Perbedaan Artikel dan Berita

Masih banyak orang yang belum bisa membedakan antara artikel dan berita. Keduanya memang tampak mirip namun sebenarnya terdapat beberapa hal yang membedakannya. Nah supaya tidak salah lagi, pada kesempatan ini akan dibahas mengenai perbedaan artikel dan berita. Supaya tidak bingung dan semakin penasaran langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.

1. Ditinjau Dari Definisi nya

Salah satu cara paling mudah untuk membedakan artikel dan juga berita adalah dilihat dari definisinya. Artikel merupakan sebuah karangan faktual yang didalamnya terdapat gagasan atau ide penulis nya. Biasanya artikel akan dipublikasikan baik dalam media cetak maupun elektronik.

Sementara itu, berita adalah sebuah informasi terkait sesuatu hal yang sedang hangat terjadi. Berita ini harus dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya dan juga harus memenuhi kriteria penulisan 5W + 1 H. Penyajian berita ini bisa melalui media elektronik, cetak maupun dari mulut ke mulut.

2. Dilihat Dari Sifatnya

Jika mengacu pada definisi yang sudah dijelaskan di atas maka perbedaan artikel dan berita juga bisa dilihat dari sifatnya. Artikel memiliki sifat yang tetap, sementara itu berita sifatnya hanya sementara. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Penyebabnya karena artikel ditulis bukan hanya untuk saat ini saja, melainkan untuk jangka panjang. Banyak juga artikel yang walaupun sudah bertahun-tahun tapi masih relevan dan bisa digunakan hingga sekarang. Hal ini berbeda dengan berita yang hanya berlaku saat berita tersebut dirilis saja. Setelah itu maka hal tersebut sudah tidak relevan lagi.

3. Perbedaan Bentuknya

Bentuk dari artikel dan juga berita juga jelas saja berbeda. Secara umum bentuk dari artikel adalah ilmu pengetahuan. Maksudnya penulisan artikel didasarkan dari ide atau gagasan sang penulisnya. Isi yang terkandung di dalamnya juga pasti memberikan pengetahuan tambahan untuk para pembaca nya.

Sementara itu untuk berita bentuknya bukanlah ilmu pengetahuan. Hal ini dikarenakan tujuan penulisan berita biasanya hanya untuk menginformasikan atau menyampaikan keadaan terkini saja. Lebih tepatnya berita ini digunakan untuk menambah wawasan tentang kejadian faktual yang pada saat itu sedang terjadi di suatu tempat.

4. Media Penyampaian yang Digunakan

Artikel umumnya berupa tulisan sehingga disampaikan melalui media cetak seperti koran ataupun majalah dan juga media elektronik seperti website. Sementara itu untuk berita tidak selalu berupa tulisan.

Masyarakat lebih familiar dengan berita yang disampaikan melalui televisi dan juga radio. Walaupun sebenarnya berita juga bisa dalam rupa tulisan, namun media penyampaian berita ini bisa digolongkan lebih luas dibandingkan dengan artikel.

Itulah beberapa perbedaan artikel dan berita yang penting untuk sama-sama diketahui. Dengan mengetahui informasi ini diharapkan untuk kedepan nya tidak kebingungan lagi saat hendak membedakan antara artikel dan juga berita.