projasaweb logo

Rich Result : Manfaat & Cara Optimasinya

Estimasi Waktu Baca 5 Menit

Rich Result adalah hasil yang disempurnakan dalam penelusuran Google dengan fitur visual atau fitur interaktif tambahan. Sebelumnya Rich Result dikenal sebagai rich card atau rich snippet.

Rich Result merupakan hasil penelusuran yang secara visual lebih menarik dengan berbagai tambahan informasi bermanfaat yang ditampilkan bersama judul, deskripsi, dan URL.

Biasanya informasi tambahan tersebut berasal dari data terstruktur yang disematkan pada halaman website.

Rich result menjadi hal yang sangat penting bagi SEO atau Search Engine Optimization karena keberadaannya dapat mempengaruhi jumlah klik yang didapatkan suatu website.

Berikut ini videonya.

video rich result

Contoh Rich Result

Berikut ini adalah contoh rich result yang saya ambil langsung dari dokumentasi Google. Ini merupakan contoh rich result carousel.

rich result contoh carousel
rich result : contoh carousel

Kenapa Rich Result Itu Penting?

Rich result menjadi penting karena keberadaan dapat meningkatkan Clickthrough rate (CTR) atau Rasio Klik Tayang (RKT). Dengan meningkatnya CTR maka kunjungan website juga akan meningkat secara drastis.

Search Engine Journal pernah menulis mengenai Milestone Research, divisi penelitian Milestone Inc. yang melakukan sebuah penelitian dengan menganalisis lebih dari 4,5 juta kueri.

Dan hasilnya cukup mengejutkan, mereka menemukan bahwa pengguna yang memilih untuk mengeklik rich result mencapai 58%. Dan nilai ini dapat meningkat hingga 87% pada jenis rich result tertentu.

Inilah alasan saya menyebutkan rich result sebagai RAHASIA SUKSES SEO.

Kenapa Rich Result Dapat Meningkatkan CTR?

Rich Result dapat meningkatkan CTR karena tampilannya sangat menonjol dibandingkan dengan hasil pencarian Google yang biasa. Dan pengguna cenderung mengklik hasil pencarian yang menonjol.

Seperti yang yang anda ketahui bahwa hasil pencarian Google yang biasa atau reguler hanya terdiri dari tiga elemen yaitu :

  • Judul
  • Deskripsi
  • URL

Berikut ini contoh yang saya ambil dari (https://backlinko.com/hub/seo/snippets) :

rich result contoh hasil pencarian biasa
contoh hasil pencarian biasa

Coba bandingkan dengan hasil pencarian rich result jenis recipe berikut ini.

rich result contoh resep
rich result : contoh resep

Sangat menonjol bukan? Oleh karena itu rich result menjadi sangat penting dalam SEO.

Mungkin anda juga pernah mendengar mengenai istilah rich snippets. Dan mungkin anda juga bingung mengenai perbedaannya dengan rich result.

Perbedaan Rich Result Dan Rich Snippets

Rich result merupakan nama baru yang diberikan oleh Google untuk rich snippets. Keduanya merupakan istilah yang dibuat oleh Google. Dulu rich result dikenal dengan istilah rich snippets dan rich snippets sebelumnya juga dikenal dengan istilah rich card.

Penjelasan ini saya dapatkan langsung dari dokumentasi Google.

perbedaan rich result dan rich snippets
perbedaan rich result dan rich snippets

Cara Optimasi Rich Result

Berikut ini beberapa cara yang dapat anda terapkan untuk mengoptimasi rich result pada website anda.

Pilih Jenis Rich Result Yang Tepat

Jangan pilih yang kelihatannya paling “keren”, tapi pilihlah yang paling tepat bagi konten yang anda miliki. Google menyediakan lebih dari 30 jenis rich result yang dapat ditampilkan, jadi ada banyak pilihan bagi anda.

PERINGATAN

Tapi ada hal penting yang harus anda ingat ketika memilih. Kesalahan dalam pemilihan dan penerapan rich result dapat memicu manual action dari Google.

Dan itu artinya situs anda dapat dihapus dari index Google dan tidak akan mungkin muncul pada hasil pencarian Google.

Berat bukan?

Jadi harus benar-benar teliti ketika memilihnya. Silakan baca informasi lebih lengkap mengenai Google manual action pada artikel saya berikut ini.

Pahami Structured Data Dan Schema Markup

Setelah memilih jenis rich result, maka anda juga harus memahami mengenai structured data serta schema markup. Karena untuk mendapatkan hasil yang anda inginkan, maka anda harus menerapkan structured dapat pada website anda.

Anda harus tahu apa itu structured data, jenis-jenisnya. Microdata dan JSON-LD. Anda juga harus tahu kenapa menggunakan schema markup dan bagaimana cara penerapannya pada website anda.

Saya sudah membahas secara khusus mengenai hal ini pada artikel terpisah. Silakan baca artikel saya mengenai schema markup berikut ini.

Terapkan Schema Markup

Jika anda sudah membaca artikel yang saya sebutkan di atas, maka anda tentu sudah paham mengenai apa itu schema markup. Selanjutnya anda hanya perlu menerapkannya pada situs anda.

Cara cukup mudah, anda bisa menerapkannya langsung dengan code manual. Atau jika anda menggunakan WordPress, anda bisa menggunakan plugin.

Saya sendiri menggunakan plugin Rank Math Pro untuk memudahkan saya dalam implementasi berbagai schema markup yang diperlukan.

Lakukan Tes Terhadap Schema Yang Diterapkan

Walaupun dan sudah memahami schema, dan telah menggunakan plugin dalam menerapkannya, tetap saja masih ada kemungkinan kesalahan dalam implementasinya.

Untuk itulah, sangat disarankan menlakukan pengecekan terlebih dahulu untuk setiap implementasi tersebut. Google telah menyediakan tool gratis untuk melakukan tes tersebut.

Namanya Rich Result Test, tool ini akan melakukan tes khusus untuk rich result yang dapat ditampilkan oleh Google. jadi bukan schema markup secara umum. Anda dapat mengakses tool tersebut dapat link berikut ini.

Rich Results Test

Jenis-Jenis Rich Result

Sebenarnya ada lebih dari 30 jenis yang telah dijelaskan Google dalam dokumentasinya. Tapi pada artikel ini saya hanya menjelaskan beberapa jenis yang sering dipakai saja.

Berikut ini contoh-contoh yang saya ambil dari dokumentasi google yang beralamat di :

https://developers.google.com/search/docs/guides/search-gallery

Article

Artikel berita, olahraga, atau blog yang ditampilkan dalam fitur carousel Top stories dan rich result, seperti teks judul dan gambar yang lebih besar dari thumbnail.

rich result article
rich result article

Book

Rich result jenis Book ini memungkinkan pengguna membeli buku yang mereka temukan langsung dari hasil Penelusuran Google. Berikut ini contohnya.

rich result book
rich result book

Breadcrumb

Hal ini seperti navigasi yang menunjukkan posisi halaman dalam hierarki situs. Tentu saja situs web anda harus di tata dengan hierarki yang baik agar mendapat manfaat yang maksimal dari breadcrumb. Berikut ini contohnya :

rich result breadcrumb
rich result breadcrumb

Carousel

Jenis ini akan menampilkan daftar atau galeri berurutan dari satu situs. Fitur ini harus digabungkan dengan salah satu rich result berikut :

  • Recipe
  • Course
  • Restaurant
  • Movie
rich result contoh carousel
rich result : contoh carousel

FAQ

Frequently Asked Question atau disingkat FAQ adalah halaman berisi daftar pertanyaan dan jawaban yang berkaitan dengan topik tertentu. Tampilannya pada halaman hasil pencarian Google cukup unik.

Ini merupakan schema markup yang cukup banyak saya dapatkan.

rich result faq
rich result faq

How-to

Rich result how-to dapat memandu pengguna melalui serangkaian langkah agar berhasil menyelesaikan tugas, yang menampilkan video, gambar, dan atau teks. Tampilannya seperti berikut :

rich result how to
rich result how to

Product

Menampilkan berbagai hal mengenai informasi tentang suatu produk, termasuk harga, ketersediaan, dan peringkat ulasan.

rich result product
rich result product

Jika anda memiliki pertanyaan, saran atau kritik sekalipun, jangan sungkan untuk menuliskan di kolom komentar ya, agar saya dapat melakukan perbaikan.

Bolehkah Lebih Dari Satu Schema Markup Dalam Satu Halaman?

Google pernah memberikan informasi tentang penggunaan beberapa jenis markup data terstruktur skema pada halaman yang sama.

Informasi ini disampaikan langsung oleh John Mueller dari Google yang membahas tentang penggunaan beberapa jenis markup data terstruktur skema pada halaman yang sama.

Bolehkah Lebih Dari Satu Schema Markup Dalam Satu Halaman?

Demikianlah artikel tentang Google Rich Result. Semoga bermanfaat

Photo of author

Kanada Kurniawan

Merupakan founder dari Projasaweb. Aktif menulis tentang SEO, SEM dan Social Media serta perkembangan terbaru digital marketing.
Photo of author

Kanada Kurniawan

Merupakan founder dari Projasaweb. Aktif menulis tentang SEO, SEM dan Social Media serta perkembangan terbaru digital marketing.

Share via