Strategi Diskon Untuk Bisnis Anda di Tahun 2020

Penerapan strategi diskon di Indonesia sangat umum dilakukan. Karena strategi diskon ini sudah terbukti mampu mendongkrak penjualan.

Strategi diskon harga merupakan salah satu strategi pemasaran produk efektif yang dapat anda coba.

Namun penerapan strategi diskon harga juga tidak boleh dilakukan secara asal-asalan, karena bisa menimbulkan beberapa efek buruk bagi bisnis anda.

Strategi Penetapan Harga ( Pricing )

Strategi penetapan harga adalah elemen penting dari sebuah bisnis. Strategi penetapan harga dapat berdampak langsung pada jumlah keuntungan yang Anda.

Strategi penetapan harga akan membantu Anda memenuhi tujuan penjualan, meningkatkan persepsi merek, dan memenuhi permintaan pasar.

strategi diskon menurut unleashed software
strategi diskon menurut unleashed software

Menurut unleashedsoftware.com khusus untuk strategi diskon harga biasa digunakan untuk meningkatkan penjualan jangka pendek.

Namun untuk strategi jangka panjang, strategi diskon harga memiliki beberapa efek negatif. Efek negatif tersebut terutama pada posisi pasar (positioning) dan loyalitas merek.

Marketing Analisis Dalam Strategi Diskon

Secara umum, bisnis harus mengembangkan strategi penetapan harga untuk suatu produk setelah melakukan analisis pemasaran. Penerapan strategi diskon tanpa analisis pemasaran merupakan hal yang BURUK.

Anda harus mempertimbangkan distribusi produk, penentuan posisi anda di pasar (positioning), keputusan promosi dan jumlah permintaan dari produk tersebut.

Strategi penetapan harga juga dirumuskan dengan mempertimbangkan biaya, persaingan, dan target laba. Anda juga harus melihat strategi apa saja yang diterapkan oleh kompetitor.

Strategi penetapan harga mencakup beberapa strategi berikut, strategi harga normal, harga kompetitif, harga diskon atau gabungan dari semua ini.

Strategi Diskon Harga

Bisnis menggunakan diskon harga untuk menjual produk murah dalam volume tinggi. Dengan strategi ini, penting untuk mengurangi biaya dan tetap kompetitif.

Sebagai contoh, kompetitor dengan modal besar dapat meminta potongan harga lebih banyak dari pemasok dan membuat strategi diskon menjadi efektif dengan membeli dalam jumlah besar.

Biasanya tidak mungkin untuk bersaing dengan kompetitor seperti ini hanya berdasarkan strategi penetapan harga diskon.

Lakukan strategi diskon harga dengan hati-hati. Diskon dapat berupa diskon pada momen-momen tertentu dan diskon khusus untuk pelanggan setia.

Diskon yang digunakan terlalu sering dapat merusak strategi penetapan harga Anda dan dapat berakibat  menjual produk dengan harga normal.

Misalnya, jika pengecer memiliki diskon besar secara berkala, maka mungkin mengharuskan pasar Anda untuk menunggu penjualan ini, sehingga menurunkan margin keuntungan.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai strategi diskon harga. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment