Pengertian Manajemen Strategi Menurut Ahli

pengertian manajemen strategi

Pada artikel kali ini kita akan membahas pengertian manajemen strategi secara lebih mendalam. Manajemen strategi merupakan suatu proses atau suatu serangkaian aktivitas dalam mengambil keputusan yang bersifat mendalam dan menyeluruh.

Aktivitas ini disertai dengan penetapan cara pelaksanaannya yang dibuat oleh seorang pemimpin kelompok atau organisasi untuk kemudian diimplementasikan oleh seluruh jajaran dalam organisasi tersebut.

Kta telah membahas mengenai pengertian manajemen pada artikel sebelumnya

Dan pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai pengertin manajemen strategi.

Pengertian Manajemen Strategi Secara Umum

Jika kita mengacu pada pengertian yang diberikan oleh wikipedia mengenai manajemen strategi maka kita akan mendapatkan pengertian sebagai berikut :

Manajemen strategis adalah perumusan dan implementasi tujuan utama dan inisiatif yang diambil oleh manajemen puncak organisasi atas nama pemilik, berdasarkan pertimbangan sumber daya dan penilaian lingkungan internal dan eksternal di mana organisasi beroperasi.

pengertian manajemen strategi menurut wikipedia
pengertian manajemen strategi menurut wikipedia

Tapi mungkin masih terdapat beberapa hal yang kurang jelas dari pengertian tersebut. Oleh karena itu mari kita lihat apa pendapat para ahli mengenai apa itu manajemen strategi.

Pengertian Manajemen Strategi Menurut Para Ahli

 

David Hunger

pengertian manajemen strategi menurut david hunger
pengertian manajemen strategi menurut david hunger

David Hunger mendefinisikan pengertian manajemen strategi dalam bukunya yang berjudul “Concepts in Strategic Management and Business Policy”.

Manajemen strategi adalah suatu serangkaian keputusan dan tindakan manajerial yang menentukan kinerja sebuah perusahaan atau organisasi dalam jangka waktu panjang.

Inti dari pengertian ini yaitu suatu tindakan perencanaan dan pengaturan strategi yang efektif dan dilakukan agar tujuan bisnis yang direncakan dapat tercapai. Yang paling penting yaitu bisnis dapat berlangsung dalam waktu lama.

Thomas L. Wheelen

Pengertian manajemen strategi menurut Thomas L. Wheelen adalah sama dengan David Hunger. Karena mereka bersama-sama menulis buku “Concepts in Strategic Management and Business Policy”. Jadi pengertian manajemen strategi menurut Thomas Wheelen adalah sebagai berikut.

Manajemen strategi adalah suatu serangkaian keputusan dan tindakan manajerial yang menentukan kinerja sebuah perusahaan atau organisasi dalam jangka waktu panjang.

Nawawi

Menurut pengertian Nawawi, ia mendefinisikan pengertian manajemen startegi sebagai sebuah perencanaan berskala besar yang beorientasi untuk mencapai tujuan masa depan dan didefinisikan sebagai suatu keputusan yang fundamental. Perencanaan ini memungkinkan suatu organisasi untuk menjalankan misi dalam upaya untuk menghasilkan sesuatu yang berkualitas dan optimal.

Perencanaan yang dilakukan dan diarahkan pada pencapaian agar mencapai tujuan yang strategis dalam organisasi. Perencanaan operasional ini biasanya dilakukan untuk menghasilkan barang atau jasa serta layanan.

Bambang Haryadi

Menurut Bambang Haryadi, strategi manajemen yaitu sebuah proses yang disusun secara otomatis oleh pihak manajemen untuk membuat rumusan strategi, menerapkan atau mengimplementasikan startegi, dan melakukan evaluasi strategi tersebut. Rangkaian yang dilakukan ini bertujuan untuk mewujudkan sebuah visi dan misi organisasi atau perusahaan.

Mulyadi

Menurut Mulyadi, manajemen strategi yaitu sebuah proses yang dilakukan oleh seorang manajer serta pegawai untuk merumuskan dan melaksanakan strategi dalam penyediaan customer value terbaik untuk mewujudkan visi serta misi suatu organisasi.

Fokus Manajemen Strategi

Manajemen strategi berfokus pada proses penetapan tujuan sebuah organisasi, membuat, mengembangkan, dan melaksanakan kebijakan dan perencanaan untuk mencapai suatu tujuan. Kegiatan ini juga harus dilakukan dengan mengalokasikan sumber daya untuk menerapkan kebijakan dan merencanakan pencapaian tujuan organisasi.

Penerapan strategi yang baik, sesuai, dan tepat sasaran sangat dibutuhkan untuk berbagai kegiatan, terutama dalam kegiatan bisnis. Strategi yang tepat dan disusun secara terorganisir akan membuat suatu organisasi dapat mencapai tujuan berdasarkan misi yang telah direncanakan.

Manfaat Mengetahui Tujuan Manajemen Strategi

Setelah membahas pengertian manajemen strategi, baik secara umum maupun pendapat para ahli, selanjutnya kita akan mengupas tujuan manajemen strategi. Jika dilihat dari namanya, manajemen strategi berarti seorang manajer yang memiliki tugas menyusun serangkaian strategi perusahaan, untuk meningkatkan pemasaran.

Manajer memiliki tugas untuk menyusun, mengatur, menerapkan, dan juga memberikan evaluasi. Namun manajer tidak bertugas sendirian, harus ada kesepakatan dari anggotanya untuk mencapai tujuan bersama.

Tujuan Manajemen Strategi

Memberikan Arah dalam Mencapai Tujuan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, manajer bertugas untuk mengarahkan semua pihak dalam melakukan strategi. Arahan yang dilakukan ini harus jelas karena menjadi landasan untuk mengendalikan serta mengevaluasi keberhasilan.

Menjaga Kepentingan Berbagai Pihak

Dalam menyusun strategi, manajer mempertemukan kepentingan baik karyawan, supplier, pemegang saham, perbankan, dan masyarakat, dan diolah agar sesuai dengan kebutuhan. Komponen ini sangat menentukan atau berperan penting dalam penentuan kebijakan yang telah dibuat.

Mengantisipasi Setiap Perubahan Secara Merata

Dengan dilakukan manajemen strategi, memungkinkan para eksekutif untuk mengantisipasi perubahan yang terjadi dan telah menyiapkan suatu sikap sebagai bentuk pengendaliannya. Tujuannya yaitu untuk memperluas kerangka berfikir secara perspektif.

Berkaitan dengan Efisiensi dan Efektivitas

Manajer harus bertanggung jawab tidak hanya untuk mengkonsentrasikan kemampuan di atas kepentingan efisiensi, melainkan juga memiliki perhatian yang serius terhadap sumber daya untuk bekerja keras dengan melakukan pekerjaan secara efektif dan efisien.

Tujuan Manajemen strategi pada Pelaksanaan

Pada pelaksanaannya, tujuan manajemen strategi yaitu untuk mengevaluasi kinerja, meninjau, mengkaji ulang, serta melakukan koreksi serta penyesuaian jika terdapat penyimpangan dalam implementasi strategi.

Ketika hendak membuat strategi baru, dirumuskan sesuai dengan perkembangan lingkungan eksternal, hal ini bertujuan untuk meninjau ulang kekuatan dan kelemahan organisasi, serta melihat peluang dan ancaman dalam melakukan kegiatan bisnis. Setelah itu organisasi dapat berinovasi atas produk atau layanan sehingga bisa diterima oleh konsumen untuk memenuhi kebutuhannya.

Manfaat Manajemen Strategi

Setelah mengetahui pengertian serta tujuan dari manajemen strategi, selanjutnya kita akan membahas manfaat manajemen strategi. Hal ini karena manajemen strategi diperlukan untuk berbagai kegiatan agar bisa mencapai tujuan lebih baik.

Manfaat dari manajemen strategi diantaranya yaitu dapat menghasilkan keputusan terbaik dalam berorganisasi, kegiatan merumuskan strategi akan membantu meningkatkan kemampuan organisasi dalam menghadapi berbagai kendala atau tantangan, keterlibatan pegawai dalam merumuskan strategi menjadikan mereka mengerti dan menghargai produktivitas hingga akhirnya akan meningkatkan motivasi kerja.

Manfaat selanjutnya yaitu membuat sebuah organisasi menjadi lebih peka terhadap ancaman dari luar, membantu mencegah berbagai masalah yang berasal dari dalam maupun luar, membuat proses operasional sebuah organisasi menjadi lebih efektif dan efisien, membantu perusahaan untuk beradaptasi dengan adanya perubahan, membuat organisasi lebih profitable ketimbang organisasi yang tidak menerapkannya.

Pentingnya Mengetahui Proses dan Tahapan Manajemen Strategi

Seorang pemula yang sedang melakukan bisnis biasanya tidak terlalu peka terhadap hal-hal kecil. Mereka biasanya hanya melakukan bisnis tanpa membuat rencana dan tanpa memikirkan strategi. Padahal strategi dalam bisnis sangat diperlukan, berikut ini beberapa proses dan tahapan dalam melakukan manajemen strategi.

Proses dan Tahapan Manajemen Strategi

Merumuskan Strategi

Tahap awal yang harus dilakukan oleh organisasi dalam pengembangan visi dan mis yaitu merumuskan strategi. Bisa dimulai dari analisis SWOT, menentukan dan menetapkan tujuan jangka panjang suatu organisasi, dan merumuskan strategi alternatif lainnya.

Menerapkan Strategi

Strategi yang telah ditetapkan kemudian diimplementasikan atau diterapkan, misalnya saja dengan merancang struktur organisasi, mendistribusikan sumber daya, melakukan kebijakan, mengembangkan proses pengambilan keputusan, usaha pemasaran, dan pengelolaan sumber daya alam.

Mengevaluasi Strategi

Kehidupan dan lingkungan terus saja berubah seiring perkembangan zaman. Untuk itu sangat penting melakukan evaluasi secara berkala. Hal ini bertujuan untuk melihat faktor-faktor apa yang mempengaruhi kemajuan atau kemunduran, baik secara internal maupun eksternal.

Cara Melakukan Kegiatan Evaluasi

Cara melakukan evaluasi juga ada tahapannya. Pertama harus mengkaji ulang berbagai faktor internal maupun ekternal yang menjadi landasan perumusan strategi yang telah diterapkan sebelumnya. Selanjutnya yaitu mengukur kinerja saat ini dengan cara melakukan upaya perbaikan dari kekurangan kinerja sebelumnya.

Cara Menyusun Strategi Bisnis yang Tepat

Berfikir Kritis

Seseorang yang berpikir kritis akan lebih mudah dalam menemukan berbagai masalah-masalah yang dihadapi. Dengan mengetahui masalah lebih cepat, maka akan cepat pula menemukan jalan keluar. Sehingga untuk membentuk strategi yang tepat, alangkah baiknya seseorang perlu berfikir kritis. Terutama bagi manajernya, sehingga mengurangi kegagalan dalam bisnis.

Berfikir Kreatif

Dalam menjalankan usaha bisnis, kita dituntut berfikir kreatif atau out of the box. Sehingga akan menentukan jenis produk atau barang yang akan diproduksi, namun berbeda dari yang lain. Ide kreatif ini yang menjadikan minat masyarakat meningkat.

Berani Mengambil Resiko

Bisnis saat ini memang menjadi dunia yang keras, tidak mudah untuk berjalan mulus dan mencapai kesuksesan. Untuk memulai bisnis yang besar, dibutuhkan orang-orang yang berani mengambil resiko.

Berpikir Terbuka

Dalam bisnis sangat diperlukan untuk berfikir terbuka. Terutama melihat bisnis dari sudut pandang yang berbeda untuk menemukan ide baru. Orang yang berfikir terbuka, cenderung mudah bangkit dan menerima kritik untuk membangun bisnisnya kembali.

Menjadi Oportunis

Suatu perusahaan atau seseorang yang ingin memulai bisnis, diperlukan seseorang yang bersikap oportunis. Sehingga orang tersebut akan lebih mudah ketika mencari atau memanfaatkan peluang yang ada.

Menjadi Orisinil

Menjalani kegiatan bisnis harus menciptakan produk yang menjadi khas, bukan tiruan. Sehingga produk tersebut akan lebih dihargai sebagai usaha yang murni dan hasilnya lebih unggul dimata konsumen. Sehingga pastikan produk yang akan dipasarkan bukan plagiat dari orang lain.

Demikian beberapa penjelasan mengenai manajemen strategi dan beberapa cara penerapannya. Strategi ini sangat bermanfaat untuk Anda yang ingin menjalani kehidupan bisnis, yang sedang mengembangkan bisnis, atau yang ingin bisnis Anda lebih maju.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa manajemen strategi dalam bisnis sangat diperlukan karena berkaitan erat dengan bagaimana perusahaan memaksimalkan keuntungan melalui kinerja yang efektif dan efisien.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.