Apa Itu Technical SEO? Belajar SEO Teknis

Mungkin anda bertanya-tanya apa itu technical SEO? Istilah technical SEO atau SEO teknis mungkin masih terasa asing. Tidak seperti SEO on page atau SEO off page yang sudah sering dibicarakan.

Jenis optimasi SEO ini jadi sangat penting. Karena dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, efeknya pada peringkat di halaman hasil pencarian Google semakin besar.

Technical SEO menjadi salah satu dari tiga pilar penting dalam teknik optimasi mesin pencari.

Apa Itu Technical SEO?

Dalam bahasa Indonesia, kita menyebutnya SEO teknis. Untuk memahami technical SEO, tentu anda harus mengetahui apa itu SEO. Kita tidak akan membahasnya pada artikel kali ini, karena sudah dibahas pada artikel sebelumnya mengenai pengertian SEO.

Selanjutnya bahasan kali ini, kita akan merujuk pada apa yang disampaikan oleh BigCommerce. BigCommerce adalah perusahaan teknologi terkemuka yang menyediakan platform ecommerce SaaS.

Menurut BigCommerce, pengertian technical SEO adalah sebagai berikut.

Technical SEO adalah teknik optimasi situs web dan server yang membantu spider mesin pencari (web crawler) untuk merayapi dan mengindeks situs Anda secara lebih efektif dalam rangka untuk membantu meningkatkan peringkat organik. Click To Tweet
apa itu technical seo pengertian technical seo
apa itu technical seo pengertian technical seo

Dari pengertian technical SEO di atas, anda mungkin masih bertanya-tanya, karena ada beberapa istilah yang asing ditelinga. Pertama istilah spider mesin pencari, istilah ini artinya sama dengan web crawler. Berikut ini mari kita simak pengertian web crawler.

Apa Itu Web Crawler?

Pertama adalah spider mesin pencari. Spider ini memiliki banyak nama, diantaranya adalah laba-laba mesin pencari, bot, web crawler atau perayap web dan lain sebagainya.

Semua istilah tersebut merujuk ke satu arti yaitu perayap web atau web crawler. Menurut wikipedia, web crawler adalah :

Web crawler adalah perangkat lunak yang bertugas merayapi atau mengunjungi situs web dan menyimpan informasi untuk diindeks oleh mesin pencari. Click To Tweet

Apa Itu Indexing?

Setelah data didapat melalui proses perayapan yang dilakukan oleh web crawler, maka langkah selanjutnya yang dilakukan mesin pencari adalah indexing.

Menurut MOZ proses indexing memiliki arti sebagai berikut.

Indexing adalah tahapan mesin pencari memproses dan menyimpan informasi yang mereka temukan ke dalam indeks, basis data besar dari semua konten yang mereka temukan. Click To Tweet

Kenapa Anda Perlu Technical SEO?

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa dengan melakukan technical SEO berarti anda telah membantu mesin pencari untuk melakukan pendataan terhadap website anda.

Harapannya dengan bantuan tersebut, data yang dimiliki mesin pencari mengenai website yang anda miliki menjadi lebih lengkap dan detail.

Technical SEO juga menjadi salah satu dari tiga pilar penting dalam teknik optimasi mesin pencari.

Dan pada akhirnya, technical SEO diharapkan dapat memudahkan website anda untuk menduduki peringkat terbaik pada halaman hasil pencarian mensin pencari.

Apakah Technical SEO Itu Penting?

Anda tahu pasti tentang pentingnya konten untuk SEO, tetapi konten saja tidak cukup tanpa pondasi yang kuat.

SEO teknis atau technical SEO adalah pondasi SEO dari sebuah situs web.

Unsur Technical SEO

Mesin pencari seperti Google memberikan perlakuan istimewa terhadap situs web yang memiliki karakteristik teknis tertentu. Technical SEO atau SEO teknis adalah pekerjaan yang perlu Anda lakukan untuk memastikan situs web Anda memenuhi karakteristik tersebut.

Di bawah ini Anda akan menemukan daftar langkah-langkah penting yang dapat Anda ambil untuk memastikan SEO teknis Anda maksimal.

Gunakan SSL

SSL adalah singkatan dari Secure Sockets Layer.

SSL adalah teknologi keamanan yang membuat tautan terenkripsi antara server web dan browser. Click To Tweet

Anda dapat mengetahui suatu web menggunakan SSL dengan cukup mudah. Jika situs web dimulai dengan ‘https: //’ maka itu berarti telah menggunakan SSL.

Pada 2014 Google mengumumkan bahwa web dengan HTTPS yang aman akan diutamakan daripada yang tidak aman dalam hasil pencarian.

Waspada Duplikat Konten

Apa itu duplikat konten? Kita dapat merujuk pada apa yang disampaikan MOZ mengenai duplikat konten.

Duplikat konten adalah keadaan dimana konten yang sama berada pada dua atau lebih url yang berbeda. Click To Tweet

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan duplikat konten, seperti berikut ini :

Menjiplak Konten

Apakah anda pernah menjiplak konten orang lain? Jika hal ini terjadi maka bisa jadi berujung pada sanksi dari Google. Konten anda tidak akan muncul pada mesin pencari.

Namun, jika anda memiliki konten yang orisinil dan unik, mungkin anda tidak perlu khawatir tentang masalah duplikat konten.

Variasi URL

Hal lain yang dapat menyebabkan duplikat konten adalah adanya variasi pada url yang anda gunakan. Hal ini harus benar-benar diperhatikan, khususnya untuk developer webnya. Variasi URL ini contohnya seperti berikut :

  1. https://tokoanda.com/baju-batik
  2. https://tokoanda.com/baju-batik?color=red
  3. https://tokoanda.com/baju-batik?sessid=234
technical seo duplikat konten
duplikat konten (sumber MOZ)

Atau jika anda ada menyediakan versi halaman web yang ramah printer

  1. https://tokoanda.com/baju-batik
  2. https://tokoanda.com/print/baju-batik

Jadi, silakan lakukan audit internal mengenai konten serta url yang anda gunakan saat ini.

Waspada Thin Content

Apakah anda memiliki halaman web dengan konten yang sangat pendek? Konten jenis ini tergolong dalam thin conten. Apa itu thin conten? Menurut Yoast, thin content adalah sebagai berikut :

Thin content adalah konten yang memiliki sedikit atau tidak memiliki nilai sama sekali bagi pengguna. Click To Tweet

Google menganggap halaman doorway, halaman afiliasi berkualitas rendah, halaman dengan konten yang sangat sedikit sebagai thin content.

Ini bukan masalah bagi sebagian halaman situs web anda saja. Tapi thin content bisa merusak peringkat situs Anda secara keseluruhan. Jadi, ada baiknya mencari dan memperbaikinya.

Pasang Plugin SEO

Langkah untuk bisa mengoptimalkan rating website Anda agar bisa lebih banyak dilihat orang bisa dimulai dengan memasang atau melakukan instalasi Yoast SEO.

Aplikasi tersebut menyediakan banyak fitur yang sangat menguntungkan bagi situs milik Anda dan sangat maksimal dalam meningkatkan kualitas dari SEO. Diantara beberapa fitur menarik yang ada di Yoast SEO yang terbaik adalah fitur analisis konten.

Fitur tersebut berguna untuk memberikan peringatan kepada Anda saat terjadi masalah dimana konten yang dibuat belum sesuai dengan kaidah SEO yang baik.

Beberapa analisa yang akan diberikan oleh Yoast SEO antara lain adalah panjang pendeknya artikel yang dibuat, pemakaian subheading, panjang pendeknya kalimat dan sebagainya. Dengan memakai fitur tersebut Anda bisa menyelesaikan konten dengan lebih cepat karena tidak perlu melakukan pengecekan konten secara manual.

Menggunakan Google Webmaster Tools

Cara lain untuk meningkatkan trafik pengunjung di website adalah dengan memasang situs pada Google Webmaster Tools atau sekarang disebut dengan nama Google Search Console. Ini adalah platform yang bisa didapatkan secara gratis (free) kepada para pemilik website atau situs.

Kegunaan dari platform tersebut sebagai alat untuk memantau apa saja domain yang bisa memberikan link pada sebuah website. Selain itu juga berfungsi untuk membantu kerja website di perangkat mobile dan juga memberikan analisis terhadap website yang memiliki trafik paling tinggi.

Membuat Sitemap

Sebenarnya membuat sitemap ini masuk ke dalam hal paling mendasar dalam teknik SEO namun tidak bisa disepelekan. Apakah yang dimaksud dengan sitemap? Sitemap merupakan sebuah daftar yang isinya semua halaman situs atau web yang bisa diakses oleh mesin browser dan pengunjung.

Sitemap akan menjadikan website lebih mudah ditemukan mesin pencarian dan terindeks dengan lebih cepat. Sitemap ad a 2 macam yaitu XML yang akan diakses oleh mesin browser atau pencari dan HTML yang aksesnya berasal dari pengunjung.

Memasang Google Analytics

Menggunakan Google Analytics sama pentingnya dengan Google Search Console dalam teknik SEO untuk meningkatkan trafik website atau situs. Jika Google Search Console berguna untuk memeriksa kemampuan atau performa dari website pada mesin pencarian, berbeda lagi dengan Google Analytics.

Fungsi dari Google Analytics adalah sebagai alat untuk melakukan identifikasi terhadap perilaku pengunjung konten atau website. Google Analytics akan memungkinkan Anda melihat pergerakan pengunjung website dari halaman yang pertama dibuka hingga halaman dimana mereka mengakhiri kunjungan di situs. 

Alat ini juga akan bisa membantu Anda untuk memantau mana saja halaman yang efektif dalam menghasilkan conversation dan mana yang kurang diminati.

Meningkatkan Kecepatan Website

Teknik SEO untuk meningkatkan rating dan trafik pengunjung bisa juga dilakukan dengan meningkatkan kecepatan dari website. Banyak orang yang akhirnya jadi malas membuka dan mengunjungi website Anda hanya karena memerlukan waktu yang lama untuk loading.

Jangan sampai hal tersebut terjadi pada website Anda karena hanya akan membuat kerja SEO menjadi sia-sia. Tingkatkan kecepatan dari web Anda agar tidak mengalami “lola” atau loading lama dan ditinggalkan pengunjung.

Demikianlah bahasan mengenai apa itu technical SEO, serta berbagai faktor SEO teknis yang perlu anda perhatikan. Semoga bermanfaat

Leave a Comment