Perbedaan Distributor dan Reseller

Tahukah anda perbedaan distributor dan reseller? Sejak jual beli online menjadi trending dan banyak dilakukan masyarakat, kita menjadi akrab dengan istilah seperti distributor dan reseller. Bahkan mungkin banyak di antara kita yang memilih profesi sebagai seorang distributor ataupun reseller. Kedua pekerjaan tersebut sebenarnya cukup menjanjikan hasilnya dan mudah dilakukan oleh siapa saja.

Satu hal yang perlu diketahui sebelum melakukan pekerjaan sebagai distributor ataupun reseller adalah apa yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya. Distributor dan reseller merupakan 2 tingkatan yang berbeda yang nantinya juga akan berpengaruh pada besarnya penghasilan. Tugas dan tanggung jawab pada level yang lebih tinggi tentu saja wajar kalau hasilnya lebih banyak.

Untuk membantu Anda memahami apa dan bagaimana sebenarnya distributor dan reseller itu silahkan simak penjelasan berikut ini.

Perbedaan Distributor dan Reseller

Apakah Itu Distributor?

Secara umum pengertian atau definisi dari distributor yaitu :

  • Pihak yang membeli produk tertentu dari produsennya secara langsung atau tangan pertama.
  • Distributor bisa dilakukan secara perorangan ataupun berupa perusahaan.
  • Barang yang dibeli oleh distributor merupakan produk yang sudah jadi yang akan dijual kembali pada perantara.
  • Distributor tidak menjual ecer langsung kepada konsumen atau end user.
  • Barang atau produk dari distributor akan dijual atau diteruskan ke toko dan retail oleh perantara.
  • Distributor bisa menjual beberapa jenis produk secara bersamaan.

Keuntungan menjadi distributor diperoleh dari harga yang didapatkannya langsung dari produsen. Ketika distributor menjualnya kembali kepada perantara pastinya akan ada selisih harga yang lumayan. Kita mengenal harga distributor sebagai harga pabrik. Makin banyak produk yang bisa dijual distributor maka akan semakin banyak laba yang akan didapatkan.

Apakah Itu Reseller?

Beda lagi dengan pengertian dari reseller. Mungkin jenis pekerjaan inilah yang paling banyak dijalani oleh para ibu rumah tangga ataupun mahasiswa untuk menambah penghasilan. Lalu apa yang dimaksud dengan reseller sebenarnya? Pengertian dari reseller adalah :

  • Pihak yang menjual produk langsung kepada konsumen sebagai pengguna produk atau diistilahkan sebagai end user.
  • Reseller adalah pekerjaan yang banyak dilirik dan dilakukan oleh banyak kalangan karena memang tidak butuh modal yang besar.
  • Pada dasarnya modal yang diperlukan hanyalah smartphone, jaringan internet, dan gambar-gambar contoh produk yang menarik.

Tabel Perbedaan Reseller dan Distributor

Berdasarkan penjelasan di atas maka bisa disimpulkan bahwa perbedaan distributor dan reseller terdapat pada poin berikut ini :

PerbedaanDistributorReseller
Distribusi Produk dan penjualannya§   Membeli produk langsung dari produsen dan menjualnya kepada perantara bukan kepada konsumen atau pengguna produk tersebut (end user).§   Reseller menjual produk atau barang langsung kepada konsumen (end user).
Kebutuhan modal§   Biasanya membutuhkan modal cukup besar.§   Reseller tidak butuh modal yang besar.

Demikianlah pembahasan mengenai perbedaan distributor dan reseller, semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Share via