6 Strategi Digital Marketing Efektif 2019

strategi digital marketing

Di zaman yang semakin maju dan canggih ini, strategi digital marketing memang lebih menarik dan lebih banyak dipilih karena dianggap lebih efektif dan efisien. Seperti yang diketahui saat ini teknologi terus mengalami perkembangan setiap tahunnya. Hal tersebut dibuktikan dari banyaknya teknologi baru yang muncul dan semakin melengkapi teknologi sebelumnya. Apakah Anda juga berpikir demikian?

Panduan Digital Marketing

Artikel ini merupakan bagian dari kumpulan artikel mengenai digital marketing. Berikut ini daftarnya

  1. Digital Marketing
  2. Apa Itu Digital Marketing
  3. Strategi Digital Marketing

Jika anda berminat mengetahui lebih dalam mengenai digital marketing, silakan membaca artikel-artikel diatas

Menurut ahli teknologi Gordon Moore setiap 20 sampai 24 bulan teknologi akan terus mengalami perkembangan sebesar dua kali lipat. Teori Yang di sampai oleh Gordon Moore ini dikenal dengan sebutan Moore Law. Sekarang ini penggunaan strategi digital marketing mulai memiliki banyak peminat.

Apa itu Digital Marketing

Beberapa orang mungkin sering mendengar namun belum begitu memahami tentang pengertian digital marketing. Seperti yang diketahui, digital marketing merupakan metode promosi yang baik untuk sebuah brand atau produk yang menggunakan alat utama media elektronik (digital).

Digital Marketing adalah istilah umum untuk semua upaya pemasaran yang menggunakan media digital. Dan itu mencakup semua yang memanfaatkan saluran digital seperti penelusuran Google, media sosial, email, dan situs web untuk terhubung dengan pelanggan dan calon pelanggan.

Lebih jauh mengenai pembahasan ini bisa anda temukan pada artikel berikut Apa Itu Digital Marketing.

Pengguna media digital untuk pemasaran menjadi semakin menarik karena memiliki tingkat efisiensi tinggi dibanding dengan pemasaran pada umumnya. Berbicara tentang digital Marketing sebenarnya ada banyak sekali jenisnya. Masing-masing jenisnya pun memiliki kelebihan atau keunggulan yang berbeda-beda.

Beberapa jenis digital marketing yang bisa Anda jumpai seperti, Google Ads, SEO, periklanan online, email Marketing, Mobile Marketing dan masih banyak lagi. Berminat untuk mencobanya?

Keunggulan Digital Marketing

Jika berbicara keunggulan, tentu saja digital marketing memiliki keunggulan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan model pemasaran umumnya. Mengapa demikian? Perlu diketahui bahwa selain lebih menghemat waktu, tenaga dan biaya, pemasaran dengan digital marketing ini memiliki lingkup yang cukup luas sehingga hal tersebut membuat produk atau brand di kenal lebih mudah dan cepat.

Berbeda dengan pemasaran yang menggunakan media brosur atau semacamnya yang membutuhkan banyak biaya dan waktu yang tidak sedikit untuk bisa memberikan brosur kepada target yang diharapkan.

Jadi dengan menggunakan media digital tersebut, Anda dapat mengetahui berapa banyak orang yang tertarik dan menonton iklan Anda tersebut dan berapa persen konversi penjualan dari setiap iklan. Sangat menarik sekali bukan?

6 Strategi Digital Marketing Yang Harus Diketahui

Sosial Media Marketing

Jenis Digital Marketing yang sudah sangat populer dijalankan pebisnis atau pengusaha adalah sosial media marketing. Seperti yang diketahui, bahwa saat hampir setiap Orang memanfaatkan sosial media untuk melakukan pemasaran atau memperkenalkan produknya secara lebih luas.

Menurut pendapat dari beberapa pengamat menyebutkan bahwa hampir 90 persen pebisnis sekarang ini memanfaatkan media sosial untuk melakukan pemasaran. Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan pemasaran menggunakan media sosial ini. Apa saja itu?

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan yaitu dapat menciptakan loyal customer, meningkatkan traffic yang bagus, dapat mempengaruhi SEO dan juga hasil search di Google serta dapat meningkatkan sales.

Namun perlu diketahui bahwa dalam melakukan pemasaran sosial media ini diperlukan kesabaran, ketelatenan dan juga segmentasi pasar yang baik. Jadi pastikan Anda lebih telaten dan berhati hati dalam menggunakan strategi digital marketing yang satu ini.

Email Marketing

Jenis digital marketing yang tidak kalah populer adalah Email Marketing. Seperti yang diketahui, Email merupakan salah satu situs atau channel marketing yang cukup tua. Perlu diantara Email sendiri pertama kali muncul sejak tahun 1971. Sehingga tidak heran jika keberadaan nya dianggap sudah sangat lama atau cukup tua di teknologi media sosial.

Meskipun begitu jangan salah ya! Tool yang satu ini adalah salah satu investasi terbaik yang bisa Anda gunakan untuk meraih growth. Selain itu kelebihan lainnya yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan Email Marketing yaitu biaya nya yang sangat terjangkau. Jika dibandingkan dengan Tool lainnya, Email Marketing memiliki biaya yang bisa dikatakan paling terjangkau. Jika Anda tidak percaya, bisa membuktikannya.

Selanjutnya, pemasaran digital yang bisa Anda gunakan untuk memperkenalkan brand atau produk secara luas yaitu menggunakan Google Ads. Beberapa orang mungkin masih sangat asing dengan digital marketing yang satu ini. Padahal jika ditelusuri lebih jauh, penggunaan Google Ads untuk pemasaran tidak kalah jika dibandingkan dengan beberapa Tool yang sudah disebutkan sebelumnya.

Google Ad Words atau bisa di sebut dengan istilah PPC atau Pay-Per-Click merupakan  salah satu model pemasaran digital yang memanfaatkan metode search engine Google untuk membawa visi total agar mau berkunjung ke website kita. Penggunaan PPC dalam strategi marketing ini berguna untuk menghasilkan calon customer yang sudah siap untuk membeli barang-barang yang Anda tawarkan.

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan PPC dalam strategi pemasaran digital antara lain dapat menjangkau customer dengan tepat dan disakiti yang tepat pula. Dengan begitu customer tidak perlu lama-lama menunggu respons dari Anda. Selain itu Anda juga mempertimbangkan bujet pengeluaran setiap harinya dan juga dapat melakukan analisis dengan cepat dan tepat.

Search Engine Optimization (SEO)

Bagi sebagian besar dari Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan pemasaran digital yang satu ini. Search Engine optimization atau biasa disingkat dengan SEO merupakan salah satu digital pemasaran yang cukup populer dijalankan pengusaha atau pebisnis beberapa tahun terakhir. Namun tahukah Anda bahwa ada banyak kesalahan yang dilakukan seseorang dalam menggunakan Tool yang satu ini.

Salah saat satu kesalahan yang sering dilakukan oleh para start-up atau pebisnis pemula adalah mereka berfikir bahwa dengan membuat website yang keren dan mematikan maka visitor akan datang dengan sendirinya. Padahal jika ditelusuri lebih jauh pemikiran tersisa salah besar. Mengapa?

Seperti yang diketahui saat ini ada banyak sekali Web sejenis yang sama dengan bisnis yang Anda miliki. Sehingga jika Anda tidak membuat suatu perbedaan maka Web Anda pun akan kalah dengan Web yang lebih menarik di luar sana. Jadi tantangannya adalah bagaimana bisa membuat Web yang Anda miliki tersebut berada di urutan paling atas. Ketika visitor atau calon customer mencari perusahaan yang Anda miliki.

Bagaimana caranya? Salah satu cara yang halal Anda lakukan adalah dengan menggunakan media pemasaran SEO ini. Perlu diketahui, SEO bukan hanya meningkatkan traffic web Anda saja tetapi juga membangun kepercayaan kepada user. SEO ini nanti yang akan bergantung ke pada isi Konten Anda.

Content Marketing

Rekomendasi digital marketing selanjutnya yang bisa dimanfaatkan oleh pebisnis pemula yaitu content marketing. Selain dapat menciptakan konten yang bagus dan menarik,  biaya untuk membuat content marketing terbilang cukup terjangkau. Sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan dana atau biaya yang besar untuk melakukan pemasaran digital.

Selain itu juga content marketing ini juga bisa bertahan lama dibandingkan dengan jenis sebelumnya. Namun beberapa orang yang belum pernah mendengar tentang content marketing tentu masih merasa bingung.

Mengapa harus menggunakan content marketing? Selain beberapa keunggulan yang sudah disebutkan diawali, alasan utama mengapa Anda harus menggunakan content marketing ini karena Anda bisa menyalurkan sebuah content pada audient yang berbeda-beda. Sangat menarik sekali, bukan?

Perlu diketahui, ada 3 tipe audiens yang terdapat pada content marketing yaitu cold audience, warm audience, Hot audience. Ketiga audience ini memiliki ciri yang berbeda-beda sehingga perlu dilakukan strategi pemasaran digital yang berbeda pula.

Ada beberapa keuntungan  yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan content marketing ini yakni SEO Friendly, bertahan lama, meningkatkan kredibilitas dan meningkatkan brand awareness dan engagement.

Influencer Marketing

Selanjutnya strategi digital marketing yang tidak kalah populer adalah Influencer Marketing. Apa itu Influencer Marketing? Bagi sebagian dari Anda mungkin masih cukup asing mendengar pemasaran digital yang satu ini. Influencer Marketing merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menaikkan popularitas.

Digital yang satu ini sangat cocok digunakan oleh para pebisnis pemula yang ingin meningkatkan brand atau usahanya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa 84 persen pebisnis memasukkan Influencer Marketing campaign dalam rencana tahunan mereka.

Beberapa media sosial seperti YouTube dan  instagram membuat tren Influencer Marketing  menjadi lebih popular di masa sekarang. Apakah Anda tertarik untuk menggunakannya juga?

Keuntungan  dari Influencer Marketing

Pemasaran  Lebih Modern

Dengan adanya  Influencer Marketing  ini, Anda dapat memasarkan  produk atau jasa Anda dengan lebih mudah dan tidak akan menyita banyak waktu dan biaya. Cara ini lebih  mudah diaplikasikan dibandingkan dengan cara pemasaran yang klasik. Tentu, pelanggan akan lebih mudah tertarik  dengan hal-hal yang berbau modern dibandingkan kuno. Cara modern akan lebih efisien dan dianggap lebih efektif.

Mudah dalam  Penerapan

Keuntungan lain  menggunakan Influencer  Marketing adalah mudahnya penerapan yang dilakukan.  Ini disebut sebagai Word of mouth yang dijamin ampuh meningkatkan  pertumbuhan pasar. Bandingkan jika Anda menggunakan cara yang klasik,  tentu, klien Anda tidak akan tertarik dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Hal ini membuktikan  Bahwa Influencer sangat berpengaruh dengan bisnis.

Walaupun memiliki  banyak keuntungan,  perlu Anda ketahui bahwa menggunakan Influencer  Marketing ini Anda harus rela mengeluarkan banyak dana untuk merekrut Influencer  yang benar-benar handal. Influencer handal akan memberikan jasa terbaik yang akan  menguntungkan bisnis Anda nantinya.

Jadi, usahakan Anda memilih Influencer marketing yang terbaik agar Anda sendiri dapat memperoleh keuntungan  yang berlimpah. Nah, itu tadi pembahasan mengenai digital Marketing yang perlu Anda ketahui. Bisnis tanpa strategi  bagaikan sesuatu yang kurang komplet, hal ini dapat dikatakan bahwa dengan adanya pemasaran online, Anda dapat memaksimalkan target pasar Anda.

Tidak hanya  pada kelompok  di sekitar Anda saja,  tetapi sudah masuk level Internasional. Hal ini dikarenakan  pengguna internet khususnya media sosial sangat lah banyak. Oleh karenanya, agar klien Anda lebih banyak dan bisnis Anda cepat berkembang,  gunakan Influencer Marketing.

Dia akan siap melayani  semua keluhan Anda akan pemasaran.  Mereka juga akan bekerja dengan maksimal  untuk membuat bisnis Anda semakin maju dan dikenal oleh banyak orang.  Tentu, agar Anda tidak rugi, Anda juga harus memilihnya dengan teliti dan tepat  serta kompeten. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.