7 Perbedaan WordPress dan Blogspot

Anda tahu perbedaan WordPress dan Blogspot? Kali ini kita akan membahas perbedaan dua platform blogging ini. Bagi Anda yang hobi main blog pasti sudah tidak asing dengan platform WordPress dan Blogspot.

Keduanya memang sudah sangat sering digunakan oleh para blogger profesional ataupun mereka yang masih pemula. Keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

WordPress dan Blogspot tentunya dipilih oleh penggunanya masing-masing karena kerakteristik yang dimiliki oleh kedua platform tersebut. Apa perbedaan mendasar diantara keduanya akan dibahas lebih lanjut.

Mungkin bagi Anda yang baru akan mulai blogging masih merasa kebingungan menggunakan platform yang mana. Wajar jika masih merasa bingung terlebih jika Anda masih sangat baru dalam hal tersebut dan belum mengetahui apa perbedaan antara WordPress dan Blogspot.

Perbedaan Antara WordPress dan Blogspot

Ada beberapa perbedaan antara WordPress dan Blogspot

Tampilan

Blogspot

Template adalah hal mendasar ketika kita menggunakan blog. Pada Blogspot kita bisa dengan mudah dan bebas melakukan utak atik pada template yang akan digunakan. Hal tersebut disebabkan oleh adanya eksistensi HTML yang dimiliki oleh Blogspot yang memungkinkan template bisa diubah sesuai selera kita.

WordPress

Sedangkan ketika menggunakan platform WordPress kita tidak bisa melakukan perubahan pada template karena eksistensi yang digunakan adalah PHP. Template jenis ini hanya bisa diutak-atik oleh mereka yang sudah ahli saja sedangkan kalau Anda baru pemula hal tersebut akan sulit untuk dilakukan.

Jika Anda mengingkan blog dengan jenis template yang bisa diubah sesuai dengan selera yang paling tepat adalah Blogspot.

Fitur yang Ditawarkan

WordPress

Sebagai platform blog tentunya keduanya memiliki fitur dengan karakteristik masing-masing. Pada WordPress Anda akan bisa menemukan ketersediaan fitur yang cukup banyak. Jumlahnya bukan hanya puluhan saja melainkan sudah mencapai ratusan fitur yang ada pada WordPress. Fitur-fitur tersebut diberikan dalam bentuk plugin dan jika Anda ingin menambahnya tinggal download dan instal saja.

Blogspot

Sedangkan pada Blogspot ketersediaan fitur sangat terbatas jika dibandingkan dengan WordPress. Fitur pada Blogspot hanya terbatas saja karena hanya berkisar pada HTML yang sedikit jumlahnya. Jadi jelas dari ketersediaan fitur memang sangat berbeda antara WordPress dan Blogspot. Anda yang menginginkan pilihan fitur plugin yang beragam silahkan memilih WordPress.

Hosting

WordPress

Perbedaan antara WordPress dan Blogspot yang berikutnya adalah pada hostingnya. Kalau Anda menggunakan WordPress jangan terlalu berharap pada ketersediaan hosting gratisan karena memang jumlahnya sangat terbatas. Hosting gratis pada WordPress memang ada tetapi kapasitasnya sangat terbatas. Jika Anda ingin menambahnya maka harus menyewa pada pihak ketiga dan itu artinya membayar.

Blogspot

Berbeda dengan Blogspot, Anda bisa menggunakan hosting secara gratis dengan kapasitas yang tidak terbatas. Jadi Anda tidak harus membayar biaya apapun untuk melakukan hosting pada Blogspot. Memang dari segi efisiensi Blogspot lebih cocok digunakan oleh Anda yang baru belajar ngeblog atau blogger pemula. Hanya saja memang dari segi kenyamanan hosting Blogspot kurang jika dibandingkan dengan WordPress.

Kemampuan SEO

Jaman sekarang ini memang kebanyakan orang yang mencoba blogging adalah karena ingin menjadi blogger profesional. Atau dengan kata lain bisa mendapatkan penghasilan yang jumlahnya cukup lumayan dari blog miliknya. Memang sudah banyak orang yang berhasil menjadi blogger profesional dan berpendapatan tinggi tapi semua ada triknya dan tentu saja butuh proses yang tidak sebentar.

Paling tidak untuk bisa mendapatkan uang dari blog Anda harus bisa membuat konten yang SEO friendly. Dengan SEO yang tinggi pada konten maka blog Anda akan bisa menempatkan diri pada halaman teratas pencarian Google. SEO akan mengoptimalkan kemampuan konten Anda untuk lebih mudah ditemukan dan dibaca oleh pengguna internet.

WordPress

Nah, kalau bicara tentang kemampuan SEO ada pendapat yang mengatakan bahwa menggunakan platform WordPress akan lebih optimal. Masih menurut pendapat kebanyakan orang kelebihan SEO pada WordPress disebabkan karena plugin yang ada didalamnya. Tetapi apakah pendapat tersebut memang sesuai dengan fakta?

Blogspot

Jawabannya adalah keduanya baik WordPress ataupun Blogspot memiliki kemampuan yang setara atas SEO. Hanya saja memang seseorang yang dari awal berniat untuk menjadikan blogger sebagai profesinya lebih banyak menggunakan WordPress. Jadi memang biasanya orang mengggunakan platform WordPress untuk sebagai pondasi untuk membangun sebuah blog yang profesional.

Kemudahan Dalam monetize

Sekarang kita akan melihat perbedaan WordPress dan Blogspot dari segi kemudahan melakukan monetize. Apakah yang disebut dengan monetize itu? monetize adalah menguangkan atau bisa dikatakan juga sebagai metode yang harus dijalankan agar bisa menghasilkan uang dari konten dalam sebuah blog atau situs website.

Blogspot

Lalu yang manakah dari kedua platform blog tersebut yang lebih mudah untuk melakukan monetize, apakah WordPress ataukah Blogspot? Kalau berbicara mana yang lebih mudah memang Blogspot jawabannya. Mengapa demikian? Karena di dalam  platform Blogspot tersebut sudah tersedia menu HTML Java Script yang mana Anda tinggal memasangkan kode  iklan saja disana. Begitu juga untuk Google Adsense akan lebih mudah dilakukan dengan Blogspot.

WordPress

Sedangkan kalau Anda menggunakan platform WordPress untuk blogging akan sedikit ribet kalau akan melakukan monetize. Ada tahapan yang harus Anda lakukan sebelum bisa mendapatkan uang dari konten blog tersebut. Pertama Anda harus merubah domain menjadi blog TDL yaitu blog dengan akhiran dotcom (.com), dotnet (.net),dotinfo (.info) yang sejenisnya. Setelah itu baru ikuti petunjuk dalam pemasangan iklan dalam blog. Sedikit ribet dan membutuhkan ketelatenan.

Jadi perbedaan dalam hal monitaze untuk Blogspot memang lebih unggul dan mudah untuk dilakukan. Sedangkan blog dengan platform WordPress membutuhkan tahapan dan waktu yang lebih lama untuk bisa memasang iklan.

Kontrol Pada Blog

Selanjutnya akan kita bahas perbedaan WordPress dan Blogspot dari segi kontrol pada blog. Dengan WordPress memang Anda sebagai pemilik atau pengelola blog akan lebih leluasa dalam melakukan kontrol. Hal itu dikarenakan WordPress menggunakan open source dalam sistemnya yang memungkinkan Anda untuk menambahkan fitur-fitur tertentu. Dan hal tersebut cukup mudah dilakukan tinggal pasang plugin sesuai dengan fitur yang Anda butuhkan.

Sedangkan pada Blogspot kontrol kita sebagai pemilik blog bisa dikatakan sangat terbatas. Itu disebabkan oleh jumlah tools yang juga terbatas yang disediakan oleh Blogspot tidak seperti pada WordPress. Sebagai contoh keterbatasan adalah Anda tidak bisa membuat struktur pada permalink seperti yang Anda inginkan karena pasti akan mengikuti permalink bawaan atau default.

Keamanan Blog

Lebih aman manakah menggunakan WordPress atau Blogspot? Jawabannya adalah WordPress. Mengapa? Tingkat keamanan pada WordPress lebih bagus dibandingkan dengan Blogspot karena adanya pembaruan pada script secara berkala. Hal tersebut tidak dilakukan oleh Blogspot. Kontrol keamanan pada WordPress bisa sepenuhnya berada di tangan Anda dengan memasang dan menggunakan pilihan plugin yang ada disana.

Kelebihan dan Kekurangan WordPress

Setelah membahas mengenai perbedaannya, anda mungkin selanjutnya ingin mempelajari lebih dalam mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh WordPress. Saya telah menyiapkan artikel khusus untuk itu.

Berikut ini adalah artikel tentang kelebihan WordPress :

Dan berikut ini adalah artikel tentang kekurangan WordPress :

Itulah beberapa perbedaan WordPress dan Blogspot berikut dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Semoga bisa menambah referensi mana yang lebih sesuai untuk blog Anda.

Leave a Comment