6 Strategi Digital Marketing Terbaik 2019

strategi digital marketing

Saat ini strategi digital marketing seperti hal wajib untuk setiap bisnis. Karena memang terbukti efektif dan efisien untuk mencapai Growth yang memuaskan.

Pernahkah anda mendengar teori Moore’s Law? Teori ini dikemukakan oleh Gordon Moore yang merupakan pendiri Intel. Menurut teori ini setiap 20–24 bulan teknologi akan berkembang dua kali lipat.

Begitu juga dengan dunia marketing. Ada begitu banyak perkembangan sertaa inovasi baru, terutama digital marketing.

Panduan Digital Marketing

Artikel ini merupakan bagian dari kumpulan artikel mengenai digital marketing. Berikut ini daftarnya

  1. Digital Marketing
  2. Apa Itu Digital Marketing
  3. Strategi Digital Marketing

Jika anda berminat mengetahui lebih dalam mengenai digital marketing, silakan membaca artikel-artikel diatas

Yang menarik adalah data dari smartinsights.com. Dari data tersebut, ternyata hanya 38% bisnis yang sudah membuat strategi digital marketing dan mengintegrasikannya dengan marketing plan secara umum.

penerapan strategi digital marketing
penerapan strategi digital marketing

Fakta diatas cukup mengejutkan. Namun dilain sisi, ini juga berarti peluang bagi anda untuk ikut bergabung dalam kelompok 38%. Pahami strateginya lalu terapkan dalam bisnis anda.

Apa Itu Digital Marketing

Untuk memahami strategi digital marketing, penting bagi kita memahami pengertian digital marketing terlebih dahulu.

Secara singkat mengenai pengertian digital marketing, kita dapat merujuk pada wikipedia :

Digital Marketing adalah segala bentuk pemasaran yang melibatkan teknologi digital.

apa itu digital marketing : pengertian digital marketing
apa itu digital marketing : pengertian digital marketing

Digital Marketing adalah istilah umum untuk semua upaya pemasaran yang menggunakan media digital.

Dan itu mencakup semua yang memanfaatkan saluran digital seperti penelusuran Google, media sosial, email, dan situs web untuk terhubung dengan pelanggan dan calon pelanggan.

Hal ini termasuk bahas dasar mengenai digital marketing. Jika anda belum mengetahui dasar-dasar digital marketing, saya sarankan untuk membaca artikel sebelumnya.

Strategi Digital Marketing Terbaik Bagi Anda

Ada banyak sekali strategi digital marketing yang dapat anda terapkan. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas strategi yang terbaik bagi anda.

Sebenarnya dalam dunia digital marketing, yang tergolong strategi dan terbukti ampuh yang saya ketahui hanya ada satu strategi yaitu inbound marketing.

Ada juga yang disebut dengan content marketing. Content marketing mengangkat paradigma baru dalam marketing. Content marketing juga menggunakan strategi inbound marketing.

Namun, ada beberapa hal lain yang sering juga disebut strategi tapi kenyataan BUKAN strategi. Tapi hanyalah channel atau saluran marketing atau bahkan sekedar teknik marketing. Contohnya seperti social media marketing, search engine optimization, search engine marketing, email marketing, influencer marketing

Inbound Marketing

Inbound Marketing adalah strategi untuk menarik perhatian, menciptakan hubungan baik dan membangun kepercayaan dengan cara memberikan nilai dan manfaat kepada calon pelanggan sehingga mampu memberikan dampak positif bagi bisnis.

Teknik digital marketing yang dijalankan tanpa memahami strategi inbound marketing, hasilnya tidak akan jauh berbeda dengan marketing tradisional. Untuk itu sangat penting bagi anda memahaminya.

Lebih jauh mengenai inbound marketing silakan baca artikel berikut.

Sosial Media Marketing

Jenis strategi digital marketing yang sudah sangat populer dijalankan pebisnis atau pengusaha adalah sosial media marketing. Seperti yang diketahui, bahwa saat hampir setiap orang memanfaatkan sosial media untuk melakukan pemasaran atau memperkenalkan produknya.

Menurut data dari Emarsys, saat ini pengguna social media mencapai 3,2 milyar. Jumlah itu setara dengan 42% populasi manusia dimuka bumi. Khusus untuk Indonesia, penetrasi social media mencapai 56% dari jumlah total populasi penduduk.

strategi digital marketing : Penetrasi Social Media di Indonesia

strategi digital marketing : Penetrasi Social Media di IndonesiaSelain itu, dari data yang bersumber dari Statista, diketahui bahwa 90% marketer menyatakan bahwa media sosial penting untuk bisnis mereka.

Oleh karena itu social media seperti menu wajib bagi marketing anda.

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menerapkan pemasaran menggunakan media sosial :

    1. Cara mudah meningkatkan awareness.
    2. Dapat membangun loyalitas pelanggan, karena dengan social media, bisnis anda semakin mudah diakses secara langsung
    3. Dapat meningkatkan sales. Tentu saja dengan jumlah pengguna hingga 56% dari jumlah penduduk serta berbagai fitur promosi yang tersedia pada platform social media, maka anda tentu dapat meningkatkan sales.

Namun perlu diketahui bahwa dalam melakukan pemasaran sosial media ini diperlukan kesabaran, ketelatenan dan juga segmentasi pasar yang baik. Jadi pastikan Anda lebih telaten dan berhati hati dalam menggunakan strategi digital marketing yang satu ini.

strategi digital marketing social media

strategi digital marketing : Social MediaLebih jauh mengenai topik ini, saya sudah menulis artikel khusus yang membahasnya, silakan baca artikel berikut.

Email Marketing

Jenis digital marketing yang tidak kalah populer adalah Email Marketing. Seperti yang diketahui, Email merupakan salah satu channel marketing yang cukup tua.

strategi email marketing

strategi email marketingEmail sendiri pertama kali muncul sejak tahun 1971. Sehingga tidak heran jika keberadaannya dianggap sudah sangat tua didunia teknologi pemasaran. Meskipun begitu jangan salah ya! Email marketing adalah salah satu investasi terbaik yang bisa Anda gunakan untuk meraih growth. 

Perlu anda ketahui bahwa rata-rata ROI dari email marketing mencapai angka 3800%. Ya anda tidak salah baca, 3800%.

Artinya dalam setiap investasi marketing sebesar 1000 rupiah pada email marketing, maka anda akan mendapat ROI sebesar 38.000 rupiah. Hal ini sesuai dengan rilis yang disampaikan oleh emailmonday.com

Selain itu kelebihan lainnya yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan Email Marketing yaitu biaya nya yang sangat terjangkau. Jika dibandingkan dengan Tool lainnya, Email Marketing memiliki biaya yang bisa dikatakan paling terjangkau.

Dengan Google Ads, anda dapat menampilkan bisnis anda pada halaman pertama hasil pencarian Google, pada kata kunci apapun yang anda inginkan.

Google Ads sangat efektif untuk bisnis anda. Menurut laporan dari Google. Dengan Google Ads, setiap 1000 rupiah yang anda gunakan untuk beriklan, akan mendatangkan pendapatan sebesar 2000 rupiah.

Itu sama dengan 200% keuntungan. Besar juga kan?

Tidak hanya itu, jumlah penggunanya pun semakin meningkat. Pada tahun 2018, lebih dari 1,3 juta bisnis, penerbit situs web, dan organisasi nirlaba yang menggunakan solusi periklanan Google Ads, dan AdSense.

So, anda pun harus mencoba Google Ads agar tidak ketinggalan dengan kompetitor.

Google Ad Words atau bisa di sebut dengan istilah PPC atau Pay-Per-Click merupakan salah satu model pemasaran digital yang memanfaatkan search engine Google untuk mendatangkan pengunjung ke website kita.

Penggunaan strategi marketing ini dapat menghasilkan calon customer yang sudah siap untuk membeli barang-barang yang Anda tawarkan.

Search Engine Optimization (SEO)

Bagi sebagian besar dari Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan pemasaran digital yang satu ini. Search Engine optimization atau biasa disingkat dengan SEO merupakan salah satu digital pemasaran yang cukup populer dijalankan pengusaha atau pebisnis.

Bukan tanpa sebab, karena SEO memang terbukti efektif sekaligus efisien. Tahukah anda menurut sumber brightlocal bahwa 98% pencari akan memilih bisnis yang berada pada halaman pertama mesin pencari.

Dengan lebih dari 4 milyar pencarian yang dilakukan melalui Google setiap harinya. Ini berarti suatu peluang yang amat bersar bagi bisnis anda.

Namun tahukah Anda bahwa ada banyak kesalahan yang dilakukan seseorang dalam menggunakan teknik yang satu ini.

Salah saat satu kesalahan yang sering dilakukan oleh para start-up atau pebisnis pemula adalah mereka berfikir bahwa dengan membuat website yang keren maka visitor akan datang dengan sendirinya.

Padahal jika ditelusuri lebih jauh pemikiran tersebut salah besar. Mengapa?

Seperti yang diketahui saat ini ada banyak sekali web sejenis yang sama dengan bisnis yang Anda miliki. Sehingga jika Anda tidak membuat suatu perbedaan maka web Anda pun akan kalah dengan web yang lebih menarik di luar sana.

Dan tantangannya adalah bagaimana bisa membuat web yang Anda miliki berada di urutan paling atas. Ketika visitor atau calon customer mencari perusahaan yang Anda miliki.

Bagaimana caranya? Salah satu cara yang benar dan halal adalah dengan menggunakan teknik pemasaran SEO ini.

Perlu diketahui, SEO bukan hanya meningkatkan traffic web Anda saja tetapi juga membangun kepercayaan kepada user. SEO ini nanti yang akan bergantung ke pada isi Konten Anda.

strategi digital marketing search engine optimization

strategi digital marketing search engine optimizationUntuk pembahan lebih jauh mengenai SEO, saya sudah menulis artikel khusus, silakan baca artikel berikut.

Content Marketing

Dari riset Content Marketing Institute (CMI) menunjukkan bahwa 91% pemasar B2B (business to business) menggunakan content marketing untuk menjangkau pelanggan. Dan 86% pemasar B2C (business to customer) menganggap pemasaran konten adalah strategi utama.

Dan ada satu fakta lagi yang lebih mengejutkan.

content marketing image

content marketing imageContent marketing dapat menghemat biaya marketing sebanyak 62% dibanding marketing tradisional. Content marketing juga dapat menghasilkan jumlah leads 3 kali lebih banyak dibanding marketing tradisional.

Dari segi biaya, biaya untuk membuat content marketing terbilang cukup terjangkau. Sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan dana atau biaya yang besar untuk melakukannya.

Selain itu, content marketing juga bisa bertahan lama dibandingkan dengan yang lainnya.

Lebih jauh mengenai conttent marketing akan dibahas pada artikel.

Influencer Marketing

Selanjutnya strategi digital marketing yang tidak kalah populer adalah Influencer Marketing. Apa itu Influencer Marketing? Bagi sebagian dari Anda mungkin masih cukup asing mendengar pemasaran digital yang satu ini. Influencer Marketing merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menaikkan popularitas.

Digital yang satu ini sangat cocok digunakan oleh para pebisnis pemula yang ingin meningkatkan brand atau usahanya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa 84 persen pebisnis memasukkan Influencer Marketing campaign dalam rencana tahunan mereka.

Beberapa media sosial seperti YouTube dan  instagram membuat tren Influencer Marketing  menjadi lebih popular di masa sekarang. Apakah Anda tertarik untuk menggunakannya juga?

Keuntungan Influencer Marketing

Pemasaran  Lebih Modern

Dengan adanya  Influencer Marketing  ini, Anda dapat memasarkan  produk atau jasa Anda dengan lebih mudah dan tidak akan menyita banyak waktu dan biaya. Cara ini lebih  mudah diaplikasikan dibandingkan dengan cara pemasaran yang klasik. Tentu, pelanggan akan lebih mudah tertarik  dengan hal-hal yang berbau modern dibandingkan kuno. Cara modern akan lebih efisien dan dianggap lebih efektif.

Mudah dalam  Penerapan

Keuntungan lain  menggunakan Influencer  Marketing adalah mudahnya penerapan yang dilakukan.  Ini disebut sebagai Word of mouth yang dijamin ampuh meningkatkan  pertumbuhan pasar. Bandingkan jika Anda menggunakan cara yang klasik,  tentu, klien Anda tidak akan tertarik dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Hal ini membuktikan  Bahwa Influencer sangat berpengaruh dengan bisnis.

Walaupun memiliki  banyak keuntungan,  perlu Anda ketahui bahwa menggunakan Influencer  Marketing ini Anda harus rela mengeluarkan banyak dana untuk merekrut Influencer  yang benar-benar handal. Influencer handal akan memberikan jasa terbaik yang akan  menguntungkan bisnis Anda nantinya.

Jadi, usahakan Anda memilih Influencer marketing yang terbaik agar Anda sendiri dapat memperoleh keuntungan  yang berlimpah. Nah, itu tadi pembahasan mengenai digital Marketing yang perlu Anda ketahui. Bisnis tanpa strategi  bagaikan sesuatu yang kurang komplet, hal ini dapat dikatakan bahwa dengan adanya pemasaran online, Anda dapat memaksimalkan target pasar Anda.

Tidak hanya  pada kelompok  di sekitar Anda saja,  tetapi sudah masuk level Internasional. Hal ini dikarenakan  pengguna internet khususnya media sosial sangat lah banyak. Oleh karenanya, agar klien Anda lebih banyak dan bisnis Anda cepat berkembang,  gunakan Influencer Marketing.

Dia akan siap melayani  semua keluhan Anda akan pemasaran.  Mereka juga akan bekerja dengan maksimal  untuk membuat bisnis Anda semakin maju dan dikenal oleh banyak orang.  Tentu, agar Anda tidak rugi, Anda juga harus memilihnya dengan teliti dan tepat  serta kompeten. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.

Demikianlah beberapa strategi digital marketing yang dapat anda terapkan. Jika ada pertanyaan, jangan ragu untuk meninggalkan pesan pada kolom komentar. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

 

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.