Pengertian Riset Pemasaran, Fungsi, Tahapan, & Contoh (2020)

Apa itu riset pemasaran? Apa hubungannya dengan pemasaran? Sesuai dengan namanya, riset pemasaran dapat diartikan sebagai sebuah kegiatan penelitian yang dilakukan dalam bidang pemasaran.

Penelitian yang dilakukan di sini, harus dilakukan secara sistematis dan terukur mulai dari perumusan masalah, perumusan tujuan, hingga menyimpulkan hasil penelitian yang dilakukan.

Beberapa orang sering merasa rancu dengan istilah riset pemasaran. Sehingga tidak heran jika banyak orang yang masih menyamakan riset pemasaran dengan riset pasar yang mana sebenarnya kedua istilah tersebut sangatlah berbeda.

Nah, agar mendapat pemahaman lebih baik, berikut akan disajikan beberapa ulasan singkat tentang pengertian, fungsi dan jenis dari riset penasaran.

Pengertian Riset Pemasaran

Jika membahas pengertian riset pemasaran, ada beberapa sumber yang dapat kita rujuk, yaitu

Pengertian Riset Pemasaran Menurut AMA

AMA adalah kependekan dari American Marketing Association. Menurut asosiasi marketing ini, pengertian riset pemasaran adalah sebagai berikut :

Riset pemasaran adalah fungsi yang menghubungkan konsumen, pelanggan, dan masyarakat dengan pemasar melalui informasi – informasi yang digunakan untuk mengidentifikasi dan mendefinisikan peluang dan masalah pemasaran; menghasilkan, memperbaiki, dan mengevaluasi tindakan pemasaran; memantau kinerja pemasaran; dan meningkatkan pemahaman pemasaran sebagai suatu proses. Riset pemasaran menentukan informasi yang diperlukan untuk mengatasi masalah ini, merancang metode untuk mengumpulkan informasi, mengelola dan mengimplementasikan proses pengumpulan data, menganalisis hasil, dan mengomunikasikan temuan dan implikasinya.

Pengertian Riset Pemasaran Menurut Wikipedia

Riset pemasaran adalah proses atau serangkaian proses yang menghubungkan produsen, pelanggan, dan pengguna akhir dengan pemasar melalui informasi yang digunakan untuk mengidentifikasi dan menentukan peluang dan masalah pemasaran; menghasilkan, memperbaiki, dan mengevaluasi tindakan pemasaran; memantau kinerja pemasaran; dan meningkatkan pemahaman pemasaran sebagai suatu proses.

Pengertian riset pemasaran di atas diambil dari wikipedia.

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan di atas, riset pemasaran merupakan salah satu kegiatan penelitian yang seringkali dilakukan dalam bidang pemasaran.

Biasanya penelitian yang dilakukan dalam bidang pemasaran ini bersifat sistematis dan terukur. Hasil dari penelitian tersebut biasanya akan diberikan kepada bagian manajemen untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan.

Perlu diketahui, riset pemasaran ini tidak hanya terpaku pada aspek pasar dan produk saja tetapi juga mencangkup hal-hal luar lainnya. Dengan adanya riset pemasaran ini, pihak manajemen akan mengetahui hal apa saja yang perlu dilakukan perbaikan.

Selain itu, pihak manajemen juga bisa menggunakan hasil riset sebagai  bahan untuk menyusun rencana strategi yang sesuai dengan kondisi pasar.

Fungsi Riset Pemasaran

Riset pemasaran menjadi salah satu langkah yang wajib untuk dilakukan oleh perusahaan dalam upaya untuk membantu menyusun perencanaan pemasaran.

Jadi, bisa dikatakan riset pemasaran merupakan mata dan telinga perusahaan untuk mengetahui bagaimana pandangan pelanggan pada perusahaan Anda. Secara umum terdapat tiga fungsi utama riset pemasaran untuk pemasaran, di antaranya:

Fungsi Evaluating

Sesuai dengan namanya, fungsi ini biasanya digunakan untuk melakukan evaluasi terkait program-program pemasaran yang telah dilakukan sebelumnya. Fungsi ini juga berkaitan dengan kegiatan perusahaan yang ingin melakukan review untuk membandingkan dengan produk pesaing.

Fungsi Understanding

Tujuan dari fungsi ini yaitu memahami konsumen sebagai salah satu masukan yang memberikan pengaruh penting untuk perusahaan. Dengan memahami apa yang diinginkan oleh konsumen, tentu saja perusahaan lebih mudah dalam mencari tahu apa saja barang yang dibutuhkan oleh para pelanggannya.

Fungsi Predicting

Untuk fungsi yang terakhir ini bisa dikatakan paling sulit dilakukan. Tidak dapat di pungkiri bahwa dunia ini penuh dengan ketidakpastian. Sehingga, umumnya prediksi yang dilakukan dalam riset bisa dikatakan sangat berisiko. Hal tersebut karena sifat dari hasilnya yang sangat relatif.

Jenis Riset Pemasaran

Setelah membahas tentang pengertian dan fungsi dari riset pemasaran, maka selanjutnya kita akan membahas tentang jenis riset pemasaran itu sendiri. Secara teori, riset pemasaran diklasifikasikan menjadi tiga kelompok, yaitu

Problem Solving Research

Riset pemasaran dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi serta memecahkan permasalahan yang sering terjadi di dalam hal pemasaran.

Controlling Research

Merupakan kegiatan penelitian yang dilakukan untuk mengawasi dan mengendalikan proses bisnis dan pemasaran yang terjadi di kalangan konsumen.

Planning Research

Merupakan riset pemasaran yang bertujuan untuk mendapatkan informasi sebagai panduan untuk menyusun rencana pemasaran perusahan.

Proses Riset Pemasaran

Dalam melakukan proses riset pemasaran, terdapat beberapa tahapan yang perlu dilalui. Beberapa tahapan yang dimaksud seperti menetapkan masalah riset, penentuan desain riset dan memilih metode pengumpulan data. Tidak selesai sampai disitu masih ada rangkaian tahapan yang perlu dilakukan seperti pengumpulan data, melakukan analisis hingga penyampaian laporan akhir.

Contoh Riset Pemasaran

Misalnya perusahaan mie. Dulu, masyarakat Indonesia tidak mengenal adanya mie dengan versi jumbo. Semua perusahaan mie memproduksi mie dengan kemasan dan besaran yang serupa.

Namun kemudian, muncullah ide untuk membuat mie dengan kemasan jumbo. Hal ini mungkin muncul karena ada beberapa permintaan untuk kemasan mie yang lebih besar.

Sampai pada tahap ini, perusahaan mie belum mengetahui dengan jelas seberapa besar ukuran market yang membutuhkan produk tersebut. Untuk itulah dilakukan riset pasar. Fungsinya untuk mengetahui seberapa besar permintaan masyarakat terhadap mie ukuran jumbo ini.

Nah, demikian tadi beberapa informasi singkat tentang pengertian, fungsi, jenis dan juga proses riset pemasaran. Setelah mengetahui ulasan di atas, diharapkan Anda bisa melakukan riset pemasaran yang benar sesuai dengan tahapan-tahapan yang telah ditetapkan. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment