.

Berikut ini adalah beberapa teknik SEO yang bisa Anda lakukan agar jumlah pengunjung atau trafik pada websit dan blog bisa meningkat.

Teknik SEO Paling Efektif

Ada beberapa teknik SEO yang dapat anda coba seperti berikut ini

Instal atau Pasang Plugin SEO

Bagi anda pengguna wordpress dan baru dalam dunia SEO, teknik pertama yang saya sarankan adalah memasang plugin SEO. Ada banyak plugin yang dapat anda pilih. Tentu saja yang paling banyak digunakan adalah Yoast SEO. Tapi anda juga dapat mencoba plugin SEO pendatang baru yaitu RankMath.

Anda bisa meningkatkan optimasi konten pada web atau blog dengan memasang Plugin SEO. Pada plugin tersebut Anda akan mendapatkan banyak fitur yang sangat berguna untuk meningkatkan kualitas SEO konten anda.

Menginstal Plugin SEO merupakan sebuah langkah yang cerdas sekaligus efektif untuk memulai optimasi konten.

Beberapa fitur yang bisa Anda gunakan antara lain adalah :

  • Mengubah meta deskripsi dan tittle tag
  • Menambahkan XML sitemap
  • Melakukan perubahan pada permalink
  • Melakukan analisis pada konten
  • Melakukan verifikasi pada Google Webmaster Tools

Dari beberapa fitur yang disebutkan di atas yang paling menarik adalah fitur untuk menganalisis konten Anda. Dengan mempergunakan fitur tersebut maka Anda akan diingatkan setiap kali konten yang dibuat belum sesuai dengan kaidah SEO yang benar.

Analisi konten yang akan diberikan oleh Plugin Yoast SEO tersebut antara lain adalah :

  • Analisis pada pemakaian subheading
  • Penggunaan link
  • Panjang artikel pada konten website

Lakukan SEO Audit Pada Website

Teknik selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan trafik adalah lakukan audit SEO pada website. Audit tersebut akan menjawab pertanyaan Anda mengapa website tidak kunjung naik trafiknya. Memang Anda bisa mempergunakan jasa pihak ketiga untuk melakukan audit SEO tersebut namun artinya itu butuh dana.  Anda bisa melakukannya sendiri agar lebih menghemat anggaran.

Apakah yang dimaksud dengan audit SEO tersebut? Secara umum audit berarti pemeriksaan pada konsep, hasil ataupun keuangan yang bertujuan untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya. Begitu juga dengan audit SEO, tujuannya adalah untuk membuat strategi dan mempertahankan jumlah pengunjung web Anda.

Bisa dikatakan audit SEO adalah langkah yang Anda lakukan dalam hal pemantauan secara cermat terhadap keseluruhan kinerja pada web atau situs Anda. Selanjutnya audit SEO akan membantu Anda untuk menetapkan apa sasaran baru yang Anda dapatkan serta bagaimana strategi agar sasaran tersebut bisa tercapai. Audit SEO akan membantu Anda untuk memanfaatkan konten terbaik bagi website.

Nah, agar audit SEO yang Anda lakukan bisa efektif dan mencapai sasaran ada beberapa tips yang harus dilakukan, yaitu :

  • Gunakan meta tittle dan meta deskrispi untuk semua konten Anda.
  • Pastikan semua konten pada website mengandung SEO yang tepat.
  • Gunakan URL yang mudah ditemukan oleh mesin telusur yaitu pendek, sederhana dan mudah dibaca mesin pencarian.
  • Masukkan internal link ke dalam konten Anda.
  • SEO konten telah disusun secara benar yaitu :
    • Memakai Heading dan Sub Heading atau H1dan H2
    • Memakai 2 hingga 3 kata dalam setiap paragraf.
    • Menggunakan bold untuk menandai pada poin-poin yang penting.
    • Memakai kata-kata call to action atau CTA.

Mengapa audit SEO menjadi hal yang penting untuk meningkatkan trafik website Anda. Menurut penelitian yang dilakukan oleh HubSPot ternyata sebanyak 43% dari pengunjung blog atau web hanya membaca konten sekilas saja. Melakukan trik seperti di atas akan memudahkan pembaca atau pengunjung memahami isi konten.

Menambahkan Website Pada Google Search Console

Teknik SEO untuk meningkatkan trafik dan jumlah pengunjung web juga bisa Anda lakukan dengan menambahkan Google Search Console. Platform yang tadinya bernama Google Webmaster Tools tersebut akan membantu Anda memantau seberapa efektif kinerja website di mesin pencarian tersebut.

Beberapa fungsi penting Google Search Console yang bisa Anda dapatkan antara lain yaitu :

  • Mengetahui domain apa yang memberikan link pada website (reffering domain).
  • Bagaimana kinerja website pada perangkat mobile seperti smartphone misalnya.
  • Melakukan analisa pada halaman website yang mempunyai trafik tertinggi.

Mempelajari Keinginan Pengunjung Website

Teknik SEO bisa juga Anda lakukan cara mempelajari apa yang menjadi keinginan dari pengunjung website Anda. Pada dasarnya ini sebenarnya sebuah teknik yang sederhana tapi sayangnya justru sering terlupakan oleh pengelola website. Fokuslah pada sesuatu yang menjadi minat dan keinginan dari sebagian besar pengunjung website Anda tersebut.

Dengan mengetahui apa saja yang menjadi keinginan pengunjung maka Anda akan lebih mudah untuk membuat konten dalam website. Konten yang sesuai dengan minat pengunjung tentu saja akan lebih menarik minat mereka untuk datang dan mempertahankannya.

Opini yang akan diberikan oleh para pengunjung website Anda akan mempengaruhi konsep, ide, artikel dan juga produk yang diterapkan dalam situs tersebut. Anda hanya harus mencari data apa saja yang disukai dan diinginkan oleh pengunjung tersebut.

Data yang valid dan relevan tersebut bisa Anda peroleh dengan cara :

  • Gunakan Quora atau UberSuggest
  • Gunakan Google Analytic untuk memantau konten mana yang paling banyak dikunjungi pengguna internet.
  • Lihat konten manakah yang mempunyai tingkat share paling tinggi.
  • Lihat dan baca komentar ataupun pertanyaan yang ditinggalkan pengunjung pada halaman Anda. Buatlah konten berdasarkan pada komentar dan pertanyaan tersebut.
  • Buat dan gunakan landing page yang telah dilakukan optimasi.

Buatlah Sitemap

Untuk meningkatkan jumlah pengunjung pada website Anda menggunakan teknik SEO bisa Anda lakukan dengan membuat sitemap. Pengertian dari sitemap adalah daftar yang berisi semua halaman pada wesbsite yang bisa diakses oleh pengguna internet dan mesin telusur. Mempergunakan sitemap akan membantu website Anda mudah terindeks dan mudah ditemukan oleh mesin pencarian.

Sitemap juga akan memberitahukan kepada mesin pencarian jika terjadi perubahan struktur yang terdapat pada website. Sitemap sebenarnya merupakan teknik SEO dasar tetapi memiliki peranan yang sangat penting.

Dalam dunia digital dikenal ada 2 jenis sitemap yaitu XML dan HTML. Sitemap XML merupakan sitemap yang akan diakses oleh mesin telusur sedangkan HTML adalah sitemap yang diakses oleh pengguna atau pengunjung.

Buat Website yang Mobile Friendly

Tidak bisa dipungkiri bahwa sekarang ini jumlah pengguna perangkat mobile seperti smartphone ataupun tablet lebih banyak. Mungkin lebih banyak daripada jumlah pengguna PC. Itulah alasan kuat mengapa website Anda sebaiknya didesain untuk bisa diakses dengan mudah menggunakan perangkat mobile atau mobile friendly. Tujuannya agar halaman bisa dijangkau dengan baik oleh perangkat mobile.

Sejak bulan Mei tahun 2016 yang lalu Google telah menerapkan sebuah algoritma baru tentang tingkat kepekaan website Anda pada perangkat mobile. Algoritma tersebut juga sangat responsif untuk menetapkan ranking halaman Anda pada mesin telusur.

Anda bisa memeriksa sendiri apakah halaman pada website Anda tersebut sudah cukup mobile friendly atau belum. Cara yang cukup mudah dilakukan adalah bukalah halaman mempergunakan perangkat mobile seperti smartphone dan lihat bagaimana tampilannya. Jika tampilannya sama dengan yang ada di desktop hanya saja ukurannya lebih kecil maka halaman tersebut belum mobile friendly.

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengecek apakah halaman atau website sudah mobile friendly adalah dengan mempergunakan tools tertentu. Anda bisa mencari beberapa tool tersebut secara gratis dari Google.

Gunakan Google Analytic

Salah satu tool yang bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan teknik SEO adalah Google Analytic. Tool tersebut berguna untuk melakukan identifikasi terhadap perilaku pengunjung website atau halaman Anda. Secara lebih jelasnya fungsi dan manfaat jika Anda mempergunakan Google Analytic adalah :

  • Melakukan identifikasi pada perilaku pengunjung yang mengakses halaman Anda.
  • Mengetahui bagaiamana pergerakan pengunjung dari awal hingga di halaman mana mereka menutup website.
  • Mengetahui halaman mana yang paling banyak menghasilkan percakapan.
  • Mengetahui halaman mana yang paling tidak diminati atau kurang efektif.

Gunakan Internal Deep Linking

Deep linking merupakan sebuah teknik SEO dimana Anda mempergunakan anchor text untuk menghubungkan sebuah halaman ke halaman lainnya dalam web Anda. Dengan teknik deep linking tersebut Google akan mengetahui seberapa efektif halaman pada situs atau blog Anda tersebut. Selain itu internal deep linking akan membantu Google mengindeks halaman pada web atau blog Anda.

Masalah yang sering terjadi dan cukup serius dalam dunia digital marketing yaitu orang hanya mengundang orang datang ke website mereka. Namun mereka tidak mampu membuat pengunjung untuk membaca apa konten dari halaman tersebut. Ini tentu sangat tidak efektif karena kurang mampu meningkatkan trafik pengunjung website Anda.

Postingan lama pada blog atau website Anda akan mendapatkan lebih banyak pengunjung jika Anda menambahkan landing page melalui deep linking. Lakukan lebih sering agar halaman yang banyak dikunjungi pengguna internet bisa membantu halaman lainnya meningkat trafiknya.

Beberapa manfaat dan fungsi dari internal link pada website Anda antara lain yaitu :

  • Membantu Google untuk lebih mengerti apa isi halaman atau web Anda.
  • Untuk melihat keseluruhan dari isi konten pada website Anda secara teratur.
  • Membantu meningkatkan efektivitas SEO pada halaman tersebut.
  • Membantu untuk meningkatkan ranking pencarian pada mesin telusur sekalipun mempergunakan kata kunci yang cukup sulit.
  • Membantu meningkatkan page authority.

Meningkatkan Kecepatan Website

Sebagus apapun website dan SEO Anda semua hanya akan menjadi sia-sia saat halaman tersebut sulit untuk diakses. Anda pastinya sudah sangat sering mendengar istilah lola atau loadingnya lama. Istilah tersebut umum digunakan orang saat mereka kesulitan membuka sebuah halaman di internet. Loading yang lama tersebut akan membuat pengunjung kesal dan memilih membuka halaman lainnya.

Jadi sederhananya kalau Anda ingin halaman Anda tidak ditinggalkan oleh pengunjung jangan sampai loadingnya lama. Cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindari hal tersebut yaitu dengan meningkatkan kecepatan pada website Anda. Jangan biarkan pengunjung halaman Anda lebih memilih membuka situs lain karena kesulitan mengakses yang mereka alami.

Perlu Anda ketahui menurut survei Google sebanyak 53% dari pengguna internet akan meninggalkan halaman jika loadingnya lebih dari 3 detik. Selain itu juga diketahui bahwa sebanyak 79% pengguna internet yang merasa jengkel karena loading lama tidak akan kembali lagi. Hitung saja berapa kerugian website Anda karena masalah loading yang lama tersebut.

Dari paparan serta fakta dan data di atas maka bisa disimpulkan bahwa meningkatkan kecepatan website adalah teknik SEO yang penting bahkan wajib. Untuk meningkatkan kecepatan loading dari halaman web atau blog bisa Anda lakukan dengan cara :

  • Optimasikan ukuran gambar yang digunakan.
  • Aktifkan kompresi Gzip atau Gzip Compression.
  • Aktifkan caching pada halaman Anda.
  • Lakukan penghapusan pada plugin yang tidak berguna atau tidak terpakai.
  • Lakukan pembatasan pada jumlah postingan setiap halaman.
  • Pilihlah hosting yang mempunyai server dengan performa tinggi.
  • Gunakan embed pada konten yang berupa video.
  • Pakai leverage browser caching.
  • Gunakan Content Delivery Network (CDN).

Jika kecepatan website Anda meningkat maka akan semakin banyak pengunjung yang loyal dengan halaman Anda tersebut.

Pakai Link Juice Untuk Halaman yang Kurang Efektif

Apakah yang dimaksud dengan link juice? Link juice merupakan outbond link dari halaman atau website Anda yang mempunyai authority tinggi ke konten. Dengan link authority yang tinggi maka akan membuat pengunjung lebih percaya dan membaca konten Anda. Hal tersebut akan membantu Google untuk mengidentifikasi bahwa konten tersebut memiliki kualitas yang tinggi.

Beberapa langkah yang bisa Anda lakukan dalam hal ini antara lain yaitu :

  • Tambahkan konten, link serta data yang baru pada postingan lama Anda.
  • Bagikan postingan tersebut ke dalam media sosial agar bisa dilihat oleh lebih banyak orang.
  • Buat link atau tautkan pada beberapa postingan yang relevan dan memiliki keterkaitan.

Ketiga hal tersebut akan sangat membantu dalam meningkatkan trafik pengunjung pada website Anda.

Lakukan Riset Kata Kunci atau Keyword

Pengguna internet akan mengetikkan kata tertentu saat sedang melakukan pencarian halaman di Google. Kata yang diketikkan tersebut dikenal dengan keyword atau kata kunci. Jika konten pada halaman situs atau blog Anda memiliki kata kunci atau keyword yang tepat maka akan lebih mudah ditemukan pengunjung. Sebaliknya penggunaan keyword yang tidak efektif adalah sebuah kesalahan fatal.

Untuk bisa menemukan apa keyword yang tepat bagi konten Anda sebaiknya Anda melakukan riset. Membuat konten tertentu tanpa melakukan riset keyword lebih dulu hanya akan membuat pekerjaan Anda sia-sia. Riset keyword akan sangat membantu Anda menemukan kata kunci apa yang paling relevan bagi konten.

Ada 5 indikator yang bisa Anda gunakan dalam melakukan riset keyword tersebut, yaitu :

  • Volume pencarian, yaitu jumlah pencarian terhadap keyword tertentu dalam satu kurun waktu.
  • Tingkat kesulitan keyword untuk mengetahui seberapa sulit sebuat kata kunci bisa menempati halaman pertama mesin pencarian.
  • Saran kata kunci, yaitu sekumpulan keyword yang berkaitan dengan keyword tertentu yang Anda riset.
  • Gunakan Search Engine Result Page (SERP) yang akan menunjukkan 10 halaman teratas dengan keyword yang Anda riset tersebut.
  • Search intent, yaitu maksud dari kata kunci yang diinginkan oleh pengguna. Satu keyword bisa mengandung beberapa interpretasi dan Google akan mengutamakan interpretasi keyword yang sesuai keinginan pengguna.

Gunakan Google Ads Copy

Cara lain untuk mengoptimalkan teknik SEO yang Anda lakukan adalah dengan menggunakan Adwords copy. Ads yang ada di dalam Google AdWords pada umumnya sudah dilakukan optimasi sesuai dengan target keyword yang Anda gunakan. Kalau Anda membuat konten bagus dan mampu memperoleh ranking tinggi pada kata kunci tersebut akan memudahkan halaman Anda dikenal orang.

Cara mengenalkan diri dan website Anda lewat hasil pencarian organik nyatanya akan jauh lebih efektif. Hal tersebut disebabkan oleh adanya fakta bahwa lebih dari 300 juta kali orang melakukan pengunduhan AdBlocker Plus. Tindakan ini bisa diartikan bahwa pengguna  internet sudah tidak lagi percaya pada iklan.

Gunakan Long Tail Keyword

Keyword atau kata kunci yang biasa digunakan dalam konten ada  jenis yaitu short tail keyword dan long tail keyword. Short tail keyword adalah kata kunci pendek yang hanya terdiri dari 1-2 kata saja. Sedangkan yang dimaksud dengan long tail keyword adalah kata kunci yang terdiri dari 3 kata atau lebih.

Secara grafik memang jumlah pencarian menggunakan short tail keyword atau kata kunci pendek lebih sering dilakukan pengguna. Namun sebenarnya tingkat efektivitasnya masih kalah dibandingkan dengan long tail keyword. Menurut ahli bernama Neil Patel, long tail keyword mampu mendatangkan trafik sebesar 70% lebih tinggi dibandingkan kata kunci yang pendek.

Buatlah Konten yang Menarik dan Lengkap

Konten merupakan hal yang sangat penting bagi website ataupun blog Anda. diluar semua teknik SEO yang sudah dijelaskan sebelumnya Anda tidak bisa menyepelekan fungsi konten. Untuk apa orang melakukan pencarian di internet jika bukan untuk mendapatkan jawaban dari apa yang ingin diketahuinya. Semua jawaban tersebut akan mereka dapatkan dari konten pada web Anda.

Konten yang lengkap, detail dan jelas akan lebih dipilih Google untuk ditampilkan pada halaman pertama pencariannya. Konten yang lengkap dan jelas juga akan membuat pengunjung kembali ke website Anda secara berkala dan ini akan meningkatkan trafik. Agar lebih menarik Anda sebaiknya menambahkan gambar ataupun video yang relevan dan bagus ke dalam konten tersebut.

Demikian artikel mengenai teknik SEO yang efektif untuk meningkatkan rangking website anda, semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Share via