Social Media Marketing

social media marketing image

Social media marketing ini termasuk teknik marketing yang sering digunakan masyarakat Indonesia. Terutama sebagai sarana dalam mempromosikan sebuah produk, jasa atau produk lain yang lebih spesifik. Perkembangan teknologi yang cepat, menuntut semua orang untuk mengikuti perkembangan agar mampu bersaing. Terlebih dalam dunia bisnis, setiap orang mencari strategi agar mampu bersaing di pasaran. Dan sosial media menjadi alat efektif untuk itu. 

Kehadiran social media marketing (SMM) juga memberikan dorong besar terhadap perkembangan dunia marketing. Lalu apa sih sebenarnya inti dari sosial media marketing? Apa manfaatnya? Dan bagaimana pula cara memanfaatkan sosial media marketing untuk proses bisnis secara efektif? Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, mari kita simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian Social Media Marketing

Definisi dari social media marketing merupakan sebuah cara atau langkah pemasaran yang mengandalkan dan menggunakan media sosial sebagai alatnya. Dalam bentuk yang sederhana wikipedia juga menjabarkan bahwa SMM adalah “the use of social media platforms and websites to promote a product or service.

Jadi dapat disimpulkan bahwa social media marketing itu adalah

Social media marketing adalah penggunaan platform media sosial dan situs web untuk mempromosikan produk atau layanan.

Beberapa jenis social media yang sering digunakan adalah Facebook, instagram, twitter dan lain sebagainya. Penggunaan social media membuat pengusaha bisa mengenalkan bisnis atau perusahaan dengan jangkauan baru dan lebih luas.

Manfaat Social Media Marketing Untuk Bisnis Anda

Ada banyak sekali manfaat social media marketing. Bahkan anda juga dapat menambahkan manfaatnya melalui cara-cara kreatif. Pada kesempatan ini akan dibahas beberapa manfaat yang bisa didapat :

Memperluas Jangkauan Pasar

Saat ini hampir semua orang menggunakan social media, bahkan ada beberapa orang yang mempunyai lebih dari satu akun. Dengan melalui social media akan membuat Anda menemukan konsumen baru, selain itu juga sangat efektif untuk memperluas jangkauan pasar.

Membuat Pengunjung Website Meningkat

Website adalah hal wajib yang harus dimiliki dalam dunia bisnis saat ini. Web adalah representasi bisnis anda di dunia online. Semakin banyak pengunjung website akan membuat peluang pendapatan meningkat semakin tinggi. Namun tidak semua orang bisa menjangkau website Anda secara langsung.

Dan social media marketing hadir sebagai metode penyampaian yang efektif dan efisian. Melalui media sosial, Anda bisa melakukan promosi dan menuntun pengguna media sosial untuk membuka website Anda. Tentu saja ini bisa menjadi keuntungan website Anda bertambah trafik pengunjungnya.

Jika informasi yang Anda berikan di website menarik, mereka tidak hanya menjadi pengunjung di website Anda namun bisa berubah menjadi konsumen Anda. Selain itu, jika mereka tertarik, mereka juga bisa melakukan share dan berbagi kepada teman-teman mereka. Tentu saja ini sangat baik untuk kemajuan website Anda.

Memudahkan Interaksi Konsumen Dan Penjual

Salah satu manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Social Media Marketing adalah memudahkan interaksi antara Anda penjual dengan konsumen. Kenapa? Social media banyak digunakan oleh masyarakat dan mudah dalam pengoperasiannya.

Selain itu konsumen lebih mudah dalam berkomunikasi dengan penjual. Respon penjual juga lebih cepat dengan menggunakan social media dibanding dengan website. Ini karena social media mudah digunakan dan hampir setiap waktu digunakan oleh masyarakat.

Mengenal Konsumen Lebih Dekat

Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat, sosial media juga mengalami perkembangan yang bermanfaat bagi banyak orang. Diantaranya yaitu memudahkan penyedia layanan untuk mengenal lebih dekat dengan konsumen atau pelanggan. Adanya sosial media akan membuat pengenalan dan komunikasi dua arah ini menjadi lebih mudah.

Melalui media sosial, Anda bisa menargetkan konsumen, mengetahui secara lebih rinci tentang siapa saja konsumen Anda, usia mereka, bahasa yang digunakan, dan lain sebagainya. Jika sudah lebih mengenal konsumen, maka Anda bisa melakukan branding dan promosi kepada konsumen secara tepat. Mengikuti tren yang sedang populer di kalangan pengguna sosial media juga perlu untuk menarik minat mereka.

Jika target untuk mencapai konsumen yang diharapkan sudah tercapai, ini dapat membantu kenaikan keuntungan atau investasi yang Anda lakukan. Mudah sekali bukan?

Memberikan Feedback

Penggunaan media sosial untuk melakukan bisnis dalam dunia perdagangan akan langsung terkena timbal baliknya atau feedback. Feedback yang diberikan konsumen bisa berupa timbal balik yang positif atau bisa juga feedback negatif. Tentu saja feedback ini didasarkan pada sudut pandang konsumen. Feedback yang diberikan konsumen ini bisa menjadi informasi penting untuk meninjau produk Anda.

Contohnya saja ketika Anda meluncurkan suatu produk dan dipromosikan pada media sosial twitter, maka Anda akan mendapat respon dari pengguna twitter seperti komen, retweet, atau menyukai. Dari komentar, kritik, atau saran yang diberikan oleh calon konsumen Anda, Anda bisa melakukan improvisasi terhadap layanan yang Anda promosikan dan membantu peningkatan kualitas bisnis yang dijalani.

Expand Networking

Saat ini jaringan internet sudah dapat digunakan dan dijangkau sampai pelosok. Hal ini membuat bisnis Anda memiliki jaringan yang lebih luas saat menggunakan social media marketing. Tidak hanya dapat dijangkau dalam daerah di Indonesia saja, tapi mancanegara dengan potensi konsumen yang lebih banyak. 

Customer Service

Dikatakan customer service karena Anda dapat mengetahui respons dari pelanggan terhadap jasa atau produk yang ditawarkan secara online. Hal ini akan sangat berguna untuk perkembangan bisnis. Meningkatkan kualitas dan mencegah timbulnya komentar negative yang dapat merusak reputasi bisnis Anda.

Cara Menggunakan Sosial Media Marketing

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat anda terapkan dalam social media marketing.

Menentukan Satu Sosial Media Utama

Banyak orang berfikir semakin suatu akun muncul di berbagai media, maka akan membuat akun tersebut semakin dikenal banyak orang. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu waktu, biaya, tenaga, dan ilmu. Sebenarnya sah-sah saja memiliki banyak akun, namun pastikan Anda sudah bisa memanage keempat hal tersebut.

Jika belum, fokus terlebih dahulu pada satu akun saja. Jika sudah bisa mengendalikan satu akun dan sudah banyak yang melirik pada akun Anda. Anda mulai bisa melebarkan sayap ke akun-akun sosial media yang lain.

Jangan Menggunakan Sosial Media Tanpa Rencana

Sebelum menggunakan sosial media dan memberikan informasi kepada publik, pastikan terlebih dahulu informasinya diikuti rencana yang sudah matang. Jika hanya asal-asalan memberi informasi, dikhawatirkan sasaran yang dituju tidak pas dan hanya menjadi pesan tanpa makna. Untuk pastikan informasi yang diberikan dirancang dengan tepat dan matang.

Lalu bagaimana sih cara memberikan informasi yang tepat dan pas mengenai target pemasaran? Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, pertama-tama Anda harus tau siapa target utama yang ingin Anda berikan informasi. Selanjutnya pikirkan sebuah rencana yang tepat agar bisa berkomunikasi dengan target utama dan dengan bahasa yang mereka sukai atau pahami.

Setelah menemukan cara yang tepat untuk berkomunikasi, cari tahu keterikatan sosial media apa yang sesuai dengan pemasaran yang akan Anda lakukan. Gunakan bahasa yang sedang trending di sosial media agar langsung mengena oleh pengguna sosial media.

Perhatikan Waktu Pengiriman Informasi

Ketika memberikan informasi ke dalam sosial media juga butuh penentuan waktu yang tepat. Pengguna sosial media juga memiliki zona waktu, di mana setiap pengguna sosial media pasti memiliki kecenderungan membaca sosial media di waktu yang sama. Untuk mengetahui kapan waktu pengguna membuka pesan sosial media, Anda bisa mengirimkan sebuah kuis tertentu.

Ketika pengguna sosial media memberikan tanggapan, lihatlah pada waktu kapan mereka memberikan tanggapan paling banyak. Nah pada waktu mereka memberikan tanggapan paling banyak, di situlah waktu yang tepat untuk memberikan informasi.

Jangan Merusak Etika di Sosial Media

Sebenarnya ada sebuah hukum tak terlihat dalam dunia sosial media yang harus dijadikan pegangan dalam etika perdagangan. Sebagai contohnya yaitu pengguna sosial instagram dan twitter.

Jika Anda men-follow orang dan orang tersebut telah men-follback Anda, jangan pernah Anda malah meng-unfollow orang tersebut. Intinya yaitu jangan fungsikan fitur follow sebagai alat untuk mereka menjadi pengikut akun sosial media Anda.

Di dalam sosial media twitter ada istilah retweet atau membagi informasi kepada orang lain. Tidak ada salahnya Anda membagikan informasi orang lain jika informasi tersebut bermanfaat, ini bisa menjadi apresiasi balik terhadap akun sosial media Anda dan berlaku juga untuk produk Anda mendapatkan perlakuan yang sama.

Biasanya suatu akun terkenal ingin memiliki banyak followers namun sedikit following-nya. Sebenarnya itu bukan hal yang salah, namun ada baiknya membuat orang merasa diperhatikan dengan men-follow balik mereka yang yang telah follow. Usahakan juga menjawab semua pertanyaan yang diajukan pengunjung di akun sosial media Anda.

Ukurlah Tingkat Efektivitas Pesan

Untuk saat ini sudah banyak perangkat lunak yang difungsikan untuk mengukur pesan yang disampaikan kepada pengguna sosial media. Anda bisa mengunjungi search engine, maka Anda akan menemui sejumlah software gratis maupun berbayar yang bisa digunakan untuk menilik sejauh mana pesan-pesan sosial media Anda sampai kepada pembaca.

Hal ini penting dilakukan agar apa yang anda lakukan di social media dapat terukur secara presisi. Penerapan social media marketing tanpa tools pengukuran yang tepat, akan membawa kepada aktifitas dengan budget maksimal tanpa outcome yang sepadan.