SEO Website

Bagaimana cara meningkatkan ranking website dengan cepat dan mudah? Bagi sebagian orang khususnya yang masih pemula mungkin sering bertanya-tanya tentang cara mengembangkan website-nya. Pada dasarnya, tujuan utama seseorang memiliki website yaitu agar memiliki rating yang bagus dalam mesin pencarian Google.

Sebenarnya untuk meningkatkan website bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Hanya saja ada beberapa teknik khusus yang harus dilakukan agar website Anda dapat bersaing dengan website lainnya. Nah, sebelum membahas tentang cara meningkatkan ranking di Google, maka pastikan untuk mengetahui tentang SEO website beserta cara menggunakannya.

Mengenal Tentang SEO Website yang Jarang Diketahui

Apa itu SEO Website?

Bagi Anda yang masih pemula di dunia website tentu masih sangat asing dengan istilah yang satu ini. SEO atau Search Engine Optimization merupakan sebuah upaya untuk mengoptimasi website agar bisa berada di peringkat teratas dalam mesin pencarian Google. Dengan mendapatkan rating yang tinggi di Google tentu saja potensi traffic atau jumlah kunjungan ke website Anda juga semakin meningkat.

Selain dapat meningkatkan traffic organik, penggunaan SEO pada website juga dapat membantu Anda mendapatkan traffic yang tepat sesuai dengan tujuan utama website Anda. Agar bisa meningkatkan traffic tersebut, Anda perlu melakukan beberapa hal yang telah ditetapkan oleh mesin pencarian Google. Salah satu caranya yaitu menggunakan sistem SEO, algoritma Google dan masih banyak lagi.

Cara Kerja SEO Website

Umumnya mesin pencarian yang menggunakan algoritma tertentu akan menentukan konten apa saja yang bisa dikatakan layak masuk ke jajaran ranking teratas. Hal tersebut berlaku tidak hanya di Google saja tetapi juga pencarian lainnya seperti Yahoo, Bing, dan juga Duckduckgo.

Perlu diketahui, pihak Google akan selalu memperbaiki algoritmanya agar bisa memberikan hasil pencarian yang lebih solutif dan relevan. Bahkan dari tahun 2011, sudah ada 8 major update untuk algoritma dari Google tersebut. Nah, agar bisa mengikuti ketentuan terbaru dari Google tersebut, pastikan untuk selalu mengupgrade algoritma terbaru dari Google.

Salah satu cara kerja SEO yang banyak digunakan yaitu keyword Stuffing. Keyword  Stuffing sendiri merupakan praktik memasukkan fokus keyword sebanyak mungkin pada sebuah artikel. Dulunya taktik yang satu ini terbilang efektif, meskipun konten yang disajikan singkat dan kurang relevan dengan keyword.

Namun cara tersebut mulai tidak efektif setelah adanya pembaruan algoritma Google. Bahkan ada yang mengatakan bahwa teknik tersebut bisa menyebabkan penalti jika diterapkan pada masa sekarang. Jadi, bagi Anda yang ingin website-nya muncul di mesin pencarian teratas, maka pastikan untuk mengikuti pembaruan algoritma baru yang ditetapkan oleh Google.

Inilah 5 Teknik Meningkatkan Peringkat Website di Google

Mengenal Algoritma Google

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Google akan selalu berusaha memperbaiki dirinya agar mesin pencarian dapat menghasilkan informasi yang lebih akurat dan relevan. Algoritma mesin itulah yang menjadi penentu apakah website Anda layak masuk ke halaman pertama mesin pencarian Google atau tidak. Jadi bisa dikatakan algoritma bisa menjadi penentu nasib website Anda untuk ke depannya.

Oleh karena itu, pastikan untuk mengetahui bagaimana sistem tersebut bekerja dan apa saja dampak yang bisa diberikan kepada website Anda. Lalu, apa yang harus Anda lakukan? Pastikan untuk sering memantau informasi terkait pembaruan algoritma Google. Jangan lupa untuk menghindari langkah-langkah yang justru dapat membuat Anda terkena penalti nantinya.

Evaluasi Page Rank

Teknik selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan peringkat website di mesin pencarian yaitu dengan mengevaluasi page Rank Anda. Dalam hal ini, Anda perlu meninjau terlebih dahulu sudah sejauh mana progres dari website Anda selama ini. Hal yang satu ini berlaku untuk website yang baru dibangun atau yang masih memiliki sedikit jumlah postingan.

Untuk Anda yang ingin meninjau bagaimana progress website dalam mesin pencarian Google, Anda bisa menggunakan tools SERPs. Jadi, bagi yang ingin menargetkan keyword yang lebih spesifik dalam konten di website Anda, maka bisa menggunakan tools tersebut.

Cara mengeceknya pun sangatlah mudah, Anda hanya tinggal memasukkan kata kunci yang spesifik kemudian masukkan domain website Anda. Selanjutnya jangan lupa memilih area Anda dan klik Go! Tunggu beberapa saat, hasilnya akan muncul

Lihat Kecepatan Loading Page

Selain mengevaluasi ranking website dalam mesin pencarian Google, Anda juga perlu memastikan bagaimana kecepatan loading page-nya. Mengapa demikian? Seperti yang diketahui, kecepatan loading page ini menjadi salah satu faktor yang menyebabkan website Anda berada di peringkat paling atas.

Jika website Anda lambat dalam menampilkan performa layar secara utuh, maka kesempatan untuk mendapatkan conversion rate akan hilang. Apalagi, dari beberapa survei yang dilakukan banyak orang yang kurang sabar menunggu page yang mereka akses dalam waktu lama.

Perlu diketahui, pihak Google juga akan memberikan penalti pada page yang terlalu banyak ditinggal begitu cepat oleh pengunjungnya. Sehingga penting sekali menguji terlebih dahulu kecepatan loading page pada website Anda. Berikut beberapa tools gratis yang bisa Anda gunakan untuk menguji kecepatan loading website yaitu Google PageSpeed Insights, WebPageTest, dan juga Pingdom Website Speed Test.

Prioritaskan Organic Traffic

Organic Traffic merupakan pengunjung atau biasa disebut web visitor yang berada di situs Anda. Pengunjung yang masuk kategori organic yaitu yang menemukan situs Anda setelah melakukan penelusuran ke mesin pencarian seperti Google. Jadi, bisa dikatakan pengunjung jenis ini tidak datang berdasarkan rujukan dari situs lainnya.

Lalu bagaimana cara meningkatkan traffic organik pada website? Hal tersebut cukup mudah dilakukan, Anda hanya perlu menerbitkan konten yang berkualitas secara teratur dan berkelanjutan. Dengan menyajikan konten yang sesuai dengan berkualitas, kemungkinan pengunjung di website Anda meningkat akan semakin besar.

Pastikan Mobile Friendly

Satu lagi teknik yang wajib untuk Anda terapkan agar website lebih mudah masuk ke rating teratas yakni memastikan bahwa website Anda mobile friendly. Berdasarkan data resmi yang dikeluarkan oleh pihak Google, hampir 50% jumlah pencarian di Google berasal dari mobile device. Bahkan pihak Google juga menegaskan bahwa website yang tidak mobile friendly tidak akan berada di peringkat atas.

Lalu bagaimana Anda bisa mengetahui apakah website Anda sudah mobile friendly atau belum? Nah, untuk mengetahui hal tersebut sangatlah mudah karena Anda bisa mencoba tools Google’s Mobile Friendly Test yang bisa Anda gunakan secara gratis. Cara menggunakannya pun sangat mudah, Anda hanya perlu memasukkan alamat website pada kolom pencarian. Tunggu sebentar untuk melihat hasilnya.

Setelah mengetahui beberapa informasi seputar SEO website beserta teknik meningkatkan peringkat di mesin pencarian, tentu Anda sudah tahu apa saja hal-hal yang harus dilakukan. Bagi Anda yang masih pemula, tidak perlu khawatir karena dengan menerapkan beberapa langkah di atas, kemungkinan website Anda terkenal akan semakin mudah.

Demikian sedikit informasi seputar cara meningkatkan ranking website di mesin pencarian Google. Semoga informasi diatas bermanfaat dan membantu dalam mengembangkan website Anda dengan cepat. Selamat mencoba!

Leave a Comment