Sistem Reseller Yang Baik Dan Menguntungkan

Sistem reseller yang baik, sangat bermanfaat bagi pengembangan bisnis anda. Memiliki suatu bisnis yang sukses merupakan impian banyak orang, terlebih dirintis dari 0. Ada banyak jenis bisnis yang bisa dipilih, mulai dari yang membutuhkan modal kecil hingga besar.

Supaya pebisnis bisa sukses dalam bisnis yang dijalankan salah satunya dengan memiliki reseller. Memiliki reseller sangat cocok buat Anda yang memiliki bisnis dalam bentuk produk atau barang. Sebelumnya Anda harus memiliki sistem yang baik supaya semuanya bisa berjalan dengan teratur dan tertata.

Penjualan produk atau barang bisa terjual dengan jumlah banyak apabila memiliki banyak reseller. Lalu bagaimana dengan sistem reseller yang baik? Supaya lebih jelas, simak uraian di bawah ini.

Sistem Reseller Yang Baik

  1. Membuat Pendaftaran yang Mudah dan Murah

Supaya banyak orang tertarik untuk bergabung menjadi reseller Anda, maka harus membuat pendaftaran semudah mungkin. Apabila dalam tahap pendaftaran saja sudah sulit, bisa dipastikan jika proses komunikasi selanjutnya juga akan ribet. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempermudah proses ini.

Anda tidak cukup hanya membuat pendaftaran yang mudah untuk calon reseller, tetapi juga biayanya yang murah. Biaya yang murah akan membuka peluang orang dengan modal minim untuk bergabung. Alangkah lebih baik lagi jika pendaftarannya tidak dipungut biaya atau gratis.

  1. Membuat Alur Pemesanan, Pengiriman dan Pengembalian Barang

Mempunyai banyak reseller dalam bisnis yang dijalani berarti akan selalu berhubungan dengan banyak orang. Maka dari itu, disarankan untuk membuat alur yang jelas mengenai pemesanan barang. Selain itu buat alur pengiriman yang jelas seperti ekspedisi apa yang digunakan untuk mengirimkan barang pada reseller serta bagaimana proses bila terjadi pengembalian barang.

Ketika Anda memiliki peraturan yang jelas sejak awal maka akan mempermudah dalam perjalanan bisnis. Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam mengatur para reseller karena peraturan yang dibuat sudah sangat jelas. Hal ini juga mencegah terjadinya komplain dari para reseller.

  1. Memberikan Edukasi Berkala Pada Reseller

Anda sebagai pemilik bisnis jangan hanya menjadikan reseller sebagai pembeli putus. Tidak ada salahnya untuk memberikan ilmu-ilmu bisnis yang dianggap bisa menunjang penjualan. Tujuannya supaya reseller tidak hanya sekedar dimanfaatkan tetapi juga diperdayakan. Dengan begitu reseller akan merasa terbantu dan semakin bersemangat dalam mempromosikan produk Anda.

Perlu dipahami jika reseller bukanlah mesin yang membantu Anda menghasilkan omzet tetapi jadikan mereka sebagai rekan bisnis.  Hal ini berarti reseller adalah tim Anda sehingga apabila terjadi kesulitan yang berkaitan dengan bisnis bisa Anda bantu dalam menyelesaikan. Dengarkan semua masukan-masukan dari mereka karena berhubungan langsung dengan para konsumen Anda.

  1. Mempermudah Reseller Mendapatkan Berbagai Informasi

Sistem berikutnya dan harus diterapkan adalah mempermudah reseller mendapatkan berbagai informasi mengenai produk yang dijual. Contohnya stok beberapa barang, tanggal pengiriman dan berbagai informasi lainnya.

Tidak jarang ada supplier atau pemilik bisnis yang berbaik hati menyiapkan marketing kit untuk para reseller-nya. Hal ini dilakukan untuk semakin mempermudah proses penjualan kepada konsumen. Misalnya video, testimoni dan gambar produk asli. Bagi barang yang dijual secara offline biasanya diberikan banner atau alat bantu promosi lainnya untuk setiap reseller.

  1. Membuat Kompetisi antar Reseller untuk Meningkatkan Penjualan

Salah satu hal yang bisa diterapkan untuk meningkatkan semangat reseller dalam berjualan yaitu mengadakan kompetisi. Pemenang dalam kompetisi ini nantinya akan mendapatkan hadiah menarik. Cara ini bisa mendorong reseller untuk terus melakukan penjualan sebanyak mungkin sesuai dengan target yang ditentukan.

Adanya hadiah yang diberikan akan membuat reseller berusaha lebih keras untuk melakukan promosi dan melakukan closing. Cara ini bisa membuat reseller memiliki rasa kompetisi yang tinggi dan membuatnya lebih loyal.

Keuntungan Memiliki Reseller

  1. Tambahan Tenaga Pemasaran

Keberadaan para reseller yang jumlahnya banyak akan membuat Anda tidak perlu repot-tepot memiliki banyak marketing. Adanya reseller dalam bisnis secara langsung membantu memasarkan produk yang Anda miliki. Baik pemilik bisnis maupun reseller, keduanya sama-sama saling diuntungkan.

  1. Meningkatkan Penjualan

Mempunyai reseller dengan jumlah banyak bisa membantu meningkatkan penjualan barang, Target penjualan yang dibuat bisa tercapai, bahkan melampaui. Dengan demikian pemilik bisnis mendapatkan keuntungan hasil penjualan begitu pula dengan reseller.

  1. Meminimalisir Biaya Operasional

Mempunyai banyak reseller berarti meminimalisir biaya operasional yang harus dikeluarkan. Alasannya karena pemilik bisnis tidak membutuhkan banyak karyawan di bidang branding atau marketing. Berarti tidak perlu memberikan gaji kepada banyak orang setiap bulannya. Selain gaji juga akan menghemat akomodasi, transportasi penjualan, sewa tempat usaha dan waktu.

  1. Memiliki Lebih Banyak Jaringan

Keberadaan reseller akan membuat pemilik bisnis memiliki jaringan yang lebih luas untuk menjual produknya. Jaringan ini bisa berupa pelanggan atau konsumen maupun akses informasi dan sebagainya. Hal ini dikarenakan reseller yang dimiliki biasanya berasal dari berbagai kalangan. Seperti karyawan biasa, ibu rumah tangga, mahasiswa dan sebagainya.  

Nah itulah sistem reseller yang baik beserta keuntungannya. Diharapkan uraian di atas bisa mempermudah pemilik bisnis untuk mendapatkan banyak reseller. Tentu memiliki banyak reseller akan sangat menguntungkan karena bisa meningkatkan penjualan.

Leave a Comment