Target Pasar 2020 : Pengertian, Manfaat, Cara Menentukan

Menentukan target pasar adalah hal wajib bagi seorang pebisnis selalu menginginkan usaha yang dijalankannya dapat maju dan berkembang pesat. Untuk mencapai hal tersebut tentu saja bukanlah hal mudah mengingat persaingan di dunia bisnis semakin ketat setiap harinya.

Oleh karena itu dibutuhkan strategi pemasaran khusus yang dianggap tepat dan efektif agar bisnis yang Anda jalankan dapat lebih maju dan berkembang.

Target pasar menjadi salah satu bagian dari pemasaran yang wajib untuk diketahui oleh semua kalangan pengusaha. Biasanya target pasar ini disusun sebelum memasarkan produk ke para konsumen.

Untuk bisa menetapkan target pasar, sebuah perusahaan harus terlebih dahulu melakukan segmentasi pasar. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang target pasar, simak ulasan berikut.

Pengertian Target Pasar

Sebelum membahas lebih jauh tentang target pasar beserta manfaatnya, maka penting sekali mengetahui pengertian atau definisi sebenarnya target pasar.

Menurut hootsuite.com, pengertian target pasar adalah sebagai berikut :

Target pasar adalah kelompok orang tertentu yang ingin Anda jangkau dengan pesan pemasaran Anda.

Mereka adalah orang-orang yang paling mungkin membeli produk atau layanan Anda, dan mereka disatukan oleh beberapa karakteristik umum, seperti demografi dan perilaku.

Manfaat Target Pasar

Kenapa setiap perusahaan perlu menentukan target pasar sebelum melakukan proses produksi? Lalu, sebenarnya apa manfaat yang bisa dirasakan oleh perusahaan ketika melakukan kegiatan pemasaran yang satu ini?

Nah, berikut adalah beberapa hal tentang manfaat adanya penentuan target pasar oleh suatu perusahaan.

  • Dapat menentukan gagasan pemasaran yang lebih jelas dan akurat
  • Pengaturan produk yang dilakukan oleh perusahaan menjadi lebih baik
  • Dapat menemukan sekaligus membandingkan kesempatan pasar
  • Mampu mengelompokkan bujet atau anggaran yang dimiliki oleh perusahaan dengan tepat dan efektif.
  • Dapat menciptakan daya tarik dalam bidang pemasaran
  • Posisi perusahaan akan jauh lebih baik dari yang sebelumnya.

4 Tips Menentukan Target Pasar

Tahukah Anda bahwa dalam penentuan target pasar tidak boleh dilakukan secara sebarangan. Mengingat perlu pengkajian secara sistematis dan mendetail agar nanti hasilnya dapat tepat sasaran. Berikut 5 hal yang perlu diperhatikan sebelum menentukan target pasar, yaitu:

Ukuran Pasar

Hal pertama yang harus Anda perhatikan ketika ingin menentukan target pasar perusahaan adalah melihat dari ukuran segmen. Tujuan dilakukannya hal tersebut yaitu untuk menjamin bahwa semen pasar yang Anda tuju tersebut benar-benar menjanjikan. Perlu diingat, pastikan jangan sampai menarget pasar yang terlalu luas atau besar.

Sumber Daya Perusahaan

Hal selanjutnya yang juga tidak kalah penting untuk diperhatikan sebelum menentukan target pasar yaitu melihat sumber daya perusahaan. Nah, apabila sumber daya yang didapatkan oleh perusahaan hasil dari kerja sama dengan pihak lain, maka Anda perlu berhati-hati. Mengapa? Karena keuntungan dan juga risiko harus ditanggung bersama.

Analisis Situasi

Ketika Anda ingin menentukan target pasar untuk perusahaan maka Anda perlu melakukan analisis situasi secara sistematis, teliti dan juga cermat. Umumnya analisis yang dimaksud disini berhubungan dengan konsumen, pemasok, dan juga penyalur atau distributor.

Fokus pada Segmen

Setelah menentukan target pasar yang tepat pastikan untuk lebih fokus dalam menjalankannya. Sebaiknya untuk tidak mudah berpindah ke segmen pasar lain yang memang sebelumnya tidak direncanakan. Hal tersebut perlu dilakukan untuk menghindari risiko kerugian baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Sebelum memulai sebuah bisnis, menentukan target pasar memang sangat penting untuk dilakukan. Mengapa? Agar nantinya tujuan atau target yang diharapkan oleh perusahaan tepat sasaran sesuai dengan yang diharapkan. Demikian sedikit ulasan singkat tentang target pasar beserta hal yang perlu diperhatikan sebelum menentukan target pasar. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Leave a Comment