Pengertian Pemasaran : Apa Itu Pemasaran 2019 – Projasaweb

pengertian pemasaran

Pada artikel ini kita akan membahas pengertian pemasaran dan beberapa hal terkait dengan aktifitas pemasaran. Tidak dipungkiri lagi jika semua perusahaan akan melakukan kegiatan pemasaran yang nantinya diwujudkan dalam menciptakan produk terbaik dan berkualitas untuk memenuhi permintaan pasar. Lebih lanjut, berikut beberapa pengertian pemasaran yang banyak diperbincangkan oleh para ahli.

Apa Itu Pemasaran Menurut Ahli

Beberapa ahli juga memberikan pendapatnya terkait dengan kegiatan pemasaran. Berikut beberapa definisi pemasaran dari beberapa ahli yang bisa saya kumpulkan.

John Westwood

Terkait dengan pengertian dari pemasaran yang diungkapkan oleh John Westwood menyebutkan bahwa pemasaran merupakan usaha terpadu yang nantinya akan dilakukan dalam memenuhi kebutuhan dari masyarakat. Pada akhirnya kelak, hal ini akan memberikan kontribusi berupa keuntungan atas perusahaan tersebut.

Tung Dasem Waringin

Sedangkan pengertian dari pemasaran menurut sosok Tung Dasem Waringin adalah media yang nantinya digunakan untuk media komunikasi dalam mendapatkan nilai plus yang jauh lebih tinggi.

Philip Kolter

Menurut Kolter pengertian dari pemasaran adalah suatu aktivitas sosial yang dijalankan oleh perorangan atau kelompok orang yang memiliki tujuan yaitu menciptakan sebuah produk yang kemudian bisa ditukarkan dengan nominal yang sesuai kepada pihak lainnya.

Jay Abraham

Jay Abraham mengungkapkan pengertian dari pemasaran merupakan media yang nantinya dijadikan sebagai kunci dalam mencapai kesuksesan suatu pelayanan kepada pihak konsumen.

William J. Stanton

Menurut William J. Stanton, pengertian dari pemasaran yaitu bagian dari kegiatan bisnis yang kemudian ditujukan untuk melakukan perencanaan hingga menentukan harga jasa ataupun barang, melakukan promosi, distribusi hingga memberikan kepuasan kepada konsumen.

Hair dan Mc Daniel

Hair dan Mc Daniel mengungkapkan jika pengertian dari pemasaran tersebut merupakan suatu konsep ataupun perencanaan guna menentukan harga promosi, distribusi gagasan, jasa sekaligus barang untuk memuaskan konsumen sehingga tujuan dari organisasi tersebut bisa tercapai.

Basu dan Hani

Pengertian dari pemasaran yang diungkapkan oleh Basu dan Hani adalah sebuah perencanaan yang di dalamnya melibatkan pengelolaan jasa dan barang, penetapan harga, kegiatan promosi sekaligus juga distribusinya. Dalam hal ini, semua kegiatan pemasaran ditujukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Pengertian Pemasaran

Merujuk pada beberapa definisi pemasaran, disebutkan bahwa pemasaran itu sendiri merupakan sebuah kegiatan yang terencana dan menyeluruh yang dilakukan guna mengakomordir permintaan pasar dengan menciptakan sebuah produk yang memiliki nilai jual untuk kemudian dipertukarkan sehingga mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dalam rangka mencapai kepuasan pelanggan.

Namun untuk lebih mudah dan singkat, kita dapat menggunakan pengertian pemasaran dari American Marketing Association. Pengertian ini juga dapat anda akses di wikipedia.

Pengertian Pemasaran (atau dalam bahasa Inggris disebut marketing) adalah aktivitas, serangkaian institusi, dan proses menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum.

Konsep Pemasaran

Masih berkaitan dengan pemasaran, kita juga mengenal falsafah sekaligus konsep pemasaran atau marketing concept. Terkait dengan marketing concept, berikut 3 hal yang mendasarinya.

  1. Kegiatan pada perusahaan sekaligus saluran perencanaan memang harus ditujukan pada kebutuhan pasar ataupun konsumen
  2. Keberadaan volume penjualan untuk mendatangkan untung sudah sepatutnya menjadi suatu tujuan perusahaan
  3. Semua kegiatan pemasaran dilakukan secara terorganisir dan terintegrasi juga dalam sebuah perusahaan tersebut

Konsep pemasaran menurut Swastha dan Irwan (2005:10) menyatakan bahwa konsep pemasaran yang sesungguhnya selalu berorientasi pada kepuasan konsumen hingga memenuhi syarat sosial dan juga ekonomi demi mempertahankan keberlangsungan suatu perusahaan. Kegiatan pemasaran dilakukan dengan memperkenalkan produk yang ada demi peningkatan volume penjualan.

Fungsi Pemasaran

Kegiatan pemasaran ini pada hakikatnya dilakukan dengan membuat produk, menentukan harga, memilih tempat jualan hingga promosi produk kepada konsumen. Seluruh kegiatan tersebut akan membentuk fungsi dari pemasaran.

Fungsi Pertukaran

Dengan kegiatan pemasaran, maka merujuk pada pengertian dari pemasaran maka setiap konsumen bisa melakukan penukaran barang tersebut dengan uang ataupun barang lain yang senilai. Tentu saja produk yang bersangkutan itu nantinya bisa digunakan untuk sendiri ataupun juga dijual lagi demi mendapatkan suatu keuntungan.

Fungsi Distribusi Fisik

Siapa sangka jika dari pengertian dari pemasaran tersebut di atas, fungsi pemasaran bisa berarti distribusi fisik. Hal ini terjadi ketika kegiatan dilakukan dengan menyimpan produk dan mendistribusikannya. Sedangkan untuk proses pengangkutan itu bisa memanfaatkan jalur laut, darat dan udara. Untuk kegiatan penyimpanan produk dilakukan dengan menjaga agar pasokan tetap ada jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Fungsi Perantara

Untuk fungsi perantara berarti kegiatan pendistribusian produk dari produsen ke konsumen akan memanfaatkan hadirnya perantara yang di dalamnya mencangkup pertukaran dengan perihal distribusi fisik. Pada proses perantara akan ada beberapa kegiatan yang mencangkup pencarian informasi, pembiayaan dan klasifikasi produk.

Tugas Pemasaran Secara Umum

Disebutkan bahwa tercapainya kesuksesan dalam perusahaan atas peningkatan penjualan sebuah produk sangat berkaitan erat dengan kegiatan pemasaran. Sebagus apapun produk yang Anda luncurkan tidak akan memberikan konstribusi positif atas kesuksesan dalam penjualan jika tidak dibarengi dengan strategi yang tepat. Itulah mengapa tugas pemasaran perlu untuk dipahami bersama. Untuk lebih lanjut, berikut beberapa tugas dari pemasaran

Memperkenalkan produk ke khalayak umum

Tugas utama pemasaran yang perlu diketahui kaitannya dengan pengertian dari pemasaran adalah memperkenalkan sebuah produk terbaru kepada konsumen. Tentu saja produk tersebut dibuat untuk memberikan kepuasan kepada konsumen atas terpenuhinya apa yang mereka butuhkan.

Mencapai target penjualan

Untuk diketahui bersama bahwa target penjualan harus ditentukan dari awal. Dalam hal ini, tim marketing diwajibkan memiliki strategi dan ide cemerlang untuk mengetahui apa yang sedang dibutuhkan oleh pasar dan konsumen.

Mamastikan atas kepuasan konsumen

Selain membidik target penjualan, tidak bisa dipungkiri lagi tentang pengertian dari pemasaran bahwa kepuasan pelanggan juga menjadi prioritas yang harus diperhatikan. Untuk itu, Anda diminta memastikan jikalau konsumen merasa puas atas produk ataupun jasa yang telah didapatkan. Dengan cara ini, maka kegiatan pemasaran bisa dikatakan berhasil.

Menciptakan strategi lanjutan

Tanpa mengabaikan pengertian dari pemasaran, sebenarnya ada banyak sekali berbagai strategi lanjutan yang bisa dilakukan oleh sebuah perusahaan. Salah satunya adalah dengan memberikan diskon pada momen tertentu sehingga produk Anda akan terjual lebih mudah dengan harga yang menggiurkan. Strategi lanjutan ini akan membantu dalam mendapatkan keuntungan lebih dibandingkan dengan strategi sebelumnya.

Bekerja sama dengan pihak mitra

Bukan suatu kesalahan besar ketika sebuah perusahaan melakukan kerjasama dengan mitra yang nantinya akan membantu dalam meningkatkan penjualan. Selain itu, Anda juga bisa menjalin hubungan kerja sama dengan pihak masyarakat sekaligus konsumen yang akan menjadi jembatan bagi dunia luar serta media.

Membuat suatu rekapitulasi penjualan

Dalam kegiatan marketing, tanpa mengabaikan pengertian dari pemasaran yang sesungguhnya, tim marketing sangat disarankan untuk melakukan rekap. Kegiatan rekapitulasi ini nantinya akan membantu dalam menganalisis strategi pemasaran demi kemajuan yang lebih pesar dari sebelumnya.

Tanggungjawab Manager Pemasaran

Sedangkan tanggungjawab yang memang harus dipikul oleh sosok manager pemasaran adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan pengawasan dan pengembangan strategi pemasaran
  2. Merancang ide kreatif strategi pemasaran untuk kemajuan perusahaan
  3. Melakukan penelitian dan analisa data dengan tujuan identifikasi pasar
  4. Mengdistribusikan informasi statistic serta financial
  5. Menyelenggarakan sebuah pemaran
  6. Koordinasi budaya marketing secara organisasi dan internal
  7. Menerapkan strategi pemasaran pada sosial media
  8. Melakukan perawatan atas website perusahaan guna mengindari gangguan serta mendemonstrasikan strategi online
  9. Mengawasi performa dalam proses pemasaran
  10. Melakukan update database dengan memanfaatkan sistem CRM

Jenis-jenis pemasaran

Selain memahami pengertian dari pemasaran, selanjutnya Anda harus mengetahui kaitannya dengan ragam jenis pemasaran. Dalam menerapkan strategi pemasaran, maka Anda harus tahu pasar yang Anda bidik juga. Untuk jenis pemasaran yang sesungguhnya, berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui.

  1. World of mouth marketing

Terlepas dari pengertian dari pemasaran, cara promosi melalui teknik world of mouth marketing ini akan dilakukan dari mulut ke mulut. Jadi, kegiatan pemasaran akan dilakukan oleh para customer melalui sebuah omongan. Tentu saja cara ini sangat efektif dalam mendapatkan keuntungan lebih atas perusahaan.

Banyak orang yang menanggap jika strategi world of mouth marketing adalah strategi yang sangat tua. Sekalipun demikian, cara ini sangat cocok dalam mengembangkan bisnis. Apa lagi jika produk yang ditawarkan adalah makanan, sudah pasti akan disebarkan melalui akun sosial media.

  1. Call to Action (CTA)

Untuk strategi pemasaran lain yang bisa Anda lakukan tanpa mengabaikan pengertian dari pemasaran. Dalam hal ini, kampanye sebuah produk dilakukan melalui website sehingga website Anda akan memiliki traffic yang sangat besar jumlahnya. Dengan cara ini pula maka tidak bisa dipungkiri lagi jika teknik ini bisa menjangkau lebih luas.

Sekalipun demikian, disebutkan bahwa pemiliki websitepun juga harus melakukan sebuah analisis. Melalui teknik CTA ini, maka produk Anda akan lebih mudah untuk terjual. Dengan kondisi semacam ini, maka keuntungan yang besar bisa didapatkan.

  1. Relationship marketing

Banyak perusahaan yang menanggap jika strategi pemasaran berupa relationship marketing ini sangatlah efekif. Tidak mengherankan jika kemudian dengan merujuk pada pengertian dari pemasaran, banyak perusahaan yang memanfaatkan strategi ini demi mendapatkan keuntungan. Hal ini disebabkan oleh anggapan jika pelanggan akan berpotensi untuk menjadi loyal di saat ada peluncuran sebuah produk terbaru.

  1. Cloud marketing

Untuk cloud marketing ini dianggap sangatlah baru namun terbukti ampuh dalam meningkatkan keuntungan. Teknik cloud marketing ini dilakukan dengan cara menginput semua sumber daya sekaligus asetnya dalam sebuah media online. Melalui cara ini, maka akan sangat efektif dalam menjalankan kegiatan pemasaran.

  1. PR marketing

Terlepas dari pengertian dari pemasaran, dikatakan bahwa public relation marketing adalah kegiatan pemasaran yang nantinya akan membantu dalam meningkatkan penjualan. Hingga kini, banyak perusahaan yang mengambil putusan membangun kerjasama dengan berbagai media guna meningkatkan keuntungan yang lebih menarik.

Itulah beberapa strategi pemasaran yang bisa Anda lakukan dalam mempertahankan eksistensi dari perusahaan tersebut. Sebelum menjalankan strategi pemasaran itu, penting mengetahui pengertian dari pemasaran yang tujuan utamanya menyediakan produk sesuai keinginan konsumen dengan kualitas terbaik. Melalui pemahaman yang demikian ini, maka Anda akan menjadi lebih sukses dalam membangun sebuah perusahaan dengan produk berkualitas harga terjangkau.