Perbedaan Agen dan Reseller

Sudah tahu perbedaan agen dan reseller? Nah, bagi Anda yang ingin masuk di dunia bisnis pastikan untuk memahami terlebih dahulu istilah-istilah yang seringkali muncul dalam bidang usaha ini.

Di zaman yang sudah serba internet seperti sekarang, bisnis berskala rumahan memang tengah digandrungi tidak hanya oleh ibu rumah tangga saja tetapi juga para pekerja kantoran.

Dalam dunia bisnis sendiri terdapat beberapa kategori yakni supplier, agen dan reseller yang mana masing-masing memiliki kelebihan yang berbeda-beda.

Nah, bagi Anda yang ingin masuk di dunia bisnis, penting sekali mengetahui perbedaan dari istilah tersebut. Penasaran apa saja keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika menjadi seorang agen ataupun reseller. Berikut ulasan lengkapnya.

Pengertian Agen dan Reseller

Agar kita daoat memahami perbedaan reseller dan agen, sebaiknya kita membahas mengenai pengertian kedua istilah tersebut terlebih dahulu.

Apa itu Agen?

Sebelum membahas tentang perbedaan antara agen dan reseller, maka penting sekali memahami pengertian dari masing-masing istilah tersebut.

Secara umum, agen diartikan sebagai seorang atau sebuah perusahaan yang menjual produk baik barang atau jasa yang dibentuk langsung oleh distributor.

Biasanya, tujuan utama distributor membentuk agen tersebut yaitu untuk lebih mendekat kepada para retail atau konsumen. Selain itu, juga untuk memudahkan para konsumen mendapatkan produk yang diinginkannya.

Apa Itu Reseller?

Secara Bahasa, kata Reseller sendiri berasal dari kata Re-Sell yang mana artinya menjual kembali. Oleh karena itu, reseller seringkali diartikan sebagai seorang yang tidak membuat produk sendiri melainkan mengambil produk tersebut dari agen.

Untuk istilah yang kedua ini lebih banyak diterapkan oleh masyarakat terutama bagi mereka yang ingin menjalankan bisnis namun terhalang masalah modal.

Perbedaan Agen dan Reseller

Setelah memahami pengertian agen dan reseller, maka selanjutnya kita juga perlu mengetahui perbedaan keduanya. Meski terkesan hampir sama ternyata kedua istilah pada bisnis online memiliki perbedaan yang cukup banyak. Apa saja perbedaannya berikut ulasannya.

AgenReseller
Modal yang dikeluarkan cukup besarModel yang dibutuhkan sedikit
Keuntungan yang diperoleh relatif besarKeuntungan yang diperoleh tergantung dari penawaran
Tidak harus mencari konsumen, cukup mencari resellerPerlu mencari konsumen agar bisa mendapatkan keuntungan besar
Keuntungan didapatkan dari komisi penjualan dan selisih jualKeuntungan didapatkan dari selisih harga belinya
Menjadi perantara untuk dan atas nama prinsipalBertindak untuk dan atas namanya sendiri
Tidak menyalurkan barang secara langsung ke konsumenMenyalurkan secara langsung produk barang atau jasa kepada para konsumen
Memiliki waktu yang fleksibel karena penjualan dijalankan oleh resellerTidak fleksibel karena harus mencari dan melakukan penjualan ke konsumen
Perbedaan Agen dan Reseller

Nah, itulah perbedaan agen dan reseller. Dengan mengetahui masing-masing kelebihannya, tentu Anda bisa memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan dan bujet yang Anda miliki. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Leave a Comment