7 Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

pengertian kewirausahaan

Apa pengertian kewirausahaan? Pada artikel ini kita akan membahas secara lengkap mengenai kewirausahaan dan segala seluk beluknya. Salah satu jenis pekerjaan yang banyak diminati di Indonesia adalah wirausaha. Namun sayangnya tidak banyak mampu bertahan untuk tetap menjadi wirausahawan.

Tahukah anda bahwa salah satu syarat menjadi negara maju adalah jumlah wirausahawan pada negara tersebut mencapai 14% dari jumlah penduduknya. Dan Indonesia baru mencapai angka 3,1%. Ini berarti masih terbuka peluang yang sangat besar bagi anda yang ingin mencoba menjadi wirausahawan.

Namun masih banyak yang belum tahu pasti apa itu kewirausahaan, padahal pengertian tersebut penting sebelum memilih menjadi wirausaha. Lalu apa itu kewirausahaan? Mari simak informasi berikut ini.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Ahli

Kewirausahaan dalam bahasa Inggris disebut entrepreneur. Kata entrepreneur berasal dari kata Perancis, entreprendre, yang berarti “melakukan”.

Dalam konteks bisnis, itu berarti memulai bisnis. Kamus Merriam-Webster menyajikan definisi wirausahawan sebagai orang yang mengorganisir, mengelola, dan menanggung risiko bisnis atau perusahaan.

Ada banyak sekali pengertian kewirausahaan menurut beberapa ahli. Untuk lebih memahami apa itu kewirausahaan, mari simak beberapa pengertian kewirausahaan dari beberapa ahli berikut ini.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Peter Drucker

pengertian kewirausahaan menurut peter drucker
pengertian kewirausahaan menurut peter drucker (sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Peter_Drucker)

Peter Drucker dalam bukunya yang berjudul Innovation and Entrepreneurship : Practice and Principles mendefinisikan secara singkat mengenai pengertian kewirausahaan.

Ini mendefinisikan kewirausahaan dan kewirausahaan – wirausahawan adalah orang yang selalu mencari perubahan, meresponsnya, dan memanfaatkannya sebagai peluang

menuturkan bahwa kewirausahaan merupakan suatu kemampuan yang berfungsi untuk menciptakan suatu hal yang baru dan berbeda dengan yang lainnya.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Adam Smith

pengertian kewirausahaan menurut adam smith
pengertian kewirausahaan menurut adam smith

Adam Smith dalam karyanya yang berjudul Wealth of Nations, dia menjelaskan bahwa negara-negara tumbuh kaya melalui perubahan dalam pembagian kerja. Dengan menggunakan wawasan Smith, kewirausahaan dapat didefinisikan sebagai berikut

Kewirausahaan adalah studi tentang tindakan manusia yang mengarah pada perubahan dalam pembagian kerja.

Definisi ini memberikan makna teoritis dan empiris untuk studi yang meneliti pembentukan usaha baru dan pertumbuhan ekonomi, dan dapat digunakan oleh para sarjana untuk keuntungan intelektual, seperti yang diilustrasikan oleh Baumol dan Strom, Casson dan Wadeson, dan Agarwal, Audretsch, dan Sarkar. Hak Cipta © 2008 Masyarakat Manajemen Strategis

Joko Untoro

Drs. Joko Untoro menurutkan bahwa kewirausahaan merupakan suatu keberanian yang dimiliki seseorang dalam melakukan berbagai upaya agar kebutuhan hidu bisa terpenuhi, menggunakan kemampuan dan juga memanfaatkan potensi yang dimiliki agar bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain.

Eddy Soeryanti Soegoto

Eddy Soeryanti Soegoto menuturkan bahwa kewirausahaan merupakan usaha kreatif seseorang yang dilakukan berdasar inovasi agar muncul sesuatu yang baru dan berbeda dari yang lain, mempunyai nilai tambah, bermanfaat, menyediakan lapangan kerja dan memiliki hasil yang berguna untuk orang lain.

Ahmad Sanusi

Ahmad Sanusi menuturkan bahwa kewirausahaan merupakan suatu nilai yang terwujud melalui tindakan untuk dijadikan sumber daya, kiat, siasat, tenaga penggerak, tujuan, proses dan hasil bisnis.

Soeharto Prawiro

Soeharto Prawiro menuturkan bahwa kewirausahaan merupakan suatu nilai yang digunakan untuk memulai sebuah bisnis dan mengembangkan bisnis tersebut.

Zimmerer

Zimmerer menuturkan bahwa kewirausahaan merupakan proses penerapan inovasi dan kreativitas dalam memecahkan permasalahan dan menemukan berbagai macam solusi agar kehidupan bisnis bisa diperbaiki dan berjalan lebih lancar dari sebelumnya.

Siswanto Sudomo

Seswanti Sudomo menuturkan bahwa kewirausahaan merupakan semua hal penting yang menyangkut seorang wirausaha, yaitu seseorang yang mempunyai sifat pekerja keras, rela berkorban, berani ambil resiko dan memusatkan segala daya agar gagasan-gagasan yang dimiliki bisa terwujud secara benar.

Ciri-Ciri Orang Berjiwa Kewirausahaan

Untuk memulai bisnis tentu harus memiliki jiwa kewirausahaan. Bisnis bisa berhenti di tengah jalan jika jiwa kewirausahaan tidak Anda miliki. Lalu bagaimana seseorang disebut mempunyai jiwa kewirausahaan? Mari simak informasi berikut ini.

Memiliki Keberanian Dan Daya Kreativitas Tinggi

Seorang bisnis yang sukses adalah orang yang mempunyai keberanian dalam berkreasi. Kreativitas tidak cukup untuk memulai sebuah bisnis. Jika Anda berani dalam berkreativitas akan membuat Anda tidak takut dengan resiko kegagalan mungkin terjadi di kehidupan selanjutnya.

Namun bukan berarti Anda harus maju dan berani, Anda tetap harus mempertimbangkan berbagai pertimbangan dan kemungkinan yang akan terjadi. Jiwa kewirausahaan akan muncul dari kepercayaan diri dalam menggapai dan mewujudkan mimpi sekaligus keinginan untuk hidup lebih baik lagi.

Memiliki Kemauan Keras Dan Semangat Tinggi

Untuk menjadi wirausaha bukan hanya memerlukan kreativitas tinggi, namun juga harus mempunyai kemampuan dan semangat tinggi. Tujuan adanya kemauan keras dan semangat tinggi adalah untuk menumbuhkan rasa percaya diri bahwa segala hal yang dikerjakan akan membuahkan hasil yang terbaik.

Kemauan yang keras akan memotivasi seseorang untuk bertekad dalam mewujudkan segala hal yang diinginkan, sabar dalam menghadapi cobaan dan tidak mudah untuk putus asa.

Memiliki Kemampuan Analisis Yang Baik

Kunci utama wirausaha sukses adalah mampu menganalisis keuangan dan kondisi dengan baik. Untuk itu seorang pebisnis harus mempunyai kemampuan analisis yang terbaik dalam pekerjaannya. Seperti menghitung rugi untung, nilai jual, analisis pasar dan persaingan.

Hal ini wajib untuk pebisnis pelajari terlebih lagi untuk Anda para pebisnis pemula. Hal ini mampu meminimalisir jumlah atau resiko kerugian dalam berwirausaha.

Memiliki Jiwa Pemimpin Dan Tidak Memiliki Sifat Konsumtif

Seorang pebisnis harus bisa memiliki jiwa pemimpin baik pemimpin untuk dirinya sendiri maupun untuk orang lain. Yang dimaksud pemimpin bukanlah orang yang harus selalu benar dan dituruti melainkan bisa mengendalikan diri sendiri dan anggota lain dalam mengambil keputusan.

Pemimpin sangat disarankan tidak memiliki sifat konsumtif. Kenapa? Karena moto bisnis adalah pengeluaran lebih kecil dari pemasukan. Keuntungan digunakan sebagai tambahan modal yang lebih besar bukan untuk kebutuhan diri sendiri atau kebutuhan yang tidak penting.

Membuat Keputusan Dan Melaksanakannya

Ciri-ciri pebisnis hebat adalah mampu membuat keputusan dengan cepat dan tepat. Seorang pebisnis harus memiliki perhitungan di dalam setiap keputusan yang diambil dan melaksanakannya dengan tepat.

Melaksanakan keputusan yang sudah ditentukan dengan cepat mampu meminimalisir resiko hilangnya peluang. Peluang bisa datang kapanpun, jika terlewat akan sulit menemukan peluang tersebut lagi. Oleh karena itu “waktu adalah uang” menjadi semboyan pebisnis agar bisa maju dan sukses.

Mengabdi Dengan Besar Terhadap Bisnisnya

Jiwa wirausaha akan dimiliki oleh seseorang yang bisa mengandalkan dirinya sendiri terhadap bisnis tersebut. untuk memulai bisnis, seorang pebisnis harus bisa mengesampingkan kepentingan yang tidak begitu dan bisa ditunda demi bisnis tersebut.

5 Hal Yang Harus Dilakukan Pebisnis Handal

Untuk menjadi seorang pebisnis handal dan profesional, ada banyak hal yang harus dilakukan seperti beberapa hal berikut ini.

  1. Mengenal dan meyakini produk yang dibuat dan dimiliki.
  2. Menerima segala bentuk kritik dan saran yang baik dari para pelanggan maupun calon pelanggan dan tidak berdebat karena kritik atau saran tersebut.
  3. Mempunyai komunikasi dengan anggota dan pelanggan yang baik.
  4. Memiliki sikap jujur, santun dan berani dalam mengambil keputusan disaat-saat genting.
  5. Bisa bertanggung jawab apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan terhadap produk ataupun jasa yang bisa merugikan para pelanggan.

Tujuan Berwirausaha

Semua hal yang dilakukan pasti memiliki tujuan yang akan dicapai, begitu pula seorang wirausaha. Berikut tujuan seseorang berwirausaha.

  1. Membantu menyediakan lapangan pekerjaan untuk orang lain dan bisa membantu mereka untuk menjadi seorang pengusaha yang mandiri.
  2. Mampu menciptakan sebuah jaringan bisnis baru yang bisa menyerap banyak tenaga kerja di sekitar agar jumlah pengangguran bisa berkurang.
  3. Mampu meningkatkan kesejahteraan diri sendiri dan masyarakat disekitar bisnis dengan membuka banyak lapangan kerja bagi masyarakat sekitar.
  4. Mengembangkan sekaligus menularkan semangat wirausaha kepada orang lain agar orang lain juga bisa ikut dalam berwirausaha.
  5. Membantu pengusaha muda dalam berinovasi dan berkreasi, dengan begitu bisnis yang dijalankan bisa berkembang dan maju.

Mungkin banyak orang berpikir berwirausaha merupakan pekerjaan yang enak karena tidak terikat. Namun harus diketahui, dalam menjalankan sebuah bisnis memerlukan banyak waktu untuk belajar, memahami dan juga melaksanakan bisnis dengan baik. Dalam berbisnis semua hal tentang belajar dan tidak ada hentinya, karena semakin kedapan akan semakin banyak permasalahan dan pembelajaran yang diperlukan.

Menjadi seorang wirausaha bisa dibilang gampang-gampang susah. Kunci dalam berbisnis adalah tahan banting, sabar, mau terus belajar, pantang menyerang, tekun dan selalu ingin maju untuk mencapai tujuan. Itulah tadi pengertian kewriausahaan dan beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Semoga Anda bisa menjadi wirausaha yang sukses.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

2 komentar untuk “7 Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.