Strategi Pemasaran 2019 : Cara Membuat Strategi

strategi pemasaran

Artikel strategi pemasaran ini akan dibahas beberapa hal terkait pemasaran. Dalam membangun sebuah usaha, untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dengan produk ataupun jasa yang bisa diterima oleh masyarakat, maka mempertimbangkan strategi pemasaran efektif sangat perlu dilakukan. Strategi inilah yang nantinya akan membantu Anda dalam membidik pangsa pasar yang tepat guna membantu dalam menghadirkan produk yang berkualitas.

Panduan Pemasaran

Artikel ini merupakan bagian dari rangkaian artikel yang membahas Pemaasaran. Berikut ini daftarnya :

BAB 1 : Pengertian Pemasaran
BAB 2 : Pengertian Merek
BAB 3 : Konsep Pemasaran
BAB 4 : Strategi Pemasaran
BAB 5 : Jenis Strategi Pemasaran

Jika anda tertarik mempelajari Pemasaran dari awal, silakan menuju artikel sebelumnya pada link di atas.

Agar pemahaman kita menyeluruh, mari kita bahas mulai dari pengertian pemasaran.

Pengertian Pemasaran

Sebelum membahas lebih jauh, tentu kita harus memahami dulu mengenai pengertian pemasaran. Berikut ini adalah pengertian pemasaran daro wikipedia :

Pengertian Pemasaran (atau dalam bahasa Inggris disebut marketing) adalah aktivitas, serangkaian institusi, dan proses menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum.

ok, setelah kita mengetahui hal di atas barulah kita selanjutnya membahas tentang strateginya.

Jenis Strategi Pemasaran

Ada banyak jenis strategi pemasaran yang efektif serta efisien yang dapat anda terapkan. Berikut beberapa contohnya :

  1. Social Media Marketing

  2. Search Engine Marketing

  3. Search Engine Optimization (SEO)

  4. Content Marketing

  5. Memberikan produk gratis

  6. Partnership

  7. Referral

Jika kita bicara mengenai jenis strategi pemasaran, maka kita akan bicara tentang daftar yang panjang. Ada banyak sekali jenisnya. Oleh karena itu, topik mengenai jenis strategi pemasaran yang jitu dibahas dalam satu artikel tersendiri.

jenis strategi pemasaran image

Untuk pembahasan lebih jauh silakan anda baca 20 Jenis Strategi Pemasaran Efektif 2019. Pada artikel tersebut dibahas puluhan strategi pemasaran yang dapat diterapkan pada bisnis anda.

Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli

Dari situs wikipedia kita akan mendapat pengertian sebagai berikut,

Strategi pemasaran adalah logika pemasaran, dan berdasarkan itu, unit bisnis diharapkan untuk mencapai sasaran-sasaran pemasarannya. Strategi pemasaran terdiri dari pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran dari perusahaan, bauran pemasaran, dan alokasi pemasaran.

Dari pengertian di atas mungkin sudah cukup jelas. Tapi ada baiknya juga anda mengetahui apa pendapat para ahli. Berikut beberapa pengertian yang perlu Anda ketahui tentang strategi pemasaran menurut beberapa pendapat para ahli.

Kotler dan Amstrong

Pengertian dari strategi pemasaran efektif menurut Kotler dan Amstrong (2008) mengungkapkan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan guna mendapatkan suatu keuntungan yang lebih melalui penciptaan nilai produk dan jasa. Kegiatan pemasaran ini sangat erat kaitannya dengan peran konsumen.

Kurtz

Merujuk pada pengertian strategi pemasaran efektif yang diungkapkan oleh Kurtz disebutkan bahwa keseluruhan atas program pemasaran yang kemudian digunakan untuk menentukan target pasar dalam memberikan kepuasan kepada konsumen atas produk dan jasa yang ditawarkan. strategi pemasaran menurut Kurtz mengkombinasikan dengan marketing mix yang mencangkup produk, promosi, distribusi dan harga.

Philip Kotler

Sedangkan menurut Philip Kotler strategi pemasaran merupakan salah satu mindset pemasaran yang nantinya akan membantu dalam mencapai suatu tujuan pemasaran. Dalam hal ini, pihak terkait harus menentukan budget, pangsa pasar hingga bauran pemasaran.

Tjiptono

Disebutkan oleh Tjiptono bahwa strategi pemasaran efektif adalah suatu alat fundamental yang nantinya akan digunakan dalam mencapai suatu tujuan. hal ini dilakukan dengan mengembangkan keunggulan yang dimiliki serta tetap menyelaraskan kebutuhan pasar. Tentu saja hal ini dilakukan dengan menyesuaikan program pemasaran yang telah disusun sebelumnya.

Stanton

Menurut Stanton strategi pemasaran efektif adalah salah satu strategi pemasaran yang ditujukan untuk menentukan harga, mempromosikan dan juga menyalurkan produk tersebut demi mencapai kepuasan konsumen. Untuk mewujudkannya, tentu saja hal ini dilakukan dengan suatu perencanaan.

Fungsi Strategi Pemasaran

Dengan mengetahui fungsi, membuat kita bisa mengoptimalkan penggunaannya. Berikut ini beberapa fungsi dari strategi pemasaran.

Membantu dalam memprediksi masa depan

Strategi pemasaran efektif memiliki fungsi yang sangat penting dalam membuat sebuah perusahaan untuk selalu berusaha memikirkan masa depan. Tentu saja yang demikian ini sangat penting untuk membantu dalam mengetahui keberlangsungan masa depan dari perusahaan tersebut.

Ketika berusaha untuk melihat berbagai hal demi kemajuan di masa yang akan datang, strategi pemasaran efektif diterapkan dengan menyesuaikan ritme pasar. Akan lebih baik lagi jika kemudian sebuah perusahaan memiliki sebuah gebrakan yang nantinya menghasilkan sesuatu yang inovatif.

Melakukan koordinasi pemasaran untuk tujuan lebih efektif

Setiap perusahaan memiliki strategi pemasaran efektif tersendiri guna mencapai tujuan yang diharapkan. Dikatakan bahwa strategi pemasaran ini nantinya akan difungsikan dalam mengatur jalannya perusahaan tersebut. dengan cara ini, akan terbentuk suatu koordinasi yang sangat efektif dan juga tepat sasaran.

Membantu dalam merumuskan tujuan sebuah perusahaan

Setiap pelaku bisnis selalu berusaha dalam mengetahui tujuan dari perusahaan tersebut. Menyikapi hal tersebut, strategi pemasaran efektif sangat diperlukan guna membantu dalam membuat detail tujuan perusahaan tersebut. Tujuan yang dirumuskan tersebut baik yang berjangka panjang ataupun pendek.

Melakukan kegiatan pengawasan atas pemasaran yang dilakukan

Ketika sebuah perusahaan memiliki strategi pemasaran efektif dan jitu, tentu saja hal ini menjadi standard prestasi kerja untuk setiap anggotanya. Melalui cara ini, nantinya akan membuat setiap kegiatan yang dilakukan lebih terkontrol hingga nantinya akan menghasilkan suatu kualitas kerja yang sangat efektif.

Tujuan Strategi Pemasaran

Semua perusahaan memang seharusnya memiliki strategi pemasaran efektif demi mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Berikut ini beberapa tujuan disusunnya strategi pemasaran sebuah perusahaan.

  1. Meningkatkan kualitas dari koordinasi yang dilakukan oleh setiap individu yang tergabung dalam tim pemasaran
  2. Dijadikan sebagai tolok ukur prestasi atas kegiatan pemasaran yang telah dijalankan
  3. Sebagai dasar untuk mengambil keputusan dalam kegiatan pemasaran
  4. Meningkatkan kemampuan adaptasi ketika terjadi perubahan pemasaran

Konsep Strategi Pemasaran

Kepuasan dari pelanggan merupakan kunci dari konsep pemasaran. Tidak mengherankan jika kemudian setiap perusahaan memiliki cara tersendiri dalam menjalankannya. Tentu saja hal ini disesuaikan dengan karakteristik sekaligus juga kesanggupan perusahaan masing-masing.

Sekalipun demikian, tujuan dari kegiatan penerapan strategi pemasaran efektif tersebut selalu berujung pada kepuasan dari konsumen itu sendiri. kaitannya hal tersebut, berikut beberapa konsep strategi pemasaran yang bisa dijadikan sebagai referensi dalam mencapai kepuasan tersebut.

Segmentasi pasar

Setiap konsumen memiliki perbedaan kebutuhan dan juga kebiasaan. Dalam hal ini, perusahaan yang ingin mewujudkan target penjualan sesuai dengan harapan harus berusaha keras dalam melakukan klarifikasi pasar yang sifatnya heterogen

Membagi pasar menjadi segmen yang lebih kecil dan spesifik. Dengan begitu aktifitas pemasaran lebih mudah dilakukan serta lebih ringan dari segi sumber daya yang dibutuhkan.

Market positioning

Tidak ada satu perusahaan yang mampu menguasai pangsa pasar secara menyeluruh. Atas dasar itulah kemudian setiap perusahaan diwajibkan untuk memiliki pola spesifik guna mendapatkan sebuah posisi yang sangat kuat di dalam pasar tersebut. Dengan cara ini, maka akan lebih mudah dalam memilih segmen pasar yang sangat menguntungkan.

Market entry strategy

Market entry strategy merupakan strategi yang nantinya akan membantu perusahaan untuk bisa memasuki pangsa pasar tertentu. Untuk menjalankannya, ada beberapa hal yang perlu dilakukan termasuk diantaranya adalah membangun kerjasama, pengembangan internal dan membeli produk dari perusahaan lain.

Marketing mix strategy

Strategy marketing mix ini adalah kumpulan dari berbagai variabel termasuk diantaranya product, place, price, participant, process dan juga people physical evidence yang nantinya akan membantu dalam mempengaruhi atas suatu tanggapan dari konsumen.

Timing strategy

Perusahaan dalam hal ini harus melakukan persiapan yang sangat baik dalam proses produksi serta menentukan waktu yang sesuai kemudian pendistribusian produk dilakukan di pasar.

Contoh Strategi Pemasaran

Ok, sekarang saatnya mempelajari contoh strategi pemasaran sekaligus analisis dalam melakukan pemasaran. Berikut ini beberapa contoh yang umum dilakukan oleh beberapa perusahaan.

Partnership

Dalam marketing partnership anda bisa melakukan kolaborasi dengan pihak lain. Ada banyak pola yang bisa dijalankan seperti, reseller, dropship, francise dan lain-lain. Salah satu keunggulan dari metode ini adalah kemampuannya dalam menghemat sumber daya serta efektifitasnya untuk mencapai market yang sulit dijangkau langsung oleh bisnis anda.

Influencer

Jangan sesekali meremehkan kemampuan selebgram dan juga influencer yang akan memberikan pengaruh positif atas penjualan yang Anda lakukan. Dengan jumlah followers yang sangat besar, tentu saja akan memberikan keuntungan dalam melakukan promosi atas penjualan dan pemasaran produk yang lebih tinggi.

Melibatkan Seluruh Karyawan

Dalam mengerjakan sebuah proyek pemasaran, tindakan melibatkan karyawan adalah hal yang bisa dijadikan sebagai gebrakan baru untuk mendongkrak penjualan. Anda bisa mencoba membuat suatu iklan yang lucu dengan keterlibatan karyawan di dalamnya. dengan cara ini, para karyawan akan meng-share video tersebut demi keefektivitas kinerja.

Pelanggan Lama

Tahukah Anda jika pelanggan lama adalah mereka yang sangat setia dengan produk atau jasa perusahaan tertentu. Untuk mengapresiasi hal tersebut, cobalah memikirkan untuk memberi bonus kecil ataupun diskon yang menarik. Melalui cara ini, nantinya mereka dengan senang hati mempromosikan produk Anda.

Jika anda memerlukan contoh yang lebih banyak silakan baca 20 Jenis Strategi Pemasaran Efektif 2019

Perbedaan Marketing Plan dan Strategi Pemasaran

Dari ulasan yang tersebut di atas, banyak orang yang cenderung kurang memahami perbedaannya dengan marketing plan. Agar tidak bingung membedakannya, mari kita bahas bersama :

Strategi Pemasaran

Jika kita membicarakan topik ini maka sebagian orang akan membayangkan tentang “bagaimana” pemasaran itu dijalankan. Padahal makna sesungguhnya tentang strategi pemasaran bukanlah tentang “bagaimana” melainkan tentang “apa”. Jadi strategi pemasaran itu mengenai apa yang ingin dicapai. Semua itu terbentuk dari penjelasan lebih rinci mengenai sasaran dari bisnis yang telah anda tetapkan. Hal ini bicara mengenai sasaran jangka panjang dan pendek serta tujuannya dan menetapkan tujuan sasaran tersebut.

Marketing Plan

Sedangkan marketing plan merupakan rencana strategis yang akan dijalankan untuk mewujudkan strategi pemasaran. Dan merupakan panduan tahap demi tahap untuk mencapai titik yang telah ditetapkan dalam strategi  yang dijalankan.

Pemasaran atau marketing merupakan bagian vital dari perusahaan yang bisa menghasilkan profit besar. Kemajuan sebuah perusahaan biasanya ditentukan dari kemahiran tim pemasaran mulai penentuan strategi pemasaran hingga penerapan secara langsung. Untuk mencapai target perusahaan, strategi pemasaran yang jitu perlu dipertimbangkan secara detail. Lalu, bagaimana langkah membuat strategi pemasaran yang baik?

Mempersiapkan Membuat Strategi Pemasaran

Sebelum membahas mengenai langkah membuat strategi pemasaran, sebaiknya Anda memahami strategi pemasaran lebih detail. Berdasarkan pengertian W.Y Stanton, strategi pemasaran adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial.

Tentu ada hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda menyusun langkah membuat strategi pemasaran efektif. Hal yang harus diperhatikan tersebut adalah membuat analisis SWOT untuk mengetahui kondisi perusahaan. Apa saja isi dari analisis SWOT strategi pemasaran perusahaan Anda?

Strengths atau kekuatan

Hal-hal yang bisa membantu perusahaan mencapai tujuan antara lain sumber daya, kemampuan internal dan faktor situasional yang positif.

Weakness atau kelemahan

Tak hanya menganalisa semua kekuatan positif yang dimiliki perusahaan untuk meraih semua target, Anda juga harus membuat analisa kelemahan strategi pemasaran tersebut. Analisa kelemahan ini terdiri dari keterbatasan internal dan faktor situasional yang negatif dan menghambat upaya mencapai tujuan perusahaan.

Opportunities atau kesempatan

Seorang ahli marketing pasti memiliki pola pikir positif dan selalu mampu melihat celah peluang dari lingkungan sekitar. Analisa mengenai kesempatan atau peluang ini wajib diperhatikan agar bisa memaksimalkan faktor eksternal yang bisa digunakan perusahaan untuk menghasilkan keuntungan besar.

Threats atau ancaman

Langkah membuat strategi pemasaran juga harus memperhatikan masalah analisa ancaman. Ancaman yang bisa mengganggu pencapaian perusahaan dari pihak eksternal sehingga tantangan yang dihadapi tim semakin besar.

3 Langkah Membuat Strategi Pemasaran

Sebagai bagian penting dari divisi pemasaran, Anda mungkin sudah membuat daftar analisa SWOT dengan baik. Kini langkah membuat strategi pemasaran yang perlu Anda lakukan adalah penerapan strategi tersebut berikut ini.

Membuat segmentasi pasar

Memasarkan produk atau jasa ke masyarakat luas memang bukan perkara mudah. Hal ini juga berlaku untuk perusahaan besar yang hendak memasarkan produk baru. Bisa jadi Anda perlu menggelar rapat tim pemasaran untuk mendiskusikan segmentasi pasar. Segmentasi pasar sendiri merupakan tindakan mengelompokkan pembeli berdasarkan faktor perbedaan antara lain kebutuhan, karakteristik  dan perilaku konsumen.

Menetapkan target pasar

Langkah membuat strategi pemsaran yang tepat adalah menentukan target pasar lebih dahulu. Ada pilihan dalam menetapkan target pasar berdasarkan segmentasi yang sudah dibentuk sebelumnya. Kalau perusahaan Anda ingin melayani satu produk atau jasa saja, rancanglah strategi pemasaran yang fokus pada sistem promosi tersebut.

Perusahaan juga bisa menawarkan produk atau jasa yang menyasar segala segmen sehingga perlu rancangan strategi marketing terbaik. Anda harus bisa menjalin hubungan dekat dengan konsumen sehingga mereka bisa memberikan loyalitas cukup tinggi saat perusahaan menawarkan produk baru.

Diferensiasi dan posisi pasar

Diferensiasi merupakan syarat utama bagi Anda yang ingin menyasar segala segmen dengan produk andalan. Anda wajib memikirkan penawaran yang menarik sehingga konsumen menjadikan produk atau jasa yang Anda tawarkan menduduki posisi teratas. Jika konsumen memiliki pola pikir bahwa produk Anda paling mahal, berkualitas dan sebagainya, tentu membuat para konsumen rela merogoh kocek untuk membeli.

Pentingnya diferensiasi penawaran ini sangat berpeluang mensukseskan produk Anda di pasaran. Kembangkan posisi pasar yang menarik dan unik untuk produk Anda sehingga bisa mempertahankan konsumen lama dan mendapatkan banyak calon konsumen baru.

Kalau Anda sudah yakin dalam menentukan langkah membuat strategi pemasaran, bisa langsung melakukan bauran pemasaran. Bauran pemasaran ini terdiri dari istilah 4P yang memiliki makna Product, Price, Place dan Promotion. Memadukan bauran pemasaran tentu akan mempermudah suatu program marketing yang diinginkan bisa mencapai tujuan dan target perusahaan. Strategi pemasaran baik offline atau online harus dipikirkan secara matang akan membantu kelancaran usaha yang Anda jalani lho!

Manfaat mempersiapkan dan menerapkan langkah membuat strategi pemasaran sangat baik untuk mendukung kejayaan perusahaan. Strategi yang benar bisa saja membantu perusahaan menghasilkan omset luar biasa hingga peningkatan permintaan produk atau jasa di pasaran. Sebaliknya, strategi pemasaran yang terkesan buru-buru tanpa perhitungan detail bisa saja membuat kerugian yang lebih besar. Bisa jadi produk atau jasa tak sanggup menarik minat pembeli akibat salah menentukan strategi sejak awal.

Kini Anda bisa memiliki gambaran seputar strategi pemasaran, hal yang harus dipersiapkan serta cara penerapan yang benar. Aplikasikan tips bermanfaat di atas untuk usaha Anda sendiri hingga meraih kesuksesan. Kesuksesan harus direncanakan agar Anda memiliki perhitungan yang lebih positif ya!