5 Strategi Pemasaran Produk Efektif 2020

Seperti yang kita tahu strategi pemasaran produk adalah salah satu hal penting yang ikut menentukan performa perusahaan.

Agar kegiatan pemasaran dapat mencapai target yang telah ditetapkan, maka penting sekali menentukan strategi pemasaran yang tepat.

Strategi pemasaran produk sendiri merupakan sebuah kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan produk secara luas.

Dalam menyusun strategi pemasaran pada perusahaan tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Penting sekali mengidentifikasi cara pemasaran produk seperti apa yang mudah diterima oleh para konsumen.

Nah, jika Anda masih bingung berikut ini akan disajikan beberapa cara pemasaran produk terbaik guna untuk meningkatkan penjualan produk perusahaan Anda.

5 Strategi Pemasaran Produk Terbaik

Ada beberapa strategi pemasaran produk yang dapat ada coba terapkan

Sosial Media Marketing

Salah satu cara yang bisa dikatakan sangat efektif untuk memasarkan produk adalah dengan menggunakan sosial media.

Pasti kita semua pasti setuju bahwa sosial media merupakan salah satu alat pemasaran yang bisa dikatakan sangat ampuh.

Mengapa demikian? Hal tersebut karena hampir semua orang dari berbagi macam latar belakang pasti menggunakannya.

strategi pemasaran produk social media marketing
strategi pemasaran produk social media marketing

Tahukah Anda menurut data yang bersumber dari Statista, diketahui bahwa 90% marketer menyatakan bahwa media sosial penting untuk bisnis mereka.

Dengan menggunakan strategi ini, perusahaan juga dapat menjalin interaksi secara langsung dengan para pelanggannya. Kelebihan dari cara yang pertama ini yaitu biaya yang cenderung murah namun dengan jangkauan yang luas.

Silakan pelajari lebih jauh mengenai social media marketing pada artikel berikut ini :

SEO (Search Engine Optimization)

SEO adalah teknik yang membuat bisnis anda muncul pada halaman pencarian Google atau mensin pencari yang lain. SEO adalah proses alami untuk membuat suatu halaman web mendapat peringkat terbaik dalam halaman hasil pencarian pada kata kunci tertentu.

Jika anda memiliki produk baju wanita. Coba anda bayangkan jika saat seseorang mengetikkan pencarian di Google “beli baju wanita”. Kemudian yang muncul pada urutan pertama adalah bisnis anda. Tentu penjualan anda akan meningkat bukan?

Itulah gambaran bagaimana SEO dapat membantu bisnis anda semakin berkembang.

Saya sudah menulis artikel khusus mengenai SEO ini. Silakan anda membacanya pada link berikut ini.

Tawarkan Produk Secara Gratis

Cara selanjutnya yang juga dianggap ampun untuk menjaring para konsumen adalah dengan menawarkan produk secara gratis. Alasan mengapa strategi yang satu ini dianggap perlu dilakukan karena kebanyakan konsumen yang belum pernah membeli sebuah produk pastinya ingin mencobanya terlebih dahulu.

Oleh karena itu, perusahaan bisa menyelenggarakan event atau menawarkannya secara langsung contoh produk tersebut secara door to door.

Nah, jika perusahaan yang Anda jalankan bergerak dalam bidang jasa, maka Anda bisa menawarkan free trial atau mencoba gratis. Tanpa disadari cara tersebut dapat menarik minat para calon konsumen untuk mengetahui produk yang ingin ia beli.

Pilih Tempat Yang Strategis

Selain menggunakan media sosial dan menawarkan produk secara gratis, strategi pemasaran lainnya yang tidak kalah efektif yaitu dengan memilih tempat yang tepat.

Dengan memilih tempat yang strategis, produk yang Anda tawarkan memiliki kemungkinan terlihat lebih tinggi. Sehingga hal tersebut dapat memicu penjualan produk yang tinggi.

Untuk kriteria pemilihan produknya sendiri menyesuaikan dengan target pasar yang ingin dijangkau. Misalnya saja Anda memutuskan untuk menjual kebutuhan anak kos, maka disarankan untuk memilih tempat di dekat area kampus.

Dengan pertimbangan tersebut, kemungkinan produk Anda terjual dengan cepat sangat besar.

Beri Insentif untuk Rekomendasi

Tahukah Anda sebuah produk akan terlihat lebih bagus dan juga dapat dipercaya ketika ada yang menawarkan atau merekomendasikannya secara langsung. Untuk bisa mendapatkan rekomendasi atau testimoni yang positif Anda bisa memberikan penghargaan berupa intensif yang menarik.

Dengan adanya pemberian penghargaan tersebut secara tidak langsung perusahaan akan memenangkan dua pihak untuk sasaran marketingnya yakni pelanggan yang loyal dan calon pelanggan. Saat ini cara rekomendasi produk memang lebih banyak dipilih karena bisa digunakan hampir semua bisnis.

Menjaga Hubungan Baik dengan Pelanggan

Tahukah Anda pelanggan yang loyal menjadi salah satu aset penting yang harus dijaga oleh perusahaan. Mereka lah yang setia membeli produk Anda berulangkali sehingga ikut andil dalam menyumbang pemasukan perusahaan Anda secara rutin.

Jika Anda tidak ingin kehilangan aset penting tersebut, maka pastikan untuk menjaganya dengan cara menjalin hubungan yang baik.

Bagaimana caranya? Sesekali Anda perlu memberikan penghargaan berupa hadiah secara langsung atas pembelian yang sudah mereka lakukan. Cara yang satu ini ternyata terbilang efektif untuk membuat pelanggan tersebut tetap loyalitas menggunakan produk Anda.

Demikian ulasan singkat tentang lima strategi pemasaran produk yang terbukti ampuh dapat meningkatkan penjualan dengan cepat. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment