Pengertian Manajemen Pemasaran, Fungsi, Konsep (2020)

Pengertian manajemen pemasaran adalah perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, dan penerapan program, kebijakan, strategi, dan taktik pemasaran yang dirancang untuk membuat dan memenuhi permintaan akan penawaran produk atau layanan perusahaan sebagai cara untuk menghasilkan keuntungan yang dapat diterima.

Pengertian manajemen pemasaran di atas saya ambil dari EconomicsDiscussion. Tentu saja manajemen pemasaran ini masih ada kaitannya dengan pengertian pemasaran.

Secara umum manajemen pemasaran merupakan sebuah rangkaian yang berisikan proses analisis, perencanaan, pelaksanaan, pengawasan hingga pengendalian kegiatan pemasaran.  

Lalu, apa sebenarnya tujuan dari manajemen pemasaran? Lebih lengkap mengenai manajemen pemasaran, silakan simak video berikut :

pengertian manajemen pemasaran

Tujuan Manajemen Pemasaran

Tujuan utama kegiatan yang satu ini adalah untuk mencapai target perusahaan secara efektif dan optimal.

Umumnya pelaku manajemen dalam bidang pemasaran adalah seorang manajer yang mempelajari terkait struktur pembiayaan, sumber keuntungan dan sumber daya.

Nah, untuk mengetahui lebih jauh tentang pengertian dan konsep manajemen pemarasan, simak ulasan berikut.

Pengertian Manajemen Pemasaran

Untuk lebih mendalami mengenai apa itu manajemen pemasaran, mari simak pendapat para ahli berikut ini.

Manajemen Pemasaran Menurut Philip Kotler

Manajemen pemasaran adalah seni dan sains dalam memilih target pasar, mendapatkan, mempertahankan, dan menumbuhkan pelanggan dengan cara menciptakan, menyampaikan, dan mengomunikasikan nilai pelanggan yang unggul. Click To Tweet

Definisi di atas adalah definisi yang sangat umum dikenal. Itu karena pengertian manajemen pemasaran tersebut dimuat dalam buku berjudul Marketing Management karya Philip Kotler.

pengertian manajemen pemasaran buku philip kotler
pengertian manajemen pemasaran buku philip kotler

Arti manajemen pemasaran di atas dapat anda temukan pada bagian Summary pada halaman 51 di dalam buku tersebut.

Sepertinya Philip Kotler terinspirasi dari pengertian manajemen pemasaran dalam buku Dictionary of Marketing Terms yang diterbitkan oleh Amarican Marketing Association.

pengertian manajemen pemasaran buku dictionary of marketing terms
buku dictionary of marketing terms

Manajemen Pemasaran Menurut Wikipedia

Sedangkan menurut wikipedia,

Manajemen pemasaran adalah disiplin organisasi yang berfokus pada aplikasi praktis dari orientasi pemasaran, teknik dan metode di dalam perusahaan dan organisasi dan pada pengelolaan sumber daya dan kegiatan pemasaran perusahaan.

Wikipedia

Selanjutnya mari kita bahas mengenai bagaimana perubahan dari manajemen pemasaran ini.

Evolusi Manajemen Pemasaran

Masih dalam bukunya Marketing mamagement, Philip Kolter menjelasnya mengenai evolusi manajemen pemasaran yang telah terjadi.

evolusi manajemen pemasaran
evolusi manajemen pemasaran

Terjadi perubahasan pada konsep 2P dalam pemasaran yang telah lama kita kenal.

Konsep 4P yang dari awalnya terdiri atas product, place, promotion dan price. Kini berubah menjadi people, processes, programs dan performance.

Konsep Manajemen Pemasaran

Setelah memahami tentang pengertian dari manajemen pemasaran, maka selanjutnya kita perlu memahami tentang konsepnya.

Secara teori terdapat 3 elemen penting yang termasuk dalam konsep manajemen pemasaran. Apa saja itu? Berikut akan dijabarkan ulasan lengkapnya:

Orientasi pada Konsumen

Konsep pemasaran yang bisa dikatakan paling baik adalah dengan menjadikan konsumen atau pelanggan sebagai prioritas utama.

Itulah alasannya mengapa dalam strategi pemasaran atau marketing lebih mengedepankan para konsumen.

Biasanya dalam pemasaran, konsumen akan dianggap raja dan produsen di ibaratkan sebagai pelayan yang menyediakan kebutuhan yang dibutuhkan oleh raja.

Perencanaan Kegiatan Pemasaran

Segala aktivitas yang berkaitan dengan pemasaran mulai dari strategi, implementasi, analisis, hingga pengawasan harus disusun secara jelas dan terperinci.

Dengan begitu proses pemasaran dapat berjalan dengan baik dan hasilnya pun sesuai dengan apa yang diinginkan.

Kepuasan Pelanggan

Satu lagi unsur yang juga dianggap sangat penting dan berpengaruh dalam bidang pemasaran adalah dengan mengutamakan kepuasan pelanggan.

Kepuasan pelanggan tersebut tidak hanya diukur dari kualitas produk yang diberikan tetapi juga bagaimana strategi pemasaran dapat terlaksana dengan baik.

Fungsi Manajemen Pemasaran

Di era globalisasi seperti sekarang ini, sebuah bisnis atau perusahaan yang sedang berkembang wajib memahami tentang bidang manajemen pemasaran yang baik.

Hal tersebut perlu dilakukan agar tujuan yang diinginkan oleh perusahaan dapat tercapai dengan baik. Secara umum, manajemen pemasaran memiliki beberapa fungsi berikut, yaitu:

  • Fungsi Pertukaran. Untuk jenis fungsi yang pertama ini berkaitan dengan fungsi penjualan dan pembelian. Bisa dikatakan fungsi pertukaran ini menjadi salah satu fungsi yang sangat penting dalam manajemen pemasaran
  • Fungsi Fisis. Dalam pelaksanaannya fungsi fisis ini lebih terfokus pada kegunaan waktu, lokasi dan juga bentuk. Adanya fungsi ini yaitu untuk memastikan produk diproses, disimpan hingga sampai ke konsumen.
  • Fungsi Penyedia Sarana. Satu lagi fungsi manajemen pemasaran adalah sebagai penyedia sarana yang berkaitan dengan proses operasional pemasaran. Jadi bisa dikatakan, fungsi penyedia sarana ini berkaitan dengan proses pengumpulan, komunikasi hingga penyortiran sesuai dengan standar perusahaan.

Sebuah perusahaan tidak akan pernah mampu mencapai tujuan tanpa adanya strategi atau manajemen pemasaran yang baik.

Oleh karena itu, dibutuhkan orang-orang yang berkompeten di bidangnya untuk bisa mencapai target atau tujuan yang telah ditetapkan.

Semoga sedikit informasi tentang pengertian manajemen pemasaran di atas semakin menambah wawasan kita semua.

Leave a Comment