projasaweb logo

Perbedaan Universal Analytics Dan Google Analytics 4

Estimasi Waktu Baca 5 Menit

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai beberapa perbedaan Universal Analytics dan Google Analytics 4. Analytics merupakan juga merupakan salah satu pondasi dalam Digital Marketing dan SEO.

Google Analytics pertama kali dirilis pada tanggal 14 November 2005, dan sejak itu Universal Analytics telah digunakan. Memang telah ada beberapa kali perubahan. Tapi itu tidaklah signifikan.

Google Analytics 4 dirilis pada 14 Oktober 2020. Sejak saat itu properti Google Analytics 4 (sebelumnya dikenal sebagai properti “Web App”) kini menjadi default saat Anda membuat properti baru.

Perlu Anda ketahui bahwa Google Analytics 4 bukanlah sebuah pembaharuan atau update dari Universal Analytics. Ini merupakan produk yang benar-benar baru, sehingga banyak yang tidak siap dengan perubahan besar ini.

Nah, tanpa berlama-lama, kita langsung masuk ke pembahasannya.

Perbedaan Universal Analytics Dan Google Analytics 4

Perbedaan Universal Analytics Dan Google Analytics 4

Ada cukup banyak perbedaan yang dapat Anda temukan. Berikut ini beberapa di antaranya.

Model Pengukuran

Universal Analytics (GA3) menggunakan model pengukuran yang didasarkan pada sesi (session) dan tampilan halaman (view).

Sedangkan Google Analytics 4 (GA4) menggunakan model pengukuran yang didasarkan pada kejadian (event) dan parameternya. Di GA4 bahkan ‘pageview’ dianggap sebagai event.

Setiap aktivitas yang dilakukan oleh pengguna di GA4 akan dianggap sebagai event dan event ini akan
memiliki informasi yang lebih detail yang tersimpan dalam parameter.

Katakanlah kita melacak ‘pageview’ sebagai event, kemudian event pageview ini memiliki parameter judul halaman, lokasi pengguna, dll.

Model data berdasarkan event pada GA4 menawarkan lebih banyak fleksibilitas jika dibandingkan dengan Universal Analytics. Hal ini memungkinkan sistem pelacakan terpadu untuk web dan aplikasi tanpa keterikatan pada URL.

Hilangnya ketergantungan kepada session bisa menjadi hal yang aneh, karena kita sudah terbiasa untuk berfikir dan mendefinisikan semua pengukuran menggunakan session.

Event

Pada Universal Analytics, event didefinisikan sebagai interaksi pengguna dengan konten selain pemuatan halaman (pageview). Kemudian, setiap event memiliki komponen-komponen berikut.

  • Category
  • Action
  • Label (optional)
  • Value (optional)

Misalnya, Anda dapat membuat tombol “play” video di situs Anda sehingga dapat mengirimkan data sebagai berikut:

  • Category: “Videos”
  • Action: “Play”
  • Label: “Baby’s First Birthday”

Pada Google Analytics 4, event diartikan sebagai interaksi pengguna dengan situs atau aplikasi Anda. Event dapat memiliki parameter hingga 25 dalam satu event. Jadi jauh lebih fleksibel.

Hit

Pada Universal Analytics, Hit adalah interaksi yang menghasilkan data yang dikirim ke Analytics. Setiap perilaku pengguna seperti memuat halaman situs web, klik pada tombol dan yang lain dapat memicu Hit.

Google Analytics mencatat semua aktivitas tersebut. Setiap interaksi dikemas menjadi hit dan dikirim ke server Google. Berikut ini beberapa jenis Hit :

  • page tracking hits
  • event tracking hits
  • ecommerce tracking hits
  • social interaction hits

Pada Google Analytics 4, tidak dikenal istilah Hit. Oleh karena itu, ini seperti pendefinisian ulang semua interaksi yang terjadi. Berikut ini tabel perbandingan Hit yang mungkin lebih mudah Anda pahami.

Universal Analytics (hit type)Google Analytics 4
Page ViewEvent
EventEvent
SocialEvent
Transaction/e-commerceEvent
User timingEvent
ExceptionEvent
App/screen viewEvent
Perbedaan Universal Analytics dan Google Analytics 4

Limitasi Hit

Untuk Universal Analytics, Google menetapkan batasan atau limitasi jumlah Hit yang dapat direkam yaitu sebanyak 10 juta Hit per bulan per akun.

Sedangkan Google Analytics 4 tidak mengenai istilah Hit, sehingga tidak ada batasan berapa banyak yang dapat direkam dalam satu bulan.

Saya pribadi sudah mencoba mencari informasi mengenai batasan ini. Yang saya temukan hanyalah batasan jumlah jenis event yang dapat direkam yaitu 500 jenis event. Tapi saya tidak menemukan batas jumlah event yang dapat direkam.

Data Sampling

Paga Universal Analytics laporan default tidak menggunakan pengambilan sampel sama seperti Google Analytics 4. Tapi pada GA3, jika Anda menerapkan laporan ad-hoc maka data tersebut ada diambil sampelnya.

Laporan ad-hoc maksudnya jika Anda mengubah laporan default dengan beberapa cara, misalnya, dengan menerapkan segmen, filter, atau dimensi sekunder.

Atau jika Anda membuat laporan khusus dengan kombinasi dimensi dan metrik yang tidak ada dalam laporan default, Anda menghasilkan kueri ad-hoc untuk data Analytics.

Pada GA3, akan muncul ikon perisai berwarna jingga jika data yang digunakan adalah data sampel. Ikon tersebut akan berubah menjadi hijau jika data yang digunakan bukan sampel. Hal yang serupa juga terjadi pada GA4. Tapi pada GA4 ikonnya berbentuk kertas.

data sampling universal analytics
data sampling Universal Analytics

Berikut ini ketentuan data samplingnya.

Pada Universal Analytics batas datanya adalah 500 ribu sesi di tingkat properti untuk rentang tanggal yang Anda gunakan. Jika melebihan batas tersebut maka akan digunakan data sampel.

Sedangkan pada pengguna Analytics 360, batasnya adalah 100 juta sesi di tingkat tampilan untuk rentang tanggal yang Anda gunakan.

Dalam beberapa keadaan, Anda mungkin melihat lebih sedikit sesi yang diambil sampelnya. Hal ini dapat disebabkan oleh kerumitan penerapan Analytics Anda, penggunaan filter tampilan, kerumitan kueri untuk segmentasi, atau beberapa kombinasi dari faktor-faktor tersebut.

Dalam kasus Google Analytics 4, laporan default (laporan standar) selalu tanpa sampel. Anda dapat menerapkan perbandingan dan parameter khusus ke laporan Anda dan semua laporan akan tetap tidak diambil sampelnya.

tab explore google analytics 4
tab explore Google Analytics 4

Hanya laporan lanjutan di tab ‘Explore’ yang terkadang menggunakan data sampel. Secara umum, pengambilan sampel terjadi dalam pelaporan lanjutan saat jumlah data melebihi 10 juta dan laporan yang Anda buat bukan replika (mirip) dengan laporan standar.

Retensi Data Pengguna

Google Analytics memiliki fitur ‘Retensi data pengguna dan peristiwa’. Dengan fitur ini anda dapat menyetel lama waktu Google Analytics menyimpan data khusus pengguna.

Data pengguna yang dimaksud adalah data yang dikaitkan dengan cookie, user identifiers, dan .advertising identifiers. untuk pengguna situs web yang tidak aktif, sebelum otomatis menghapusnya.

retensi data GA3
retensi data GA3


Pada GA3, Anda dapat mengatur waktu ke 14 bulan . 26 bulan , 38 bulan , 50 bulan atau bahkan tidak melakukan penghapusan otomatis sama sekali.

retensi data GA4
retensi data GA4

Sedangkan pada GA4, hanya terdapat dua pilihan yaitu 2 bulan dan 14 bulan.

Perhatikan bahwa setelan retensi data tidak memengaruhi laporan gabungan standar di properti Google Analytics 4 Anda. Setelan retensi data hanya memengaruhi laporan Eksplore.

Integrasi

Untuk kemampuan integrasi dengan berbagai produk Google, maka Universal Analytics memiliki keunggulan. Ada banyak produk Google yang dapat diintegrasikan dengan Universal Analytics.

integrasi universal analytics
integrasi Universal Analytics

Beda halnya dengan Google Analytics 4. Hingga saat artikel ini ditulis, integrasi yang tersedia hanya tiga.

integrasi google analytics 4
integrasi Google Analytics 4

Tapi itu bukanlah masalah, karena saya yakin dalam waktu dekat Google akan menyediakan integrasi yang lain agar dapat segera digunakan.

Jika anda memiliki pertanyaan, saran atau kritik sekalipun, jangan sungkan untuk menuliskan dikolom komentar ya, agar saya dapat melakukan perbaikan.

Demikianlah artikel tentang Perbedaan Universal Analytics dan Google Analytics 4. Semoga bermanfaat

Photo of author

Kanada Kurniawan

Merupakan founder dari Projasaweb. Aktif menulis tentang SEO, SEM dan Social Media serta perkembangan terbaru digital marketing.
Photo of author

Kanada Kurniawan

Merupakan founder dari Projasaweb. Aktif menulis tentang SEO, SEM dan Social Media serta perkembangan terbaru digital marketing.

Tinggalkan komentar

Support Kami Dengan Berbagi

Berbagi itu mudah dan dapat menebar manfaat untuk lebih banyak orang
SAYA TIDAK TERTARIK
This window will automatically close in 20 seconds