SEO Instagram

Tahukah Anda ternyata teknik SEO tidak hanya bisa diterapkan di website saja tetapi juga Instagram? Seperti yan kita tahu, Instagram merupakan salah satu sosial media yang bisa dikatakan cukup populer selama beberapa tahun terakhir ini. Tak heran jika Instagram tidak hanya digunakan untuk mengikuti berita update saja tetapi juga untuk mempromosikan usaha.

Berbicara tentang Instagram, pasti semua orang khususnya para generasi millennial sudah tidak asing dengan sosial media yang satu ini. Namun ketika kita membahas tentang SEO, ternyata masih sedikit orang yang tahu bahwa teknik SEO juga bisa diterapkan melalui sosial media tersebut. Lalu, bagaimana cara mengoptimasi SEO di Instagram? Nah, untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Mengenal Tentang SEO Secara Lebih Mendetail

Apa itu SEO?

Bagi Anda yang berkecimpung di dunia website tentu sudah tidak asing dengan istilah yang satu ini. Search Engine Optimization atau yang biasa disingkat SEO merupakan sebuah teknik yang digunakan untuk meningkatkan kualitas traffic kunjungan dalam sebuah website. Jadi, bisa diartikan SEO menjadi salah satu fitur yang bisa meningkatkan jumlah kunjungan ke website Anda dengan cepat.

Lalu, apa hubungannya SEO dengan Instagram? Selain bisa dilakukan pada halaman website, ternyata teknik SEO ini juga bisa diterapkan pada Instagram. Tentu saja sangat cocok untuk Anda yang memiliki bisnis dan ingin memasarkannya melalui Instagram. Namun perlu diketahui, untuk melakukan optimasi SEO di Instagram, Anda perlu melakukan beberapa langkah.

Manfaat SEO Instagram

Bagi Anda yang menjalankan bisnis online, memasarkan produk melalui instagram sangatlah disarankan mengingat pengguna media sosial ini terus meningkat. Tentu saja ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika melakukan pemasaran melalui Instagram, salah satunya dapat menghemat biaya promosi pemasangan iklan.

Salah satu cara agar pemasaran yang Anda lakukan melalui sosial media ini berjalan efektif yaitu dengan memanfaatkan teknik SEO. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, teknik SEO tidak hanya bisa digunakan untuk website saja tetapi juga instagram. Lalu, apa saja manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan teknik ini. Berikut beberapa manfaatnya.

  • Dapat meningkatkan lalu lintas pengunjung
  • Meningkatkan penjualan karena jumlah pengunjung yang meningkat setiap harinya
  • Lebih memudahkan konsumen dalam menemukan produk Anda.
  • Biaya yang minim namun tetap efektif

Dengan banyaknya manfaat yang bisa Anda dapatkan, apakah Anda tertarik untuk melakukannya. Nah, bagi Anda yang ingin melakukan optimasi akun Instagram, pastikan untuk membaca dan menerapkan beberapa langkah berikut ini.

Tips Optimasi SEO di Instagram dengan Mudah dan Cepat

Perbaiki Profil Instagram

Hal pertama yang perlu Anda lakukan ketika ingin mengoptimasi akun Instagram yaitu dengan memperbaiki tampilan profilnya. Biasanya dari halaman profil Instagram para pengunjung sudah bisa mengambil kesimpulan tentang halaman atau akun Anda tersebut. Dari sana, mereka juga bisa menentukan apakah halaman Instagram Anda memang perlu di follow atau tidak.

Meski terkesan sepele, ternyata profil pada Instagram ini memberikan pengaruh yang cukup besar. Pasalnya, berawal dari profil yang menarik akan membuat pengunjung penasaran dengan konten atau foto yang Anda bagikan di sana. Perlu diketahui, ada beberapa trik yang perlu Anda lakukan untuk mengoptimasi profil Instagram. Beberapa trik tersebut, di antaranya yaitu:

  1. Jadikan mode profil Instgaram Anda ke akun publik atau bisnis
  2. Pastikan untuk menampilkan gambar yang kaya akan warna sesuai dengan produk yang Anda tawarkan.
  3. Sebaiknya untuk membuat nama bisnis yang mudah dicari dan ditemukan
  4. Daftar akun bisnis Instagram
  5. Jangan lupa untuk sertakan tautan yang bisa dilacak dari link yang tersedia di Bio.

Beberapa langkah yang sudah dijabarkan di atas, merupakan langkah dasar yang harus Anda lakukan sebelum lanjut ke tahapan selanjutnya. Jadi, pastikan berhasil menjalankan langkah-langkah yang disebutkan di atas.

Gunakan Username Instagram

Seperti yang diketahui, Instagram merupakan salah satu mesin pencarian mandiri. Oleh karena itu, agar hasil pencarian yang dilakukan pengunjung bisa tepat sasaran, maka pastikan untuk memilih nama yang tepat. Jangan sampai asal dalam menentukan nama username Instagram Anda karena dapat berdampak dalam jangka ke depannya.

Sebaiknya, gunakan nama yang mengandung keyword atau kata kunci utama. Misalnya @rumahbajumurah, maka ketika dituliskan kata kunci baju pada kolom pencarian akun instagram Anda bisa langsung muncul di sana. Jadi, pastikan untuk memilih username yang tepat dimana sudah disesuaikan dengan jenis bisnis yang Anda jalankan saat ini.

Sertakan Keyword Turunan

Setelah melakukan optimasi dengan memilih username yang mengandung kata kunci, selanjutnya Anda perlu mencantumkan keyword turunan di Bio. Perlu diketahui, tahapan ini ternyata sering dilupakan oleh para pengguna instagram sehingga hasil optimasinya tidak bisa berjalan maksimal.

Untuk menempatkan keyword turunan ini, Anda bisa meletakkan 3 sampai 4 kata kunci di bagian Bio. Jangan lupa untuk membuat kalimat atau diksi yang keren sehingga menarik para pengunjung yang datang ke akun instagram Anda. Tujuan diberikan kata kunci turunan unu yaitu untuk menangkap pencarian yang tidak ditujukan pada kata kunci utama.

Misalnya saja Jual baju gamis, maka kata kunci turunan yang bisa digunakan seperti baju murah atau gamis murah bisa dijadikan pilihan. Intinya buat kata kunci se menarik mungkin agar para pengunjung tertarik untuk data ke akun Anda tersebut.

Buat Hastags Mengandung Keyword

Tips selanjutnya yang perlu Anda terapkan dalam mengoptimasi akun instagram yaitu pastikan untuk membuat hastags yang mengandung kata kunci utama. Meski terdengar sepele, ternyata penggunaan hastags dapat membuat pengunjung tertarik untuk mencarinya. Sebagian besar para pengguna Instagram memutuskan untuk memfollow akun karena melihat hastag nya.

Oleh karena itu, sebaiknya untuk menyertakan hashtag dalam setiap postingan yang Anda buat. Dengan begitu kemungkinan para pengguna mengunjungi profil Anda akan semakin besar.

Gunakan Caption Gambar

Instagram adalah sosial media yang memiliki mesin pencarian sendiri. Oleh karena itu, untuk mengoptimalkan setiap bagian yang ada, Anda perlu menggunakan kata kunci atau keyword pada Instagram. Salah satu bagian yang tidak luput dari penggunaan kata kunci yaitu pada caption gambar. Meski sering diabaikan, penggunaan caption gambar ternyata memberikan efek yang cukup besar.

Perlu diingat, dalam pembuatan caption pada gambar tersebut sebaiknya menggunakan bahasa yang unik, ringan dan menarik. Tentu saja hal tersebut akan membuat para calon followers tertarik untuk mengunjungi profil Anda.

Selain itu penggunaan caption gambar ini juga bisa memuaskan para pengguna lama yang mengikuti update halaman Anda. Jangan lupa untuk membuat caption dengan keterangan yang jelas dan tepat sasaran ya!

Manfaatkan Alt Teks Instagram

Tahukah Anda ternyata beberapa pengguna Instagram masih belum begitu jelas tentang fitur Alt Teks Instagram. Padahal jika Anda ingin mengoptimasi akun, fitur yang satu bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Alt Teks Instagram sendiri merupakan salah satu fitur baru yang ditujukan untuk pengguna tunanetra agar bisa menggunakan instagram dengan mudah.

Selain itu, ternyata kegunaan fitur ini juga bisa dijadikan sebagai teknik SEO untuk meningkatkan kunjungan. Sebenarnya Alt Teks Instagram ini akan terisi secara otomatis ketika Anda melewatkannya. Oleh karena itu, pastikan untuk mengisinya sendiri agar keterangan yang ada di dalamnya cocok atau sesuai dengan foto yang Anda posting.

Setelah membuat Alt Teks instagram secara manual, maka langkah selanjutnya Anda bisa membagikan foto seperti biasanya. Al Teks ini juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk membuat deskripsi gambar secara sempurna. Nah, bagi Anda pengguna website tentu sudah tidak asing dengan fitur yang satu ini. Mengingat Alt Teks di Instagram dan website memiliki peran yang hampir sama.

Lakukan Analisis

Tips atau langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan dalam mengoptimasi SEO Instagram yaitu dengan melakukan analisis. Langkah ini menjadi tahapan terakhir terhadap langkah-langkah yang sudah dikerjakan sebelumnya.

Nah, untuk melakukan analisis ini sebenarnya Anda bisa menggunakan tools yang disediakan oleh pihak Instagram. Sayangnya, penggunaan tool tersebut hanya bisa menampilkan data yang terbatas hanya dalam rentan waktu tertentu saja. Lalu bagaimana agar Anda bisa melakukan analisis secara mendalam?

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa melakukan analisis lebih jauh seperti menggunakan tools Hootsuite, Sprinklr, Sprout Social dan lain sebagainya. Dengan menggunakan aplikasi atau tools tersebut Anda bisa mendapatkan hasil analisis yang lebih spesifik sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pastikan untuk Main Aman

Setelah melakukan beberapa langkah di atas, jangan lupa untuk bermain aman. Bagaimana maksudnya? Mungkin sebagian dari Anda pernah mendengar tentang istilah Black Hat SEO. Sesuai dengan namanya, Black Hat SEO merupakan cara-cara optimasi yang bisa dikatakan curang dalam upaya untuk menaikkan ranking website.

Kalau di dunia website, Pihak Google sudah sering menindak bagi para pelanggan yang melakukan kecurangan tersebut. Hal tersebut pun sama ketika Anda menggunakan Instagram. Kalau di Instagram lebih sering dikenal dengan istilah Shadowban yang mana merupakan tindakan tegas yang diberikan untuk para pelanggar yang ketahuan berulang kali.

Beberapa larangan yang wajib untuk Anda hindari agar tidak mendapatkan peringatan berupa Shadowban yaitu jangan mencuri konten dan jangan follow banyak akun dalam waktu yang singkat. Selain itu, Anda juga dilarang untuk menggunakan bot dan membeli followers.

Perlu diingat, investasi SEO bisa dikatakan menjadi salah satu jenis investasi jangka panjang yang tidak langsung memberikan hasil dalam waktu yang singkat. Oleh karena itu, perlu adanya usaha dan upaya yang konsisten untuk meraihnya. Jadi, pastikan untuk menghindari hal-hal curang yang sudah disebutkan di atas ya!

Setelah mengetahui beberapa tips atau langkah dalam mengoptimasi SEO di Intagram, apakah Anda tertarik untuk melakukannya? Pastikan untuk menerapkan beberapa langkah yang sudah disebutkan di atas dan hindari permainan yang curang.

Tentu saja akan sangat percuma jika Anda mendapatkan hasil yang banyak namun hanya dalam waktu yang singkat. Dibandingkan dengan Anda memerlukan waktu yang lama namun hasil yang didapatkan dapat menguntungkan dalam jangka panjang.

Demikian sedikit informasi seputar SEO Instgaram yang sekarang ini sudah banyak digunakan untuk mengembangkan bisnis. Semoga informasi di atas bermanfaat dan menginspirasi Anda untuk melakukan optimasi Instagram agar bisa semakin berkembang. Selamat mencoba!

Leave a Comment

Share via