Perbedaan Artikel dan Makalah

Dalam dunia penulisan ada banyak sekali jenis yang dimiliki, beberapa yang populer diantaranya adalah artikel dan juga makalah. Keduanya merupakan karya tulis yang paling sering ditulis dan dipublikasikan. Meskipun begitu masih banyak yang tidak mengetahui perbedaan artikel dan makalah secara keseluruhan.

Pengertian Artikel

Artikel merupakan karangan bersifat faktual dengan tujuan pembuatannya yakni menyampaikan ide, opini, ataupun gagasan, serta fakta dari penulis ke pembaca. Semua hal tersebut harus dijabarkan dengan meyakinkan, dan mampu mendidik juga menghibur disaat yang bersamaan. Biasanya dibuat untuk diterbitkan di Koran, majalah, dsb.

Ciri-Ciri Artikel

Setelah membaca pengertiannya, maka kali ini akan dibahas terkait dengan ciri-ciri artikel. Untuk mengenali ciri-ciri artikel ini sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Karena dilihat dari pengertiannya saja seseorang bisa mengklasifikan ciri-cirinya dengan mudah yang diantaranya :

1. Bentuk Artikel Singkat

Artikel biasanya merupakan karya tulis singkat yang isi materinya dipadatkan sedemikian rupa. Meskipun dipadatkan, tapi isi artikel tetap jelas, tuntas dan juga bisa dipahami dengan baik oleh pembacanya.

2. Isi Berdasarkan Fakta

Di dalam artikel semua isi yang disampaikan sifatnya merupakan fakta dan bukannya mitos ataupun fakta. Semua yang dipaparkan haruslah sebuah kebenaran yang sudah dipastikan.

3. Sifatnya Informatif dan Faktual

Karena merupakan sebuah fakta yang disampaikan, maka sifat dari artikel ini adalah informatif dan juga factual. Informasi yang disampaikan diungkapkan berdasarkan suatu penelitian serta bisa dipertanggungjawabkan.

4. Penulisan Artikel Menggunakan Bahasa Baku

Ciri artikel selanjutnya adalah penulisan artikel menggunakan bahasa baku. Dengan kalimat penulisannya bersifat logis, lugas, denotatif serta efektif. Sehingga enak untuk dibaca dan mudah dipahami.

5. Metode Penulisan Sistematis

Penulisan artikel menggunakan metode yang sistematis dan rapi. Artikel memiliki sifat yang terstruktur sehingga pembahasannya diurut dari pembahasan utama. Hal ini dilakukan agar artikel mudah untuk dibaca dan bisa dipahami dengan baik oleh pembaca.

6. Mengandung Opini dan Analisis

Meskipun mengandung fakta, tapi tidak melepas bahwa akan ada beberapa opini ataupun analisis di dalamnya. Walaupun begitu semua opini dan analisis ini harus berdasarkan data dan teori pendukung yang valid.

Tujuan Penulisan Artikel

Artikel ini memiliki beberapa tujuan dari penulisannya. Dimulai dari memberikan informasi, ataupun untuk memenuhi suatu tugas dari program studi tertentu. Adapun tujuan dari penulisan artikel diantaranya :

  • Untuk memberikan informasi kepada pembaca mengenai sesuatu bisa berupa barang, keadaan, ataupun seseorang
  • Tujuan penugasan, yakni seseorang diharuskan untuk mengumpulkan tulisan berupa artikel sebagai tugasnya,
  • Membujuk seseorang, biasanya ini adalah artikel persuasi yang di dalamnya berisi tentang ulasan suatu hal. Lalu di dalam kalimatnya ditambahkan kalimat bujukan untuk mempengaruhi konsumen.
  • Artikel juga memiliki tujuan penulisan untuk menghibur para pembaca
  • Sebagai penyaluran sebuah opini, gagasan, maupun ide kreatif agar bisa dibaca dan diapresiasi
  • Artikel juga bisa digunakan untuk memecahkan permasalahan dari pembacanya
  • Memiliki tujuan untuk menegaskan bahwa penulis ada atau menekankan eksistensi diri.

Pengertian Makalah

Sebuah karya tulis yang berisikan tema ataupun topik tertentu dan merupakan karya tulis ilmiah. Biasanya makalah ini dibuat dengan tujuan untuk memenuhi tugas studi tertentu ataupun merupakan hasil dari penelitian. Di dalamnya akan ada ruang lingkup permasalahan, pembahasan, serta kesimpulan dari pembahasan.

Ciri-Ciri Makalah

Perbedaan artikel dan makalah selanjutnya bisa dilihat dari ciri-ciri yang dimiliki oleh makalah. Beberapa ciri-ciri dari makalah sebenarnya bisa dengan mudah diidentifikasi jika melihat dari pengertiannya. Adapun beberapa ciri-ciri makalah diantaranya :

1. Akurat dan Menyeluruh

Makalah merupakan karya tulis ilmiah yang berisikan fakta-fakta maupun opini dan gagasan. Semua fakta-fakta tersebut haruslah bersifat akurat, dan tidak hanya itu saja fakta tersebut juga harus lengkap dan juga tuntas pembahasannya. Sehingga diusahakan pembahasannya tidak bersifat setengah-setengah.

2. Seimbang

Karena sifat dari karya ilmiah ini adalah objektif, maka pembahasan yang dikemukakan haruslah bersifat seimbang. Sudut pandang dari berbagai sisi harus diangkat dan diungkapkan secara berimbang, serta tidak boleh ada ketimpangan.

3. Memiliki Sumber yang Dapat Dipercaya

Makalah adalah karya tulis ilmiah yang sumber dan bahan tulisanya bisa didapatkan dari berbagai bahan bacaan. Meskipun begitu untuk sumber ini haruslah sumber yang sifatnya bisa dipercaya, dan harus dicantumkan ke dalam makalah.

4. Tertata Dengan Baik

Makalah punya pola penulisan yang sudah terstruktur, sehingga penulisannya harus tertata dengan baik. Adapun sistematika penulisan dari makalah yakni,

  • Bab I pendahuluan
  • Bab II pembahasan
  • Bab III penutup
  • Daftar Pustaka
  • Lampiran

5. Merupakan Hasil Laporan

Dalam pengertiannya disebutkan bahwa makalah dibuat untuk tujuan memenuhi tugas tertentu. Tugas tersebut biasanya merupakan penelitian yang hasilnya dijadikan sebuah laporan dan dibentuk menjadi makalah.

6. Menunjukkan Pemahaman Teori

Dalam makalah penulis juga akan mendemonstrasikan kepada pembaca tentang pemahaman teori. Selain itu penulis juga akan memaparkan kemampuan bagaimana caranya menerapkan prosedur-prosedur yang ada hubungannya dengan permasalahan.

Tujuan Penulisan Makalah

Terakhir yang menjadi pembahasan dari perbedaan artikel dan makalah adalah tujuan dari penulisan makalah. Tentu saja tujuan penulisan ini berbeda dengan artikel, meskipun tidak jarang ditemukan kesamaan. Adapun tujuan penulisan tersebut, diantaranya.

  • Memberikan hasil terkait penelitian yang sebelumnya sudah dilakukan dan menyebarluaskannya
  • Menambah wawasan dan sumber bahan penulisan untuk pembaca
  • Untuk mempelajari bagaimana penelitian dilakukan
  • Sebagai hasil tulisan untuk memenuhi tugas yang diberikan untuk suatu program studi tertentu
  • Sarana pemecahan masalah dari sebuah penelitian

Ternyata perbedaan artikel dan makalah lumayan banyak dan sangat terlihat bahkan secara sekilas. Sehingga sekarang sudah tidak perlu lagi merasa bingung bagaimana membedakannya, apalagi sampai tertukar antara satu dan yang lainnya. Jadi sistem penulisannya juga bisa lebih rapi dan sesuai dengan aturannya.

Leave a Comment