Perbedaan Artikel dan Jurnal

Ketika membaca sebuah tulisan, orang sering kali tidak menyadari apa yang sedang dibaca. Salah satu jenis yang seringkali dirasa sama namun sebenarnya berbeda adalah artikel dan jurnal. Artikel dan jurnal merupakan dua macam tulisan yang berbeda. Namun, apakah perbedaan artikel dan jurnal yang perlu diketahui ketika membaca atau ingin membuat sebuah tulisan?

Sebelum mengetahui perbedaan artikel dan jurnal, maka ketahui terlebih dulu pengertian dari masing-masing tulisan. Artikel adalah sebuah tulisan yang bertujuan untuk menginformasikan pembaca mengenai sebuah topik yang juga didukung dengan data.

Sedangkan jurnal adalah sebuah tulisan yang berisi artikel informatif dan akademis mengenai sebuah topik yang diterbitkan secara periodik. Jurnal seringkali digunakan untuk kebutuhan akademis sehingga harus selalu update dan diterbitkan secara berkala.

Macam-macam Jenis Artikel & Jurnal

Salah satu perbedaan artikel dan jurnal adalah jenis dari masing-masing tulisan. Orang seringkali membaca artikel, namun tidak mengetahui jenis artikel atau jurnal yang sedang dibaca. Oleh karena itu, agar lebih paham mengenai perbedaannya, berikut adalah jenis-jenis artikel dan jurnal:

1. Artikel Penelitian

Artikel penelitian adalah sebuah tulisan yang mencakup mengenai sebuah penelitian. Oleh karena itu, artikel ini biasanya dibuat dengan sistematik dan terstruktur rapi. Artikel ini akan memiliki judul hingga sub bab dan kesimpulan di akhir artikelnya.

Penulisan ilmiah juga tidak semudah yang dibayangkan karena ada persyaratan dan ketentuan dalam penulisannya. Salah satunya adalah waktu penulisan artikel yang tepat, apakah sebaiknya dilakukan sebelum laporan teknik atau sesudah laporan teknik.

Apabila artikel ditulis pada saat sebelum laporan teknik, maka tujuan utamanya adalah mencari masukan dan solusi untuk pembahasan tersebut. Lain halnya dengan artikel ketika dibuat setelah laporan teknikal, karena artikel akan menginformasikan hasilnya.

2. Artikel Non-Penelitian

Tulisan pada koran maupun majalah yang tidak berhubungan dengan laporan sebuah penelitian dapat dikelompokkan menjadi artikel non penelitian. Jenis tulisan ini dapat ditemukan dalam majalah maupun koran dan bacaan lainnya.

Penulisan artikel non penelitian sebenarnya tidak jauh berbeda dengan format artikel penelitian. Hanya saja lebih mudah karena tidak menggunakan penomoran angka dan abjad. Selain itu, data yang dibutuhkan untuk menulis artikel non penelitian tidak sebanyak artikel penelitian.

3. Professional Jurnal

Pernah membaca The Media Week atau The Media Seller? Jika pernah, itulah yang dinamakan dengan Professional Jurnal. Jurnal jenis ini ditulis dengan khusus untuk kepentingan update atau menginformasikan sebuah update baru. Hal-hal yang dikupas dalam artikel tersebut bisa berisi review sebuah produk, pendapat bahkan hanya sekedar kutipan.

Karena tujuan dari jurnal ini tujuannya menginformasikan suatu hal baru, jurnal ini diterbitkan secara rutin dan update. Jadi, jika ingin terupdate dengan informasi dan produk baru, maka wajib membaca jurnal jenis ini.

4. Popular Jurnal

Apabila ingin membaca sebuah jurnal yang lebih santai dan tidak terlalu berat maka bacalah popular jurnal. Jenis jurnal ini biasanya berisi mengenai cerita fitur maupun kutipan para orang-orang terkenal. Selain memiliki tujuan menginformasikan, popular jurnal juga bertujuan untuk menghibur pembaca ketika membaca jurnal tersebut.

5. Scholarly Journal

Bagi yang bekerja di bidang akademik, pasti sudah tidak asing dengan pemakaian scholarly jurnal. Jurnal ini merupakan jurnal yang paling banyak diketahui dan digunakan oleh orang untuk mendapatkan pengetahuan baru soal sebuah ilmu. Karena itu, jurnal ini harus didukung dengan data yang aktual serta kuat. Bahkan perlu melakukan validasi untuk memastikan data yang digunakan benar.

Untuk bisa mendapatkan jurnal ini, biasanya pembaca harus mengunduhnya dari situs resmi untuk jurnal. Karena jurnal ilmiah biasanya tidak dipublikasikan secara gratis di internet.

Perbedaan Artikel & Jurnal

Dari penjelasan diatas, bisa diketahui bahwa dari jenisnya saja sudah jurnal dan artikel berbeda. Namun, keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu menginformasikan sebuah topik kepada pembaca. Jika dibaca secara teliti, artikel merupakan salah satu bagian dari jurnal.

Jadi, setiap jurnal akan memiliki artikel di dalamnya yang mengulas informasi mengenai sebuah topik. Jumlah artikelnya bisa beragam tergantung pada kebutuhan jurnal tersebut. Namun jurnal tidak ada dalam artikel, melainkan bisa digunakan sebagai data pendukung untuk menulis artikel.

Untuk membuat sebuah jurnal yang bagus dan valid, maka dibutuhkan artikel yang bagus pula. Karena artikel akan dibuat menjadi isi jurnal yang dibaca oleh para pembaca. Sedangkan untuk bahasa yang digunakan jurnal biasanya berbentuk lebih resmi sehingga menggunakan bahasa yang resmi dan ilmiah.

Meskipun memiliki perbedaan, namun jurnal dan artikel memiliki banyak kesamaan seperti cara penulisannya. Penulisan artikel maupun jurnal yang benar pasti akan menggunakan struktur yang sistematis dan jelas agar mudah dipahami.

Itulah perbedaan artikel dan jurnal yang perlu diketahui bagi yang ingin menulis atau sekedar membaca. Dengan mengetahui perbedaannya, maka proses penulisan dan pencarian artikel maupun jurnal pun akan lebih mudah.