Just another LandingpageID site

Satu Hal Yang Dapat Membuat Bisnis Anda Gagal

Tulisan kali ini terinspirasi dari wawancara Neil Patel yang berjudul small mistake that keep you poor, atau dalam bahasa Indonesia kesalahan kecil yang membuat miskin selamanya. Tulisan ini merupakan intisari dari wawancara tersebut.

Perlu anda ketahui, dalam dunia Search Engine Optimazion (SEO), Neil Patel bukanlah orang yang asing. Beliau terkenal dengan kehalinaanya dalam hal ini terutama dalam hal analitik. Tulisan kali ini tidak akan membahas banyak tentang profil Neil Patel. Mari berlanjut ke topik utama tentang hal kecil yang mengakibatkan bisnis akan gagal.

Kebanyakan pebisnis bermasalah ketika mereka mengeksekusi ide mereka. Kesalahan fatal terjadi ketika mengharuskan eksekusi terhadap ide tersebut dilakukan secara global dan seketika. Maksudnya, kebanyakan pebisnis tidak terlebih dahulu memecah ide-ide mereka, dan dieksekusi secara bertahap. Padahal ide yang besar seharusnya dipecah menjadi bagian-bagian kecil. Dengan pecahan ide tersebut, selayakanya mereka mengeksekusinya secara bertahap. Dengan hal tersebut, eksekusi menjadi lebih mudah, dan kegagalan dapat dicegah. Lantas bagaimana cara melakukannya?

Neil Patel memberikan sejumlah tips agar anda bisa mengeksekusi ide secara tepat,diantaranya :

  1. Cepat. Ide jangan dbiarkan menganggur terlalu lama. Laksankan segera, dan jangan menunggu ia menjadi sempurna. Lebih baik merilis yang belum sempurna daripada sama sekali tidak merilis. Bahkan salah satu perusahaan besar Neil Patel, setiap hal baru dirilis dalam waktu sepekan. Setiap sebualn sekali mereka mengeluarkan versi terbaru dari layanan mereka. Ide-ide baru perlu terus dikeluarkan. Sehingga bagi kita para pebisnis dituntut untuk mencari ide baru. Kendati tanpa inovasi bisnis anda tetap menghasilkan namun jika dibiarkan terlalu lama tanpa inovasi bisnis tersebut dapat dikatakan kalah. Bahkan pada bisnis sederhana semisal berjualan bakso atau minuman. Perlu kiranya dicari terus ide baru agar produk yang dihasilkan lebih baik, layanan yang disuguhkan lebih maksimal. Utamanya untuk layanan jasa software, ide dan layanan baru sangat diperlukan.

  1. Feedback, begitu melakukannya secara cepat, jangan lupa lakukan feedback yang didapat dari rilis tersebut. Kita tanyakan terkait ide yang baru dirilis, setelah itu anda akan mendapatkan feedback.

  2. Perbaiki. Setelah anda dapat feedback, lakukan perbaikian secara terus menerus. Jangan nunggu sempurna.

  3. Literasi.Artinya 3 tehapan tersebut dilakukan berulang-ulang.

Perlu anda pahami bahwa, yang cepat akan lebih menang dari yang besar. Kita bisa memenangi market jika kita bergerak dengan cepat, mengeksekusi dengan cepat, memperbaiki diri dengan cepat. Apalagi perusahaan hanya memiliki sedikit karyawan, hal itu jauh menguntungkan dari pada perusahaan besar. Keuntungan pebisnis yang sedikit karyawannya adalah kecepatan mengiterasi tiga hal tersebut. Sementara perusahaan beasr memakan waktu yang lama untuk memperbaiki diri, karena barangkali terkendala dengan jumlah karyawan yang banyak. Sekian semoga bermanfaat.