Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Ahli 2019

pengertian strategi pemasaran

Tahukah anda pengertian strategi pemasaran? Salah satu kuncinya kesuksesan bisnis terdapat pada cara perusahaan menggaet konsumen dan klien. Tentu untuk bisa melakukannya dengan baik haruslah melalui sebuah strategi atau kiat-kiat tertentu.

Dalam dunia bisnis hal seperti itu sering disebut dengan istilah strategi pemasaran atau strategi marketing. Tujuannya jelas agar produk atau jasa yang ditawarkan bisa menjadi pemenang diantara rival dengan usaha yang sejenis.

Sebenarnya apa itu strategi pemasaran? Berikut adalah penjelasan singkatnya.

Pengertian Strategi Pemasaran Secara Umum

Jika bicara tentang strategi pemasaran secara umum, anda dapat merujuk pada pengertian dari Investopedia yaitu :

Strategi pemasaran adalah perencanaan bisnis secara keseluruhan untuk menjangkau calon konsumen dan mengubahnya menjadi pelanggan.

pengertian strategi pemasaran menurut investopedia
pengertian strategi pemasaran menurut investopedia

Strategi pemasaran berisi proposisi nilai perusahaan, pesan merek utama, data demografi pelanggan target, dan elemen tingkat tinggi lainnya.

Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Ahli

Kotler dan Amstrong

Kedua tokoh ini pada tahun 2008 mengungkapkan bahwa pengertian dari strategi pemasaran atau marketing adalah serangkaian logika tentang pemasaran dimana sebuah usaha (bisnis) tertentu mengharapkan adanya nilai lebih serta keuntungan dari bentuk hubungan dengan klien atau konsumen.

Kurtz

Strategi pemasaran atau marketing merupakan program yang menyeluruh dari perusahaan dalam upaya menentukan target market serta untuk memuaskan konsumen. Upaya tersebut dilakukan dengan membangun kombinasi atau perpaduan dari elemen-elemen yaitu produk, promosi, marketing mix, distribusi dan harga.

Philip Kotler

Mengambil apa yang disampaikan pada SearchTriggers, pengertian strategi pemasaran menurut Philip Kotler adalah :

pengertian strategi pemasaran menurut philip kotler
pengertian strategi pemasaran menurut philip kotler

Strategi pemasaran adalah cara di mana fungsi pemasaran mengatur kegiatannya untuk mencapai pertumbuhan yang menguntungkan dalam penjualan pada tingkat bauran pemasaran.

Strategi pemasaran adalah suatu serangkaian pandangan dan pola pikir (mindset) dalam pemasaran yang akan dipergunakan untuk mencapai apa yang menjadi tujuan marketing. Di dalam pola pikir tersebut terkandung strategi yang terperinci mengenai sasaran pasar atau target market, dimana posisinya, bauran serta anggaran untuk pemasaran.

Tjiptono

Strategi marketing atau strategi pemasaran merupakan sebuah alat yang mendasar dan fundamental yang didesain untuk mencapai tujuan dari perusahaan dengan cara mengembangkan daya saing yang unggul dan berkesinambungan. Hal tersebut dimaksudkan untuk bisa memberikan pelayanan terbaik bagi sasaran target dari usaha tersebut.

Stanton

Strategi pemasaran atau marketing merupakan sebuah sistem dimana terdapat hubungan antara tujuan perencanaan dan penentuan harga dengan bagaimana mempromosikan serta menyalurkan atau mendistribusikan produk baik barang atau jasa kepada konsumen (klien).

Itulah beberapa pengertian dan definis dari straegi pemasaran yang dikatakan oleh para ahli di bidang marketing. Dari semua definis tersebut bisa dibuat garis besar bahwa yang disebut dengan strategi pemasaran adalah sebuah sistem yang akan digunakan untuk mempromosikan produk baik barang atau jasa sehingga bisa mendapatkan nilai keuntungan yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Meskipun pada pembukaan tulisan ini telah secara singkat disebutkan tentang fungsi dari strategi pemasaran, untuk lebih memahami maka akan dijelaskan dengan lebih dalam. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari strategi pemasaran yang dilakukan oleh pengusaha, pemilik produk ataupun jasa.

Peranan Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran pada sebuah perusahaan memiliki fungsi sebagai penentu pada nilai ekonomi atas perusahaan tersebut baik yang berupa produk ataupun jasa. Terdapat 3 faktor yang menjadi penentu dalam hal tersebut yaitu produksi, pemasaran dan konsumsi. Sehingga bisa dikatakan bahwa strategi pemasaran menjadi penghubung antara produksi dengan konsumsi.

Di atas tersebut merupakan definisi dan pengertian strategi pemasaran secara global atau umum. Selain definisi yang telah dijabarkan di atas masih ada beberapa pendapat ahli mengenai strategi pemasaran tersebut. Apa sajakah itu? Simak dibawah ini.

4 Fungsi dari Strategi Pemasaran

Menambah Motivasi Guna Mencapai Target Masa Depan

Strategi pemasaran dibuat untuk membuat orang-orang yang duduk di lingkaran manajemen sebuah perusahaan menjadi lebih bersemangat dalam mencapai target. Perusahaan yang tidak memiliki target dalam jangka waktu tertentu dalam menjalankan usahanya bisa dipastikan cepat atau lambat akan tergilas roda persaingan.

Untuk itulah agar usaha bisa terus bertahan maka orang yang menjalankan roda perusahaan harus membuat cara yang berbeda dan semangat dalam memenangkan pasar. Strategi pemasaran yang dibuat dan ditetapkan akan membuat mereka yang terlibat didalamnya akan semakin termotivasi untuk mencapai target.

Meningkatkan Efektivitas dalam Koordinasi Pemasaran

Perusahaan yang mapan ditunjang oleh adanya sebuah tim manajemen yang tangguh dan solid. Agar tim yang solid bisa dibentuk maka haruslah ada sistem koordinasi dan komunikasi yang efektif antar personilnya. Dengan adanya strategi pamasaran yang telah didesain sedemikian rupa maka secara tidak langsung akan membuat koordinasi dalam tim bisa berjalan dengan lebih baik.

Merumuskan dan Membuat Apa Tujuan Perusahaan

Setiap perusahaan yang memasarkan produk baik berupa barang atau jasa tentunya memiliki tujuan yang akan dicapai. Biasanya perusahaan akan membuat tujuan secara berjenjang yaitu jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Nah, adanya strategi pemasaran akan membantu perusahaan untuk merumuskan apa saja yang menjadi tujuannya. Rumusan tujuan perusahaan untuk jangka pendek, menengah dan panjang akan lebih jelas dilihat karena adanya strategi pemasaran.

Memberikan Pengawasan Pada Aktivitas Pemasaran

Jalannya aktivitas pemasaran dalam perusahaan merupakan tanggung jawab dari sebuah divisi. Di dalam divisi tersebut ada beberapa orang yang bertanggungjawab dalam menjalankan apa yang sudah ditetapkan dalam strategi pemasaran. Tanpa adanya strategi pemasaran akan sulit untuk menilai baik tidaknya kinerja dari orang-orang yang bertanggungjawab untuk menjalankannya.

Efektif tidaknya kegiatan pemasaran yang dilakukan bisa diukur dengan berpatokan pada strategi pemasaran yang telah ditetapkan. Selain itu kualitas dan mutu pekerjaan yang dilakukan oleh mereka yang berada di dalam divisi marketing akan lebih mudah dipantau dengan adanya strategi pemasaran yang dibuat oleh perusahaan.

Selain memiliki fungsi yang sangat berguna bagi perusahaan, strategi pemasaran juga mempunyai tujuan tertentu. Pastinya strategi pemasaran dibuat dengan tujuan untuk memperoleh nilai pendapatan yang lebih tinggi bagi perusahaan. Dengan begitu maka perusahaan akan bisa berkembang dan terus bertahan dalam kondisi persaingan yang cukup berat.

Di bawah ini akan dijelaskan dengan lebih detail apa saja yang menjadi tujuan dibuatnya strategi pemasaran.

Tujuan Strategi Pemasaran

Meningkatkan Koordinasi Antar Personil

Sudah disinggung sebelumnya bahwa adanya strategi pemasaran akan menggerakan personil yang bertanggungjawab untuk melaksanakannya. Dengan demikian maka koordinasi akan terjalin dan terajut dengan baik antar personil dalam divisi pemasaran di sebuah perusahaan.

Sebagai Alat Ukur Kinerja

Tanpa adanya strategi pemasaran yang telah didesain sedemikian rupa dengan poin yang jelas maka sulit bagi perusahaan untuk bisa memantau bagaimana kualitas kerja pada personil didalamnya. Sehingga selain sebagai sistem memasarkan produk baik barang atau jasa, strategi pemasaran juga berguna sebagai alat ukur bagi kinerja tim yang ada didalamnya.

Dasar Untuk Mengambil Kesimpulan yang Logis

Sebagai sebuah grand desain untuk mencapai keuntungan yang lebih tinggi dari perusahaan maka diperlukan sistem pemikiran yang logis. Strategi pemasaran dibuat untuk membantu perusahaan mengenali dan merumuskan masalah yang ada dalam target pasar sehingga bisa menyusun kesimpulan yang logis. Kesimpulan tersebut nantinya bisa digunakan untuk membuat strategi pemasaran selanjutnya menjadi lebih tepat sasaran.

Meningkatkan Kemampuan Menghadapi Perubahan

Dalam menjalankan sebuah usaha pastilah perusahaan akan mengalami banyak perubahan kondisi sebagai contoh adalah perubahan tingkat ekonomi yang akan mempengaruhi daya beli masyarakat. Perusahaan yang sulit mengikuti dan menyesuaikan diri dengan iklim perubahan akan sulit juga mempertahankan eksistensinya. Strategi pemasaran dibuat untuk meningkatkan kemampuan manajemen dalam menghadapi perubahan kondisi yang bisa terjadi kapan saja.

Setelah mengetahui banyak hal tentang strategi pemasaran mulai dari definisi, fungsi serta tujuannya maka sekarang saatnya mengenal konsep yang ada didalamnya. Berikut ini adalah konsep-konsep dalam menjalankan strategi pemasaran.

Konsep Dalam Strategi Pemasaran

Klasifikasi Pasar

Perilaku konsumen tidaklah sama, masing-masing memiliki selera dan kebiasaan yang berbeda. Untuk itulah perlu adanya pembuatan klasifikasi atau segmen target pasar yang akan disasar. Dari target market yang masih heterogen harus dirumuskan untuk menjadi target yang homogen.

Market Positioning

Perusahaan tidak mungkin akan menghasilkan dan menyediakan produk bagi semua orang di dunia ini. Jadi memang harus dibuat segmen dari pasar yang disesuaikan dengan produk barang dan jasa yang akan ditawarkan atau dijual. Dengan memilih pasar yang tepat maka nilai penjualan akan menjadi lebih baik.

Market Entry Strategy

Konsep ini bisa dilakukan dengan melalui 3 cara yaitu membeli perusahaan dari orang lain, pengembangan dalam perusahaan atau dengan menjalin kerjasama produktif dengan perusahaan lainnya.

Strategi pada Marketing Mix

Yang termasuk dalam marketing mix ini antara lain adalah produk, harga, tempat atau lokasi, promosi, tingkat partisipasi, proses dan psikologi konsumen. Komponen di atas digunakan untuk mengetahui bagaimana produk di mata konsumen.

Waktu yang Tepat

Agar strategi pemasaran yang dibuat bisa berjalan dengan efektif dan menghasilkan output yang memuaskan maka perusahaan harus tahu kapan waktu yang tepat untuk menjalankannya.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.