Belajar SEO 2019 : Panduan Dasar SEO Pemula

belajar seo
BAB 1
Belajar SEO : Pengenalan
 

Artikel belajar SEO ini adalah artikel pertama dalam serial panduan SEO lengkap untuk pemula. SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Pada panduan kali ini, kita akan belajar secara lengkap mengenai berbagai hal terkait dengan Search Engine Optimization. 

WARNING : Tulisan ini lumayan panjang, jadi anda boleh siapkan camilan dan kopi agar lebih asik hehe.

Tapi saya jamin, jika anda sabar membacanya dengan teliti, pasti anda akan mendapat banyak insight dan hal baru yang dapat anda terapkan dalam bisnis anda.

Baiklah cukup ngobrolnya, mari kita langsung ke pembahasan.

Apa Itu SEO?

Banyak orang mengatakan bahwa bisnisnya mampu menghasilkan omset beberapa kali lipat melalui SEO. Dan ada pula orang yang kerjaannya hanya duduk di depan laptop seharian tapi mampu menghasilkan ratusan juta dengan SEO. Tapi apa sih sebenarnya arti dari SEO itu?

SEO merupakan kependekan dari search engine optimization. Dalam bahasa Indonesia SEO dikenal dengan optimasi mesin pencari.

Jika merujuk pada SearchEngineLand, maka :

SEO adalah proses mendapatkan pengunjung dari hasil pencarian “gratis,” “organik,” atau “alami” pada mesin pencari.

Jika kita ambil pengertian dari Wikipedia mungkin masih agak membingungkan. Oleh karena itu saya coba membuat pengertian SEO sendiri.

SEO adalah proses alami untuk membuat suatu halaman web mendapat peringkat terbaik (urutan pertama) dalam halaman hasil pencarian pada kata kunci tertentu.

seo adalah
Pengertian SEO

Bayangkan jika ada orang yang ingin mencari sesuatu informasi, apa yang akan dia lakukan lakukan? Tentu sebagian besar orang akan langsung mengakses halaman mesin pencari seperti Google dan Bing.

Mereka akan memasukkan kata kunci yang pertama kali terlintas di pikiran mereka. Misalnya “harga sepatu” atau “sepatu berkualitas” atau “sepatu murah”. Bayangkan jika anda memiliki bisnis sepatu.

Dan ketika mereka mengetik kata kunci tersebut, kemudian yang muncul adalah website anda. Maka kemungkinan besar mereka akan melakukan pembelian melalui website anda. Dan tentu anda akan mendapat keuntungan.

Apa Itu Keyword?

Kata kunci atau sering juga dikenal dengan istilah keyword..

Keyword adalah kata atau kumpulan kata yang digunakan orang pada mesin pencari.

Supaya lebih jelas berikut ini contohnya :

apa itu keyword
apa itu keyword

Dari contoh di atas, yang disebut keyword adalah “apa itu seo”. Kita akan membahas lebih lanjut mengenai keyword pada beberapa artikel berikutnya.

Mengapa Anda Perlu Belajar SEO?

Dari pemaparan diatas tentu anda sudah mendapat sedikit gambaran mengenai SEO. Tetapi ada beberapa hal lain yang perlu Anda ketahui terkait alasan kenapa kita perlu belajar Search Engine Optimization.

Investasi Jangka Panjang

Mempelajari SEO itu ibarat investasi jangka panjang. Karena anda hanya perlu kerja keras di awal pembuatannya saja. Begitu website anda telah menduduki posisi teratas, maka traffic atau kunjungan ke website anda akan mengalir deras.

Dan untuk menjaga agar website anda tetap menduduki peringkat pertama, perawatan yang dilakukan tidaklah seberat seperti di awal. Selain itu peluang peningkatan jumlah kunjungan pun terbuka lebar. Karena setiap tahun pengguna internet itu selalu bertambah.

Murah

Saya tidak dapat mengatakan bahwa SEO itu gratis. Karena paling tidak Anda harus berkorban waktu untuk melakukannya. Namun selain itu, biaya yang anda perlukan untuk menjalankan teknik ini relatif sangat murah.

Apalagi jika kita coba bandingkan dengan teknik pencarian traffic yang lain seperti sosial media, advertising, email marketing dan lain-lain. Terbukti bahwa SEO itu jauh lebih murah. Karena sebagian besar teknik pencarian traffic itu memerlukan biaya berkelanjutan atau biaya bulanan.

Sedangkan SEO hanya memerlukan biaya ketika pertama kali dilakukan. Dan jika sudah selesai, biaya perawatannya pun tidak terlalu tinggi.

Kuantitas Lebih Besar

Kunjungan yang berasal dari mesin pencari merupakan sumber kunjungan yang terbesar dari sumber-sumber yang ada. Hal ini dapat dilihat dari berbagai data statistik yang telah diterbitkan.

Berikut ini salah satu contoh data statistik mengenai jumlah kunjungan dari berbagai sumber.

perbandingan sumber kunjungan seo
perbandingan sumber kunjungan seo

sumber : https://www.brightedge.com/resources/research-reports/content-optimization

Data ini diambil dari web Brightedge. Terlihat jelas dalam grafik diatas bahwa kunjungan yang berasal dari mesin pencari memiliki volume yang paling besar. Oleh karena itu sudah seharusnya kita lebih memperhatikan kunjungan jenis ini.

Kualitas Lebih Tinggi

Tidak hanya kuantitasnya yang begitu besar. SEO juga dapat menghasilkan kunjungan dengan kualitas yang lebih tinggi.

Coba bayangkan bahwa anda memiliki bisnis sepatu. Kemudian ada dua orang yang mengunjungi website anda. Yang pertama adalah orang yang sedang asik mengakses konten di sosial media milik mereka.

Tiba-tiba mereka melihat halaman website anda yang di share oleh temannya. Karena penasaran maka secara spontan dia mengklik link website anda. Dia pun mencoba melihat-lihat isinya.

Sedangkan pengunjung yang kedua adalah pengunjung yang dengan sadar mengetik kata kunci “jual sepatu” di mesin pencarian Google. Kemudian muncullah website bisnis sepatu Anda.

Karena website anda berada pada urutan pertama, maka ia pun langsung mengklik linknya. Dan dia pun mencoba melihat-lihat isinya.

Menurut anda yang manakah yang memiliki kemungkinan terbesar untuk membeli produk sepatu Anda? Sudah barang tentu pengunjung yang kedua. Karena dia benar-benar membutuhkan produk Anda dan dia berupaya untuk mencari melalui mesin pencari.

Sedangkan pengunjung yang pertama tidak memiliki keinginan tertentu. Karena dia berkunjung ke website anda hanya karena kebetulan saja.

Itulah ilustrasi dari efektivitas teknik SEO. Anda bisa saja membagikan penawaran anda di sosial media ataupun di tempat yang lain. Namun jika Anda berharap konversi penjualan yang tinggi maka SEO merupakan salah satu pilihan yang terbaik.

Ada banyak data yang mendukung pernyataan saya di atas. Salah satunya data dari web SmartInsights yang membandingkan data conversion rate beberapa traffic source.

perbandingan conversion rate seo email
perbandingan conversion rate seo email

sumber : https://www.smartinsights.com/ecommerce/ecommerce-analytics/ecommerce-conversion-rates/

Convertion rate adalah perbandingan antara jumlah kunjungan dan jumlah penjualan yang terjadi. Jika kita melihat dari grafik di atas.

Bisa dikatakan bila ada 100 orang pengunjung dari mesin pencari maka rata-rata 3 orang diantaranya melakukan pembelian pada website yang dituju. Lihat perbadingannya dengan social media. Sangat jauh bukan?

Jadi dapat disimpulkan bahwa SEO dapat menghasilkan kunjungan website dengan kualitas yang lebih tinggi daripada sosial media.

Apakah Saya Harus Paham SEO Untuk Sukses di Dunia Online?

Jawaban singkatnya adalah tidak

Ada banyak sekali orang yang sukses di dunia online tanpa pernah mengenal SEO. Namun ada beberapa hal yang boleh Anda pertimbangkan sebelum anda memutuskan lebih jauh.

Pertama, mengingat fakta yang telah saya sampaikan melalui grafik di atas. Bahwa mesin pencari merupakan sumber traffic terbesar di muka bumi. Jadi saya rasa Anda perlu untuk mempelajari teknik ini.

Kedua, kita tahu bersama bahwa persaingan di dunia online semakin hari semakin ketat. Dan jika anda tidak menguasai SEO, berarti anda telah kehilangan sumber trafik terbesar di dunia.

Terakhir, kemungkinan besar pesaing anda juga akan menggunakan teknik SEO. Dan jika anda tidak menerapkan teknik ini berarti anda sudah kalah langkah dan itu akan membahayakan bisnis anda sendiri.

Manfaat Belajar SEO

Secara garis besar anda sudah mengetahui bahwa manfaat SEO itu untuk sumber trafik. Namun pada penerapannya mungkin ada beberapa manfaat yang tidak terpikirkan oleh anda sebelumnya. Berikut ini kita akan membahas beberapa manfaat tersebut.

Meningkatkan Omset Penjualan.

Traffic yang dihasilkan oleh SEO merupakan kunjungan dengan kualitas yang tinggi. Oleh karena itu jika diarahkan ke halaman produk maka tentu dapat meningkatkan omset penjualan.

Begitu juga jika anda seorang advertiser. Anda dapat menggunakan SEO untuk meningkatkan traffic dan kemudian tentu saja traffic itu akan menghasilkan klik yang banyak. Dan berujung pada pendapatan Anda yang meningkat.

Branding

Melakukan branding menggunakan SEO merupakan teknik yang sangat jitu. Bagi tokoh masyarakat politisi ataupun seorang profesional, SEO dapat dimanfaatkan untuk melakukan branding.

Jadi jika seseorang melakukan pencarian dengan kata kunci nama anda, maka yang muncul adalah website milik anda.

Begitu juga dengan produk. Anda dapat melakukan branding dengan cara membuat tulisan tertentu mengenai produk Anda. Misalnya jika anda menjual produk kecantikan untuk menghilangkan jerawat.

Anda dapat membuat artikel berjudul “menghilangkan jerawat paling mudah”. Dan sudah barang tentu isi dari artikel tersebut adalah produk Anda.

Meningkatkan Jumlah Leads

Bagi seorang affiliate marketer SEO adalah cara mudah untuk meningkatkan leads. Dengan membuat artikel seperti cara mudah mendapatkan penghasilan 5 juta perbulan.

Kemudian Anda menawarkan leads magnet pada artikel tersebut. Dengan begitu sejumlah besar email pengunjung akan dapat dengan mudah anda kumpulkan.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat SEO yang bisa anda dapatkan. Hanya perlu kreativitas anda dalam menerapkannya untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Cara Belajar SEO

Setelah mengetahui pengertian dan membahas kenapa mempelajarinya begitu penting bagi bisnis anda. Tentunya sekarang anda memiliki rasa ketertarikan untuk mulai belajar SEO.

Tapi mungkin Anda masih bingung ingin memulainya dari mana. Pada bagian ini kita akan membahas langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk mempelajarinya.

BAB 1 : Belajar SEO – Pengenalan

Cara belajar SEO dapat anda mulai dengan membaca artikel ini. Artikel ini merupakan BAB pertama dari keseluruhan artikel mengenai SEO

BAB 2 : Apa Itu SEO

Kemudian langkah selanjutnya adalah mempelajari mengenai berbagai konsep dasar SEO. Pada bagian ini anda akan belajar beberapa pemahaman penting terkait SEO.

Hal ini wajib diketahui karena dapat mempengaruhi hasil yang Anda akan dapatkan.

Beberapa hal yang akan kita bahas seperti pengertian SEO menurut para pakar, konsep SEO secara mendalam, tujuan SEO, cara kerja search engine seperti Google, pengenalan black hat SEO atau teknik terlarang SEO dan masih banyak lagi.

BAB 3 : Riset Keyword

Pemilihan kata kunci merupakan hal yang paling penting dalam penerapan SEO. Pada bagian ini kita akan mempelajari lebih detail tahap demi tahap untuk menentukan kata kunci yang tepat.

Beberapa hal yang akan kita bahas seperti apa itu riset keyword, kenapa anda perlu riset keyword, beberapa istilah dalam riset kata kunci, jenis-jenis keyword yang umum digunakan, cara riset keyword Step By Step dan masih banyak lagi.

BAB 4 : SEO On Page

Apa itu SEO On Page? Kenapa Anda perlu tahu? Bagaimana SEO On Page dapat meningkatkan ranking website anda di mata Google. Semua hal tersebut akan kita bahas pada bagian ini.

Beberapa hal yang akan kita bahas seperti apa itu SEO on page, konsep SEO on page, faktor-faktor dalam SEO on page dan masih banyak lagi.

BAB 5 : SEO Off Page

Mengenal SEO Off Page. Pada bagian ini anda akan belajar cara mengoptimasi website tanpa harus menyentuh website itu sendiri. Dan dengan teknik ini anda dapat mencapai  peringkat yang anda inginkan.

Beberapa hal yang akan kita bahas seperti apa itu SEO off page, seberapa penting SEO off page, optimasi off page SEO cara lama, optimasi off page SEO metode baru dan masih banyak lagi.

BAB 6 : Technical SEO

Technical SEO adalah teknik optimasi situs web dan server yang membantu mesin pencari untuk  mengindeks situs Anda secara lebih efektif dalam rangka untuk membantu meningkatkan peringkat organik.

Kita akan membahas cara mendaftarkan website di Google Webmaster Tools, cara pasang Google Analytics pada website, seluk beluk SSL dan berbagai hal teknis lainnya.

BAB 7 : Content Marketing

Kemunculan content marketing membuka era baru dalam dunia SEO. Dengan memadukan SEO dan content marketing, akan membuat Anda mendapatkan hasil berlipat ganda.

BAB 8 : Link Building

Link building memiliki seni tersendiri. Jika dikerjakan tanpa acuan yang jelas bisa saja yang terjadi justru hal negatif. Anda harus tahu betull apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan terkait link building.

Ok, sekian dulu artikel Belajar SEO. Selanjutnya anda dapat meneruskan baca artikel selanjutkan ke BAB 2 Apa Itu SEO.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

8 komentar untuk “Belajar SEO 2019 : Panduan Dasar SEO Pemula”

    1. Tepatnya update 1 Agustus 2018, ini masih terkait Expertise, Authority, and Trust (EAT)
      Dan kesehatan adalah salah satu niche yang paling terpengaruh.

      Untuk solusinya adalah dengan memenuhi tiga aspek di atas Expertise, Authority, and Trust. Contohnya : artikel berdasarkan wawancara dengan dokter

  1. Saya bingung di seo off page nya gan, apa ada penjelasan yang mudah dipahami untuk saya terapkan pada situs saya gan?
    Mohon bimbingan nya, terima kasih

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.