projasaweb logo

Apa Itu Private Blog Network (PBN), Manfaat & Kekurangannya

Estimasi Waktu Baca 3 Menit

Private Blog Network adalah jaringan situs web yang dibuat hanya untuk mendapatkan backlink berkualitas yang mengarah pada suatu situs web utama dengan tujuan meningkatkan otoritas situs web tersebut dalam pencarian.

Istilah Private Blog Network atau PBN sangat erat hubungan Search Engine Optimization (SEO). Dan lebih spesifik lagi, sangat erat hubungannya dengan backlink.

Dan pada artikel kali ini kita akan bahas lebih dalam mengenai berbagai hal seputar PBN.

Apa Itu PBN?

Private Blog Network adalah jaringan situs web yang digunakan untuk mendapatkan backlink dalam usaha meningkatkan peringkat satu atau lebih situs web.

Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya, bahwa PBN ini sangat terkait dengan backlink. Untuk itu, anda harus tahu juga apa itu backlink serta manfaat backlink bagi website anda.

Berikut ini videonya :

Apa Itu PBN

Apa Itu Backlink?

Backlink adalah tautan dari satu website ke website yang lain.

Backlink banyak dicari oleh pemilik website karena mampu meningkatkan peringkat pada hasil pencarian mesin telusur seperti Google.

Berikut ini data mengenai hubungan backlink dengan peringkat suatu website pada mesin pencari.

Manfaat Backlink

Dari sebuah studi yang dilakukan oleh MatthewBarby diketahui betapa pentingnya backlink.

Studi ini dilakukan dengan mengambil sampel acak dari 100.000 kata kunci , dan masing-masing memiliki volume pencarian bulanan minimum 100 pencarian.

Dari kata kunci ini, 10 hasil teratas pada halaman 1 Google.com diekstrak, menghasilkan total 1 juta URL. Untuk setiap URL, data dikumpulkan terkait dengan cuplikan SERP (sumber Accuranker) dan data backlink (Ahrefs), serta berbagai elemen HTML dari halaman tersebut.

Berikut ini hasilnya.

private blog network pentingnya backlink
pentingnya backlink (https://www.matthewbarby.com/ranking-in-google/)

Dari grafik di atas terlihat jelas bahwa secara umum, website yang menduduki peringkat yang tinggi di Google juga memiliki jumlah backlink yang tinggi.

Pentingnya Backlink?

Backlink sangat penting untuk mendapatkan peringkat di Google. Dan pada tahun 2016, Google mengkonfirmasi bahwa backlink adalah salah satu dari tiga faktor rangking teratas, di samping konten dan RankBrain.

Tiga faktor tersebut disebut sebagai tiga faktor paling penting dalam faktor rangking, namun Google tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai urutan dari tiga faktor tersebut.

Anda dapat menonton lebih lanjut mengenai penjelas Google tersebut pada video berikut ini :

backlink sebagai 1 dari 3 rangking faktor terpenting

Sayangnya jika backlink dibangun dengan cara yang sembarangan dan serampangan maka justru bisa berdampak buruk pada untuk SEO. Bahkan bisa berujung pada Manual Action dari Google. Oleh karena itu, diperlukan PBN untuk menghindarinya.

Apa Manfaat Private Blog Network?

Manfaat Private Blog Network adalah mendapatkan backlink yang berkualitas serta aman untuk website anda. Selain itu PBN juga dapat dijadikan sebuah bisnis.

Satu hal yang perlu ditegaskan adalah, PBN itu termasuk dalam praktek black hat SEO. Artinya teknik merupakan teknik yang dilarang oleh Google.

Jadi jika anda ingin menerapkan teknik ini, maka anda harus siap menanggung akibatnya. Umumnya teknik ini dihindari oleh praktisi SEO korporasi.

Private Blog Network Termasuk Black Hat SEO

Dalam dokumentasinya Google menyatakan bahwa :

Setiap link yang ditujukan untuk memanipulasi PageRank atau peringkat situs di hasil penelusuran Google dapat dianggap sebagai bagian dari skema link dan melanggar Panduan Webmaster Google.

Hal ini mencakup perilaku apa pun yang memanipulasi link ke situs atau link yang keluar dari situs Anda.

Google

Dari pernyataan tersebut tentu dapat kita ambil kesimpulan bahwa Private Blog Network termasuk dalam kegiatan skema link. Dan itu artinya teknik adalah TERLARANG.

Selanjutnya Google kembali mempertegas maksudnya dengan menyebutkan :

Pembelian atau penjualan link. Termasuk menukarkan uang dengan link, atau pos yang berisi link; menukarkan barang atau layanan untuk link; atau mengirim produk “gratis” kepada seseorang sebagai ganti tulisan mereka tentang produk tersebut yang menyertakan link

Google

PBN juga termasuk dalam skema tautan atau Google Link Schemes.

Link Schemes

Kekurangan Private Blog Network

Walaupun memiliki beberapa kelebihan, PBN juga memiliki beberapa kekurangan.

  • Mahal. Untuk membangun sebuah PBN memerlukan biaya dan tenaga yang cukup besar. Sehingga anda harus mempertimbangkannya secara matang sebelum memutuskan.
  • Resiko. Seperti yang telah dijelaskan bahwa PBN termasuk dalam praktek black hat SEO sehingga memiliki resiko yang cukup besar.

Simpulan

Sebagai seorang marketer, anda wajib mengetahui teknik PBN beserta kelebihan dan kekurangan. Teknik ini memiliki resiko tinggi sehingga anda harus bijak dalam menggunakannya.

Referensi

Jika anda memiliki pertanyaan, saran atau kritik sekalipun, jangan sungkan untuk menuliskan dikolom komentar ya, agar saya dapat melakukan perbaikan.

Demikianlah artikel tentang Private Blog Network. Semoga bermanfaat

Support Kami Dengan Berbagi

Berbagi itu mudah dan dapat menebar manfaat untuk lebih banyak orang
SAYA TIDAK TERTARIK
This window will automatically close in 20 seconds