Pengertian Merek : Apa itu Merek 2019

pengertian merek

Mengetahui pengertian merek amat penting bagi bisnis anda. Hadirnya brand atau merek bisa menentukan keberhasilan atau kegagalan dalam bisnis. Dalam persaingan merek dagang yang satu dengan lainnya akan menyebabkan salah satu diantara sekian banyaknya akan melemah sehingga eksistensi di pasaran juga akan mengalami penurunan.

Panduan Pemasaran

Artikel ini merupakan bagian dari rangkaian artikel yang membahas Pemaasaran. Berikut ini daftarnya :

BAB 1 : Pengertian Pemasaran
BAB 2 : Pengertian Merek
BAB 3 : Konsep Pemasaran
BAB 4 : Strategi Pemasaran
BAB 5 : Jenis Strategi Pemasaran

Jika anda tertarik mempelajari Pemasaran dari awal, silakan menuju artikel sebelumnya pada link di atas.

Keberadaa brand itu sendiri bukan semata-mata hanya sebatas logo sebuah perusahaan saja, melainkan image yang akan dimunculkan oleh orang lain atas produk yang Anda miliki. Dengan kata lain, brang itu sendiri merupakan sebuah kombinasi yang sangat lengkap ketika seseorang membayangkan atas apa yang didengar ketika brand sebuah perusahaan ataupun produk disebutkan.

Untuk memberikan sebuah brand kepada perusahaan yang menjadi identitasnya membutuhkan suatu keahlian tersendiri yang kemudian kemampuan semacam ini harus ditingkatkan dan juga dilindungi demi hak cipta. Pemberian sebuah brand pada suatu produk merupakan sebuah bagian penting pada kegiatan pemasaran yang nantinya akan memudahkan customer mengenali barang Anda.

Asal Mula Merek

Brand atau merek sebenarnya telah ada sejak masa yang sangat lama. Bahkan sebagian dari anda mungkin tidak akan menyangka. Brand atau merek berasal dari kata brandr yang artinya ”to burn”. Istilah ini dipakai oleh bangsa Viking untuk kegiatan memberikan tanda bakar pada hewan mereka yang mereka miliki sebagai bentuk kepemilikan hewan peliharaan.

Pengertian Merek Menurut Beberapa Ahli

Merek bisa dikatakan sebagai identitas yang dirancang sedemikian rupa untuk menciptakan sebuah produk yang berbeda dari lainnya dengan tujuan awal yang sama yaitu memuaskan adanya sebuah kebutuhan. Perbedaan antara brand yang satu dengan lainnya dianggap sebagai perwakilan simbolis serta emosional yang ke depannya akan berhubungan dengan adanya kinerja sebuah produk yang memiliki merek tersebut.

Agar lebih jelas mari kita bahas pengertian merek munurut para ahli :

David A. Aaker

Menurut David A. Aaker pengertian merek adalah nama atau simbol yang bersifat membedakan (baik berupa logo,cap/kemasan) untuk mengidentifikasikan barang/jasa dari seorang penjual/kelompok penjual tertentu (1991 : 7). David A. Aaker mengungkapkan jika keberadaan merek akan sangat penting sebagai pertanda yang nantinya akan memudahkan konsumen dalam mengenali sebuah produk tertentu. Tidak hanya itu saja, bahwa keberadaan merek juga akan membantu dalam melindungi sebuah produk dari adanya competitor ataupun juga beberapa produk yang memiliki tampilan identik.

American Marketing Association (AMA)

Menurut American Marketing Association yang dalam hal ini adalah Kotler, menyebutkan bahwa pengertian dari merek diartikan sebagai simbol, tanda, rancangan ataupun sebuah kombinasi dari tiga hal tersebut yang ditujukan sebagai identitas dari beberapa penjual untuk kemudian dijadikan sebagai pembeda dengan pesaing yang ada di pasaran (Kotler 2009).

Menurutnya, merek adalah janji yang memberikan sebuah keistimewaan yang diberikan oleh penjual.

Kartajaya

Menurut Kartajaya (2010), Pengertian merek adalah “Aset yang menciptakan nilai bagi pelanggan dengan meningkatkan kepuasan dan menghargai kualitas.”

Keller

Pengertian merek menurut Keller (2008) adalah sebagai berikut, sebuah merek merupakan lebih dari sekedar produk, karena mempunyai sebuah dimensi yang menjadi diferensiasi dengan produk lain yang sejenis. Diferensiasi tersebut harus rasional dan terlihat secara nyata dengan performa suatu produk dari sebuah merek atau lebih simbolis, emosional, dan tidak kasat mata yang mewakili sebuah merek.

UU No 15 Tahun 2001

Arti merek menurut UU no 15 tahun 2001 tentang merek pasal satu ayat satu adalah tanda yang berupa gambar, nama, kata, huruf-huruf, angka-angka, susunan warna, atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut yang memiliki daya pembeda dan digunakan dalam kegiatan perdagangan dan jasa.

6 Tingkat Pengerian Merek

Terdapat enam tingkat pengertian merek menurut Surachman (2008;3). Keenam tingkat tersebut akan membantu kita memahami secara lebih jauh mengenai apa arti merek yang sebenarnya.

  1. Atribut: memiliki kaitan dengan pengertian dari merek, disebutkan merek akan mengingatkan pada hal tertentu. Sebagai contoh, merek BMW akan cenderung mengingatkan para konsumen atas sebuah produk mobil dan lain sebagainya.
  2. Manfaat: selain menyatakan atribut, merek juga memiliki nilai manfaat dimana hal ini cenderung berkaitan dengan manfaat fungsional. Seperti halnya “tahan lama” memiliki manfaat supaya tidak cepat membeli lagi.
  3. Nilai: merek juga memiliki keterkaitan dengan nilai produsen seperti merek mercedez yang sangat berkaitan dengan bergengsi, memiliki kinerja yang tinggi dan lain sebagainya.
  4. Budaya: sebuah merek juga mewakili adanya budaya tertentu. Misalnya saja Mecedez yang mewakili sebuah buaya Jerman yang sangat bermutu dan juga terorganisir
  5. Kepribadian: merek ternyata juga mewakili sebuah kepribadian tersendiri seperti halnya Mercedez yang mencerminkan sebuah pemimpin yang sangat masuk akal atau lainnya.
  6. Pemakai: maksud dari hal ini adalah bahwa merek menunjukkan siapa pemakai dari kendaraan Mercedez tersebut yang dalam hal ini adalah para diplomat ataupun eksekutif. Merek itu sendiri adalah sebuah pembeda antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya atas apa yang saat ini ditawarkan. Oleh sebab itu, penting menerapkan konsistensi dalam penggunaan merek karena hal ini akan memberikan kemudahan bagi orang lain untuk mengenali merek produk Anda. Jadi, merek itu sendiri terdiri dari tiga hal yaitu:
    • Menjelaskan secara umum atas apa yang diperjualbelikan
    • Menjelaskan atas apa yang dijalankan sebuah perusahaan
    • Menjelaskan sebuah profil perusahaan

Jadi, brand atau merek ini adalah salah satu hal yang sangat penting dan tidak boleh dianggap remeh, sebab kaitannya dengan pengertian dari merek merupakan sebuah brand yang telah menancap kuat dalam benak para konsumen untuk membedakan satu produk dengan lainnya. Bahkan, keberadaan brand itupun juga akan memberikan keuntungan tersendiri dari segi harga jualnya juga.

Tujuan Pemberian Merek

Dikatakan bahwa sebuah brand ataupun merek akan memberikan berbagai janji yang pastinya hal ini sangat erat kaitannya dengan konsistensi, kepercayaan dan juga harapan. Tanpa mengabaikan perihal pengertian dari merek, sebuah merek juga mempengaruhi adanya pengambilan keputusan untuk membeli produk tersebut hingga akhirnya memunculkan hubungan loyalitas antara pembeli dan penjual. Jadi, secara umum, merek memiliki tujuan sebagai berikut:

  1. Alat promosi untuk menarik perhatian para konsumen di pasaran
  2. Menjadi identitas yang akan bermanfaat pada proses diferensiasi atas sebuah produk dengan produk lainnya di pasaran sehingga akan memberikan kemudahan bagi para pembeli untuk mendapatkannya
  3. Mempertahankan citra produk dengan memberikan sebuah jaminan kualitas, keyakinan dan juga prestise tertentu atas sebuah produk
  4. Sebagai alat dalam pengendalian sebuah pasar
  5. Memperkenalkan sebuah produk baru yang nantinya akan membantu dalam mendapatkan pelanggan baru ke depannya dengan lebih mudah dari sebelumnya
  6. Memberikan perlindungan hukum atas nilai istimewa yang dimiliki sebuah produk tertentu
  7. Memudahkan para penjual dalam melakukan segmentasi pasar dengan lebih baik
  8. Meningkatkan terciptanya sebuah inovasi produk yang akan mendorong para konsumen melakukan berbagai keunikan tersendiri demi menghindarkan dari adanya tindakan peniruan yang dilakukan oleh para pesaing

Jadi, mengingat pengertian dari merek yang sangat luas dan memiliki fungsi penting dalam sebuah proses penjualan produk, maka dikatakan bahwa merek itu sendiri juga mampu mengidentifikasikan sebuah kualitas produk hingga akhirnya mampu membantu para konsumen untuk bisa berbelanja secara lebih efektif dan juga efisien. Pasalnya, jika seorang konsumen sama sekali tidak mengetahui kualitas produk tersebut, yang demikian ini akan menjadi sebuah malapetaka.

Dengan kata lain, berkaitan dengan pengertian dari merek, maka dikatakan bahwa merek itu sendiri merupakan sebuah identitas yang nantinya akan menjadi pembeda antara satu produk dengan lainnya. Selain itu, merek juga memberikan tujuan lain yang pastinya akan membuat produk tersebut lebih mudah untuk diingat oleh para konsumen sehingga akan meningkatkan nilai penjualan produk tersebut. Tidak mengherankan jika kemudian merek dianggap sebagai hal sangat penting.