Pengertian Website Lengkap : Definisi, Jenis, Manfaat, Unsur

pengertian website image

Tahukah anda pengertian website? Pasti Anda semua sudah tidak asing lagi dengan kata ini, apalagi untuk generasi millenial yang erat dengan teknologi. “websitenya apa?” “punya wesbite?” pasti pertanyaan ini sudah sering Anda dengar.

Namun apakah Anda tahu apa arti kata website yang sering didengar atau diucapkan tersebut? pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang, begitu juga dengan website, sebelum Anda tersesat atau salah mengartikan, berikut ini beberapa penjelasan mengenai website yang harus Anda ketahui.

Pengertian Website

Dalam Bahasa indonesia website disebut juga situs web. Pengertian website menurut wikipedia adalah sebagai berikut :

Website adalah sekumpulan halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada peladen (server) yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi.

Website merupakan kumpulan halaman yang dijadikan satu dalam sebuah domain di dalam jaringan internet untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Sedangkan domain adalah alamat website, misalnya google.com, websitesaya.com.

Halaman-halaman yang ada akan saling berhubungan melalui link atau hiperlink. Dan bisa di akses di halaman depan atau home page.

Sejarah Website

Berikut ini sejarah website yang perlu anda ketahui.

Siapa Penemu Website?

Penemu website adalah Tim Berners-Lee. Dia adalah seorang ilmuwan yang berasal dari Inggris.

penemu website adalah tim berners lee
penemu website adalah tim berners lee

Kapan Website Lahir?

Tim Berners-Lee menemukan World Wide Web (WWW) pada tahun 1989.

Dimana Website Lahir?

Web lahir di sebuah laboratorium bernama CERN yang beralamat di Espl. des Particules 1, 1211 Meyrin, Switzerland. CERN adalah kependekan dari Conseil Européen pour la Recherche Nucléaire.

sejarah website : gedung cern
sejarah website : gedung CERN

Memang agak aneh karena merupakan bahasa Prancis. Dalam bahasa Inggris disebut European Council for Nuclear Research. Dewan Eropa untuk Riset Nuklir .

Lah kok laboratorium nuklir meneliti tentang web sih. Pada pertemuan antar pemerintah UNESCO di Paris pada bulan Desember 1951 adalah resolusi pertama mengenai pembentukan Dewan Eropa untuk Riset Nuklir. Dua bulan kemudian, sebuah perjanjian ditandatangani untuk membentuk Dewan sementara. Pada saat itulah akronim CERN lahir.

Hari ini, bidang utama penelitian CERN adalah fisika partikel. Karena itu, laboratorium yang dioperasikan oleh CERN sering disebut sebagai Laboratorium Eropa untuk Fisika Partikel.

Asal Usul Website

Web awalnya disusun dan dikembangkan untuk memenuhi permintaan berbagi informasi otomatis antara ilmuwan di universitas dan institut di seluruh dunia.

CERN adalah komunitas luas yang mencakup lebih dari 17.000 ilmuwan dari lebih dari 100 negara. Meskipun mereka biasanya menghabiskan waktu di CERN, para ilmuwan biasanya bekerja di universitas dan laboratorium nasional di negara asal mereka.

Oleh karena itu, alat komunikasi sangat penting. Gagasan dasar WWW adalah menggabungkan teknologi komputer, jaringan data, dan hiperteks yang berkembang menjadi sistem informasi global yang kuat dan mudah digunakan.

Website dibuat pertama kali oleh Tim Berners-lee Tahun 1980an akhir dan tahun 1991 resmi online. Tim Berners-Lee membuat website dengan tujuan awal adalah memudahkan para peneliti dalam bertukar atau melakukan perubahan informasi saat bekerja.

Namun website baru bisa dinikmati secara gratis oleh publik pada tanggal 30 April 1993.

Website bisa dimiliki oleh perusahaan, organisasi maupun individu. Secara umum website akan menampilkan suatu topik atau informasi tertentu. Namun untuk saat ini banyak website yang menampilkan beberapa topik yang berbeda.

Unsur-Unsur Website

Website mempunyai 3 unsur di dalamnya untuk menjadi suatu kesatuan yang sempurna. Apa sajakah unsur tersebut? yuk simak informasi berikut ini.

Domain

Domain merupakan merk sebuah website. Domain yang menarik akan membuat banyak orang tertarik untuk mengunjungi website tersebut. selain itu domain dengan nama unik juga akan membuat orang mudah mengingat dan ingin kembali ke website tersebut. Jangan gunakan domain yang rumit karena membuat orang kesulitan mengingat nama tersebut.

Hosting

Hosting merupakan tempat menyimpan segala macam data yang ada di dalam website seperti teks, gambar, video dan lain sebagainya. Hosting tidak kalah pentingnya jika dibandingkan dengan domain. Saat ini sudah banyak penyedia jasa hosting yang ada di Indonesia. Anda bisa membelinya atau memesan untuk website milik Anda.

Konten

Konten merupakan isi dalam website tersebut. tanpa konten membuat website tersebut tidak mempunyai tujuan yang jelas. Konten bisa berupa video, gambar atau teks. Ada banyak jenis konten seperti jual beli, sosial media, berita dan lain sebagainya. Website sebaiknya memiliki jenis konten yang jelas agar pengunjung mudah menemukan informasi.

Jenis-Jenis Website

Pada awalnya website hanya bisa diisi konten jenis tulisan, namun saat ini tersedia banyak jenis website. Apa sajakah jenis-jenis website tersebut? yuk simak informasi berikut ini.

Website Pribadi

Sesuai dengan namanya website pribadi ini diperuntukkan untuk informasi-informasi pribadi atau milik perorangan seperti tokoh, presiden atau lain sebagainya. Ada banyak sekali jenis layanan yang menyediakan pembuatan website pribadi, baik berbayar maupun gratis.

Website gratis memiliki resource yang terbatas, jika Anda ingin memiliki resource tak terbatas sangat disarankan gunakan yang berbayar. Selain itu website berbayar akan mudah bersaing di mesin pencari berbeda dengan website gratis.

Website Toko Online

Untuk Anda yang membuka toko online dan ingin membuat website, sangat disarankan menggunakan jenis website yang satu ini. Saat ini toko online sangat terkenal dan booming di Indonesia, tidak heran jika Anda menemukan banyak website toko online di internet.

Penggunaan website untuk toko online sangat membantu penjual dan pembeli. Karena penjual bisa menampilkan semua barang dagangannya dan pembeli bisa bebas dalam memilih barang yang diinginkan. Proses pembelian atau pemesanan juga sangat mudah karena tercantum kontak person nya.

Blog

Jika kedua jenis diatas bisa digunakan untuk upload video, teks, gambar dan lain sebagainya, untuk blog sering digunakan untuk upload tulisan berupa artikel. Blog merupakan website yang digunakan untuk saling berbagi pengetahuan, pengalaman penulis, ide dan lain sebagainya.

Jenis website ini sering dicari dan digunakan karena menyampaikan banyak pengetahuan. Tidak heran jika saat ini banyak sekali ditemukan blogger di Indonesia. Ada banyak tema di blog seperti pengetahuan alam, hobi, review produk dan masih banyak lainnya.

Manfaat Website

Di kehidupan kita website memiliki banyak manfaat, terlebih lagi di era modern dengan  teknologi yang canggih saat ini. Apa sajakah manfaat website tersebut? mari simak beberapa informasi berikut ini.

Membangun Personal Branding

Salah satu manfaat website untuk perorangan atau pribadi adalah sebagai personal branding. Dengan menggunakan website Anda bisa membangun sebuah personal branding yang terpercaya dan kuat. Jenis website yang bisa Anda pilih adalah website pribadi.

Di website ini Anda bisa menampilkan beberapa hasil karya yang Anda miliki. Anda juga bisa membagikan portofolio milik Anda di dalam website pribadi. Beberapa data yang bisa Anda bagikan seperti musik, desain grafis, lukisan, gambar, foto, tulisan dan lain sebagainya. Personal branding profesional bisa Anda bangun dengan menggunakan website.

Berbagi Informasi Dan Cerita

Salah satu jenis website adalah blog. Dengan blog ini Anda bisa berbagai informasi dan cerita yang dimiliki baik untuk pribadi, perusahaan maupun organisasi. Ada banyak cerita atau informasi yang Anda dapatkan di website, seperti contohnya tentang perjalanan seorang pahlawan atau tokoh bangsa.

Anda juga bisa membuat blog dengan menulis cerita atau informasi. Pendaftaran blog juga gratis. Ada banyak tema yang bisa Anda pilih seperti kuliner, tutorial, teknologi, keuangan, parenting hingga traveling. Terlebih lagi saat ini orang lebih banyak mencari informasi di internet. Informasi Anda bisa dibaca oleh siapapun yang berkunjung ke website Anda.

Menghasilkan Uang

Apakah Anda tahu kenapa saat ini blog menjadi tranding topik atau populer? Ini karena banyak orang bisa menghasilkan uang dengan menggunakan website. Bahkan saat ini banyak blogger sukses di Indonesia. Selain menjadi blogger Anda juga bisa mendapatkan uang dari website dengan melakukan tawaran kerja, endorsement atau lain sebagainya.

Selain itu jika Anda mendaftarkan website milik Anda ke Google AdSense Anda akan mendapatkan uang dari iklan google tersebut. Anda juga bisa mempromosikan produk milik perusahaan lain di website milik Anda/ affilitae marketing. Anda akan mendapatkan komisi dari pembeli yang datang melalui website milik Anda.

Cara Membuat Website

Website memang sangat menggiurkan dan menyenangkan, namun masih banyak orang terkendala karena tidak bisa membuat website. Anda tidak harus menjadi seorang programmer atau developer untuk membuat website, Anda hanya perlu menggunakan Word Press.

Word Press merupakan sebuah platform pembuat website paling cepat dan mudah, bahkan bisa membuat website hanya dalam hitungan menit. Pembuatan website dengan menggunakan word press tidak perlu menggunakan coding namun tetap membuat website yang berkualitas.

Cara membuat website menggunakan Word Press sangat mudah. Pertama install Word Press terlebih dahulu, setelah itu belilah hosting. Setelah beli hosting pilih tema sesuai keinginan Anda, selanjutnya install plugin yang penting dan website keren sudah jadi dan siap untuk digunakan.

Website! Kunci Sukses Bisnis Online

Dari penjelasan diatas Anda telah mengetahui banyak sekali manfaat yang dimiliki oleh website. Baik untuk kepentingan bisnis atau kepentingan pribadi. Anda bisa membuat berbagai macam website untuk membagikan portofolio, cerita, informasi atau pengetahuan yang Anda miliki.

Untuk Anda yang sedang mencari penghasilan dengan memanfaatkan internet atau online, website merupakan pilihan yang tepat. Anda yang memiliki skill berjualan bisa membuat website toko online untuk menjual produk yang dimiliki. Anda tidak punya produk yang dijual?

Jadilah affliate marketing dengan mempromosikan jasa atau produk milik perusahaan lain di website Anda. Tidak pandai promosi atau jualan? Tuang informasi atau cerita Anda ke dalam tulisan/ artikel dan posting di dalam blog milik Anda.

Atau Anda pandai make up? Membuat kerajinan? Atau memanfaatkan barang bekas? Jadikan semua hal tersbeut sebagai konten di dalam website Anda. Semua hal tersebut bisa Anda gunakan dalam membuat website. Saat ini sebagian besar orang mencari informasi di internet, besar kemungkinan informasi yang Anda sampaikan akan dibaca oleh orang lain.

Bagaimana? Setelah membaca semua informasi tersebut di atas pasti pengetahuan Anda mengenai website semakin bertambah banyak. Tidak menyangka jika website ternyata bisa memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat paling besar adalah mampu mengangkat ekonomi masyarakat Indonesia.

Website saat ini membuat masyarakat Indonesia bisa bersaing di dalam negeri maupun luar negeri. Selain itu produk-produk Indonesia saat ini juga banyak dikenal oleh masyarakat luar negeri. Untuk itu Anda para pemuda Indonesia mari manfaatkan website dengan benar dan ambil semual hal positif yang dimiliki. Semangat meraih kesuksesan.

GRATIS Join ProjasawebBelajar bersama ribuan marketer lainnya

Dapatkan info dan strategi marketing terbaru, untuk melejitkan bisnis anda

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GRATIS Join ProjasawebBelajar bersama ribuan marketer lainnya

Dapatkan info dan strategi marketing terbaru, untuk melejitkan bisnis anda