Perbedaan Pemasaran dan Penjualan di Dalam Dunia Usaha

Dalam dunia bisnis, orang sering kali bingung dengan perbedaan pemasaran dan penjualan. Padahal dalam prosesnya, pemasaran dan penjualan adalah dua hal yang berbeda namun saling mendukung. Pemasaran yang bagus akan menyebabkan penjualan yang bagus juga untuk perusahaan.

Pengertian Pemasaran dan Penjualan

Sebelum mendalami mengenai perbedaan pemasaran dan penjualan, ada baiknya untuk memahami pengertian dari pemasaran dan penjualan.

Pemasaran adalah kegiatan untuk memperkenalkan atau memasarkan sebuah produk ke pasar agar dikenal oleh masyarakat luas. Dalam prosesnya, perusahaan juga akan memberikan informasi dan manfaat dari produk tersebut agar dapat diketahui calon pembeli. Kegiatan pemasaran dilakukan untuk mencapai tujuan dan target yang telah ditentukan oleh perusahaan.

Sedangkan penjualan adalah proses kegiatan dimana produk berpindah kepemilikan dari perusahaan ke orang lain. Pada perusahaan yang sudah besar, biasanya proses penjualan dibantu oleh salesman. Sedangkan fungsi dari proses penjualan adalah untuk menjual produk dan memberikan pemasukan untuk perusahaan. Biasanya setiap usaha memiliki target penjualan minimal untuk mendapatkan keuntungan.

Perbedaan Pemasaran dan Penjualan

Pada dasarnya penjualan dan pemasaran adalah dua kegiatan yang berbeda. Meskipun berdiri sendiri, kedua kegiatan tersebut saling mendukung dan saling membutuhkan. Untuk mendapatkan penjualan yang bagus, dibutuhkan kegiatan pemasaran yang bagus juga. Namun, jika tidak ada produk yang dijual, maka tidak ada yang bisa dipasarkan.

Untuk lebih memahami perbedaan masing-masing kegiatan, berikut adalah perbedaan pemasaran dan penjualan secara lebih mendetail:

1. Fokus Produk & Kebutuhan Konsumen

Salah satu perbedaan utama dari kedua kegiatan tersebut adalah titik fokusnya. Pada proses penjualan, fokusnya adalah pada produknya, agar produk dapat terjual. Sedangkan pada proses pemasaran, titik fokusnya ada pada informasi dan kebutuhan konsumen. Jadi, pemasaran dilakukan untuk memperkenalkan produk yang dibutuhkan oleh para konsumen.

2. Hubungan ke Konsumen

Pada umumnya, proses penjualan melibatkan hubungan satu orang dengan orang lainnya. Jadi, seorang salesman akan menjual sebuah produk kepada orang lain. Hal ini berbeda dengan pemasaran, dimana yang melaksanakan kegiatan pemasaran hanya satu orang. Namun yang menerima informasi dari proses ini adalah banyak orang.

3. Periode Waktu

Perencanaan penjualan memiliki periode yang lebih pendek dibandingkan dengan pemasaran. Pada umumnya, penjualan memiliki target yang berbeda-beda setiap bulannya, tergantung dengan kebutuhan perusahaan. Sedangkan pemasaran dibuat dalam jangka waktu yang lebih lama karena targetnya lebih panjang. Namun, kedua perencanaan dapat berubah sesuai dengan kondisi perusahaan.

4. Media yang Digunakan

Perbedaan lain yang ada pada kedua kegiatan tersebut adalah media yang digunakan untuk menunjang proses. Dengan perkembangan teknologi, penjualan saat ini dapat dilakukan dengan media atau sebuah aplikasi. Namun, sebagian besar perusahaan masih menggunakan manusia atau orang untuk mendukung proses penjualan.

Berbeda dengan proses pemasaran dimana kegiatannya lebih banyak didukung oleh media. Saat ini, teknologi dan internet sudah sangat canggih sehingga sangat membantu proses pemasaran sebuah usaha.

5. Push & Pull

Tujuan dari proses penjualan adalah untuk mendorong sebuah produk agar dibeli oleh konsumennya. Oleh karena itu, penjual akan mencoba meyakinkan pembeli dengan segala kelebihan dan manfaat dari produk tersebut. Sedangkan untuk pemasaran, strateginya adalah pull, dimana tujuannya adalah menarik pelanggan untuk melihat produk.

6. Pemasukan & Pengeluaran

Kedua kegiatan bertujuan untuk menghasilkan pemasukan untuk perusahaan. Namun ketika menjalankan proses pemasaran, perusahaan harus mengeluarkan dana untuk memasarkan produk. Efeknya adalah produk dapat diketahui di pasaran oleh masyarakat. Hal ini berbanding terbalik dengan penjualan dimana kegiatan ini mendapatkan pemasukkan.

Mana yang Lebih Penting? Penjualan atau Pemasaran?

Sekarang sudah jelas, bahwa ada perbedaan pemasaran dan penjualan itu ada. Hanya saja, jika ada pertanyaan mana yang lebih penting antara penjualan dan pemasaran, jawabannya tidak ada. Kedua kegiatan sangat penting dalam sebuah bisnis terutama untuk mendapatkan keuntungan. Sebuah perusahaan membutuhkan teknik pemasaran yang bagus agar produknya dapat dikenal oleh masyarakat.

Selain Teknik pemasaran yang bagus, juga dibutuhkan Teknik penjualan yang kuat agar produk dapat terjual dalam jumlah yang tinggi. Jadi, kedua kegiatan tidak dapat dipisahkan karena saling mendukung untuk mendapatkan hasil yang optimal. Oleh karena itu, pastikan untuk membuat perencanaan pemasaran dan penjualan yang baik di dalam sebuah bisnis.