projasaweb logo

Review Cloudways

Estimasi Waktu Baca 18 Menit

Pemilik bisnis di era serba canggih seperti sekarang pasti berlomba mengunggulkan bisnisnya. Salah satu upaya yang dilakukan untuk menggapai perhatian khalayak adalah dengan menggunakan website. Namun, sebuah website bisnis memerlukan hosting agar mampu memaksimalkan laju bisnis. Bagi yang masih bingung menentukan hosting website untuk bisnis, Yuk baca dulu review Cloudways!

Website hosting sendiri adalah layanan online untuk mengonlinekan sebuah website di internet agar mudah dijangkau oleh khalayak. Namun, ketika menggunakan layanan hosting, pada dasarnya pengguna meminjam tempat untuk menyimpan semua file dan data yang dibutuhkan oleh website. Tujuannya adalah agar website dapat bekerja sepenuhnya.

Kendati demikian, seiring canggihnya teknologi internet saat ini memiliki website untuk bisnis sudah beralih menuju teknologi cloud. Bahkan, website dengan basic cloud semakin digemari di kalangan pengguna website apalagi para pemilik bisnis. Mengapa? Pasalnya, dengan menggunakan website cloud kinerja pemasaran jauh lebih cepat, akurat dan terjangkau.

Konten

Kenali Cloudways Lebih Jauh Demi Kemajuan Bisnis

Berbicara mengenai website yang sekarang sudah menggunakan teknologi cloud, apakah tertarik menggunakannya? Jika belum, pasti diantaranya kurang bisa menentukan layanan website berbasis cloud yang cepat, akurat, mudah dan terjangkau. Maka kemudian, untuk referensi baiknya simak dahulu mengenai review Cloudways sebagai salah satu layanan hosting terbaik.

Cloudways sendiri adalah perusahaan hosting yang turut mengambil bagian mendorong revolusi cloud. Perusahaan ini sudah berdiri dan dikenal khalayak sejak tahun 2011 dan berpusat di Malta. Oleh sebab itu, perusahaan ini sudah mendapat kepercayaan penuh di benak pelanggan yang sudah menggunakan layanannya. Lantas, apa yang ditawarkan oleh perusahaan hosting ini?

Hal yang diunggulkan oleh Cloudways sebagai perusahaan hosting adalah menawarkan pengelolaan cloud VPS hosting. Pengelolaan ini bahkan dilakukan sepenuhnya dalam paket yang sudah disusun serapi mungkin. Selain itu, layanan Cloudways ini lebih terjangkau serta mudah digunakan untuk semua level, mulai dari pengguna pemula sampai dengan developer.

Cloud hosting sepenuhnya yang dimaksud dalam layanan Cloudways ini adalah pihak perusahaan melakukan pengerjaan secara teknis dengan maksimal. Mulai setup server, firewall untuk security, hingga back up mandiri. Bahkan, masih banyak teknik lainnya yang dilakukan oleh Cloudways, sehingga pengguna website yang menggunakan layanannya tidak perlu menghafal command server.

Apa Saja yang Dilakukan Oleh Cloudways?

Meskipun perusahaan hosting ini sudah lama berdiri, namun ternyata tidak sedikit pula khalayak yang kurang memahami lebih jauh layanannya. Sehingga, tidak jarang muncul pertanyaan mengenai apa saja yang dilakukan Cloudways dalam melayani pelanggan? Mengapa bisa banyak orang begitu mempercayakan hosting website kepada pihaknya?

Sebagai perusahaan hosting, Cloudways sudah melakukan sebuah pencapaian yang luar biasa. Apa buktinya? Pembuktian yang dilakukan oleh Cloudways yakni berupa pemaksimalan provider managed cloud hosting. Sehingga, bukan suatu hal mengherankan jika nama Cloudways sering kali disebut oleh pengguna website bisnis yang sedang melakukan research provider.

Upaya yang sudah dilakukan pihak Cloudways sebagai perusahaan hosting selama delapan tahun berdiri, bahkan sudah membuah hasil yang fantastis. Cloudways bahkan sukses mengelola lebih dari 250.000 (dua ratus lima puluh ribu) website. Persentase kepuasan dan kebahagiaan customer Cloudways adalah 94,7%, menakjubkan bukan?

Tidak hanya itu, pencapaian lain yang turut sukses dilakukan adalah jangkauan data center location sebanyak 60 lebih. Adanya hal ini tentu saja membuat website yang menggunakan hosting dari Cloudways menjadi lebih mudah ditemukan di mesin pencari. Serta tidak sulit bagi pelanggan untuk menemukan website tersebut. Maka, tidak ada yang perlu diragukan lagi dari Cloudways.

Inilah Kelebihan Menggunakan Cloudways Sebagai Hosting Untuk Website Bisnis

Pencapaian yang sukses diraih oleh perusahaan hosting tersebut, ternyata banyak menuai tanggapan positif dari pelanggan. Bahkan sudah banyak yang menuliskan review Cloudways di sosial media maupun website pribadinya. Selain kesuksesan pencapaian tersebut, ternyata Cloudways memiliki banyak kelebihan yang tidak dijumpai pada layanan hosting lain. Berikut ini diantaranya:

1. Memberikan Lebih Banyak Fleksibilitas

Kelebihan pertama dari Cloudways adalah provider yang menyajikan pengelolaan cloud hosting sepenuhnya. Perlu ketahui bahwa pihak Cloudways tidak menggunakan jaringan cloud sendiri. Melainkan akan memberikan customernya ragam pilihan provider cloud hosting terbesar yang ada saat ini. Ada lima pilihan yang akan disajikan kepada pelanggannya. Apa saja diantaranya?

a. Digital Ocean

Salah satu pioner dalam teknologi cloud hosting unggulan adalah Digital Ocean, serta merupakan provider cloud hosting pilihan paling populer. Bagaimana dengan harga yang dibutuhkan agar bisa menggunakan provider ini? Harganya sangat terjangkau, yakni mulai dari $10/bulan.

b. Vultur

Kualitas provider cloud hosting terbaik yang disediakan oleh Cloudways berikutnya adalah Vulture. Pada review Cloudways lainnya, banyak disebutkan bahwa Vultur menjadi salah satu provider penyedia dengan hasil test performa yang tidak kalah mumpuni. Untuk harganya juga sedikit lebih mahal dari Digital Ocean, yakni $11/bulannya.

c. Linode

Kurang puas dengan layanan provider di atas? Jangan khawatir, sebab Cloudways masih menyediakan pilihan provider cloud hosting lainnya. Pilihan berikutnya adalah Linode. Provider hosting ini juga tidak kalah populer dan banyak digunakan oleh pelanggan Cloudways lainnya. Harganya sendiri dipatok mulai dari $12/bulannya.

d. Amazon Web Service (AWS)

Sebagai pengguna internet yang tidak kenal dengan Amazon Web Service (AWS)? Provider cloud hosting ini merupakan infrastruktur cloud yang dikelola dengan baik oleh Cloudways. Namun, secara keseluruhan biaya Amazon Web Service (AWS) ini terbilang mahal. Berapa biayanya? yakni mulai $36,51/perbulannya. Sedangkan bandwith sangat terbatas yakni berkapasitas 2GB saja.

e. Google Cloud Platform

Ingin harga lebih murah dengan kualitas layanan provider yang mumpuni? maka Google Cloud Platform adalah pilihan tepat. Provider ini harganya sedikit lebih murah dari AWS, yakni $33,30/bulannya. Namun, perlu diingat bahwa bandwith yang disediakan sangat terbatas.

Setelah membaca review Cloudways mengenai kelebihannya menyediakan beragam provider, pasti bingung memilih bukan? Maka kemudian, jangan lupa bahwa Cloudways menyediakan masa percobaan selama tiga hari. Sebaiknya, gunakan waktu tersebut untuk mencoba antara AWS atau GCP lebih dahulu. Tidak hanya itu, Cloudways juga busa bekerja untuk berbagai website alias bukan hanya WordPress saja.

2. Control Panel Inovatif

Kelebihan berikutnya dari Cloudways adalah bentuk control panel yang begitu inovatif. Kustomisasi control panelnya unik dan berbeda dengan provider lainnya. Desainnya juga terlihat sedikit technical apalagi bagi pemula yang pertama kali melihatnya. Kesan intuitif ini sebenarnya lebih ditujukan kepada para developer. Apakah tampilan ini akan ramah pemahaman bagi pemula?

Apabila baru memulai menggunakan provider ini atau dulunya terbiasa menggunakan Direct Admin, cPanel maupun Plesk maka biasakan diri lebih dahulu. Pastikan untuk mengenal semua fungsi dari control panel Cloudways sampai benar-benar terbiasa menggunakannya. Bahkan, tidak akan membutuhkan waktu lama untuk menyesuaikan control panel Cloudways.

3. Harga yang Bervariasi

Sebagaimana diketahui bahwa biaya untuk managed hosting ternyata jauh lebih mahal daripada shared posting. Mengapa bisa demikian? karena shared posting pada umumnya mengeluarkan biaya kurang dari Rp. 50.000,00.- per bulannya. Sedangkan apabila managed cloud hosting harga paling rendahnya adalah Rp. 150.000,00.- setiap bulannya.

Adanya harga tersebut pasti cenderung memberatkan bukan? Namun, berbeda halnya dengan Cloudways yang memiliki beragam harga sehingga pengguna bisa memilih sendiri sesuai dengan kebutuhan. Berapa biaya terendah di Cloudways? yakni $10 setiap bulannya. Itu saja sudah lengkap dengan pilihan provider hosting Digital Ocean. Apa saja di antaranya? Berikut ini yang akan didapatkan:

  • RAM 1GB
  • Processor 1 Core
  • Kapasitas penyimpanan (Storage) 25GB
  • Bandwidth 1 TeraByte

Keempatnya bahkan bisa digunakan hingga tiga website maupun blog dengan pengaturan traffic low to medium. Tidak hanya itu, pengguna Cloudways akan mendapatkan sebuah dedicated RAM serta vCPU yang lebih powerfull. Semua itu tentunya lebih mumpuni dibandingkan mendapatkannya dari shared hosting dengan harga yang sama. Lebih ekonomis, bukan?

4. Memiliki Beragam Fitur

Sekalipun saat ini sudah banyak bermunculan perusahaan hosting, namun ternyata sangat sedikit yang bisa menjaga keseimbangan pelayanan. Kebanyakan harga yang ditawarkan sangat berbeda jauh dengan fungsionalitas layanan hostinganya. Hal ini tentu saja membuat pelanggan merasa enggan dan keberatan.

Berbeda dengan Cloudways yang selalu berusaha untuk menyeimbangkan keduanya. Bahkan, dengan ragam harga yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya, Cloudways mamu hadir dengan berbagai fitur yang kaya. Adanya fitur-fitur ini sudah pasti akan menunjang aktivitas sesuai dengan kebutuhan harian penggunanya. Lantas, apa saja yang bisa dilakukan? Berikut ini diantaranya:

a. Melihat informasi detail akses

Control panel Cloudways bisa membantu penggunanya untuk melihat informasi mengenai detail akses. Hal ini meliputi berbagai hal, beberapa diantaranya adalah detail login WordPress, akses ke MySQL, FTP dan masih banyak lagi. Sehingga apapun detail login yang dibutuhkan bisa dilakukan dengan Cloudways.

Selain itu, control panel Cloudways sendiri akan memudahkan penggunanya untuk mengedit username maupun mengubah password. Bahkan, dalam satu tampilan semuanya akan jelas terlihat tanpa harus mengklik laman-laman lainnya. Bagaimana, sangat mudah dan simple bukan?

b. Menambah domain

Pada fitur domain management, hal yang bisa dilakukan oleh pengguna adalah menambahkan nama domain baru. Ketika domain baru sudah didapatkan, maka secara tidak langsung pengguna bisa menginstall website atau aplikasi tambahan untuk kebutuhan hosting.  Bahkan, bagi yang ingin menghapus domain lama, fitur Cloudways satu ini bisa melakukannya.

c. Add on New Application

Selain mengganti nama domain, fitur yang tersedia di control panel Cloudways salah satunya adalah mampu menambahkan aplikasi baru. Artinya, pengguna Cloudways dapat meng-hostingkan aplikasi sebanyak-banyaknya, asalkan resources servernya masih cukup. Penambahan aplikasi semacam ini, ternyata tidak banyak ditemukan di layanan hosting lainnya.

Selain menambahkan aplikasi sebanyak-banyaknya, hal menarik lainnya adalah Cloudways mampu menambahkan dua aplikasi sekaligus dalam satu server. Sebagai contoh, misalnya aplikasi pertama yang dipasang adalah Prestashop, lalu aplikasi kedua yang bisa dipasang dalam satu server sama adalah WordPress. Masing-masing dari aplikasi tersebut bisa ditentukan bebas oleh pengguna.

d. Meng-install SSL gratis ataupun custom SSL

Fitur lainnya yang ada dalam layanan Cloudways adalah install SSL gratis, bahkan penggunanya bisa menentukan custom untuk SSL yang dikehendaki. Apabila layanan hosting lain cenderung tidak bisa melakukan perpanjangan otomatis SSL, maka Cloudways bisa melakukan hal tersebut. Sehingga, pengguna tidak perlu bersusah payah melakukan perpanjangan setiap kali habis masa waktunya.

e. Melakukan backup dan restore

Semua website yang digunakan untuk bisnis pasti membutuhkan backup dan restore sebagai catatan rekap bulanan maupun tahunan. Untuk membackup maupun restore, kebanyakan pengguna harus menginstall plugin sendiri khusus untuk mencadangkan data-data di dalam website. Namun, apabila menggunakan Cloudways, maka hal tersebut tidak perlu dilakukan.

Pengguna yang menggunakan Cloudways untuk keperluan bisnis, tidak perlu menginstall plugin sendiri. Pasalnya, Cloudways akan melakukan restore dan backup setiap hari, serta menyimpan data tersebut selama sepuluh hari. Jangka waktu ini pasti sudah cukup digunakan untuk menyalin data ke perangkat pribadi. Serta, bagi pengguna yang ingin memilah data, maka bisa membackupnya secara manual.

f. Menambah serta meningkatkan ukuran server

Apabila kalian menggunakan website untuk kepentingan bisnis, pasti secara perlahan website akan tumbuh pesat secara perlahan. Seiring dengan hal tersebut, pasti server yang sebelumnya sudah ada tidak akan cukup untuk menghandle kebutuhan website yang semakin meningkat. Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Kebanyakan orang harus melakukan vertical scaling yang tahapannya rumit.

Apakah Cloudways juga demikian? Tentu saja tidak, apabila menggunakan Cloudways, penambahan server ini bisa dilakukan dengan mudah hanya dengan satu klik saja. Sebagai informasi tambahan, pengguna yang membaca review Cloudways, harus tahu bahwa GCP dan AWS menyediakan opsi untuk melakukan upgrade ke downgrade.

e. Fitur staging atau clone website

Selain meningkatkan server hanya dengan sekali klik, hal apalagi yang bisa dilakukan oleh Cloudways dengan mudah? Jawabannya adalah membuat sebuah website clone maupun staging dengan cepat yakni cukup satu kali klik. Pihak Cloudways bahkan telah mempersiapkan fitur lain untuk memuaskan pelayanannya di benak pelanggan.

Untuk mempermudah pemahaman, ada beberapa fitur staging yang bisa digunakan oleh pengguna Cloudways. Apa saja? diantaranya PUSH yang berguna untuk mendorong perubahan website staging ke website live. Kemudian PULL yang bisa digunakan untuk mendorong perubahan website live ke staging. Serta, DEPLOYMENT LOGS yang akan membantu pengguna melihat log push maupun pull yang sebelumnya sudah dilakukan.

Semua fitur unggulan yang disediakan oleh Cloudways tentunya sangat menguntungkan para pelanggan. Apalagi bagi yang menggunakan website bisnis dengan dukungan layanan hosting dari Cloudways. Oleh karena itu, tidak heran apabila saat ini banyak yang berburu untuk beralih dari hosting biasa ke layanan Cloudways.

5. Kualitas Performance yang Mengesankan

Mungkin beberapa orang yang masih baru mendengar nama Cloudways akan merasa ragu perihal kualitas performance Cloudways. Padahal, tidak sedikit pengguna Cloudways yang melakukan tes maupun penelitian terhadap kualitas performancenya selama dua bulan penuh. Bagi yang ingin membuktikannya sendiri sebaiknya lakukan tes dengan cara berikut ini:

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuat sebuah nama domain khusus pengujian. Perlu diperhatikan dan diingat, jangan sesekali menggunakan domain resmi untuk menguji. Mengapa? karena hal tersebut bisa membuat kualitas website menjadi menurun serta jika terjadi kesalahan, bisa berakibat fatal pada bisnis yang sedang dikelola. Untuk rinciannya, yakni sebagai berikut:

  • Vultr : Biaya untuk domain penasihathosting-cwvu.com adalah $11 setiap bulannya.
  • Linode : Apabila menggunakan maka domainnya adalah penasihathosting-cwli.com dengan biaya $12 per bulan.
  • Digital Ocean : Nama domainnya penasihathosting-cwdo.com dengan patokan biaya $10 per bulan.
  • Install : Diperuntukkan file-file statis alias Cloudways CDN dan bawaan Cloudways yang berupa Breese Caching Plugin

Semua website yang ada di atas install melalui WordPress dengan menerapkan default setting. Setelah itu, lakukan monitoring response time dan uptimenya gunakan Pingdom.com. Langkah terakhir untuk menguji ketahanan servernya, gunakan load impact serta pastikan menguji juga tingkat keakuratan support Cloudways. Selain itu, apakah bisa memasukkan AWS dan GCP dalam pengujian?

Sebenarnya bisa, namun sebagai bahan pertimbangan, sebaiknya pikirkan saja sebab AWS dan GCP memiliki budget yang jauh lebih mahal. Tidak hanya itu, hasil akhir nantinya pasti tidak jauh berbeda apabila dibandingkan dengan ketiga provide yang sudah diuji sebelumnya. Apalagi, kebanyakan orang belum terlalu butuh hosting yang biayanya mahal.

6. Trial dan Migrasi Hosting Gratis Selama 3 Hari

Kelebihan berikutnya yang ada di dalam layanan Cloudways adalah adanya masa trial dan migrasi hosting secara gratis selama tiga hari. Fitur ini bahkan tidak akan menarik biaya saat pelanggan baru hendak mendaftar dan mencoba-coba. Apabila setelah mencoba semua fitur selama masa trial dan merasa cocok, maka langsung saja upgrade akun.

Tidak hanya itu, review Cloudways lain juga banyak menyatakan bahwa layanan hosting ini turut menawarkan migrasi. Pengguna bisa melakukan migrasi hosting lama ke Cloudways secara cuma-Cuma namun hanya berlaku untuk satu website saja. Oleh karena itu, usahakan untuk memanfaatkan kelebihan yang ada di dalam layanan Cloudways ini, ya?

7. Load Time yang Cepat

Sebagai jasa penyedia layanan hosting terbaik, Cloudways bahkan memiliki kelebihan seputar load timenya. Bagi pemilik website khusus bisnis pasti akan mengedepankan load time yang cepat saat lamannya dikunjungi oleh publik. Maka kemudian, Cloudways memahami hal tersebut sehingga pihaknya turut mengupayakan load time yang cepat.

Tujuh kelebihan yang dimiliki Cloudways tidak perlu diragukan lagi. Apabila ada pelanggan baru yang masih meragukannya, maka bisa langsung melihat review Cloudways yang sudah banyak ditulis oleh pelanggan setia Cloudways di website pribadinya. Maka, dari situ bisa ditelaah lebih lanjut mengenai kelebihannya.

Kekurangan Cloudways yang Harus Diketahui

Sekalipun pada review Cloudways di atas menyebutkan kelebihan dari perusahaan hosting tersebut, namun bukan berarti layanan tersebut tidak memiliki kekurangan. Lantas, apa saja kekurangan Cloudways yang harus diketahui agar tidak menyesal serta menghindari berbagai hal tidak diinginkan. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa kekurangan Cloudways berikut ini:

1. Memiliki Keterbatasan Support

Sekalipun Cloudways menyediakan support ticket live chat 24/7/365 yang  bisa digunakan untuk meminta bantuan, namun ternyata support ini memiliki keterbatasan. Apa keterbatasan yang dimaksudkan pada support ini? yakni durasi live chat yang dibatasi hanya dua puluh menit saja. Padahal, waktu response tiket paling tidak adalah tiga jam. Hal ini jelas saja mengurangi performa.

Selain terbatasnya waktu live chat, kekurangan lain Cloudways adalah support live chat ini tidak ditangani secara langsung oleh seorang agent. Melainkan ditangani oleh bot (robot) lebih dahulu. Sehingga, jelas saja hal ini kurang memuaskan pengguna Cloudways. Lantas, bagaimana jika masalah yang dialami tidak bisa ditangani oleh bot?

Solusinya, pengguna bisa meminta pihak Cloudways untuk menghubungkan langsung kepada agent. Namun, perlu diketahui sebelum dihubungkan kepada seorang agent, Cloudways akan meminta beberapa detail dari identitas website penggunanya. Seperti misalnya server IP, domain maupun detail lainnya yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah.

2. Akses Kapasitas Berbayar

Selain mengunggulkan kelebihannya, para pengguna Cloudways juga turut menyertakan kekurangan yang berupa akses kapasitas berbayar di dalam review Cloudways. Layanan CDN Cloudways berbayar sebesar $1/25GB dan biaya tersebut dibutuhkan untuk mengaktifkan Cloudways CDN. Hal ini jelas berbeda dengan layanan hosting lain yang cenderung menggratiskan layanan CDNnya.

Namun, biaya sebesar itu bisa dikatakan cukup terjangkau karena apabila dibandingkan dengan CDN populer, seperti KeyCDN jelas Cloudways lebih murah. Apalagi mengingat begitu banyak kelebihan yang sebelumnya bisa didapatkan oleh penggunanya dan performa hosting Cloudways jauh lebih mumpuni dibandingkan lainnya.

3. Fitur Backup Otomatis yang Tidak Gratis

Off-site backup adalah metode backup yang digunakan oleh Cloudways untuk membackup jaringan penyimpanan eksternal. Metode ini jelas berbeda dengan jaringan penyimpanan website yang digunakan oleh penggunanya. Namun, perlu diketahui ternyata offsite backup ini tidak gratis, alias penggunanya harus membayar biaya $0,033 per GigaByte.

Hal penting lainnya yang turut harus diketahui adalah bahwa pihak Cloudways selalu membulatkan nominal charge backupnya, sehingga menjadi $0,5. Sebagai contoh, apabila biaya backup bulanan pengguna kurang dari $2, misalnya 0,45 maka akan dibulatkan menjadi $0,50. Adanya hal ini mungkin akan sedikit memberatkan bagi pengguna Cloudways yang masih pemula.

4. Tidak Menjual Domain

Ketika membuat website untuk bisnis, pastikan untuk membeli domain lebih dahulu sebelum beralih menggunakan Cloudways. Mengingat, Cloudways hanya berperan sebagai provider managed cloud hosting saja, sehingga, pihaknya tidak menjual domain. Apabila pengguna belum memiliki domain, sebaiknya beli ditempat lain seperti misalnya GoDaddy, Namecheap atau provide lokal lainnya.

Lain halnya dengan penyedia layanan hosting lain yang sebagian besar menyediakan penjualan domain dalam paketnya. Cloudways menghindari hal tersebut karena agar layanan hosting yang dijalankannya fokus dan mampu memberikan performa terbaik kepada pelanggan.

5. Dashboard Kurang Friendly Untuk Pemula

Kekurangan berikutnya dari Cloudways adalah dashboard yang ditampilkan kurang friendly bagi pemula. Sehingga, apabila pemula hendak menggunakan Cloudways, sangat disarankan untuk mempelajari lebih dahulu setiap detail dashboardnya agar tidak kebingungan. Namun, tenang saja sebab tidak akan membutuhkan waktu lama untuk memahami dashboard dari Cloudways ini.

Kelima kekurangan yang sudah disebutkan dalam review Cloudways di atas, sebaiknya dipertimbangkan lebih dahulu. Hal tersebut dimaksudkan dengan tujuan agar ketika benar-benar memutuskan menggunakan jasa hosting di Cloudways tidak ada kritik atau komentar negatif. Oleh karena itu, pertimbangkan dahulu antara kekurangan dan kelebihan yang sudah ditawarkan.

Rekomendasi Layanan Hosting Terbaik, Cloudways Jagonya!

Sebagaimana yang sudah dijelaskan dalam review Cloudways di atas, maka jangan segan untuk merekomendasikan Cloudways. Pasalnya, Cloudways adalah salah satu provider hosting terbaik dalam managed Cloud. Pihak Cloudways bahkan menerima fleksibilitas yang lebih banyak daripada provider lainnya. Serta, memiliki performa lebih cepat dan load impact.

Harga terjangkau yang ditawarkan sudah pasti tidak akan membuat isi dompet terkuras, apalagi Cloudways menawarkan masa trial selama tiga hari. Sekalipun ada beberapa kekurangannya, namun hal tersebut tidak akan mengganggu performa kerja website yang sudah menggunakan layanan hosting dari Cloudways. Maka, dengan adanya fitur gratis ini pastikan untuk mencoba semuanya tanpa ragu.

Apabila sebelumnya sudah menggunakan website dengan hosting lain, apakah bisa dipindahkan ke Cloudways? Tentu saja bisa! Bahkan, pihak Cloudways dengan senang hati akan membantu proses perpindahan (migrasi) website. Bagaimana dengan biayanya? Jangan khawatir, pasalnya proses migrasi yang akan dibantu oleh Cloudways gratis alias tidak berbayar.

Inilah Tutorial Cara Install Website WordPress Baru dengan Mudah

Cloudways turut menyarankan agar pengguna website pemula menggunakan WordPress baru karena hostingnya lebih mudah. Namun, bagi yang belum tahu cara installnya, sebaiknya pahami ulasan di bawah ini. Jangan khawatir melakukan kesalahan karena proses installnya sama sekali tidak membutuhkan coding. Penasaran? simak tutorial cara installnya pada review Cloudways di bawah ini:

1. Buka Akun Cloudways

Cara pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuat akun Cloudways lebih dahulu. Hal ini diperuntukkan khusus pengguna yang belum memiliki akun. Bagaimana cara membuatnya? Cara membuatnya sangat mudah, yakni dengan mengunjungi situs resmi Cloudways. Untuk memudahkan dan mempercepat proses, langsung saja klik www.Cloudways.com.

Apabila sudah berhasil masuk ke laman resmi Cloudways, langsung klik tombol yang berada di pojok kanan atas. Perintah yang dituliskan adalah “Start Free”, artinya pengguna bisa memulai pendaftaran secara gratis alias tidak akan dikenakan biaya apapun. Perlu diketahui, banyak diskon yang ditawarkan oleh Cloudways, apabila ingin mendapatkan diskon sebesar 30%, maka gunakan saja kupon yang ditawarkan.

2. Deploy Aplikasi WordPress

Setelah berhasil mendaftar akun Cloudways, maka pengguna harus melakukan tahap selanjutnya yakni dengan klik “Select your application”. Kemudian pilih opsi WordPress dengan versi terbaru yakni 5.3. Versi ini bisa sewaktu-waktu berubah apabila pihak developer melakukan pembaruan. Oleh karena itu, pastikan untuk mengupdate data terbarunya lebih dahulu.

Opsi lain, pengguna juga bisa memilih clean atau ‘no Cloudways Optimization’ pada versi terbaru. Versi ini tentu saja menyesuaikan dengan pembaruan WordPress yang hendak diinstal. Cara ini hanya dilakukan apabila pengguna tidak menginginkan website WordPress pluginnya terinstall dan konten bawaan Cloudways. Oleh karena itu, lakukan cara ini dengan benar agar tidak terjadi kesalahan.

3. Isi Detail Server dan Aplikasi

Sukses melakukan tahap pada poin dua, berikutnya pengguna harus mengisis detail server dan aplikasi. Langkah ini tidak lain adalah untuk melengkapi data pada akun WordPress. Lantas, detail apa saja yang harus diisi? Pertama, lakukan pengisian nama aplikasi pengguna. Saat mengisikan ini sesuaikan dengan nama website pribadi, jangan milik orang lain.

Kedua, isi nama server yang digunakan, seperti misalnya Server Digital Ocean. Apabila sudah memilih, maka dilanjutkan dengan memilih project. Apabila masih baru pertama kali menggunakannya, berarti buat saja nama project baru. Setelah itu pengguna harus memilih salah satu provider hosting cloud hosting yang digunakan.

Kemudian, pada tahap selanjutnya jangan lupa untuk memilih ukuran server. Bagaimana cara melakukannya? yakni dengan cara menggesernya. Jangan lupa untuk memilih lokasi server, seperti misalnya, jika website yang digunakan pengguna menggunakan bahasa Indonesia, maka pilih saja Singapore. Terakhir, pastikan untuk memperhatikan semua detail server dan aplikasi. Apabila sudah sesuai, akhiri dengan klik “Launch Now”.

4. Tunggu Hingga Server Selesai Dibuat

Sebelum beranjak ke tahap selanjutnya, tunggu dahulu beberapa saat sampai server selesai dibuat. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk proses pembuatan server ini? Estimasinya diperkiraan tujuh menit saja. Sembari menunggu, pengguna bisa memahami hal lainnya yang berhubungan dengan pembuatan WordPress ini.

Setelah tujuh menit kemudian, server sudah siap dan akan berubah tampilan. Setelah muncul tampilan yang berbeda, jangan terburu untuk beranjak ke tahap selanjutnya, melainkan pengguna harus mengklik “www”. Lalu, klik aplikasi WordPress yang baru saja diinstal dengan benar. Jangan sampai melakukan kesalahan.

5. Tambahkan Domain Agar Terhubung dengan Server

Sekalipun WordPress baru sudah berhasil di install, namun bukan berarti bisa langsung digunakan. Pasalnya, WordPress masih menggunakan nama domain sementara bawaan hasil instalasi pertama. Pada umumnya, nama domain sementaranya adalah wordpress-362278-1123190.cloudways.com. Oleh karena itu, pengguna harus menambahkan nama domain sendiri.

Sebagai tambahan, ternyata pengguna juga bisa secara langsung mencoba masuk ke “WP Admin” pada WordPress baru  yang sudah dibuat. Gunakan nama domain sementara tersebut, lalu masukkan username serta password yang sudah disediakan. Apabila sudah, maka pengguna bisa menambahkan domain baru agar terhubung sempurna dengan server.

6. Tambahkan Record pada DNS Management Domain

Apabila tidak ingin menggunakan domain sementara karena terlalu ribet, seperti yang dijelaskan pada penjabaran di atas, ubah dengan menambahkan domain sendiri. Caranya adalah dengan membuka menu “Domain Management”, letaknya berada di sebelah kiri, lalu isi nama domain yang sudah dibuat. Jangan lupa untuk klik “Save Changes”

Setelah itu, pengguna juga harus mengisi record pada DNS Management Domain dengan benar. Tujuannya adalah untuk membantu memudahkan memverifikasi data pada saat proses penghubungan dengan server. Kemudian, lakukan tahap selanjutnya dengan benar.

7. Tunggu Sampai Terhubung dengan Server

Pasca selesai melakukan tahap dari nomor satu sampai dengan enam, apakah WordPress baru sudah bisa digunakan? Jangan terburu-buru dahulu, pasalnya masih ada beberapa tahapan lagi untuk menyempurnakan proses instalasi WordPress. Apa itu? Yakni menunggu agar server terhubung sempurna. Proses ini memang membutuhkan waktu sedikit lama, yakni antara 30 menit atau maksimal 24 jam.

8. Install SSL

Setelah menunggu, berikutnya pastikan agar jangan lupa untuk menginstall SSL, jangan takut menghabiskan biaya, pasalnya proses ini gratis. Sebenarnya, apa pentingnya menginstall SSL? Bukankah tanpa instal SSL website sudah bisa digunakan? tentu saja, tetapi SSL ini akan sangat berguna untuk menjaga keamanan website penggunanya.

Cara installnya juga sangat mudah, yakni tinggal membuka menu ‘SSL Certificate’, kemudian pilih ‘Lets Encrypt’, masukkan email aktif. Email aktif ini tidak perlu sama dengan email di akun Cloudways, lalu masukkan nama domain yang sebelumnya sudah dibuat. Kemudian klik tombol ‘Install Certificate’.

9. Klik “Enable HTTPS”

Terakhir, setelah semua proses dilakukan dengan benar, maka diakhir tahap akan tertera tulisan ‘Enable HTTPS’ Klik saja. Tunggu sampai loading berhenti dengan sempurna. Tidak lama kemudian, maka WordPress baru yang sudah diinstall sudah bisa digunakan. Bagaimana, tidak sulit bukan? Asalkan semua tahapan yang ada di atas dilakukan secara berurutan.

Semua tutorial pada review Cloudways yang menjabarkan mengenai cara install WordPress baru di atas, pastikan pahami dengan sungguh-sungguh. Jangan sampai satu tahapan yang sudah dijabarkan dilewatkan begitu saja. Mengapa? Pasalnya, nanti akan mempengaruhi proses Install WordPress dan justru akan semakin menyulitkan.

Tahapan Migrasi Website WordPress ke Cloudways Menggunakan Plugin Cloudways WordPress Migrator yang Mudah Dipahami

Apabila sebelumnya sudah memiliki website dengan WordPress biasa,  maka pihak Cloudways akan membantu proses migrasi. Bahkan, cara yang ditawarkan juga sangat mudah dipahami yakni menggunakan plugin Cloudways WordPress Migrator. Penasaran? dari pada berlama-lama simak tahapan yang akan dijabarkan di bawah ini:

1. Buat Akun Cloudways Secara Gratis

Untuk bisa melakukan migrasi, bagi pengguna yang belum memiliki akun Cloudways, bisa membuatnya lebih dahulu. Ketika ada tawaran diskon menggunakan ticket, jangan disia-siakan. Mengapa? Pasalnya, adanya ticket ini akan memberikan penggunanya diskon affiliate selama 2 bulan. Lumayan bukan, jika bisa mendaftar Cloudways tanpa biaya?

Tetapi, apabila sebelumnya sudah memiliki akun Cloudways, pastikan untuk memeriksanya lebih dahulu sebelum menuju ke tahap selanjutnya. Biasanya pengguna yang sudah memiliki akun Cloudways adalah yang sebelumnya mendaftar pada WordPress baru lebih dahulu.

2. Deploy Aplikasi WordPress

Khusus bagi pengguna yang baru mendaftar akun Cloudways, harus mengatur server lebih dahulu. Serta, memilih WordPress versi terbaru. Untuk lebih singkatnya, pengguna bisa menggunakan jalan pintas dengan memilih ‘Clean’. Alternatif ini bisa digunakan apabila tidak ingin menggunakan plugin bawaan dari Cloudways.

3. Isi Detail Server dan Aplikasi yang Sudah Dibuat

Langkah selanjutnya adalah dengan mengisis detail server dan aplikasi yang sudah dibuat sebelumnya. Cara ini sama seperti dengan cara install WordPress pada bahasan sebelumnya. Sebagai pengingat, tahapan yang harus dilakukan adalah mengisi nama aplikasi dan nama server. Kemudian, memilih project serta memilih salah satu provider cloud hosting.

Cara memilih ukuran servernya juga sama seperti cara sebelumnya yakni menggeser servernya. Kemudian tentukan dan pilih lokasi server tempat dibuatnya website. Jangan lupa untuk memperhatikan semua detail server maupun aplikasi yang sudah dibuat. Selanjutnya, klik saja “Launch Now” lalu tunggu proses selanjutnya.

4. Install Plugin Cloudways WordPress Migrator

Sebelum melakukan migrasi, semua pengguna yang sudah memiliki akun Cloudways, tetap diwajibkan untuk menginstall pluginnya, yakni WordPress Migrator. Pada saat melakukan instalasi ini, dibutuhkan waktu sekitar lima sampai tujuh menit sampai server benar-benar dibuat. Apabila selesai, maka secara otomatis tampilannya akan berubah.

5. Tunggu Proses Validasi Akun Berhasil

Server yang telah berhasil dibuat masih harus membutuhkan validasi akun. Untuk melakukannya, pengguna harus login ke website WordPress di hosting lama. Kemudian, setelah itu install dahulu plugin Cloudways WordPress Migrator. Namun, perlu dipahami bahwa pada pengaturan ini ada enam form yang harus diisi.

Apa sajakah itu? Pertama-tama pengguna harus memasukkan alamat email yang nantinya diperlukan untuk mengkonfirmasi. Sehingga, tidak harus menggunakan alamat email akun Cloudways. Setelah itu klik ‘Access Details’ untuk mengisi kelima form lainnya. Kelima form tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Destination site URL, isinya adalah nama domain sementara yang sebelumnya sudah disediakan Cloudways di aplikasi URL-nya.
  • Database name, isikan saja dengan mengcopy nama databasenya.
  • Server public IP address, diisi dengan nama alamat IP publik. Untuk mempercepat proses migrasi, langsung saja copy pastekan.
  • SFTP username, isi dengan username SFTP
  • kemudian SFTP password, terakhir buat password beserta usernamenya sendiri. Jangan lupa untuk klik ‘Add’ lalu copykan ke form migrasi. Setelah itu klik kotak kecil sampai muncul tanda ceklis lalu klik ‘Migrate’

6. Tambahkan Domain Sendiri dan Hubungkan ke Server

Sebelum proses migrasi dilakukan, plugin Cloudways WP migrator mula-mula akan memvalidasi details yang sebelumnya sudah diisi. Baru setelah itu proses migrasi akan dilakukan. Lamanya proses ini tergantung dari besarnya ukuran website yang digunakan. Namun, jangan khawatir karena proses ini tidak membutuhkan waktu lama.

Namun, sebelum itu pengguna harus melihat website destination terlebih dahulu. Caranya adalah dengan mengklik tombol ‘visit migrated site’ Sama dengan proses sebelumnya, untuk menambahkan domain dan menghubungkan ke server tidak akan membutuhkan waktu lama.

7. Cek Status DNS

Pada saat masuk tahap cek status DNS ini, sebenarnya aplikasi WordPress pengguna sudah berhasil dipasang. Namun, masih menggunakan nama domain sementara sama halnya pada langkah website destination. Oleh karena itu, gunakan nama domain yang sebelumnya sudah dibuat sendiri dan dihubungkan ke server Cloudways.

Caranya sama dengan proses sebelumnya pada saat menginstall WordPress. Kemudian setelah sukses isikan nama domain utama lalu klik ‘save changes’. Apabila pengecekan status masih belum berhasil, ulangi tahap sebelumnya dan pastikan nama domain yang dibuat sesuai.

8. Install SSL Untuk Keamanan Akun

Akun pengguna harus diamankan menggunakan SSL agar mencegah terjadi hal-hal tidak diinginkan. SSL sendiri bisa diinstall secara gratis tanpa perlu adanya biaya tambahan. Caranya juga sangat simple, yakni buka menu ‘SSL Certificate’, Lets Encrypt lalu masukkan email yang sudah diaktivasi. Jangan lupa untuk memasukkan nama domain, lalu instal certificate.

9. Klik “Enable HTTPS”

Apabila menginginkan SEO website semakin bagus, pastikan untuk me-redirect HTTP ke HTTPS website. Sebelum itu, lebih dahulu klik tombol ‘Enable HTTPS’. Biasanya perintah ini bisa ditemukan di sebuah box, namun jika tidak mendapatinya, maka cari saja di bagian application settings, lalu https redirection. Perhatikan dengan benar agar tidak terjadi kesalahan.

10. Bersihkan Cache Browser

Setelah mengganti dan mengaktifkan HTTPS, pengguna harus memastikan bahwa semua perubahan teraplikasikan dengan baik dan benar. Setelah itu, bersihkan cache browser agar sistem yang hendak dijalankan bisa memaksimalkan saat digunakan nantinya. Mengingat, proses migrasi ini harus dilakukan dengan benar agar website bisa lebih optimal.

11. Purge Varnish dan Restart Cache

Tahap purge varnish akan berpengaruh pada saat pengguna memverifikasi semua perubahan yang sudah berhasil dipasang. Sebelum merestart cache, pastikan untuk melakukan test website menggunakan WhyNoPadLock. Untuk apa? Tidak lain untuk melihat SSL apakah sudah valid atau belum, lalu kemudian cek juga force HTTPS sudah benar atau belum.

12. Lakukan Test Redirect Map

Hal lain yang turut disarankan adalah melakukan test redirect map menggunakan Vray pada domain. Adanya tes ini akan sangat berguna bagi pengguna website. Pasalnya, untuk memastikan bahwa tidak ada redirect chain yang nantinya bisa merusak technical SEO di website. Mengingat, SEO sangat berpengaruh penting bagi sebuah website bisnis.

13. Tunggu Optimisasi Cloudways

Apabila di awal menggunakan Clean pada saat instalasi, maka nantinya ketika login ke wp-admin, pengguna akan menemui peringatan. Apa isi peringatan tersebut? tidak lain adalah versi PHP WordPress belum terupdate dengan versi terbaru. Oleh karena itu, sangat disarankan agar memilih optimisasi Cloudways secara langsung, agar tidak perlu mengganti lagi ke versi baru.

14. Refresh Wp-Admin yang Sudah Berhasil Dimiliki

Proses optimisasi Cloudways ini tidak membutuhkan waktu lama, yakni sekitar satu sampai dua menit. Apabila selesai, silahkan coba refresh kembali wp-admin, guna memastikan peringatan yang ada sebelumnya sudah hilang. Apabila belum hilang, silahkan segera ganti ke versi yang lebih baru.

15. Website Cloudways Siap Digunakan

Apabila semua tahapan sudah dilakukan dengan benar, maka pengguna tinggal menunggu proses akhirnya sampai selesai. Baru, website Cloudways siap digunakan tanpa perlu adanya perubahan data lagi. Bagaimana, sangat mudah bukan? Oleh karena itu, segera lakukan migrasi ke Cloudways sekarang juga.

Berdasarkan review Cloudways di atas, tahapan migrasi website WordPress ke Cloudways memang cukup panjang. Namun jangan khawatir, apabila merasa kesulitan melakukan tahapan di atas, pengguna bisa meminta bantuan kepada pihak Cloudways untuk melakukan migrasi. Tidak hanya itu, dengan meminta bantuan kepada pihak Cloudways, proses migrasi akan jauh lebih cepat.

Sistem Pembayaran yang Diterapkan oleh Cloudways

Pasca membaca ulasan di atas, pasti calon pelanggan akan bertanya-tanya bagaimana sistem pembayaran yang diterapkan oleh pihak Cloudways, bukan? Untuk melengkapi informasi, sistem pembayaran Cloudways adalah Pay as You go Service.  Artinya adalah bahwa pengguna hanya harus membayar berdasarkan sumber daya yang digunakan.

Tidak hanya itu, sistem pembayaran ini juga tidak mengikat siapapun yang menggunakan layanan Cloudways secara terkukung. Seperti misalnya harus menjadi anggota berlangganan yang harus membayar setiap bulan maupun setiap tahun. Maka, dengan menggunakan Cloudways, customer bisa berhenti kapan saja sesuai dengan kebutuhan dan waktu yang diinginkan.

Sedangkan untuk metode pembayarannya juga sangat mudah alias tanpa ribet, yakni pengguna bisa membayarkan melalui Paypal. Apabila tidak bisa membayar via Paypal, pihak Cloudways turut menyediakan pembayaran via prepaid card atau kartu yang biasa digunakan untuk melakukan pembayaran secara online.

Setelah membaca review Cloudways di atas secara panjang lebar, apakah kini sudah memiliki gambaran dan hasrat untuk menggunakan layanan ini? Tentu sudah tidak ada keraguan bukan? Apabila ingin bergabung dan bekerja sama dengan perusahaan ini, langsung saja mengunjungi website resmi Cloudways. Segera tingkatkan website agar bisnis semakin maju dan berkembang!

Photo of author

M. Rianda

Photo of author

M. Rianda

Support Kami Dengan Berbagi

Berbagi itu mudah dan dapat menebar manfaat untuk lebih banyak orang
SAYA TIDAK TERTARIK
This window will automatically close in 20 seconds