11 Plugin WordPress Terbaik 2020 Yang Wajib Anda Ketahui

Sebagai pengguna WordPress, ada beberapa plugin WordPress terbaik yang wajib anda ketahui. Silakan baca artikel ini hingga selesai, karena kita akan bahas satu persatu plugin terbaik tersebut.

WordPress merupakan cms paling populer dan yang paling banyak digunakan saat ini. Salah satu alasan kuat selain karena kemudahan konfigurasi, yaitu karena banyaknya fitur yang dapat digunakan dari yang gratis hingga berbayar.

Fitur tersebut tersedia dalam bentuk plugin yang bisa di download dan di install pada website WordPress Anda. Ada banyak sekali plugin yang bisa digunakan hingga mencapai ribuan jumlahnya.

Plugin WordPress yang sangat banyak ini memang dapat membantu Anda dan mempermudah pekerjaan mengelola website. Namun, bagaimana cara memilih plugin yang bagus jika yang disediakan cukup banyak?

Nah, itulah mengapa pada pembahasan kali ini akan ada daftar plugin WordPress terbaik yang patut Anda gunakan. Selanjutnya, silahkan baca baik-baik ulasan di bawah ini.

Fungsi Plugin WordPress

Plugin WordPress itu sendiri memiliki fungsi utama untuk membantu Anda dalam mengelola website. Jenis plugin juga bermacam-macam seperti plugin media sosial, SEO (Search Engine Optimization), analytic, keamanan website, backup situs dan lain sebagainya. 

Cobalah cek di bagian Direktori Plugin WordPress.org, di sana ada banyak pilihan plugin gratis.

plugin wordpress terbaik direktori wordpress plugin
direktori wordpress plugin

Sedangkan jika Anda masih pemula, silakan baca artikel berikut agar dapat  memahami plugin WordPress dan berbagai hal terkait dengannya.

Plugin WordPress Terbaik

Plugin WordPress seperti sebuah bala bantuan yang siap membantu Anda dalam mengelola website sehingga lebih mudah untuk mengembang website tersebut. Berikut ini ada beberapa plugin yang terbaik dan berfungsi membantu pengelolaan website sehingga patut digunakan oleh pengguna WordPress, antara lain:

W3 Total Cache

Plugin yang satu ini tergolong wajib digunakan karena fungsinya berkaitan dengan kecepatan loading website. W3 Total Cache merupakan salah satu plugin yang fungsi utamanya adalah untuk membantu mempercepat proses loading pada website. Cara kerjanya yaitu dengan menyimpan versi halaman situs Anda pada perangkat (komputer, PC, laptop, smartphone, tablet) pengunjung.

Dengan begitu, proses loading akan lebih cepat saat pengunjung kembali membuka situs Anda. Hal ini tentu akan membuat kinerja browser semakin meningkat dan loading nya lebih cepat, terutama pada penggunaan smartphone. Website dengan kecepatan loading yang lambat akan berpengaruh pada traffic pengunjung dan penjualan yang semakin menurun.

Penggunaan plugin W3 Total Cache ini sangat disarankan untuk semua developer WordPress karena semuanya pasti ingin meningkatkan kecepatan website mereka. Sedangkan keunggulan utama plugin ini, antara lain:

  • Kompatibel dengan berbagai macam fitur dan server hosting, namun paling cocok pada penyedia hosting Hostinger
  • Meliputi cache sebagian besar elemen website pada WordPress

Jetpack

Jetpack merupakan plugin jenis keamanan atau disebut juga dengan WordPress Security Essentials yang menyediakan banyak tools di dalamnya.

Tujuan utama dari plugin Jetpack adalah dapat mengamankan website Anda, melakukan pengawasan terhadap performa website, meningkatkan traffic online dan lainnya. Fitur atau plugin Jetpack ini bisa Anda gunakan secara gratis, namun bisa diupgrade ke versi berbayar.

Versi premium atau berbayar dari plugin Jetpack menawarkan backup dan juga scanning keamanan tambahan serta berbagai macam fitur lainnya.

Fitur yang tersedia pada plugin Jetpack memang cukup banyak dan bisa diatur sesuai keinginan. Fitur-fitur tersebut bisa Anda aktifkan maupun non aktifkan sewaktu-waktu sehingga berbagai macam fungsinya bisa Anda sesuaikan.

Plugin ini sepertinya wajib digunakan oleh semua pengguna WordPress, apalagi jika Anda ingin menambah dan mengatur berbagai fungsi fitur tersebut. Jetpack merupakan pilihan plugin ideal yang memiliki banyak keunggulan seperti berikut ini:

  • Berfungsi mengamankan website Anda
  • Melakukan pengawasan terhadap uptime dan downtime pada website
  • Melakukan Analisa dan menampilkan grafik atau statistik pada website
  • Memungkinkan pengunjung website melakukan interaksi dengan Anda sebagai developer dengan konten-konten yang Anda buat. Interaksi tersebut bisa dalam melalui media sosial, komentar tingkat lanjut dan berbagai macam form kontak yang cukup menarik

Google Analytic Dashboard fi WP (GADWP)

Google Analytic merupakan salah satu plugin paling wajib digunakan pada website WordPress Anda. Hal ini dikarenakan fungsi utamanya dalam memberikan data statistik atau grafik yang sangat Anda perlukan.

Dengan adanya data tersebut, Anda bisa menganalisa berapa banyak pengunjung yang datang setiap bulannya dan apakah mengalami kenaikan atau penurunan.

Selain itu, jika terjadi kenaikan pengunjung juga bisa di Analisa faktornya karena apa sehingga bisa diterapkan sebagai rencana ke depannya. Dengan bantuan Google Analytic,

Anda akan mampu bersaing dengan website lainnya terutama yang website bisnis online. Fitur pada plugin ini akan memunculkan data dan aktivitas website pada tampilan dashboard WordPress sehingga lebih mudah menemukannya.

Jika masih awam, tidak perlu khawatir akan kesulitan memahami fungsi dan pengaturan tools nya karena user friendly atau mudah digunakan.  Sesaat setelah proses instalasi selesai,

Anda bisa langsung menemukan dedicated panel pada beranda atau dashboard. Dibandingkan dengan plugin analytic lainnya, Google Analytic memiliki tampilan yang lebih menarik dan juga banyak metrik untuk dilacak.

Dengan menggunakan plugin ini, Anda bisa mendapatkan informasi data sebanyak-banyaknya. Google Analytic sangat disarankan untuk semua pengguna WordPress atau internet marketer yang hendak memonitor data dan performa web secara lengkap.

Sedangkan keunggulan utama adalah seperti berikut ini:

  • Memberikan berbagai macam akses informasi report Google Analytic yang sangat spesifik dan super lengkap
  • Melaporkan dan memberitahukan informasi pengunjung dan berbagai aktivitas website dengan cepat dan tepat
  • Membantu melacak event penting pada website

Yoast SEO

Yoast SEO merupakan salah satu plugin SEO atau Search Engine Optimization yang paling banyak digunakan karena lebih mudah dalam penggunaannya.

Dibandingkan dengan plugin SEO yang lain, Yoast SEO memang lebih banyak disarankan untuk pengguna baru atau pemula yang baru mengenal dan belajar tentang SEO. Meski cukup mudah digunakan, kualitas SEO juga tak main-main.

Plugin yang satu ini didesain untuk membantu aktivitas penerbitan konten SEO berkualitas tinggi dan mengoptimalkan pada mesin pencari. Yoast SEO juga merupakan salah satu plugin yang bisa didapatkan secara gratis, namun bisa diupgrade ke versi premium atau berbayar.

Sistem operasi pada Yoast SEO yaitu semacam traffic light yang unik. Dengan adanya sistem ini, Anda dapat melihat bagaimana konten SEO yang Anda tulis bisa muncul ke permukaan mesin pencari.

Anda pun bisa mengecek kualitas konten SEO yang telah dibuat sehingga konten tersebut mudah di baca mesin pencari maupun pengunjung. Hal ini karena kenyamanan pengunjung website juga harus diperhatikan.

Plugin Yoast SEO sangat disarankan untuk pengguna/developer yang ingin konten mereka muncul di halaman mesin pencari Google dan lainnya. Selain itu, masih banyak keunggulan menggunakan plugin Yoast SEO, antara lain:

  • Melakukan Analisa terhadap halaman dan post WordPress serta melakukan identifikasi terhadap kualitas atau kelemahan konten SEO yang Anda buat
  • Selalu dapat memperbarui halaman hasil Analisis sesaat setelah perubahan SEO yang sesuai selesai dibuat
  • Memungkinkan untuk membuat XML Sitemap
  • Dapat membuat Breadcrumbs pada tema atau template WordPress yang kompatibel

WooCommerce

Bagi pelaku bisnis e-commerce atau toko online pasti sudah mengetahui tentang plugin WordPress WooCommerce ini. Namun, beberapa orang mungkin masih salah paham dan mengira WooCommerce adalah sebuah situs penyedia layanan toko online.

Padahal WooCommerce bukan situs, tetapi plugin yang disediakan oleh situs atau penyedia website WordPress.

WordPress memang tidak menyarankan penggunanya untuk menggunakan situs WordPress untuk kegiatan berbisnis toko online, apalagi dalam versi WordPress.com.

Namun, hal ini bukan tidak beralasan, melainkan karena WordPress sudah menyediakan plugin khusus untuk membantu kemudahan pengelolaan bisnis online melalui WordPress versi (dot)org.

WooCommerce digunakan oleh hampir sepertiga website e-commerce, oleh sebab itu masuk kedalam daftar plugin paling populer. Fungsi dari plugin ini juga sangat dirasakan oleh pelaku bisnis online dalam membantu proses penjualan atau transaksi di seluruh dunia.

Plugin ini juga memuat ekstensi library yang cukup banyak dengan berbagai kisaran harga

Berdasarkan penelitian, fungsi dari plugin ini cukup memberikan kenyamanan pada 51% warga Amerika Serikat dalam berbelanja online. Plugin WooCommerce ini sangat disarankan untuk pemilik atau developer website toko online, yang ingin menjual produk atau jasa melalui WordPress. Sedangkan beberapa keunggulan utama yang didapatkan adalah sebagai berikut:

  • WooCommerce sangat mudah dalam setup atau install
  • Pugin ini menawarkan structure yang cukup mudah digunakan oleh developer sehingga lebih mudah dalam mengatur dan mengelolanya
  • Proses pembayarannya mudah karena menerima dalam berbagai versi pembayaran
  • Saling berintegrasi satu sama lain dengan berbagai ekstensi dan plugin lainnya

Broken Link Checker

Sesuai dengan namanya, plugin yang satu ini memungkinkan Anda untuk mencari tautan yang bermasalah pada website. Pasalnya, jika ada tautan yang tidak beres maka akan muncul Error 404 dan tentu saja ini akan mengusik kenyamanan pengunjung.

Selain itu, Anda juga tidak boleh menyediakan broken link atau missing link karena dapat dikenakan sanksi oleh mesin pencari utama.

Saat Anda selesai melakukan proses instalasi plugin Broken Link Checker, selanjutnya plugin tersebut akan memonitor website. Monitoring ini dilakukan untuk mencari broken link atau missing link lalu melaporkannya pada dashboard WordPress sehingga Anda bisa melakukan perbaikan.

Biasanya, plugin Broken Link Checker ini membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama untuk proses monitoring atau memindai website. Hal ini berlaku untuk pertama kali proses monitoring, terutama jika website Anda tergolong besar.

Plugin ini sangat cocok untuk developer yang ingin mengoptimalkan website dan mengejar halaman pertama di mesin pencari Google atau lainnya.

Mesin pencari seperti Google tentu memilih website dan konten yang berkualitas dan memiliki lik yang sesuai. Nah, keunggulan plugin Broken Link Checker adalah:

  • Melakukan pengawasan, atau monitoring, serta memindai dan mencari broken link ataupun missing link yang menyebabkan Error 404
  • Memberikan laporan atau notifikasi pada dashboard WordPress ataupun email tentang masalah link yang terjadi
  • Menghentikan mesin pencari agar tidak mengikuti tautan atau link yang salah

Contact Form 7

Plugin ini merupakan salah satu cara untuk memudahkan dalam mengaktifkan percakapan dengan pengguna situs dan juga pelanggan yang potensial. Dengan plugin Contact Form 7, Anda bisa menambahkan lebih dari satu form yang bisa di modifikasi ke website WordPress.

Dengan menggunakan sistem CHAPTCHA, Akismet, dan submission yang didukung Ajax, keamanan situs Anda akan terjamin.

Selain itu, kotak masuk akan bebas dari spam yang mengganggu pekerjaan Anda. Dengan begitu, aktivitas dalam menangani permintaan pelanggan, saran, atau pesan lainnya dari website bisa dilakukan dengan mudah.

Plugin ini cukup banyak digunakan dan disarankan kepada mereka yang ingin menampilkan formulir kontak yang menarik tetapi juga fungsional dan aman.

Nah, di bawah ini keunggulan utama dalam menggunakan plugin Contact Form 7, antara lain:

  • Dapat dengan mudah melakukan customized pada formulir kontak
  • Plugin ini memungkinkan Anda dapat mengelola berbagai formulir kontak di WordPress
  • Membantu mencegah spam dengan dukungan CHAPTCHA, Akismet dan lainnya

Updraft Plus

Melakukan backup data pada website sangat perlu dilakukan pada jenis website apapun yang sedang Anda kelola. Nah, untuk membantu dalam melakukan backup, Anda bisa menggunakan plugin Updraft Plus yang terbukti memiliki performa yang baik.

Oleh karena itu, plugin ini banyak digunakan dan menjadi populer di kalangan pengguna WordPress.

Updraft Plus memang layak dikatakan sebagai plugin backup terbaik dan terpopuler, mengingat banyak sekali fitur yang bisa digunakan. Proses backup nya bisa di jadwal ke penyimpanan email, google drive, maupun drop box dan resource yang digunakan berjumlah sedikit.

Dalam versi premium nya, memungkinkan Anda menambahkan opsi penyimpanan lebih lanjut dan berbagai tambahan fitur lainnya.

Plugin ini disarankan untuk membuat website mereka menjadi bernilai. Nah, berikut ini berbagai macam keunggulan utamanya, antara lain:

  • Menyediakan backup otomatis yang bisa diatur jadwalnya
  • Bisa disimpan pada berbagai macam lokasi penyimpanan dan pada versi premium bisa lebih banyak lagi pilihan penyimpanannya
  • Proses backup dan restore bisa dengan mudah dilakukan dalam satu kali klik

WordFence Security

Berbicara mengenai sistem keamanan website, Anda perlu menggunakan plugin yang satu ini yaitu Wordfence Security. Wordfence Security merupakan semacam paket keamanan all in one untuk membantu mengamankan website Anda dari berbagai macam serangan online. plugin ini cukup populer dan banyak digunakan oleh developer website WordPress.

Plugin ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan banyak fitur keamanan dengan memuat Treat Defense Feed yang selalu diperbarui terus-menerus. Fitur keamanannya seperti WAF (Web Application Firewall), Malware Signature dan lain sebagainya. Ada pula fitur bantuan untuk melakukan blacklist ataupun whitelist terhadap alamat IP tertentu, memblokir pengguna dan negara tertentu, dan lainnya.

Plugin ini tersedia dalam versi gratis, sedangkan jika diupgrade ke versi premium semua pengguna akan mendapatkan plugin 2FA. Wordfence Security disarankan untuk pengguna website yang ingin menambahkan sistem keamanan secara komprehensif dari segala ancaman serangan online. Nah, keunggulan plugin ini dapat dijabarkan seperti berikut ini:

  • Plugin Wordfence Security bekerja dengan memperbarui informasi database dari ancaman serangan online
  • Membantu Anda melakukan pengawasan terus-menerus terhadap keamanan website
  • Melakukan identifikasi dan memblokir ancaman online yang muncul

Keyy Two Factor Authentication (2FA)

Untuk meningkatkan keamanan yang lebih kuat, Anda bisa menggunakan plugin Keyy Two Factor Authentication pada WordPress. Hal ini mungkin perlu dilakukan mengingat kejahatan dunia maya semakin banyak dan beragam, misalnya seperti percobaan hacking yang marak terjadi. Cara ini sudah banyak digunakan oleh developer website untuk perlindungan dan pengamanan ganda.

Cara kerja 2FA adalah dengan menyediakan verifikasi identitas Anda sebagai developer melalui smartphone atau perangkat pintar lainnya. Sesaat setelah proses install plugin ini berhasil, Anda dapat masuk atau melakukan log in website melalui smartphone yang ada dalam genggaman. Namun sebelumnya, jangan lupa untuk download aplikasinya terlebih dahulu.

Nah, pada aplikasi smartphone tersebut Anda dapat membuat pin dan merekam sidik jari. Saat ingin masuk/log in website, Anda tinggal buka aplikasi di smartphone dan arahkan ponsel pada kode yang muncul di layar. Banyak kemudahan dan kecanggihan yang Anda dapatkan, oleh sebab itu plugin ini disebut-sebut sebagai plugin tools keamanan yang terbaik.

Plugin ini tersedia dalam versi gratis dan berbayar, namun versi gratis nya juga sudah canggih can cukup membantu dalam meningkatkan keamanan website. Plugin ini sangat disarankan bagi developer yang peduli tentang keamanan website mereka. Berikut ini keunggulan dari plugin Keyy Two Factor Authentication (2FA), antara lain:

  • Mengamankan website Anda dari akses pengguna tak dikenal
  • Memudahkan Anda untuk mengakses semua website WordPress yang Anda miliki hanya dalam satu kali klik
  • Dapat menghapus opsi memasukkan password atau kata sandi saat membuka website melalui perangkat komputer/PC atau laptop
  • Memungkinkan Anda membuat dan menyimpan kunci digital 2048 bit RSA pada smartphone perangkat pintar lainnya.

NextGEN Gallery

Website yang bagus adalah yang mampu mengelola tampilannya sedemikian rupa sehingga pengunjung akan betah dan berlama-lama di sana. Tampilan memang menjadi salah satu daya tarik utama daripada hanya berisi konten tulisan yang membosankan. Jika Anda ingin membuat website terlihat lebih menarik dari segi visual, maka gunakanlah plugin NextGEN Gallery.

Plugin yang satu ini akan menampilkan gambar visual dengan metode yang modern. Back end maupun media library standarnya mampu mengelola media yang komprehensif. Anda juga bisa melakukan pengaturan terkait dengan pemilihan layout dan gaya desain dengan berbagai macam customized atau modifikasi sesuai keinginan.

Plugin ini bida Anda dapatkan secara gratis dan dapat pula diupgrade ke versi premium dengan berbagai macam fitur tambahan. Plugin NextGEN sangat direkomendasikan untuk developer yang ingin customized tampilan visualnya secara profesional. Keunggulan utamanya yaitu:

  • Menyediakan pengaturan gambar/visual berkualitas tinggi yang out of the box atau berbeda dari yang lain
  • Banyak sekali pilihan desain, layout, dan berbagai macam customized
  • Memungkinkan Anda lebih mengembangkan fungsi fitur pada versi premium

Nah, itulah beberapa pilihan plugin WordPress terbaik yang patut Anda install untuk melengkapi pengaturan website WordPress. semoga bermanfaat.

Leave a Comment