SEO dan SEM

Melakukan pemasaran di dunia internet bukanlah hal yang asing lagi. Apalagi di era revolusi industri 4.0 seperti saat ini, internet menjadi salah satu kebutuhan yang memudahkan penggunanya. Marketing di dunia internet saat ini sedang menjadi tren. Tingginya persaingan di kalangan pebisnis online membuat berbagai strategi harus dilakukan. Promosi produk melalui website menjadi salah satu strateginya.

Di dunia digital marketing, ada 2 istilah yang sudah tidak asing lagi yaitu SEO dan SEM. Istilah tersebut mungkin sudah banyak dikenal oleh pebisnis di dunia digital. Namun, mungkin ada beberapa yang masih belum benar – benar memahami apa perbedaan dan manfaat dari keduanya.

Search Engine Optimization (SEO)

1.  Mengenal Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization atau disingkat SEO merupakan proses optimasi website yang berkaitan dengan segala aspeknya. Tak hanya secara teknis, tetapi juga secara sistem pengaturan. Langkah ini tentu bertujuan untuk membuat website yang menjadi media untuk melakukan penjualan berada di mesin pencari seperti Google untuk berada pada halaman pertama.

Langkah yang bisa dilakukan untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung pada website Anda yaitu dengan melakukan SEO ini. Banyak calon pembeli yang akan menjadi konsumen Anda apabila langkah SEO diterapkan pada website penjualan. Dengan mengetikkan keyword pada mesin pencari, maka konten atau tulisan dari website Anda akan terhubung sehingga calon konsumen akan mengklik tulisan itu.

2. Cara Kerja SEO

SEO bekerja dengan cara menampilkan konten atau tulisan yang sesuai dengan kata kunci yang disebutkan pada mesin pencari. Sebagai contoh, apabila calon pembeli mencari sesuatu yang dia butuhkan dengan kata kunci “produk cat terbaik” maka calon pembeli biasanya akan mengklik atau memilih konten yang berada di posisi teratas untuk dibaca.

Apabila calon pembeli terus menunjukkan ketertarikannya dengan membaca tulisan yang ada, dan mempunyai keinginan untuk membeli produk di website Anda, maka bukan tidak mungkin calon pembeli tersebut akan membeli produk itu di website Anda. Hal ini berlaku bagi Anda yang menyediakan website e-commerce yang menjual produk tersebut.

3. Penerapan SEO

Tulisan atau artikel yang muncul di halaman pertama atau bagian teratas pada mesin pencari adalah tulisan yang sudah dioptimasi melalui SEO. Penggunaan SEO sangat penting dalam dunia digital marketing karena sebagian besar calon pembeli masih menggunakan mesin pencari raksasa seperti Google. Di sisi lain, SEO adalah komponen dari kategori yang lebih besar yaitu Search Engine Marketing (SEM).

Penerapan SEO di dunia internet memang bisa berubah dari waktu ke waktu karena algoritma Google memang terus berkembang. Di sisi lain, satu aspek yang tetap konsisten dari SEO yaitu : SEO On-Page dan SEO Off-Page. Anda bisa memahami keduanya pada penjelasan berikut :

Penerapan SEO On-Page berupa :

  • Menggunakan keyword tertarget yang dilakukan secara alami pada judul, heading tag, meta description, badan tulisan, dll.
  • Mengoptimalkan kecepatan loading dari website
  • Menghubungkan website dengan berbagai media sosial
  • Merapikan permalink yang lebih sederhana agar mudah terbaca oleh Google
  • Menambahkan gambar atau video serta melakukan optimasi

Serta masih banyak lagi cara optimasi lain agar menjadi On-Page SEO.

Penerapan SEO Off-Page berupa :

  • Membuat backlink yang berkualitas dan menempatkan backlink tersebut secara natural
  • Menggunakan Local SEO

Dua langkah tersebut adalah langkah yang paling penting pada SEO Off-Page dan masih banyak lagi langkah yang lain.

Search Engine Marketing (SEM)

  1. Mengenal Search Engine Marketing (SEM)

Search Engine Marketing atau disingkat dengan SEM merupakan bentuk pemasaran di internet dengan cara melakukan kegiatan promosi website. Langkah ini dilakukan untuk meningkatkan visibilitas website di halaman pertama hasil mesin pencari seperti Google. SEM juga termasuk ke dalam teknik SEO dengan cara yang berbeda.

  • Cara Kerja SEM

Sama halnya dengan SEO, SEM juga dilakukan dengan cara optimasi. Apabila SEM diterapkan pada website, maka Anda membutuhkan penelusuran yang berbayar sebagai komponen. Contohnya daftar bayar per klik (PPC) dan iklan semacam Google Ads. SEM dilakukan melalui kampanye (iklan) serta kegiatan PPC. Pebisnis digital yang melakukan SEO juga merupakan upaya dalam penerapan SEM.

Perbedaan SEO dan SEM

Apabila Anda menerapkan SEO sebagai strategi pemasaran di dunia digital, maka SEO akan membantu jumlah pengunjung website dengan cara membuat website tersebut berada di halaman pertama pencarian Google. Sedangkan, SEM memiliki jangkauan yang lebih besar dan sebagai upaya meningkatkan visibilitas website dengan cara iklan. Bisa dibilang, SEM merupakan salah satu langkah dari SEO.

Penggunaan istilah SEO dan SEM tidak boleh dilakukan secara bersamaan. Alasannya karena meskipun keduanya bekerja secara berdampingan, tetapi bukan merupakan istilah yang sama, keduanya tetap memiliki perbedaan. SEO merupakan bagian dari SEM, sedangkan SEM bukan bagian dari SEO. Dan penerapan SEO adalah salah satu strategi di dalam SEM.

Manakah yang Lebih Baik Antara SEO dan SEM?

Sebagai pebisnis di dunia digital, mungkin sebagian besar dari mereka akan mempermasalahkan langkah mana yang lebih baik. Sebagian besar dari mereka yang memiliki pengalaman di dunia marketing mengatakan bahwa SEO adalah langkah yang paling tepat. Alasan terbesarnya adalah SEM masih belum bisa dipercaya untuk bisa berhasil tanpa melalui penerapan SEO organik yang tepat.

PPC sebagai salah satu komponen SEM mungkin dirasa lebih masuk akal daripada SEO pada beberapa kasus. Misalnya, kampanye melalui PPC dirasa lebih efektif saat meluncurkan website pertama kali dan jika ingin cepat meningkatkan visibilitasnya bagi pengguna internet. Alasannya dari segi waktu yang lebih efektif dibandingkan dengan SEO yang membutuhkan waktu lebih lama.

Di sisi lain, meskipun SEO membutuhkan waktu yang lebih lama dalam menunjukkan hasil untuk mendatangkan visitor atau calon pembeli, SEO menjadi langkah yang lebih murah apabila Anda bisa mengembangkan kualitas website milik Anda di mesin pencarian. Namun, membangun website yang berkualitas dan kredibel tidak bisa dilakukan seperti kampanye melalui PPC pada SEM.

Anda bisa menjalankan keduanya secara bersama – sama. Karena SEO dan SEM memberikan dampak yang sama penting pada website Anda. Anda harus mempertimbangkan kebutuhan website Anda. Dengan memahami perbedaan dan manfaat dari SEO dan SEM, maka Anda akan lebih mudah menjalankan langkah yang harus diambil untuk menjalankan pemasaran di dunia bisnis digital.

Manfaat dari SEO dan SEM

  1. Manfaat SEO :
  2. Mendatangkan trafik yang positif dan gratis
  3. Meningkatkan brand awareness dari produk yang dijual
  4. Manfaat SEM :
  5. Menggunakan iklan berbayar sehingga bisa mendatangkan calon konsumen baru
  6. Penggunaan bisa dikontrol secara menyeluruh sesuai biaya dan jangka waktu yang ditentukan
  7. Bisa mencapai target dengan lebih mudah karena berfokus pada target pemasaran
  8. Target pemasaran SEM yang relevan bisa meningkatkan percakapan atau komunikasi dengan calon pembeli

Leave a Comment

Share via