Strategi Pemasaran 4P : Panduan Lengkap 2020

strategi pemasaran 4p

Pernahkah anda mendengar Strategi Pemasaran 4P? Dalam dunia bisnis para pelaku usaha dituntut untuk memiliki strategi pemasaran yang bagus agar bisa survive di tengah banyaknya persaingan. Bukan hanya pada usaha dengan skala besar saja melainkan semua jenis bisnis baik kecil maupun menengah semua butuh taktik agar memenangkan pertarungan. Sebuah fakta yang tak bisa dibantah bahwa jumlah usaha semakin bertambah dari hari ke hari dalam berbagai kelas dari UMKM hingga perusahaan yang besar.

Bagi perusahaan yang besar mungkin strategi pemasaran sudah dikuasai dengan baik berdasarkan dari pengalamannya selama berdiri. Selain itu pada usaha bisnis dengan skala besar biasanya memiliki dukungan SDM yang lengkap termasuk pada divisi marketing. Tim dalam divisi itulah yang tugasnya menjaga agar penjualan produk tetap stabil dan mengalami kemajuan. Caranya adalah dengan mencari strategi pemasaran yang paling sesuai dengan kondisi kekinian.

Berbeda dengan usaha yang masih dalam tahap perintisan seperti UKM atau Usaha Kecil Menengah. Usaha kelas UKM hanya memiliki beberapa orang saja dalam pengendalian operasional usahanya. Terbatasnya jumlah SDM mau tidak mau harus membuat pelaku usaha UKM memeras otak untuk mencari taktik terbaik dalam pemasaran produk. UKM biasanya tidak memiliki tim yang khusus menangani soal pemasaran dalam divisi marketing jadi harus bisa ditangani  sendiri oleh pengelola yang kebanyakan juga merupakan owner-nya.

Jika Anda termasuk salah seorang pengusaha UKM dan saat ini sedang merasa kebingungan dengan bisnis yang mulai banyak saingannya segera lakukan perubahan. Lakukan strategi marketing yang bagus agar bisnis Anda bisa melampaui para pesaingnya. Mengapa tidak mencoba melakukan strategi marketing yang disebut dengan 4P mulai dari sekarang.

Apa dan bagaimana konsep pemasaran 4P yang dimaksud akan dijelaskan lebih rinci di bawah ini.

Strategi Pemasaran 4P

Product (Produk)

Hal pertama yang ada pada strategi pemasaran 4P adalah Product atau produk. Yang dimaksudkan dalam taktik pertama ini yaitu bahwa setiap usaha harus tahu produk apa yang akan dijual nantinya. Selain itu juga bagaimana nanti cara untuk terus bisa mengembangkan produk andalan tersebut. Termasuk pada bisnis UKM yang Anda lakoni harus memiliki produk andalan serta cara pengembangannya.

Pengembangan produk yang dimaksud misalnya penambahan varian baru baik pada rasa, bentuk, kemasannya atau ukurannya. Penambahan varian rasa baru yang sedang trending adalah salah satu contoh pengembangan dari usaha makanan. Yang kedua adalah tetap menjaga kualitas produk meskipun variannya bertambah. Dan jangan lupa informasikan kepada pelanggan tentang penambahan varian tersebut agar mereka tidak merasa kecewa.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyiapan produk :

  • Design produk
  • Kualitas produk
  • Merek produk
  • Packaging produk
  • Pelayanan
  • Garansi dan pengembalian

Price (Harga)

P yang kedua adalah pricing atau penentuan harga dari produk. Berapa harga yang Anda tentukan untuk menjual sebuah produk bisa mempengaruhi minat pembeli. Mengapa? Karena konsumen harus menebusnya dengan uang untuk mendapatkan produk tersebut. Tentunya konsumen ingin mendapatkan kualitas yang sepadan dengan uang yang mereka keluarkan. Itulah mengapa penentuan harga produk masuk sebagai bagian penting dalam strategi bauran pemasaran 4P.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyiapan harga :

  • Strategi penentuan harga
  • Diskon harga
  • Kemudahan pilihan pembayaran

Place (Lokasi)

Bisnis Anda memiliki produk unggulan yang bagus dengan harga yang sesuai tapi mengapa Anda merasa bahwa bisnis Anda belum mengalami kemajuan yang signifikan? Bisa jadi karena Anda salah memilih lokasi untuk mendirikan usaha. Pemilihan lokasi yang strategis dan tepat dengan target market akan membuat bisnis Anda lebih cepat maju.

Semakin tepat pemilihan lokasi usaha akan semakin banyak orang yang datang untuk membeli produk Anda. Bagaimana caranya agar Anda bisa mendapatkan lokasi yang tepat dengan jenis usaha Anda? Jawabannya adalah dengan melakukan riset pada beberapa tempat sampai akhirnya ketemu mana yang paling pas.

Promotion (Promosi)

P yang terakhir adalah promotion atau promosi. Promosi ini dilakukan untuk membuat konsumen tetap ingat pada produk Anda. Disamping itu melakukan promosi merupakan taktik untuk bisa meningkatkan jumlah penjualan produk agar keuntungan yang didapatkan juga akan bertambah. Promosi juga bisa dijadikan dasar untuk membuat strategi pemasaran yang selanjutnya.

Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Dengan melakukan promo produk biasanya pihak dari perusahaan atau produsen bisa bertemu langsung dengan konsumen. Dengan begitu produsen bisa mencari tahu dengan bertanya kepada konsumen produk seperti apa yang paling mereka sukai. Dari sinilah nantinya akan bisa disusun rencana strategi pemasaran berikutnya yang lebih menyasar pada target.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.