5 Syarat Menjadi Reseller di Tahun 2020

Pada artikel kali ini, kita akan membahas beberapa syarat menjadi reseller sukses. Menjalankan bisnis sebagai reseller banyak dipilih oleh para pemula. Salah satu alasannya adalah karena bisnis ini relatif mudah dijalankan dan pada umumnya tidak membutuhkan modal yang besar. Meski demikian, bukan berarti bisnis ini bisa dijalankan secara asal-asalan. Jika ingin menjadi seorang reseller yang sukses, ada beberapa syarat yang perlu diperhatikan.

Syarat Menjadi Reseller Sukses

Setiap orang yang menjalankan usaha sendiri pasti memiliki keinginan untuk bisa meraih kesuksesan. Namun, harus disadari pula bahwa kesuksesan tidak datang dengan sendirinya, melainkan harus diperjuangkan. Demikian pula dengan bisnis reseller. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi reseller yang sukses.

  1. Melakukan Riset Tren dan Target Market

Banyak orang yang tergiur untuk menjadi reseller karena tertarik dengan reseller lain yang sudah sukses menjual jenis produk tertentu. Karena produk tersebut laris di pasaran, semua orang pun ingin menjual produk yang sama. Akibatnya, persaingan menjadi sangat ketat sehingga bisnis reseller sulit berkembang.

Menjual produk yang sudah terbukti diminati banyak konsumen memang menggoda. Namun, sebelum memutuskan untuk ikut menjualnya, lakukan riset kecil-kecilan untuk mengetahui apakah produk tersebut masih memiliki prospek yang bagus di waktu mendatang dan sampai berapa lama akan digemari orang. Amati juga kompetitor yang ada supaya Anda tidak merugi akibat pasar yang sudah sangat jenuh.

  1. Memilih Supplier yang Profesional

Setelah menentukan jenis produk yang akan dijual, Anda perlu mencari supplier yang akan memasok barang kepada Anda. Langkah ini harus dilakukan dengan cermat karena memilih supplier akan sangat menentukan kelangsungan usaha Anda sebagai reseller. Carilah supplier yang memiliki ciri sebagai berikut.

    • Produknya berkualitas dan selalu up to date.
    • Varian produknya banyak dan stok terjamin.
    • Harga jual yang ditentukan sesuai dengan kualitas dan sangat bersaing.
    • Minimal sudah menjalankan bisnis selama 1 tahun dan sudah memiliki banyak reseller.
    • Memberikan banyak kemudahan dalam menjalankan bisnis sebagai reseller, seperti menyediakan katalog online, program diskon khusus, bersedia menangani komplain pelanggan.
  1. Memiliki Product Knowledge yang Baik

Salah satu kemudahan menjadi reseller di era online shop sekarang adalah tersedianya materi promosi berupa foto produk dan keterangannya secara gratis dari produsen/supplier. Sayangnya, banyak reseller yang merasa cukup hanya dengan memajang materi promosi tersebut sehingga tidak bisa memberikan jawaban yang diinginkan.

Hal ini tentu akan membuat konsumen berpaling ke toko lain karena merasa ragu pada kualitas barang Anda jual. Kalaupun konsumen yang membelinya, Anda harus bersiap menerima komplain dan tentu ini akan menurunkan reputasi Anda di mata calon pelanggan lainnya.

Di sinilah letak pentingnya seorang reseller memiliki pengetahuan tentang produk (product knowledge) yang baik. Untuk dapat mengetahui seluk-beluk produk yang dijual, ada baiknya Anda membeli dan mencoba sendiri produk tersebut.

  1. Menentukan Harga yang Tepat

Meskipun biasanya sudah mematok harga jual yang seragam, ada juga produsen yang memberikan kebebasan kepada reseller untuk menentukan harga sendiri. Hal ini sangat menguntungkan karena Anda bisa menentukan harga jual yang paling pas.

Berhati-hatilah dalam memasang harga produk. Tentukan lebih dahulu margin keuntungan yang ingin didapat, lalu tambahkan dengan harga yang Anda dapat dari produsen/supplier.

Perlu diingat bahwa memasang harga terlau murah akan memberi kesan kualitas produk yang kurang baik, juga membuat calon pembeli khawatir karena mengira Anda hendak menipu. Sebaliknya, harga yang terlalu tinggi juga membuat konsumen lari. Tentukan harga yang bersaing di pasaran, tetapi berikan nilai tambah pada produk.

  1. Memberikan Pelayanan Terbaik

Menjalankan usaha sebagai reseller bukan sekadar membeli produk dari supplier, lalu menjualnya kembali kepada konsumen. Kesuksesan bisnis reseller salah satunya ditentukan oleh cara Anda berinteraksi dengan konsumen. Memberikan pelayanan terbaik dan menjalin hubungan baik dengan pelanggan merupakan salah satu kunci kesuksesan bisnis reseller.

Bentuk pelayanan terbaik yang bisa Anda berikan meliputi antara lain:

    • Memberikan informasi yang jujur mengenai kondisi produk, termasuk kelemahan dan kelebihannya.
    • Menjalin hubungan dengan pelanggan di luar urusan jual beli dan jalin komunikasi sebagai teman.
    • Menjawab setiap pertanyaan konsumen tentang produk dengan sabar dan sejelas-jelasnya karena konsumen hanya mengandalkan foto dan keterangan yang tercantum. Anda bisa mempelajari detail produk dari FAQ yang biasanya ada di website supplier.

Nah, demikianlah beberapa syarat menjadi reseller sukses, semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Share via