Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli (2019)

pengertian organisasi images

Tentu anda sering mendengan kata organisasi, tapi tahukah anda pengertian organisasi? Dalam dunia bisnis, ternyata organisasi juga cukup penting.

Apakah Anda adalah anggota dari sebuah organisasi saat ini? Apakah Anda pernah terlibat dengan sebuah organisasi terlarang? Beberapa pertanyaan tersebut sering dicantumkan dalam isian lembar aplikasi calon karyawan yang akan mengikuti wawancara di sebuah perusahaan.

Pertanyaan tentang keikutsertaan seseorang dalam sebuah organisasi bisa menjadi hal penting yang harus diketahui oleh perusaahaan karena akan ada kemungkinan nantinya berpengaruh pada sikap kerja.

Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan organisasi tersebut apakah hanya sebatas perkumpulan beberapa orang saja ataukah ada syarat serta ketentuan tersendiri yang harus dipenuhi.

Pengertian Organisasi Secara Umum

Jika merujuk pada wikipedia, maka :

Organisasi adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama.

pengertian organisasi
pengertian organisasi

Berikut ini adalah pendapat beberapa ahli tentang arti dari organisasi.

Pengertian Organisasi Menurut Ahli

Pengertian Organisasi Menurut Louis Allen

Louis Allen (25 April 1919 – 31 Januari 1964) adalah warga negara Amarika Serikat yang bekerja sebagai pengusaha di Liberty, Mississippi. Dia merupakan aktifis selama era hak-hak sipil di Amerika Serikat.

Menurut Louis Allen pengertian organisasi adalah sebagai merikut.

Organisasi adalah proses mengidentifikasi dan mengelompokkan pekerjaan yang harus dilakukan, mendefinisikan dan mendelegasikan tanggung jawab dan wewenang dan membangun hubungan untuk tujuan memungkinkan orang untuk bekerja paling efektif bersama dalam mencapai tujuan.

Stoner

Ahli yang satu ini mengatakan bahwa yang disebut dengan organisasi adalah hubungan antara beberapa orang dimana di dalamnya ada pengarahan dari pimpinan agar apa yang menjadi tujuan bersama bisa tercapai.

Stephen P. Robbins

Agak berbeda dengan Stoner, ahli yang lain yaitu Stephen P. Robbins mengatakan bahwa organisasi merupakan kelompok atau entity (kesatuan) dalam kehidupan sosial yang dikoordinasikan dan dilakukan dengan sadar yang dibatasi oleh hal yang relatif bisa diidentifikasikan. Organisasi bekerja secara berkesinambungan dan terus menerus demi tercapainya tujuan bersama.

James D. Mooney

Organisasi merupakan sebuah setiap bentuk perserikatan yang dibuat oleh sekelompok orang demi mewujudkan sebuah atau beberapa tujuan bersama.

Chester I Bernard

Sedangkan menurut Chester I Bernard yang disebut sebagai organisasi adalah sebuah sistem kerjasama yang dilakukan oleh beberapa orang bisa 2 orang atau lebih.

Drs. H. Malayu S.P. Hasibuan

Organisasi merupakan sebuah proses tentang penentuan, pengaturan serta pengelompokan dan pengaturan dalam beberapa macam aktivitas yang dibutuhkan demi tercapainya tujuan utama.

Max Weber

Organisasi merupakan sebuah kerangka hubungan sosial yang sifatnya terstruktur dimana didalamnya tercantum apa yang menjadi wewenang, pembagian tugas/ kerja dan tanggung jawab untuk menjalankan suatu fungsi tertentu.

Prof. Dr. Sondang P. Siagian

Prof. Dr. Sondang mengatakan bahwa organisasi merupakan bentuk perserikatan atau persekutuan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih untuk saling melakukan kerjasama dalam sebuah ikatan yang formal. Kerjasama yang dilakukan dimaksudkan untuk mencapai tujuan bersama yang telah ditetapkan sebelumnya. Dalam melakukan kerjasama tersebut beberapa orang disebut sebagai atasan dan beberapa lainnya merupakan bawahan.

Paul Preston dan Thomas Zimmerer

Menurut kedua tokoh ini yang disebut dengan organisasi merupakan sekumpulan orang yang telah bergabung dalam sebuah kelompok yang saling melakukan kerjasama demi tercapainya tujuan bersama.

Philip Slznic

Organisasi adalah adalah sebuah peraturan yang mengikat personil di dalamnya agar lebih mudah dalam melakukan hal yang berguna untuk mencapai tujuan bersama yang telah ditetapkan sebelumnya. Tujuan yang akan dicapai tersebut dilakukan melalui sebuah fungsi dan tanggung jawab yang telah ditetapkan.

Thompson

Organisasi merupakan sebuah paduan antara beberapa orang anggota khusus yang sifatnya sangat rasional dan impersonal dimana mereka akan saling bekerjasama guna mencapai sebuah atau beberapa tujuan bersama yang sudah ditetapkan secara spesifik.

Itulah beberapa pengertian dari organisasi yang disampaikan oleh para ahli. Di dalam pengertian organisasi di atas disebutkan bahwa kerjasama yang dilakukan adalah untuk mencapai tujuan bersama. Atau dengan kata lain setiap organisasi pasti memiliki tujuan yang hendak dicapai. Untuk lebih jelasnya akan dijabarkan sebagai berikut.

Tujuan Organisasi Secara Umum

Secara garis besar organisasi dibuat dan dibentuk bertujuan untuk :

  • Wadah untuk beberapa orang dalam rangka mencapai tujuan bersama dengan cara yang efisien dan efektif.
  • Untuk menambah kemandirian, kemampuan serta sumber daya dari anggota didalamnya.
  • Sebagai sarana bagi orang yang ingin mendapatkan penghargaan, jabatan dan pembagian pekerjaan.
  • Sarana untuk mendapatkan keuntungan yang diperoleh secara bersama-sama.
  • Membantu individu atau seseorang untuk bisa menambah kenalan, pergaulan dan memanfaatkan waktu senggang dengan hal yang positif atau berguna.
  • Organisasi bisa menjadi sarana untuk memperoleh kekuasaan.

Tujuan Organisasi Secara Khusus

Sedangkan secara lebih detail tujuan dari organisasi dibagi menjadi 3 yaitu :

Tujuan Jangka Pendek

yaitu tujuan yang dibuat untuk dicapai dalam kurun waktu yang singkat biasanya dibuat untuk 6-12 bulan. Selanjutnya dari tujuan jangka pendek ini nantinya akan dibuat tujuan jangka menengah dan jangka panjangnya. Tujuan jangka pendek sering disebut juga dengan istilah tujuan operasional.

Tujuan Jangka Menengah

merupakan tujuan organisasi yang ditetapkan untuk bisa dicapai dalam kurun waktu 1-3 tahun atau biasa disebut juga sebagai tujuan taktis.

Tujuan Jangka Panjang

yang bisa dicapai hanya dengan melakukan sesuatu yang sesuai dengan misi organisasi tersebut. Jangka waktu yang ditetapkan untuk pencapaiannya biasanya sekitar 3-5 tahun. Tujuan jangka panjang akan sukses jika organisasi berhasil dalam mencapai tujuan jangka pendek dan menengah. Tujuan jangka panjang sering disebut dengan istilah tujuan strategis.

Meskipun dikatakan sebelumnya dalam pengertian organisasi di atas bahwa organisasi merupakan kumpulan beberapa orang tetapi bukan berarti semua orang yang melakukan perkumpulan bisa disebut dengan organisasi. Agar bisa dikatakan sebagai sebuah organisasi maka perkumpulan tersebut harus memiliki ciri-ciri sebagai berikut ini.

Ciri Organisasi

Merupakan Kelompok atau Perkumpulan Orang

Agar bisa disebut sebagai sebuah organisasi maka setidaknya perkumpulan atau kelompok tersebut memiliki anggota 2 orang anggota atau lebih.

Punya Tujuan

Bukan sekedar berkumpul dan berkelompok saja agar bisa disebut sebagai organisasi. Kelompok tersebut harus memiliki atau mempunyai tujuan bersama yang hendak dicapai. Dengan adanya tujuan yang akan dicapai tersebut maka semua anggota yang ada di dalam sebuah organisasi akan saling melakukan kerjasama.

Kerjasama Antar Anggota

Organisasi harus memiliki tujuan yang akan dicapai dan dalam mewujudkannya dilakukan dengan kerjasama antar anggota. Dengan adanya kerjasama tersebut maka tujuan dari organisasi akan bisa diwujudkan dengan lebih efisien dan efektif.

Diikat Oleh Peraturan

Dalam melakukan setiap aktivitas dalam rangka mewujudkan tujuan bersama semua anggota organisasi diikat oleh peraturan yang ada. Peraturan dibuat untuk lebih mempermudah dan memperjelas apa yang menjadi tugas serta tanggung jawab dari masing-masing anggota dalam mewujudkan tujuan bersama.

Nah, dengan penjelasan mengenai ciri-ciri organisasi di atas maka akan semakin jelas apa dan bagaimana organisasi itu. Selain memiliki ciri-ciri tertentu, perserikatan atau perkumpulan juga harus mempunyai unsur-unsur agar layak disebut sebagai organisasi. Unsur-unsur yang dimaksud tersebut adalah sebagai berikut.

Unsur-Unsur Organisasi

Manusia atau Personil

Agar bisa dikatakan sebagai sebuah organisasi maka sebuah perserikatan atau perkumpulan tentu saja harus memiliki anggota manusia. Seperti penjelasan sebelumnya organisasi minimal harus mempunyai anggota 2 orang atau lebih.

Adanya Kerjasama

Telah dikatakan bahwa organisasi memiliki tujuan yang spesifik dimana untuk bisa mencapainya diperlukan kerjasama antar anggota di dalamnya. Kerjasama tersebut dilakukan sesuai dengan tugas dan kewajiban yang dicantumkan dalam peraturan organisasi tersebut.

Memiliki Tujuan Bersama

Sebuah organisasi harus mempunyai tujuan bersama yang hendak dicapai. Tujuan tersebut bisa dilihat dari beberapa sisi yaitu prosedur, pola, program sampai hasil akhir dari pekerjaan yang dilakukan oleh anggota organisasi tersebut.

Adanya Peralatan

Agar apa yang menjadi tujuan dari organisasi bisa tercapai maka dibutuhkan adanya sarana dan fasilitas untuk melakukannya. Beberapa kelengkapan peralatan atau equipment yang dibutuhkan dalam sebuah organisasi misalnya adalah kantor, uang, material, sumber daya manusia (SDM) dan lain sebagainya.

Lingkungan

Apa hubungan antara organisasi dan lingkungan? Kedua hal tersebut sangat berkaitan erat karena organisasi akan dipengaruhi oleh kondisi sosial dan budaya, kondisi perekonomian, kebijakan juga peraturan setempat dimana organisasi tersebut dibuat atau didirikan. Bisa juga terjadi peraturan dalam organisasi dibuat dengan mempertimbangkan hal-hal yang berlaku di lingkungan tersebut.

Sumber Daya Alam

Selain berhubungan dengan kondisi lingkungan atau environment, sebuah organisasi juga akan dipengaruhi oleh kondisi sumber daya alam di tempat organisasi berada. Faktor sumber daya alam yang dimaksud antara lain adalah iklim, kondisi air dan tanah, cuaca, jenis flora serta fauna di tempat tersebut.

Lalu apa saja bentuk dari organisasi? Inilah jawabannya.

Bentuk-Bentuk Organisasi

Organisasi Politik

Sebuah organisasi bisa saja dibuat sebagai wadah untuk menyalurkan ide politik bagi anggotanya. Sudah tentu tujuan dari dibuatnya organisasi ini adalah untuk kepentingan politik. Partai politik yang ada sekarang merupakan contoh dari organisasi yang sifatnya politik.

Organisasi Sosial

Bentuk lainnya adalah organisasi sosial dimana biasanya bersifat nirlaba atau tidak memperhitungkan keuntungan dan kerugian. Organisasi sosial lebih bersifat sukarela dan dibuat untuk tujuan kemanusian. Sebagai contoh dari organisasi sosial adalah SAR.

Organisasi Olah Raga

Induk-induk persatuan olahraga merupakan organisasi juga seperti misalnya PSSI untuk sepak bola, PERBAKIN untuk olah raga menembak dan masih banyak lagi. Jadi organisasi ini adalah perkumpulan orang yang bergerak di bidang olah raga dengan tujuan sebagai wadah demi mencapai prestasi terbaik. Termasuk di dalam organisasi olah raga ini atlet dan pelatih yang menjadi anggotanya.

Organisasi Keagamaan

NU dan Muhammadiyah merupakan contoh dari organisasi keagamaan yang ada di Indonesia. Selain 2 perkumpulan tersebut masih banyak lagi organisasi yang bersifat keagamaan yang lainnya. Ya, organisasi keagamaan dibuat untuk memberikan wadah bagi umat dan berfokus mengurus hal-hal yang berkaitan dengan agama tersebut. Selain itu organisasi keagamaan juga memiliki tugas menyebarkan kebaikan, menjaga keharmonisan dan menyeimbangkan nilai serta norma yang berlaku dalam masyarakat.

Organisasi Pemuda

Pada tahun 1908 berdiri sebuah perkumpulan pemuda yang dikenal dengan nama Budi Utomo. Ya, itulah salah satu contoh organisasi pemuda yang didirikan pada masa sebelum kemerdekaan. Sekarang ini ada banyak organisasi pemuda yang ada di Indonesia seperti KNPI, Pemuda Muhammadiyah dan lain sebagainya. Organisasi pemuda dibuat sebagai wadah bagi kaum muda untuk melakukan kebaikan dan membantu pembangunan.

Organisasi Mahasiswa

Organisasi yang dibuat di lingkungan kampus dan diisi oleh para mahasiswanya disebut dengan organisasi mahasiswa. Contohnya misalnya Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), organisasi ekstrakurikuler di kampus seperti MAPALA dan sejenisnya. Tujuannya tentu saja untuk mewadahi bakat, minat dan kemampuan mahasiswa agar bisa dikembangkan dan bermanfaat secara maksimal.

Demikianlah artikel mengenai pengertian organisasi, semoga bermanfaat.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Howdy,
Search exact
Search sentence
Please go to Appearance >> Widgets to add more useful widgets into WPAS Sidebar.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.