SEO Blogger

Bagi blogger pemula, mempelajari SEO dan beberapa pengaturan lain sangatlah penting. Hal ini bertujuan agar tulisan yang Anda hasilkan dibaca oleh lebih banyak orang. Apabila sudah banyak orang yang membaca tulisan tersebut, maka secara otomatis website Anda akan dianggap sebagai sumber informasi yang terpercaya. Selain itu, pengunjung website akan terus meningkat dari waktu ke waktu.

Langkah Mudah Belajar SEO Blogspot bagi Pemula

1. Menggunakan Permalink yang Sederhana

Salah satu indikator utama pada penerapan SEO terbaru yaitu penggunaan permalink sederhana. Langkah ini akan membuat mesin pencari semakin mudah untuk mengenali topik yang dicari oleh pembaca. Fokus keyword yang ditargetkan menjadi poin penting pada permalink. Contoh permalink yang ideal adalah www.alamatwebsite.com/metode-garpu-tala

2. Menggunakan Template yang Responsif

Saat ini, hampir setiap orang menggunakan android. Alasannya tentu karena kemudahan akses yang bisa didapatkan. Menggunakan template yang responsif sangat penting agar pembaca mudah membuka informasi yang akan diakses. Template yang responsif artinya yaitu template yang kompatibel dengan perangkat apapun, misalnya dekstop dan android.

3. Menyisipkan Outbound Link

Di awal membuat website, tentu tulisan yang tersedia masih belum banyak. Namun, setidaknya sematkan satu link ke website lain. Langkah ini dikenal dengan nama outbond link. Tetapi, Anda harus memperhatikan website yang dipilih, jangan menyematkan website yang asal – asalan. Penggunaan outbond link ini bermanfaat untuk membuktikan bahwa tulisan yang Anda buat memiliki sumber yang kredibel.

4. Memaksimalkan Internal Link

Selain outbond link, penggunaan internal link juga perlu dimaksimalkan. Internal link merupakan link yang mengarah ke tulisan lain yang ada di website Anda. Langkah ini penting agar pembaca juga tertarik untuk membaca tulisan Anda lainnya. Internal link juga akan membantu mesin pencari untuk memahami hubungan antara website dengan halaman.

5. Meningkatkan Kecepatan Website

Apabila website memiliki loading yang lambat, maka pengunjung akan kurang nyaman sehingga biasanya mereka akan memilih untuk meninggalkan website tersebut. Oleh karena itu, meningkatkan kualitas kecepatan website sangat penting. Apabila kecepatan dari loading website masih di atas 5 detik, maka Anda harus segera memperbaharui kecepatan website tersebut.

6. Menambahkan Tombol Share ke Media Sosial

Untuk meningkatkan jumlah pengunjung, membagikan tulisan atau konten yang sudah dibuat akan mempengaruhi trafik website. Dengan menambahkan tombol share, langkah ini akan memudahkan pembaca untuk membagikan tulisan tersebut di media sosial mereka seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Dengan begitu, teman – teman dan pengikut mereka akan mengetahui informasi tersebut.

7. Mengatur Link Menjadi Open in New Tab

Saat pembaca mengklik tulisan yang diinginkan, secara otomatis pembaca akan membuka link tersebut di tab yang baru. Dengan mengatur link menjadi open in new tab, maka pembaca tidak perlu repot untuk menekan tombol kembali di tab yang sama. Apabila langkah ini tidak dilakukan, maka pembaca akan merasa kelelahan apabila terus menerus membuka link di tab yang sama.

8. Membuat Judul Konten yang Menarik

Menarik menjadi satu kunci yang menjadi daya tarik saat orang – orang mencari informasi yang mereka butuhkan. Saat mereka mengetikkan keyword, ada banyak sekali tulisan yang muncul di halaman pertama google. Judul menjadi bagian pertama yang dilihat oleh pembaca. Untuk membuat judul yang lebih menarik, penambahan kata sifat atau angka bisa dilakukan.

Contohnya :

– 6 Tips Merawat Kulit Wajah Berminyak

– Terbukti Ampuh! Begini Langkah Merawat Kulit Wajah Berminyak

9. Memperhatikan Panjang Tulisan

Salah satu indikator penting untuk SEO On-page adalah jumlah kata dalam tulisan. Anda tidak disarankan untuk membuat tulisan yang terlalu panjang. Alasannya tentu agar pembaca tidak jenuh dan bosan dengan informasi yang diberikan. Untuk mensiasati hal ini,  Anda bisa melihat jumlah kata dari tulisan kompetitor. Kemudian, Anda bisa meniru jumlah kata tersebut.

10. Menambahkan Gambar atau Video 

Di era internet seperti saat ini, konten visual menjadi daya tarik tersendiri bagi penonton. Terbukti, unggahan video lebih menarik minat orang – orang untuk melihat. Saat Anda membuat konten berupa tulisan, tambahkan gambar atau video di dalamnya sehingga informasi yang diberikan terkesan lebih hidup dan menarik minat para pembaca.

11. Optimasi Gambar

Setelah menambahkan gambar sebagai daya tarik secara visual, hal yang tak kalah penting dalam menerapkan SEO blog adalah optimasi gambar. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas SEO On-page sehingga gambar juga akan muncul berdasarkan keyword yang dipakai.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam optimasi gambar seperti :

  • Memastikan ukuran gambar tidak terlalu besar karena akan membuat loading website menjadi lambat. Anda bisa memperkecil ukuran gambar setidaknya berukuran 100 – 200 KB melalui beberapa website berikut : TinyPNG, ILoveIMG, Trimage, OptiPNG dan Kraken.
  • Memberi nama file gambar sesuai dengan keyword yang ditargetkan.
  • Mengubah Alt text sesuai keyword yang ditargetkan untuk membantu Google mengidentifikasi topik yang dibahas.

12. Memanfaatkan Heading dan Subheading

Heading dan subheading berguna untuk memecah artikel atau tulisan menjadi beberapa bagian. Keduanya seperti bab dan sub bab yang ada pada buku sehingga pembaca akan lebih mudah untuk menemukan poin – poin penting yang dibutuhkan. Langkah ini juga akan membantu Google sebagai mesin pencari untuk lebih memahami keinginan pembaca.

13. Meletakkan Keyword yang Ditargetkan di 100 Kata Pertama

Setelah judul, bagian pertama yang akan dilihat pembaca adalah paragraf pertama. Meletakkan keyword pada 100 kata pertama adalah strategi selanjutnya yang bisa diterapkan. Jika memang tidak memungkinkan, Anda tidak perlu memaksakan langkah ini. Anda harus membuat paragraf pertama menjadi bagian yang menarik sehingga pembaca akan terus tertarik untuk membaca tulisan Anda.

14. Menggunakan LSI Keyword

Keyword yang tertarget harus diterapkan di dalam tulisan, baik pada judul, paragraf awal dan badan tulisan. Di sisi lain, keyword juga tidak boleh berlebihan karena akan dianggap sebagai spam. Untuk menyiasati hal ini, Anda bisa menggunakan LSI keyword. LSI keyword merupakan kata kunci yang hampir sama dengan keyword yang ditargetkan.

15. Memastikan untuk Membuat Tulisan yang Berkualitas dan Solutif

Hal yang harus Anda perhatikan selanjutnya yaitu membuat tulisan yang berkualitas dan solutif. Tulisan yang berkualitas dan solutif salah satu cirinya yaitu menjawab pertanyaan pembaca. Saat pembaca mengetikkan keyword di mesin pencari, maka pembaca berharap akan menemukan jawaban dari apa yang ingin mereka cari. Anda bisa membuat tulisan yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan pembaca.

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan sebagai blogger pemula. Memahami SEO sangat penting agar tulisan dan konten yang Anda buat bisa dibaca oleh lebih banyak orang sehingga informasi yang diberikan bisa bermanfaat. Dengan begitu, website Anda akan semakin banyak dikunjungi pembaca.

Leave a Comment