Syarat Adsense Youtube

Youtube menjadi salah satu ajang mendapatkan penghasilan di era digital ini.  Banyak sekali pengguna smartphone maupun apC yang menggunakan aplikasi satu ini ketika anda memiliki sebuah akun youtube,  mendaftarkan adsense youtube bisa menjadi langkah tepat agar bisa memiliki penghasilan lebih. Namun ada beberapa syarat adsense youtube yang perlu anda pelajari Sebelum memutuskan untuk terjun dalam periklanan di youtube ini. 

Persyaratan untuk bisa bergabung dalam adsense youtube ini terbilang mutlak dan harus dipenuhi agar bisa berjalan dengan baik.  Pasalnya ketika salah satu syarat yang telah ditetapkan tidak lengkap, tentu untuk mendapatkan penghasilan dari youtube ini tidak akan bisa didapatkan. Untuk mengetahui apa saja syarat adsense youtube ini,  simak ulasannya berikut! 

Syarat untuk Bisa Bergabung Dalam Adsense Youtube

Ada beberapa persyaratan yang perlu dilengkapi saat hendak memutuskan mendaftarkan dalam adsense youtube.  Salah satu persyaratannya yaitu syarat kelayakan minimum untuk bergabung. Adapun beberapa syarat minimum bergabung diantaranya:

1. Mematuhi Kebijakan Monetisasi Yang Berlaku

Youtube tentu memiliki sebuah kebijakan tersendiri untuk bisa terus mengembangkan perusahaanya. Adapun untuk bergabung dalam adsense youtube jni. Anda harus melakukan sebuah monetisasi di youtube.  

Monetisasi youtube itu sendiri merupakan sebuah metode yang dikelola oleh youtube dan menghasilkan uang. Agar bisa mudah dalam mendapatkan uang dari youtube, pastikan paham dengan monetisasi yang berlaku.  

2. Berada Di Wilayah Partner Youtube

Partner youtube ini merupakan sebuah negara yang menggunakan atau mengakses youtube dalam jumlah yang besar.  Hal ini tentu pihak youtube tidak ingin dirugikan untuk memberikan penghasilan kepada penggunanya. 

Indonesia menjadi salah satu wilayah partner youtube, sehingga anda tidak perlu khawatir ketika hendak mendaftarkan adsense youtube tersebut.  Untuk lebih lanjut mengetahui mana saja wilayah patner youtube, biaa mengunjungi link https://support.google.com/youtube/answer/7101720?hl=id

3. Memiliki Lebih Dari 4.000 Jam Tonton Publik

Untuk bisa mendapatkan sebuah persetujuan dalam adsense youtube, pastikan akun atau konten dalam akun youtube anda telah memiliki 4.000 jam waktu tonton online yang valid terlebih dalam 1 tahun terakhir.  Hal ini menjadi syarat paten untuk bisa disetujui permohonan bergabung dalam adsense youtube.

4. Memiliki Subscriber Banyak

Agar berjalan lancar dalam pendaftaran adsense,  pastikan anda telah memiliki lebih dari 1000 subscriber.  Hal ini tentu menjadikan anda harus tetap berkreasi dengan memiliki konten unik sehingga bisa menarik pengunjung dan mensubscribe akun youtube.  

5. Menautkan Adsense

Meskipun anda telah memiliki banyak subscribe dan banyak konten yang telah ditonton pengunjung,  namun akan sia sia jika tidak menautkan pada akun Adsense. Pastikan mendaftarkan dan menautkan akun youtube dengan adsense yang ada.  

Langkah Melakukan Pengajuan Program Partner YouTube

Ketika telah memenuhi syarat adsense youtube minimum seperti yang telah disebutkan diatas,  tentu untuk mengajukan permohonan bergabung bersama program partner youtube bisa memiliki peluang yang besar.  Namun ada beberapa pedoman atau aturan yang patut untuk dipertimbangkan. Berikut beberapa langkah yang bisa menjadi acuan ketika hendak mengajukan program partner youtube, diantaranya:

1. Telah Mematuhi Kebijakan Pedoman Youtube

Ketika hendak mengajukan sebuah permohonan,  pastikan telah melewati proses peninjauan standar atau dalam artian memeriksa kebijakan dan juga pedoman yang telah ditetapkan oleh youtube.  Hal ini dikarenakan channel yang memenuhi kriteria saja yang bisa masuk dalam daftar partner youtube. Perlu diketahui bahwa channel youtube akan selalu dipantau ketika telah tergabung dalam daftar partner youtube.  

2. Melakukan Verifikasi Akun Google

Proses verifikasi akun google ini harus melewati 2 tahap atau langkah.  Hal ini untuk melindungi akun dan juga sandi yang terhubung dengan akun tambahan yang dimilikinya.  

Ketika verifikasi 2 langkah tidak bisa dilakukan, tentu permohonan peninjauan pada akun youtube akan ditunda.  Untuk itu, pastikan telah melakukan aktivasi dan juga verifikasi akun yang telah dibuatnya. Untuk mengecek telah diverifikasi atau belumx bisa dengan mengecej di link https://myaccount.google.com/signinoptions/two-step-verification/enroll-welcome?pli=1

3. Pastikan Minimal Subscriber Terpenuhi

Seperti yang telah disebutkan pada syarat adsense youtube minimal,  subscriber yang harus dimiliki satu akunnya yaitu minimal 1 ribu dengan 4000 jam waktu tonton publik.  Ketika telah berhasil mencapai jumlah minimum, tentu hal tersebut menandakan konten yang dimiliki telah banyak.  

Adanya jumlah minimum tersebut akan memberikan keputusan yang tepat terhadap kapatuhan channel yang ada pada pwdoman youtube.  Pastikan syarat yang satu ini telah terpenuhi karena bersifat mutlak.  

4. Menyetujui Persyaratan YPP

Youtube partner akan meminta diberitahu mengenai jumlah minimum dan juga waktu tonton publik,  ketika telah memenuhi jumlah yang ada, silahkan mengikuti rules berikut ini:

  • Login pada akun youtube Anda
  • Klik gambar profil dan pilih youtube studio yang ada di kanan atas
  • Pilih monetisasi di menu sebelah kiri
  • ketika belum memenuhi jumlah minimum,  klik beritahu saya ketika telah memenuhi persyaratan
  • Ketika telah memenuhi jumlah minimum, klik mulai dan pilih tinjaun persyaratan program partner
  • Akan muncul tanda seleaai berwarna hijau setwlah mengklik tinjai oerayarayan program partner.
  • Pastikan hanya memiliki satu akun adsense saja yang digunakan untuk menerima pembayaran yang dilakukan
  • Pilih mulai di tampilan daftar google adsense
  • Ketika telah memiliki akun yang disetujui,  bisa dihubungkan ke beberapa channel meskipun pada satu akun saja
  • Jika belum memiliki akun adsense,  bisa dengan mengikuti petunjuk yang ada di layar. 
  • Setelah menghubungkan akun adsense,  akan diberi tanda selesai di kartu 
  • Tunggu dalam antrian peninjauan dari youtube
  • Youtube akan melakukan pemeriksaan meliputi kepatuhan chanel sesuai dengan pedoman yang ditentukan oleh youtube
  • Lakukan oengecekan status oengajuan di https://studio.youtube.com/channel/UC/monetization

Penjelasan Singkat Tentang Syarat Jam Waktu Tonton Publik

Dalam syarat adsense youtube memang terdapat minimum jam waktu tonton serta subscribe.  Namun apa yang dimaksud dengan jam waktu tonton publik tersebut? Perlu diketahui bahwa tidak semua jam waktu tonton ikut dalam perhitungan minimum program partner youtube.  

Ada beberapa kriteria yang masuk dalam jam waktu tonton publik ini yaitu jam yang diperoleh dari sebuah video yang disetel sebagai tontonan publik. Untuk perhitungan yang tidak berlaku seperti halnya video pribadi,  tidak publik, dihapus, kampanye iklan, video yang diputar atau yang lainnya.  

Diterima Atau Ditolaknya Pengajuan

Ketika pengajuan partner youtube diterima,  Selamat! Hak ini menjadi langkah awal dalam preferensi iklan.  Anda bisa mengaktifkan sebuah monetisasi di video yang akan diupload dalam channel youtube yang dimiliki.  

Namun ketika ditolak,  tim peninjau dari youtube biasanya akan menemukan beberapa hak yang menjadikan alasan ditolaknya pengajuan.  Alasan tersebut bisa berupa sebuah ketidaksesuaian antara channel dengan kebijakan yang telah ditetapkan. Biasanya anda bisa melakukan pendaftaran ulang minimal 30 hari setelah penolakan tersebut.  

Proses Peninjauan  Dari Youtube

Ketika telah memenuhi beberapa persyaratan minimum yang ditetapkan oleh yotube serta menghubungkan akun adsense dan pengajuan dalam proses antrian,  pihak youtube akan melakukan peninjauan. Adanya pemeriksaan kepatuhan kebijakan monetisasi youtube sesuai syarat adsense youtube dengan channel yang didaftarkan.  

Biasanya youtube akan menghubungi dan memberikan sebuah keputusan ketika channel telah ditinjau. Untuk bisa mengetahui hasilnya bisa ditunggu kisaran 1 bulan.  

Meskipun begitu,  anda juga terkadang harus menunggu hingga lebih dari satu bulan dikarenakan ada beberapa alasan penundaan.  Hal ini bisa dikarenakan jumlah permohonan yang banyak, masalah pada sistem, atau bisa juga pengalihan SDM yang ada.  Hal ini mengharuskan pemilik channel memang harus bersabar karena terbatasnya pakar youtibe yang melakukan peninjauan.  

Tim dari youtube tidak bisa melakukan percepatan peninjauan sebuah channel. Hal ini karena semua pengajuan yang ada masuk dalam daftar antrian dan diproses sesuai dengan urutan masuk oengajuan. Bahkan tidak hanya itu saja,  terkadang beberapa channel harus dilakukan peninjauan beberapa kali untuk disesuaikan dengan kebijakan yang ada pada youtube.  

Ketika Jumlah Minimum Menurun Setelah Mendaftar 

Terkadang meskipun telah mendaftar dan telah lolos dalam pengecekan pihak youtube,  bisa saja channel yang didaftarkan memiliki jumlah penonton serta subscriber yang menurun.  Ketika terjadi hal seperti itu, biasanya pihak youtube akan melakukan peninjauan channel ulang secara keseluruhan.  

Ketika telah memenuhi jumlah minimum, tentu permohonan akan tetap disetujui dan bisa bergabung dengan partner youtube. Namun perlu diketahui bahwa youtube juga berhak menentukan kebijakan tersendiri untuk melakukan penghapusan monetisasi sebuah chanell ketika channel yang ada tidak mengupload atau mengirim postingan selama 6 bulan.  

Dengan adanya hal tersebut menjadikan sebuah channel kehilangan kemampuan dalam monetisasi youtube sesuai dengan kebijakan yang ada.  Perlu diketahui bahwa tidak semua channel yang telah memiliki syarat minimum bisa terdaftar dalam partner youtube.  Hal tersebut dikarenakan setiap channel yang ada akan selalu dilakukan sebuah peninjauan standar dan juga keseluruhan terhadap kebijakan monetisasi dari youtube.  

Tentunya hanya channel yang telah memenuhi syarat adsense youtube saja yang bisa lolos. Pastikan ketika telah terdaftar dan disetujui,  untuk tetap aktif dan terus menghasilkan uang dengan mempertahankan ekosistem channel yang sehat dan juga aktif. Dengan fokus pada konten kreator serta berinteraksi dengan komunitas menjadi sarana tepat untuk mengaktifkan channel.