SEO YouTube

Bagi Anda yang sudah mengerti dan menggeluti dunia YouTube pasti sudah tidak lagi asing dengan istilah optimasi SEO. Optimasi SEO ini untuk mendukung video yang di unggah di YouTube mendapatkan banyak penonton. Memiliki banyak penonton otomatis akan berada di peringkat teratas pencarian.

Optimasi video YouTube sama pentingnya dengan optimasi artikel di website atau blog. Tujuannya supaya memudahkan orang lain untuk mencari video tersebut, baik melalui Google atau YouTube. Semakin mudah dicari berarti akan meningkatkan jumlah viewers.

Apakah Anda memiliki channel YouTube? Jika iya optimalkan supaya mendapatkan banyak penghasilan. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan SEO YouTube. Bagaimana cara menggunakan SEO YouTube? Simak penjelasan di bawah ini.  

Apa Itu SEO YouTube ?

SEO YouTube merupakan langkah optimasi dari video yang dibuat dan diunggah di YouTube, Tujuan dari optimasi adalah untuk membuat video lebih banyak diakses olah orang lain dengan cara mengetikkan keyword tertentu. Selanjutnya video yang dicari akan muncul di posisi paling atas.

Pengertian lain dari SEO YouTube adalah salah satu teknik untuk melakukan optimasi video supaya mendapatkan peringkat teratas di pencarian. Menerapkan SEO YouTube yang benar, maka akan berpeluang untuk berada pada halaman utama sehingga dilihat oleh banyak penonton.

YouTube itu sendiri merupakan mesin pencarian sama halnya dengan Google. Apa saja yang ada basis datanya bisa ditemukan dengan mengetikkan kata kunci tertentu. Konsep yang dimiliki sama dengan SEO website. Dimana video di YouTube juga membutuhkan optimasi dengan pemberian kata kunci, deskripsi, tags dan sebagainya.

SEO pada YouTube berperan untuk memunculkan video pada barisan teratas. SEO YouTube digunakan untuk memenangkan persaingan dengan YouTuber-YouTuber lainnya sehingga lebih banyak diakses oleh masyarakat dan memperoleh jumlah viewer dan subscriber yang banyak..

Belajar SEO YouTube

Apabila Anda ingin menguasai SEO YouTube maka harus mempelajarinya terlebih dahulu. Ada beberapa poin belajar SEO YouTube yang harus diketahui dan dipahami. Apa saja poin-poin tersebut? Berikut Jawabannya.

1. Mencari Video Keyword

Poin pertama saat belajar YouTube adalah mencari keyword. Mencari keyword di YouTube berbeda dengan pencarian kata kunci dalam SEO Google. Kenapa demikian? Karena Anda harus menemukan video keyword.

Video keyword adalah kata kunci yang tidak hanya dicari melalui situs YouTube saja, tetapi juga bisa muncul pada halaman pertama pencarian Google. Bahkan bisa muncul di mesin pencarian lainnya. Pada intinya, mau mencari di pencarian Google maupun YouTube, video tetap akan keluar di halaman pertama hasil pencarian.

2. Membuat Video dan Channel YouTube yang Menarik

Setelah Anda menguasai, selanjutnya adalah membuat video atau channel YouTube yang menarik. Buatlah video sekreatif mungkin supaya mendapatkan kesan baik serta mendapatkan view yang banyak. Anda bisa menggunakan konsep screen capture (merekam di layar komputer) atau slideshow.

Perlu Anda ketahui, mempelajari SEO YouTube bukan sesuatu yang mudah. Misalnya ketika membahas tentang kualitas video. Video yang bagus dan berkualitas belum tentu direkam degan kamera mahal. Intinya bagaimana cara Anda menyuntingnya atau edit supaya bagus.

3. SEO on Page 

Dilanjutkan dengan mempelajari tentang nama file, judul, deskripsi dan juga tags video yang di unggah di YouTube. Tips membuat deskripsi adalah meletakkan link video di bagian awal. Kemudian memasukkan beberapa keyword pada 25 kata awal. Selanjutnya buat tulisan sepanjang 250 kata atau lebih.

Anda juga bisa memanfaatkan eksistensi VidiQ karena bisa membantu untuk mengetahui sebuah video beserta tags. Tags tersebut telah digunakan oleh video lain yang menguasai page on untuk hasil pencarian kata kunci. Nantinya Anda bisa mencontohnya.

4. Mempromosikan Video

Saat belajar SEO YouTube Anda juga diharuskan untuk aktif dalam mempromosikan video. Tujuannya supaya video yang diunggah mendapatkan pengunjung yang banyak. Perlu diingat jika Anda harus membangun video dan channel YouTube resmi atau white hat.

Anda bisa mempromosikan video yang diuggah melalui teman-teman, forum, memanfaatkan sosial media dan sebagainya. Namun, saat mempromosikan video jangan sampai spam karena bisa mengganggu kenyamanan orang lain.

10 Cara Optimasi SEO YouTube

Sudah bukan rahasia lagi jika konten yang berada di halaman pencarian utama adalah channel YouTube lama, populer dan eksis. Namun, bagi Anda YouTubers pemula tidak perlu berkecil hati karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan hal tersebut. Apa saja cara tersebut? Supaya lebih jelas, simak uraian di bawah ini.

1. Membuat Konten yang Berkualitas

Seringkali mendengar motto “Content is teh king” yang ternyata bukan omong kosong belaka. Setiap harinya ada ratusan hingga ribuan konten dengan topik sama diterbitkan di internet. Namun, hanya beberapa konten yang masuk di halaman pencarian Google maupun YouTube.

Hal tersebut dikarenakan Google selalu memilih maupun memilah konten mana saja yang berkualitas dan tidak. Ternyata tidak hanya berlaku untuk blog maupun website saja, melainkan juga di video YouTube. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membuat video yang berkualitas dan memiliki durasi panjang. Usahakan video-nya original buatan Anda dan sudah HD.

2. Membuat Judul yang Menarik

Sebelum mengunggah video di YouTube, jangan lupa untuk memperhatikan judul supaya memiliki kesan bagus di mata pengunjung. Buatlah judul yang membuat orang lain penasaran untuk menontonnya.

Judul yang dibuat tidak hanya menarik tetapi juga mengandung kata kunci atau keyword. Supaya mendapatkan keyword yang bagus, terlebih dahulu harus melakukan riset. Tujuannya supaya video yang diunggah bisa bersaing di halaman pertama dan teratas.

3. Memberikan Thumbnail Gambar yang Membuat Penasaran

Sudah bukan rahasia lagi jika thumbnail memiliki pengaruh besar dalam meningkatkan jumlah penonton. Thumbnail yang dibuat sangat bagus dan unik bisa membuat video laku di pasaran. Namun, jangan membuat gambar hoax yang tidak sesuai dengan isi video.

Apabila thumbnail yang Anda gunakan sudah banyak dipakai orang lain, bisa saja dianggap spam. Anda bisa membuat thumbnail sendiri di aplikasi Photoshop maupun CorelDraw. Buatlah dan edit semenarik mungkin kemudian pasang di video YouTube.

4. Menempatkan Keyword Pada Judul

Selain diharuskan membuat judul yang menarik, Anda juga diharuskan untuk menambahkan keyword dalam judul tersebut. Keyword yang tepat bisa menjadi salah satu faktor video YouTube bisa bertahan di halaman pertama dan teratas.

Kata kunci bisa didapatkan dengan melakukan riset sebelum video di unggah di YouTube. Riset yang dilakukan mencari tahu konten atau topik apa yang sedang digemari oleh masyarakat.

5. Membuat Deskripsi yang Mengandung Keyword

Cara optimasi SEO YouTube selanjutnya adalah membuat deskripsi yang mengandung keyword. Cara yang satu ini tidak bisa diabaikan atau dianggap remeh, karena deskripsi bagus dan menarik menentukan baik tidaknya video tersebut.

Usahakan untuk membuat deskripsi semenarik mungkin. Jangan lupa untuk menambahkan keyword dalam deskripsi tersebut. Apabila menarik maka banyak pengunjung yang penasaran untuk menontonnya.

6. Tag Video dan Kategori 

Apabila mengupload video di YouTube, maka terdapat tulisan tag. Tag tersebut harus diisi dengan menambahkan kata kunci. Bisa juga dibuat dengan menggunakan kata lain yang memiliki hubungan dengan video yang di upload.

Usahakan untuk selalu mengisi tag setiap mengupload video di YouTube. Tag jangan sampa kosong. Apabila kosong maka video yang di upload tidak akan ada di puncak teratas pencarian. Tentu ini akan merugikan Anda karena jumlah penontonnya sedikit.

7. Bagikan di berbagai Media Sosial Komunitas dan Juga Forum

Riset keyword merupakan cara paling ampuh untuk meraih banyak visitor dan viewer. Terlebih video yang diunggah berasal dari channel YouTube baru. Menerapkan cara ini membuat video Anda memiliki peluang untuk dibagikan oleh pengguna lain. 

Tidak hanya membagikan tetapi juga berpeluang mensubscribe channel YouTube. Video berkualitas dan viral memungkinkan orang untuk membagikannya di media sosial, komunitas dan forum. Semakin banyak dibagikan, maka peluang untuk mendapatkan banyak viewer akan terbuka lebar.

8. Menambahkan Profil Sosial Anda

Cara yang bisa dilakukan untuk menambah rasa percaya para viewer kepada channel Anda yaitu dengan menambahkan akun sosial. Akun sosial ini, seperti facebook, instagram, twitter, Google plus dan sebagainya.

Jangan lupa juga untuk menambahkan profil sosial Anda. Menerapkan cara ini berpeluang untuk mendapatkan banyak viewers. Selain itu, juga bisa memberikan rasa percaya untuk para viewers Anda.

9. Menyambungkan Video Pada Situs Web Anda

Apabila Anda mempunyai situs website, tidak ada salahnya untuk menghubungkan keduanya. Caranya yaitu pada deskripsi YouTube tambahkan link yang merujuk ke website yang Anda miliki.

Sebaliknya juga pada situs website Anda ditambahkan dengan embed video YouTube ke artikel yang memiliki topik serupa. Cara ini selain bisa mendongkrak popularitas video, juga blog atau website. Bisa dibilang sekali menyelam dua pulau terlampaui.

10.  Rutin Upload, Sabar Menunggu dan Berdoa

Salah satu kunci sukses berada di puncak teratas pencarian adalah dengan rutin upload video. Selain itu, sering upload dan update bisa meningkatkan popularitas sehingga menjadi dikenal oleh masyarakat banyak. Sabar menunggu juga sangat diperlukan karena tidak sebentar konten And berada di atas. Bisa saja butuh waktu seminggu, sebulan atau lebih lama lagi.

Perlu diketahui jika YouTuber besar sekalipun juga pernah merasakan tahap ini, Maka dari itu, Anda harus sabar dan percaya jika suatu saat video yang di upload bisa berada diperingkat paling atas. Jangan lupa juga untuk selalu berdoa jika semua cara di atas sudah dilakukan.

6 Panduan SEO YouTube Terbaru Tahun 2020

Menerapkan SEO YouTube yang tepat akan membuat Anda memenangkan persaingan dan mendapatkan banyak penonton. Namun, masih banyak orang yang bingung dalam menerapkannya. Supaya tidak bingung, inilah panduan SEO YouTube terbaru 2020 yang bisa diterapkan. Apa saja panduan tersebut? Simak pembahasannya di bawah ini.

1. Riset Kata Kunci (Keyword)

Cara pertama yang harus dilakukan adalah dengan melakukan riset kata kunci sebelum membuat video. Tujuan dari riset ini adalah untuk mencari video apa yang sedang digemari oleh masyarakat. Cara ini biasanya juga digunakan dalam membuat sebuah blog.

Saat melakukan riset kata kunci, Anda akan mengetahui apa saja yang sedang populer dan dicari saat ini. Selanjutnya bisa menentukan topik yang akan digunakan dalam video YouTube. Anda juga bisa memprediksi seberapa besar traffic dan pendapatan yang nantinya akan diperoleh.

2. Membuat Video yang Menarik dan Berkualitas

Supaya bisa mendapatkan banyak pengunjung video YouTube bukanlah sesuatu yang mudah. Hal ini dikarenakan saat ini penonton YouTube akan mencari yang menarik dan berkualitas untuk ditonton. Durasi vidoe yang panjang bisa membuat penonton mendapatkan informasi yang Anda sampaikan dengan jelas.

Pastikan juga Anda membuat video dengan kualitas yang bagus. Hal ini bisa mempengaruhi keterkaitan penonton. Penonton akan cenderung melihat video jika kualitasnya bagus. Apabila jelek maka penonton akan kurang tertarik untuk menontonnya.

Video YouTube juga harus berisi konten original bukan plagiat. Selain itu, juga harus memiliki durasi yang pas, bisa panjang maupun pendek sesuai dengan isi konten-nya. Beberapa orang membuatnya dengan durasi lebih dari 5 menit. Video dengan durasi ini harus di monetisasi seperti dimunculkan Adsense.

3. Peletakan Keyword

Setelah sebelumnya melakukan riset keyword dan menentukan kata kunci yang dipilih, lanjutkan dengan membuat video. Setelah video selesai dibuat, jangan lupa untuk memberi nama sama dengan keyword-nya. Dengan memberi nama file sama dengan kata kunci, maka mesin pencarian Google akan lebih mudah dalam menampilkannya. Selain itu, juga memiliki pengaruh sangat baik dalam SEO YouTube.

Sedangkan nama judul video, berilah sama dengan keyword. Supaya lebih menarik. Tidak ada salahnya untuk memberi tambahan kata. Tujuannya agar peringkat video menjadi bagus dan berada paling atas. Selanjutnya buat deskripsi dengan menyelipkan keyword supaya memperjelas tentang isinya.

Selanjutnya menggunakan keyword dalam tags. Menambahkan keyword akan memberikan banyak keuntungan bagi video YouTube. Hal ini dikarenakan video yang diunggah bisa tampil di halaman utama YouTube.

4. Meningkatkan Reputasi Channel

Reputasi channel YouTube yang baik bisa memberikan sinyal positif terhadap video di dalamnya. Channel yang bagus artinya memiliki relevansi tinggi antara satu video dengan lainnya.

Video-video dalam channel saling berkaitan satu sama lain. Tingkat relevansi channel bisa ditentukan dengan melihat lamanya waktu yang dihabiskan penonton YouTube untuk nonton video Anda.

5. Mempromosikan Video

Supaya video YouTube yang Anda buat lebih dikenal, maka perlu membagikan dan mempromosikan-nya di media sosial. Promosi video juga bisa dilakukan melalui situs web yang telah populer. Cara ini bisa mempengaruhi banyaknya penonton yang menyaksikan.

Apabila video yang dibuat digunakan untuk kampanye produk dengan dana besar, tentu dengan posting saja tidak cukup. Maka dari itu, Anda bisa melakukan promosi dengan menerapkan iklan. Anda bisa memanfaatkan layanan iklan Google Adsense. Menggunakan Google Adsense berarti bisa menentukan dimana iklan akan ditampilkan, salah satunya melalui YouTube.

6. Evaluasi Video YouTube

Salah satu cara yang juga tidak kalah penting dalam SEO YouTube adalah melakukan evaluasi. Anda perlu melakukan evaluasi terhadap semua video yang sudah dirilis atau diunggah.

Bagaimana cara melakukannya? YouTube telah menyediakan analytics YouTube. Buka Studio YouTube lalu arahkan kursor ke bagian kiri dan klik Analytics. Di sini Anda bisa memperoleh data analisis semua video, mulai dari jumlah view, waktu tonton, subscribe dan sebagainya.

Nah, itulah panduan SEO YouTube terbaru tahun 2020. Diharapkan uraian di atas bisa membantu YouTuber baru berada di puncak teratas pencarian YouTube. Panduan dan cara tersebut bisa dipelajari dan mudah untuk diparktekkan.

Leave a Comment

Share via