SEO Off Page : Optimasi SEO Terpenting 2019

Apa itu SEO off Page? Istilah SEO atau Search Engine Optimization mungkin sudah tidak asing lagi didengar kalangan blogger dan pemilik website. Nah, yang perlu diketahui adalah SEO sendiri terbagi dalam dua jenis optimasi yang umumnya digunakan, yakni SEO on Page dan SEO off Page. Kedua jenis optimasi ini haruslah berjalan berbarengan, karena tanpa salah satunya, strategi SEO yang kita terapkan akan lebih sulit untuk berhasil.

Panduan SEO 

Artikel ini merupakan bagian dari rangkaian artikel yang membahas SEO. Berikut ini daftarnya :

BAB 1 : Belajar SEO - Pendahuluan
BAB 2 : Apa Itu SEO
BAB 3 : Riset Kata Kunci
BAB 4 : SEO On Page
BAB 5 : SEO Off Page
BAB 6 : Content Marketing
BAB 7 : Link Building

Jika anda tertarik mempelajari SEO dari awal, silakan menuju artikel sebelumnya pada link di atas.

Kita ketahui pada bahasan sebelum bahwa tujuan SEO yang utama yaitu menaikkan traffic visitor dan menempati posisi teratas dalam mesin pencarian seperti Google. Dan untuk mencapai itu, SEO Off Page adalah sebuah kewajiban. SEO Off Page merupakan proses optimasi yang harus dilakukan setelah anda melakukan SEO On Page

Apa Itu SEO Off Page

Jika kita mengambil pendapat dari Neil Patel, maka SEO off page dapat berarti sebagai berikut. “Off-page SEO simply tells Google what others think about your site”.

SEO Off Page itu dapat diartikan sebagai upaya memberi tahu Google (atau mesin pencari lain) apa pendapat orang lain tentang situs Anda.

Ada juga pengertian dari MOZ yang memaparkan secara lebih detail. “Off-page SEO” (also called “off-site SEO”) refers to actions taken outside of your own website to impact your rankings within search engine results pages (SERPs).

SEO Off Page adalah tindakan yang diambil di luar situs web Anda sendiri untuk memengaruhi peringkat Anda di dalam halaman hasil mesin pencari (SERP).

Seberapa Penting SEO Off Page

Ada banyak artikel yang menyatakan betapa pentingnya peranan SEO Off Page dalam strategi SEO baik dalam maupun luar negeri. Sayangnya tidak banyak yang mampu menghadirkan data sebagai dasar dari pendapat yang mereka kemukakan. Jadi apakah SEO Off Page itu benar-benar penting? Apakah sebuah keharusan?

Ok, untuk menjawab hal itu, mari kita lihat bersama hasil studi yang dilakukan oleh MOZ. Studi ini mengangkat tema Search Engine Ranking Factors.

Moz mensurvei lebih dari 150 pakar SEO dengan meminta pendapat mereka tentang lebih dari 90 faktor yang mempengaruhi SEO. Selain itu, tim di Moz, yang dipimpin oleh Dr. Matthew Peters, menjalankan studi korelasi untuk menentukan fitur situs web dan halaman web mana yang berkaitan dengan peringkat pencarian. Untuk itu, Moz bermitra dengan SimilarWeb, DomainTools, dan Ahrefs.

Dari studi di atas dihasilkan beberapa kesimpulan, dan salah satunya adalah SEO Off Page memberikan kontribusi lebih dari 50% dalam faktor peringkat. Dengan kata lain bahwa SEO Off Page menjadi faktor yang sangat penting dan wajib untuk anda lakukan

pentingnya seo off page

Perbedaan antara SEO off Page dan SEO on Page

Kedua strategi optimasi SEO ini berguna untuk evaluasi pada situs website maupun blog. Mesin pencari seperti akan melihat dari segi on page dan segi off pagenya. Optimasi on page ditinjau dari hal-hal yang berhubungan dengan website dan blog. Sementara itu optimasi on page berhubungan dengan tingkat kepopuleran website dan blog dari segi pengunjung maupun pelanggannya.

On page SEO umumnya dipusatkan pada kecepatan navigasi dan loading halaman, isi konten serta penempatan keywordnya, dan kualitas konten sendiri. Selain itu perlunya penambahan link eksternal, judul yang menarik, dan deskripsi tambahan lainnya. Sementara itu dalam off page akan lebih memperhatikan sosial book-marking, sosial media marketing, dan link building.

Optimasi Off Page SEO Menggunakan Metode Lama

1.Melakukan Promosi Melalui Forum

Promosi melalui forum ini dapat dikatakan mudah, tetapi sayangnya memakan waktu yang cukup lama. Apabila diminta menyebutkan brand dari website atau blog ketika ada forum yang berkaitan dengan brand yang ditawarkan. Poin tersebut penting untuk meningkatkan brand awareness dari produk maupun jasa yang ada di website ataupun blog.

2.Memasukkan Website atau Blog dalam Mesin Pencari

Cara tersebut sudah sering digunakan sejak dulu oleh banyak orang dengan tujuan memastikan optimasi website atau blog dapat muncul di mesin pencarian seperti Bing dan Google. Kekurangannya adalah kode algoritma pada mesin pencarian dinilai sulit dan dinilai tidak memberikan hasil optimal.

3.Membuat Direktori Artikel

Para blogger dan pemilik website dulu membuat konten baik berupa artikel dan video agar direktori artikel yang umum dilakukan untuk memasarkan konten. Berbeda dengan kenyataannya, biasanya pengguna internet tidak membaca website ataupun blog direktori. Sebab isi artikel direktori tersebut kurang berkualitas dan material konten tidak relevan.

Pada Google versi jadul dapat muncul, namun seiring berjalannya waktu website direktori adalah  website pertama yang penurunan pengunjungnya sangat signifikan.

4.Membuat Website Direktori

Tergolong cara lama yang dulu dianggap sangat efektif dan ampuh untuk melakukan off page SEO optimize. Berbeda kini website direktori ini dianggap kurang optimal sebab website ini sangat jarang dikunjungi. Disamping itu Google telah mengganti penggunaan direktori website dengan proses loading mesin pencarian yang cepat.

5.Metode Social Bookmarking

Dahulu dengan mengikuti forum sosial media misalnya StumbleUpon dan Reddit akan menunjukkan hasil optimal apabila brand pada website dan blog menjadi viral. Akan tetapi kesempatan demikian sulit didapatkan. Penyebabnya adalah website semacam ini proses perbaharuannya lebih cepat dalam waktu 24 jam. Sehingga unggahan hari ini akan menghilang keesokan harinya.

6.Menggunakan Sosial Media Berlebihan

Banyak orang beranggapan bahwa banyaknya sosial media yang dimiliki berpotensi besar untuk meningkatkan traffic visitor. Dalam hal tersebut jika anda menjalankan bisnis melalui website atau blog, sosial media yang banyak tidak berhubungan dengan omset bisnis produk maupun jasa. Melainkan yang dibutuhkan adalah jaringan sosial sebagai sarana promosi yang lebih baik.

Sebaiknya memfokuskan terhadap beberapa sosial media yang akan membantu perkembangan bisnis anda. Selain itu yang relevan dengan website maupun blog sehingga akan lebih berkonsentrasi untuk memasarkan produk pada pengikut sosial media.

Optimasi Off Page SEO Menggunakan Metode Baru

1.Link Building

Saat ini penggunaan link building dalam optimasi SEO off page dianggap paling efektif dan tengah populer. Dasarnya ketika blogger atau pemilik website mencantumkan link eksternal didalam konten. Maka langkah selanjutnya adalah berupaya mengumpulkan votes yang banyak agar ranking situs naik dan mampu mengungguli persaingan blogger atau website.

Sama halnya dengan suatu konten, wajib dipastikan adalah mendapatkan backlink  berkualitas. Percuma saja apabila backlink banyak tetapi kurang berkualitas. Sebaiknya, meskipun backlink sedikit namun mengandung berbagai link berkualitas. Berikut ini adalah berbagai faktor yang dapat menentukan kualitas link.

Pertama adalah bersumber dari wbsite terpercaya, disarankan untuk tidak mencantumkan link dari website sejenis blogspot atau website baru. Kedua, konteks dalam link tersebut terkait dengan isi konten yang diterbitkan. Ketiga, memandang popularitas dari backlinks tersebut, seberapa banyak pengunjungnya dan pelanggan dari situs yang dijadikan backlink.

Keempat adalah teks untuk mencantumkan link wajib mendeskripsikan isi konten backlink target itu sendiri berupa beberapa kata menarik. Kelima adalah mencantumkan link natural dalam artian link yang tidak berbentuk contohnya saja javascript. Cara mendapatkan link natural tersebut tergolong mudah karena link jenis ini paling disenangi mesin pencari seperti Google.

Arti natural link sendiri adalah website atau blog yang disukai para blogger dan pemilik website lain. Sehingga memberikan link untuk menuju website anda sebab berkaitan dengan material konten yang dipublikasikan. Untuk mendapatkan natural link sendiri bukanlah proses yang gampang. Ada cara terbaiknya dengan mengunggah material konten berkualitas denga judul menarik.

Hal tersebut agar dinilai layak digunakan sebagai backlink oleh blogger atau website lainnya. Saran tambahan adalah usahakan tidak menggunakan cara lama yang mementingkan kuantitas. Dikhawatirkan website atau blog anda akan terkena penalti oleh Google.

Cara lainnya menerapkan link building dengan guest posting dengan menulis pada blog atau website lain dan juga sebaliknya. Sebaiknya metode yang dilakukan ini tidak hanya bertujuan untuk mendapatkan backlink saja dan disarankan tidak terlalu sering melakukannya.

Pencantuman link building ini aturannya akan berubah setiap saat dan mesin pencari sekelas Google biasanya berupaya untuk menghindari penerapan yang salah. Terdapat pengecualian apabila dapat menggunakan strategi baik agar penggunaan link building dapat tercapai dengan optimal.

2.Memanfaatkan Sosial Media

Zaman sekarang kekuatan sosial media tidak diragukan lagi dan hampir semua orang memiliki minimal satu akun sosial media. Memang sosial media tampaknya lebih cenderung untuk bersenang-senang dan bersosialisasi, namun ternyata dapat digunakan untuk strategi off page SEO. Cara ini merupakan metode terbaik yang dapat meningkatkan traffic pengunjung.

Walaupun link dapat ditemukan pada social media, umumnya bebentuk no follow links. Dengan melakukan promosi brand melalui jejaring sosial sangat membantu meningkatkan pengunjung. Apabila banyak pengguna yang menemukan profil brand, besar kemungkinan website atau blog akan lebih sering dikunjungi. Sosial media dapat menjadi sarana atau link ekstra dapat mengarahkan pengguna internet mengunjungi website hanya dengan mengklik profil anda.

3.SEO Lokal

Metode lokal SEO ini semakin hari mengalami peningkatan dan populer karena dukungan koneksi internet cepat dan semakin banyaknya pengguna smartphone. Local SEO ini sangat berbeda dengan SEO pada umumnya karena berfokus untuk memberikan hasil  terkait lokasi penggunanya.

Local SEO dapat digunakan melalui Google Places for Business Page. Disamping itu juga lengkapi berbagai informasi yang diperlukan dan sinkronisasi terhadap akun Google+. Berdasarkan hasil riset pihak Google menyatakan sekurangnya 87% pengguna smartphone memanfaatkannya saat perjalanan. Kemudian 95% dari pengguna smartphone akan mencari informasi lokal dengan memanfaatkan aplikasi pada smartphonenya.

Faktor Yang Mempengaruhi off-page SEO

1.Penggunaan Inbound Links

Upaya untuk menaikkan ranking website maupun blog pada mesin pencari, biasanya dengan melihat seberapa banyak link yang tertuju pada situs anda. Selain itu, penggunaan hyperlink sebagai pintasan ke website atau blog juga dianggap sebagai voting kualitas situs anda. Apabila link yang ditujukan pada website Anda, Hal ini menunjukkan kepada Google dan mesin pencarian lainnya bahwa website atau blog anda berkualitas. Sebaiknya juga, link yang ditujukan beradal dari domain yang berbeda-beda.

2.Penambahan Anchor Text

Para website developer atau content writer tidak asing lagi dengan istilah anchor text yakni suatu teks yang bertransformasi menjadi hyperlink. Dalam aplikasi off page SEO, disarankan untuk memasukkan  keyword yang berkaitan dengan isi hyperlink. Tujuannya dapat membantu mesin pencarian mengidentifikasi tentang website atau blog serta mengetahui keyword tersebut dapat diberi peringkat.

Direkomendasikan untuk memastikan terlebih dahulu apakah anchor text yang akan digunakan mendiskripsikan muatan konten dari hyperlink yang dicantumkan. Penggunaan anchor text bervariasi akan lebih disenangi algoritma Google versi terbaru.

3.Kualitas Link

Dalam off page SEO optimizing tidak seluruh link berkualitas dan bernilai setara.  Link yang berasal dari blog populer memiliki nilai berbeda dengan link blog pemula. Sedangkan website biasanya akan dikelompokkan menjadi website terpercaya apabila menggunakan domain. Domain tersebut terbagi menjadi domain.edu atau .gov.

Kemudian kualitas link merupakan authority website yaitu website besar yang dapat muncul sesuai dengan keyword pilihan anda. Dapat juga website yang legendaris atau aktif sejak lama dan sesuai dengan topik maupun isi konten. Sebaiknya menggunakan link sedikit namun berkualitas, dibandingkan mencantumkan banyak link namun kualitasnya minim.

4.Kecepatan Link Building

Off page SEO sangat mengedepankan faktor kecepatan suatu link building. Tetapi sebaiknya link building tidak boleh terlalu cepat karena dinilai oleh mesin pencari sebagai hal yang kurang wajar. Sehingga akhirnya dapat menyebabkan penalti, terkhusus pada website atau blog pemula.

Mesin pencari memiliki kemampuan untu mengetahui seberapa cepat link building yang benar-benar baik. Terlebih lagi jika menemukan 100 link dengan kualitas rendah selama sehari, jika website atau blog masih seumur jagung atau kurang dari satu bulan maka akan tidak wajar.

Alat Untuk Optimasi Off Page SEO

Saat ini agar mempermudah pekerjaan sudah bermunculan berbagai alat yang dapat membantu mengoptimalkan website dan blog dengan metode off page SEO

1.Google AdWords

Google AdWords dianggap masyarakat pengguna internet adalah merupakan alat yang bermanfaat tinggi dalam melakukan off-page SEO optimization. Hal ini disebabkan oleh fitur yang ditawarkan adalah meningkatkan jumlah pengunjung, hasil yang didapat lebih cepat dan mudah. Disamping itu peningkatan traffic pengunjung signifikan  dan optimal serta memberi gambaran tentang situasi pasar.

Pencarian keyword juga dapat dihasilkan melalui Google AdWords. Intinya fitur Google yang satu ini tepat sebagai alat pemasaran. Melalui alat tersebut dapat memberikan kesempatan para pengunjung pengunjung agar menjadi pelanggan. Fitur ini memiliki kelebihan yaitu penggunaan lebih mudah, budget terjangkau, dan keakuratan relevansi optimal.

2.Ahrefs

Ahrefs disinyalir memiliki berbagai fungsi dan penyimpanan database backlink yang cukup besar. Dengan menggunakan alat ini dapat membantu untuk mengetahui berbagai seluk beluk website anda dan juga milik kompetitor. Disamping itu juga dapat mengetahui bagaimana cara yang digunakan untuk mengungguli ranking pesaing.

Ahrefs menawarkan fitur seperti melacak backlink sendiri, menemukan keyword paling bagus serta relevan. Selain itu dapat mengintip informasi website dan blog pesaing, dan menganalisis strategi apa yang digunakan pesaing.

3.Majestic

Majestic dinilai sebagai salah satu alat atau fitur terbaik untuk  strategi SEO. Disamping itu juga dikenal menjadi alat backlink tercanggih. Database yang dihasilkan Majestic ini dinilai menampikan informasi dari mesin pencarian hingga terperinci detail kecilnya.

Majestic juga menawarkan berbagai fitur diantaranya media analytics, SEO untuk para professional, sebagai alat pengusaha. Selain itu dapat dijadikan perbandingan dengan para pesaing dan tidak lupa juga dapat menjelajah domain lebih rinci lagi.

4.Moz

Moz merupakan salah satu alat optimasi off page SEO terbaik. Sebab layanan yang disediakan oleh Moz sendiri tergolong lebih lengkap dengan menawarkan data pengunjung  yang unik. Penggunaan Moz lebih fokus terhadap strategi sehingga memungkinkan website dan blog ditemukan dengan mudah setiap harinya.

Berbagai fitur menarik yang ditawarkan diantaranya adalah melacak pemasaran situs dan open site explorer. Disamping itu juga dapat meneliti peluang keyword dan dapat melihat kesalahan dari penjelajahan.